} Internet Bantu Pantau Kondisi Tubuh Selama Berpuasa Ramadan - Bambang Irwanto Ripto

Internet Bantu Pantau Kondisi Tubuh Selama Berpuasa Ramadan

Alhamdulillah, puji syukur bagi Allah SWT, saya dipertemukan kembali dengan Ramadan, bulan suci penuh berkah dan kebaikan. Dan seperti doa-doa saya pada Ramadan sebelumnya, saya paling utama meminta agar terus diberi kesehatan. Dengan sehat terus, maka saya bisa menjalankan ibadah Ramadan lebih baik lagi. Aamiin.

IndiHome Membantu Pantau Kondisi Tubuh Saat Berpuasa Ramadan
Foto Pexels - Naim Benje

Makanya, saya itu terus berusaha menjaga kesehatan. Karena seperti kata bijak, sehat itu mahal. Dan sehat atau tidaknya saya, itu memang tergantung pada saya sendiri. Logikanya tubuh sendiri dan merasakan sendiri. Jadi pastinya sudah mengenal dengan tubuh.

Pada dasarnya, Allah SWT pun telah memberikan alarm-alarm untuk tubuh saya  Jadi saat alarm itu berbunyi dan memberi isyarat, berarti saya harus bergegas melakukan, agar tidak terjadi yang tidak saya inginkan. Misalnya kalau tubuh butuh air, maka saya merasa haus. Saat tubuh ingin asupan makanan, maka saya merasa lapar. Begitu juga saat tubuh saya lelah dan butuh istirahat, maka saya pun merasakan ngantuk.


Wajib Perhatikan Kondisi Tubuh

Sebenarnya, bukan hanya saya saja yang wajib menjaga kondisi tubuh selama Ramadan ini, ya. Pastinya teman-teman semua juga harus. Tapi pastinya cara dan porsinya berbeda-beda setiap orang. Karena itu tadi, setiap orang takarannya berbeda. Banyak faktor mempengaruhi, termasuk umur. 

Pastinya, saya tidak lupa memperhatikan apa saja asupan tubuh saya selama Ramadan. Soalnya pasti di hari biasa dan ramadan, kebutuhan tubuh saya tidak sama. Misalnya, di hari biasa saya bisa 3 X sehari mengkonsumsi nasi, maka saat Ramadan paling banyak 2X saat berbuka dan sahur. Bahkan terkadang hanya sekali saat buka, sedangkan sahurnya saya ganti dengan kue bolu atau donat.

Desain Canva

Kemudian, saya juga menghindari apa saja minuman yang tidak cocok untuk tubuh saya. Misalnya nih saya sangat menghindari banyak mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka. Kebanyakan orang kan, senangnya begitu berbuka langsung menyantap es yang segar. Kalau saya lebih memilih teh hangat manis.

Begitu juga dengan makanan. Saya menghindari makanan pedas, karena kebetulan saya memang tidak kuat pedas. Dulu saya pernah bandel. Akhirnya, baru pagi hari, perut saya sudah mules dan bolak balik ke kamar mandi. Kapok deh hahaha. 

Terakhir saya usahakan istirahat yang cukup, termasuk tidak bepergian keluar rumah kalau tidak ada keperluan penting. Kemudian soal waktu tidur saya cukupkan sendiri saja. Makanya saya Alhamdulillah bersyukur bekerja dari rumah. Jadi waktu tidur bisa saya atur sendiri.


Bekerja dari Rumah

Seperti cerita saya di atas, apa saja yang saya lakukan selama menjalankan puasa biasa saja. Tapi memang sesuai dengan diri saya sendiri. Karena seperti yang saya tuliskan tadi, yang paling tahu diri sata adalah adalah  saya sendiri.

Namun walau apa yang saya lakukan sudah sesuai, tapi tidak selamanya sesuai. Saya pun harus mencari berbagai info untuk menjaga kesehatan saya selama Ramadan ini. Apalagi kan, saat ini cuaca juga kurang menentu.

Alhamdulillah, seiring perkembangan zaman, kehadiran internet memang sangat memudahkan saya.  Termasuk saat berpuasa bisa tetap menulis dari rumah. Pastinya lebih hemat energi dan Insya Allah lancar puasanya. IndiHome yang saya gunakan  sangat membantu urusan pekerjaan dan aktivitas saya sekarang.

Foto Pexels - Olia Danilevich

Saya jadi membayangkan awal saya pertama kali merantau di Jakarta tahun 1998. Karena saat itu masih krismon maka mencari pekerjaan juga susahnya minta ampun. Akhirnya waktu itu saya kerja hatian dengan gaji 7 ribu per hari.

Namun begitulah Ramadan bulan penuh berkah. Walau kerja di panas matahari,  Alhamdulillah saya bisa terus berpuasa sebulan penuh. Tapi kembali lagi, ya. Dulu itu saya masih muda, fisik saya masih kuat. Coba kalau sekarang? Harus tahu diri juga saya hehehe. 

Makanya saya banyak-banyak bersyukur. Kehadiran Telkom Indonesia  dengan Internet yang cepat dan stabil, serta menjangkau seluruh wilayah Indonesia, memudahkan berbagai aktivitas, termasuk aktivitas selama Ramadan ini. 

Internet Pantau Kondisi Selama Ramadan

Alhamdulillah, selama Ramadan yang sudah berjalan ini, kondisi badan saya sehat selalu. Mungkin karena saya terbantu bekerja dari rumah, makanya saya bisa mengatur ritme aktivitas sendiri .

Selain itu, banyak hal juga yang bisa saya lakukan dengan dukungan internet IndiHome dari Telkom Indonesia di rumah saya. Misalnya untuk  terus meningkatkan kesehatan, saya tinggal browsing saja berbagai artikel.  Apalagi saya sering membaca di situs teknologi berbagai tips selama bulan Ramadan.

IndiHome Dengan Internet Cepat dan Stabil Bantu Pantau Kondisi Tubuh Selama Ramadan
Desain Canva

Kalau pun badan saya kurang sehat dan butuh vitamin atau obat, sekarang tidak perlu keluar rumah. Tinggal beli secara online saja, tinggal diantar ke rumah. Alhamdulillah lagi, sekarang pun juga bisa berkonsultasi langsung kepada dokter lewat aplikasi kesehatan. 

Nah, untuk meningkat kkebugaran, selama Ramadan pastinya jangan tinggalkan olahraga. Tetap bisa olahraga, asalkan diatur waktunya. Misalnya malam hari. Jangan olahraga siang akhirnya minum sebotol air hahaha.

Terakhir, saya berusaha variasikan menu makanan sehat selama puasa. Kemarin saya dengar dari seorang chef, selama puasa, jangan memikirkan kenyangnya, tapi penuhi kebutuhan serat tubuh. Nah, sekarang kan, bisa tuh lihat resep-resep sehat. Butuh bahan, tinggal pesan online juga.

Nah, itulah cara saya menjaga kondisi tubuh selama Ramadan ini. Teman-teman pun harus terus menerapkan dengan cara dan porsi tubuh sendiri. Dengan kemudahan sekarang, Provider Internet IndiHome bisa ikut memantau kondisi kita selama berpuasa di bulan Ramadan. Insya Allah, semoga terus sehat dan lancar menjalankan ibadah puasa. Aamiin...

Bambang Irwanto 


Subscribe to receive free email updates:

43 Responses to "Internet Bantu Pantau Kondisi Tubuh Selama Berpuasa Ramadan"

  1. Bahkan konsultasi kesehatan juga sekarang bisa online ya, mas. Internet saat ini memang membantu dalam banyak hal, termasuk memantau kesehatan kita. Ngga harus repot ke dokter yang belum tentu ketemu sama dokternya apalagi kalau pakai BPJS yang harus ke faskes dulu baru dapet rujukan, hiks... (malah curhat)

    ReplyDelete
  2. Internet bermanfaat sekali untuk menjadikan tubuh kita tetap sehat dna prima. Kita bisa mencari informasi bagaimana puasa lancar, kondisi tubuh tetap terpenuhi nutrisinya

    ReplyDelete
  3. Sekarang tuh apa-apa mudah. Bahkan untuk pantau kesehatan kita bisa mengandalkan internet. Ada beberapa aplikasi juga yang bantu. Kayak aplikasi buat ngitung nutrisi, aplikasi buat ngecek kebutuhan air kita terpenuhi atau nggak dan lain-lain.

    ReplyDelete
  4. Aplikasi kesehatan memudahkan banget untuk bisa konsultasi secara daring, buat ibu yang punya bayi, tepat banget

    Pastinya biar konsultasi lancar, perlu internet yang mumpuni kayak indiHome gini, pas lah, mantap

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah tahun ini bertemu Ramadhan ya?
    Karena di bulan suci ini saya jadi lebih produktif dan lebih sehat
    Semoga ibadah kita diterima Allah ya?

    ReplyDelete
  6. Betul, penting sekali menjaga aspek kebugaran tubuh selama puasa karena kalau tidak, ibadah pun menjadi tidak lancar. Cukup makan dan istirahat adalah salah dua koentji 👍

    ReplyDelete
  7. Tetap olahraga ya pak meskipun puasa. Keren, biar tubuh sehat ya. Saya jarang olahraga. Hiks. Makanya badan gampang sakit sekarang. Mau pakai cara pak Bambang ah biar kuat puasanya. Hehe

    ReplyDelete
  8. Sekarang gak ada alasan gak puasa karena kondisi tubuh telat tertangani ya.
    Secara banyak aplikasi kesehatan yang dapat dijadikan rujukan, tinggal browsing. Internet lancar juga membantu menjaga kesehatan online.

    ReplyDelete
  9. Semoga kita semua tetap sehat dan produktif di bulan puasa, ya. Kan, udah ada IndiHome

    ReplyDelete
  10. Internet, apalagi yang kencang dan stabil, bener-bener mempermudah berbagai urusan ya. Sebagai pekerja tanpa kantor, aku pun sangat terbantu dengan internet ini.

    Btw, aku di rumah kalau buka puasa biasa pakai sop buah, tapiiii nggak pakai es batu. Paling disimpan di kulkas aja bentar. Jadi cuma sampai sejuk, nggak sampai dingin.

    ReplyDelete
  11. Ramadhan ini asiknya kondisi cuaca yang gak begitu terik ya Pak.
    Selain itu juga nikmat dan keberkahannya terasa. Apalagi buat yang bekerja dari rumah, karena bisa mengandalkan internet stabil ini.

    ReplyDelete
  12. Bener nih selama puasa kudu dijaga kesehatannya. Banyak yg ngira bulan ramadan tubuh jd makin sehat. Padahal, bisa sebaliknya karena pola makan jadi berubah. Apalagi kalo kalap pas buka 🤣*aku ini mah

    ReplyDelete
  13. Wah iya, kalau punya akses internet cepat dan stabil dari IndiHome ini, banyak hal postif yang bisa kita lakukan selama puasa ya mas
    Termasuk memantau kondisi tubuh

    ReplyDelete
  14. Kalau ada internet emang makin mempermudah aktivitas apapun ya pak. Bahkan bisa bekerja dari rumah juga. Apalagi pas Ramadan gini, kalau ke kantor apalagi ke jakarta byuh naik kendaraan umum lumayan menguji kesabaran haha.
    Idem nih kalau puasaan gini suka browsing tips kesehatan juga.

    ReplyDelete
  15. Amin, semoga bulan puasa di tahun ini bisa berjalan dengan lancar hingga akhir dan bertemu dengan bulan puasa di masa mendatang, Amiinn
    Yang pasti berkat internet di rumah tuh apalagi selama puasa dan yang kerjanya dari rumah aja, sungguh sangat membantu sekali proses kerja untuk sat set sekalipun di momen ramadan

    ReplyDelete
  16. Sekarang ini, di zaman serba digital dan canggih, untuk hal-hal yang tergolong main case, kita fleksibel ya mas. Tinggal cari informasinya di internet, mau itu Google atau YouTube. Hal yang perlu dihindari adalah self-diagnosed berlebihan untuk kondisi tubuh tertentu. Sehat-sehat selalu Mas Bambang sekeluarga.

    ReplyDelete
  17. Ketika internetnya kencang pasti pekerjaan yang dilakukan dari rumah saja bisa terlaksana dengan baik ya,Mas. Btw, selama puasa gini memang harus banget memantau kondisi tubuh untuk tetap fit sehingga kerja lancar serta puasanya juga.

    ReplyDelete
  18. Bener banget, mas. Makan secukupnya pas puasa, plus kalau ada riwayat sakit juga harus hati2 ya. jaga2 juga biar nggak gampang oleng di rmadhan kali ini. Moga kita semua selalu sehat yah

    ReplyDelete
  19. Aku pun beberapa konsultasi online pas sakit. Beli obatnya juga sekaligus online. Alhamdulillah ya internet ini sungguh memudahkan hidupku.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah,
    Ramadan akan tetap produktif karena ada internet yang bantu melakukan banyak aktivitas online dengan lancar.

    Selain bekerja tentu pentingnya mendapatkan informasi yang terbaik mengenai kesehatan juga bisa diperoleh.

    ReplyDelete
  21. Selama puasa memang wajib jaga kesehatan ya Pak Bams. Takutnya kalau berbuka dengan es malah memicu batuk/radang. Semoga puasanya selalu lancar dan tetap produktif bekerja dari rumah.

    ReplyDelete
  22. Kalau pas buka saat Ramadhan suka kebablasan terkadang, Pak. Kondisi tubuh jadi terabaikan, tengah malam ada keluhan kan ribet, tapi kalau internet lancar dan ada aplikasi kesehatan, bisa konsul online. Memudahkan banget.

    ReplyDelete
  23. Dulu momen ngabuburit yg paling disukai adalah jalan keliling kampung. Sekarang sudah masuk internet, di rumah saja sudah cukup tapi ditemani internet. Jadi sambil browsing, sambil bekerja atau ngeblog. Internet memang memudahkan banyak hal jika digunakan untuk kebaikan

    ReplyDelete
  24. Wah, mantep banget nih tipsnya. Saya sendiri kalau puasa gini juga mengurangi makanan-makanan yang digoreng, karena kan bisa membuat haus ya kalau pas siang hari, trus banyakin minum dan makan buah agar menjaga dari dehidrasi. Sahur pun kadang hanya kurma atau buah saja, no nasi. Dengan begitu, sepanjang hari tetap fresh.

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah kita hidup di zaman yang serba mudah informasi yaa..
    Mau pantau kesehatan tubuh tinggal akses internet. Cepat dan praktis juga

    ReplyDelete
  26. Saya biasanya pakai aplikasi kesehatan buat ngontrol kalori sama reminder buat minum air. Nah, biar bisa maksimal tentunya butuh internet biar aplikasinya ga lemot

    ReplyDelete
  27. Keberadaan internet benar-benar bermanfaat sekali ya Mas, termasuk juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kita. Selain itu dengan adanya internet cepat kita bisa beekrja dari rumah dan mengatur sendiri jam istirahat kita

    ReplyDelete
  28. Soal kesehatan emang gk bisa disepele kan ya. Kita harus selalu memantau diri sendiri. Beruntung sekarang udah ada aplikasi yang bisa membantu kita untuk terus peduli akan kesehatan tubuh kita sendiri

    ReplyDelete
  29. Penting banget lho memantau kesehatan selama bulan suci. Apalagi saat puasa, asupan makanan bergizi harus seimbang. Enak ya sekarang ada internet cepat, jadi bisa konsultasi ke dokter lewat aplikasi.

    ReplyDelete
  30. Ya Allah gak bisa bayangin gimana susahnya nyari kerja pas krismon ya pak. Sekali lagi aku jadi berandai-andai. Jika waktu krismon itu udah ada internet dan kerjaan bisa dicari online kira-kira negara kita ini tetap kolaps nggak ya pas tahun 98?

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah Mas Bam, kita dipertemukan lagi dengan Ramadan. Semoga dilancarkan semua proses ibadahnya, ya dan juga disehatkan dengan tetap memantau kesehatan tubuh selama melaksanakan ibadah saum

    ReplyDelete
  32. Aku belum integrasi ke aplikasi-aplikasi nih kecuali azan wkwkw karena di rumah tuh ngga kedengeran azan, masjidnya agak jauh di perkampungan atas, jadinya suka menerka-nerka, udah azan belum sih yaa? Meskipun udah bisa lihat kapan azan maghrib tp kayak ga afdol aja kalo ga denger azannya sendiri yak wkwkwk akhirnya instal apa gitu dah kmrn pas waktunyaa azan dia bisa azan dah tuh lewat TV android, pake internet tentunyaa.

    ReplyDelete
  33. Bulan Ramadan itu menyenangkan dan bisa tetap aktif melakukan apa saja selama kita sehat. Beruntungnya saat ini ada koneksi internet yang bisa diandalkan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh kita.

    ReplyDelete
  34. Kondisi selama berpuasa di bulan Ramadhan jadi memudahkan nih karena bisa ceki-ceki di platform kesehatan. Yang penting sambungan internet lancar ya

    ReplyDelete
  35. Kesehatan memang menjadi hal penting, harus betul-betul dijaga dan dipantau perkembangan kondisi kesehatan kita. Bersyukur sekarang makin mudah memantau kesehatan diri.

    ReplyDelete
  36. Sebagai busui, diriku harus lebih ekstra buat jaga kesehatan. Untuk asupan makanan hrs yang benar2 bergizi. Beruntungnya ada internet, biasanya aku manfaatin buat browsing resep2 buka dan sahur yang simple tp bergizi.

    ReplyDelete
  37. Ramadan bulan yang suci tentu harus diisi dengan kegiatan bermanfaat maka tubuh pun harus sehat nih. Sekarang mau pantau kesehatan cukup melalui apps aja yah. Paling penting internetnya yang kencang sih biar makin asik ngecek kesehatan pakai apps nya.

    ReplyDelete
  38. Sama banget, Pak Bams..
    Akupun menghindari makanan yang sekiranya memicu sakit buat pencernaan. Kemarin sempet gaya banget, buka puasa gak mau sama nasi, diet gitu.. heheh, ternyata badannya gak mau nurut. huhuhu..

    Akhirnya kembali lagi untuk terus pantau kesehatan melalui website dan sumber yang terpercaya agar jalani shaum dengan sehat.

    ReplyDelete
  39. Saya setuju nih dua hal yang sering kita lupakan ketika puasa adalah jarang olahraga dan tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Makasih tuk remindernya mas Bams semoga kita semua sehat2 selalu selama menjalankan ibadah puasa yaa.

    ReplyDelete
  40. Bener banget Pak Bams, memang kita sendiri yang paham bagaimana kondisi tubuh kita, ya. Di era digital saat ini, IndiHome dengan internet cepatnya, dapat mendukung kita untuk selalu disiplin menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  41. Internet cepat dan stabil dari IndiHome ini membantu kita dalam melakukan beragam aktivitas ya mas
    Termasuk untuk memantau kesehatan tubuh selama puasa

    ReplyDelete
  42. Nyari variasi menu makanan di internet ada banyak ya, jadi bisa bantu banget memenuhi asupan makanan sehat untuk tubuh selama berpuasa

    ReplyDelete
  43. Bener banget, meskipun puasa tetap olahraga biar tubuh tetap sehat. Bisa juga sih olahraga pas mau buka, jadi kalo cape nggak lama buat nunggu makan dan minum.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.