} Serunya Kelas Pintar Bersama Kredit Pintar - Bambang Irwanto Ripto

Serunya Kelas Pintar Bersama Kredit Pintar

Minggu 17 Desember 2023 saya sangat happy. Sebabnya, mendapat kesempatan  untuk menghadiri kelas Pintar Bersama Kredit Pintar. Tema pun sangat menarik yaitu 'Tingkatkan Daya Saing  Produk  Lewat Fotografi dan Media Sosial'.  


Pukul setengah 10 pagi,  saya sudah melajukan motor ke daerah Cipete Jakarta selatan. Beruntung hari minggu jadi jalanan sangat lancar. Dan pukul setengah 11, saya sudah sampai di lokasi di Connetinc jalan Palem No.28, Cipete, Jakarta Selatan.


Kelas Pintar Dimulai

Sekitar pukul 11, kelas Pintar Bersama kredit pintar pun dimulai. Dibuka oleh Akhmad Abdullah Sebagai MC. Setelah sapa-sapa dan suasana cair penuh canda tawa, Akhmad pun langsung memanggil  Mas Puji Sukaryadi selaku Brand Manager kredit Pintar.

Mas Puji menginfokan,  kalau kelas hari ini adalah kelas ke 11 yang diadakan kredit Pintar. kelas ini akan membahas lebih mendalam perbedaan pinjaman online legal dan ilegal. Tujuan kelas ini pun agar UMKM naik kelas. 



Makanya peserta kelas yang hadir bukan dari para blogger saja lho, tapi juga pelaku UMKM. Dan ternyata ada juga blogger yang punya UMKM. Saya pun ada jualan kacang disko, sambal goreng kentang ati, abon ayam, kentang mustofa. Maka saya sangat antusias mengikuti kelas ini.

Mengenal Karakteristik Pinjol

Sesi sharing langsung berlanjut  Bersama Mas Arsya  Helmi selaku Regulatory Compliance Kredit Pintar. Mas Helmi Mengatakan, sebenarnya pinjaman online itu memberi kemudahan dalam meminjam uang. Prosesnya juga cepat, bahkan ada yang tidak sampai 1 hari atau 24 jam. Tapi dengan catatan meminjam di pinjaman online yang legal alias resmi terdaftar dan diawasi oleh OJk.



Nah, sebelum meminjam di pinjaman online, sebaiknya kita mengenal dulu karakteristik pinjaman online. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang kan.  Dengan begitu, kita bisa tahu seluk belum seputar pinjol


Pengertian Pinjol

Berdasarkan POJK 10/22, Pinjol adalah penyelenggara layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi dana dengan penerima dana dalam melakukan pendanaan konvensional atau berdasarkan prinsip syariah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan internet.

Manfaat Pinjol

Pastinya kehadiran Pinjaman Online ini ada manfaatnya juga. Mulai dari Syarat dan ketentun yang relatif mudah, tidak membutuhkan agunan, sampai kemudahan mengaskes aplikasi pinjol di mana saja melalui internet. Kemudian proses mencairan relatif cepat juga.

Risiko Pinjol

Selain mempunyai manfaat, Pinjaman Online juga memiliki risiko. Dan ini pastinya harus dicermati sejak awal. Jangan sampai menyusahkan diri sendiri. Risiko bagi peminjam Mulai dari suku bunga relatif lebih tinggi, araknya pinjol ilegal, sampai keamanan data diri.

Sedangkan  risiko bagi pemberi pinjaman mulai dari risiko kredit, sampai risiko keterlambatan pembayaran.

Cara akses

Sesuai namanya pinjaman online, maka segala aktivitas dilakukan lewat aplikasi. Makanya teman-teman harus Download dan install melalui aplikasi melalui Google Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna ios. 


Penanganan pengaduan

Bila terjadi sesuatu saat meminjam uang melalui pinjol, teman-teman bisa mengadukan melalui call Centre platform, melalui kontak 157 (APPI OJK), juga bisa  melalui Asosiasi AFPI.


Penyelesaian sengketa

Pastinya siapapun tidak ingin ada sengketa selama peminjaman uang di pinjol ya. kalau itu terjadi maka penyelesaian sengketa bisa melalui platform, Portal APPK OJK, Mediasi LAPS dan Pengadilan


Perbedaan Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal

Alhamdulillah, Lewat kelas pintar ini, saya semakain tercerahkan tentang perbedaan pinjol legal dan ilegal.  Dan setelah saya paham, Banyak sekali hal-hal membantu saat kita meminjam di pinjol legal. Sebaliknya Banyak hal-hal yang merugikan, saat kita meminjam di pinjol ilegal. Termasuk soal penagihan yang sudah melanggar ketentuan.

Nah, berikut perbedaan pinjol legal dan pinjol ilegal :

Fintech P2PL Berizin atau Terdaftar

  • Pengurus >> >Direksi dan komisaris penyelenggara jelas dan harus memiliki pengalaman di industri jasa keuangan pada level manajerial
  • Cara menagih>>>Tenaga penagih wajib tersertifikasi AFPI. Bisa menggunakan jasa penagihan yang yang terdaftar AFPI. Apalagi ada pelanggatan, OJK AFPIdapat memberikan saksi
  • Asosiasi>>>Wajib menjadi anggota Asosiasi yang ditunjuk OJK yaitu Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)

Fintech P2PL Tidak Berizin atau Tidak Terdaftar

  • Pengurus>>>Tidak ada standar pengalaman apapun yang harus dipenuhi oleh penyelenggara fintech P2PL ilegal
  • Cara penagihan>>>Tidak mengikuti tata cara penagihan yang beretika dan sesuai aturan. 
  • Asosiasi>>>Tidak memiliki Asosiasi apapun dan tidak dapat menjadi anggota AFPI

Mengenal Kredit Pintar Lebih Dekat

Kredit Pintar hadir guna memberikan akses keuangan inklusif melalui peran teknologi yang bertanggung jawab. pastinya Kredt Pintar legal dan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.



Kredit Pintar peringkat 1 untuk aplikasi pinjaman uang tunai yang banyak diulas di google play Indonesia dan telah didownload lebih dari 20 juta kali dengan rating google 4,2 dari 5 dengan 2 juta review

Kredit Pintar juga memberi banyak kemudahan. Mulai dari jumlah pinjaman 600 ribu sampai 20 juta. Kemudian jangka waktu  atau tenor dari 2-12 bulandengan bunga harian 0,1 – 0,4

Profil konsumen di Kredit Pintar juga snagat beragam Mulai dari 18 tahun sampai dengan usia 16 tahun dengan penghasilan dari 2 Juta – 8 juta perbulan. Tujuan pinjamannya pun beragam. Mulai dari pendidikan, biaya hidup, Modal Usaha, biaya pengobatan, dan tujuan lainya.

Pekerja lepas atau freelance juga bisa mengajukan peminjaman di Kredit Pintar. Nantinya limit akan disesuaikan. Persyaratannya juga sama. 

Terus soal penagihan sesuai aturan yang diatur OJK juga. Misalnya jam penagihan dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore. 

Dengan fakta-fakta yang dipapar, membuktikan kredit pintar sudah membantu banyak orang sebagai solusi mengatasi masalah. 

Sebagai penutup, Kredit Pintar  memberikan kiat melakukan pinjaman online. Pertama lakukan kepada perusahaan/aplikasi yang terdaftar di OJK. Pinjaman sesuai dnegan kebutuhan dan kemampuan melunasi. Lakukan peminjaman untuk kegiatan produktif Pahami manfaat, risiko, dan kewajiban dari pinjaman.

Tingkatkan Daya Saing Produk melalui Forografi dan Media Sosial

Set telah memahami seputar pinjiol materi kelas dilanjutkan oleh Bu Nita Kurnia pengiat UMKM dan fotografi. Dan saat ini kehadiran medi sosial sangat menunjang pelaku UMKM.



Sebagai pelaku UMKM ternyata banyak juga yang harus dimiliki dan disiapkan. Jadi tidak sekadar punya produk, jepret sana sini, jualan .

Palaku UMKM harus memiliki jiwa kepimpinan pada diri sendiri, Harus belajar tentang manajemen. Selain itu harus melakukan marketing dan branding dan Harus berinovasi dalam menjual atau menawarkan produk terhadap konsumen / Pelanggan

3 Langkah Awak Menjual/ Primo Produk UMKM Melalui Fotografi

Mengenal produk itu sangat perlu, agar produk kita dikenal oleh orang lain. Kemudian yang tidak kalah penting sesuaikan segmentasi pasar atau konsumen. Kemudian gunakan sosial media atau market.


Langkah awal agar foto menarik

Salah satu kekuatan berjualan online adalah terletak pada foto. Makanya usahakan foto harus menarik dan memikat pembaca. Nah, untuk menghasilkan foto yang bagus ada beberapa yang harus diperhatikan.

Siapkan background foto

Agar foto menarik, jangan lupa gunakan background atau latar yang menarik dan sesuai juga. Bisa juga membuat studio mini sendiri dengan peralatan yang sederhana. Misalnya dari karton putih atau HVS, selotip, meja dan dinding.

Gunakan model

Foto semakin bagus, saat menggunakan model. Abu nitamencotohkn misalnya produk brownies. Maka bagus modelnya sedang menikmati brownies. Lalu ada kotak brownies di atas meja.

Pencahayaan

Foto akan semakin bagus dnegan pencahayaan yang bagus juga. Bisa menggunakan cahaya lai seperti matahari atau lampu. Usahakan foto jangan ada bayangan. 

Tema foto

Teman-teman harus bisa menciptakan tema pada sebuah foto. Dengan menambahkan ornamen, membuat foto semakin ciamik. Misalnya produk teman-teman kopi, maka bisa ditambahkan serbuk atau biji kopi.

Cari sudut pandang

Untuk menghasilkan foto yang bagus, teman-teman jangan hanya terpaku pada satu sudut pandang saja. Tapi eksplor semua angle atau sudut pandang. Nnati akan dihasilkan foto yang menarik dan berbeda.

Melakukan edit/kurasi/finishinh

Jangan terburu-buru mengunggah atau memposting foto. Sebaiknya teman-teman melakukan editing foto dulu, agar hasilnya semakin maksimal.

Pentingnya Personal Branding Dalam Dunia Usaha

Sebagai penutup, Bu Nita menyampaikan agar jangan lupa untuk personal branding, karena sangat penting, yang membedakan produk kita dengan  produk orang lain. Pastinya juga mengenalkan produk kita kepda orang banyak. 

Branding produl diciptakan untuk membantu perusahan dalam membentuk persepsi pelanggan. Selainitu branding produk juga dibuat untuk keperluan promo bisnis agar bagaimana calon pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan.



Seru sekali kan, kelas Pintar bersama Kredit Pintar. Alhamdulillah wawasan saya semakin bertambah, khususnya bagaimana nanti saya bila ingin meminjam modal usaha di Kredit Pintar. Lalu bagaimana nanti saya membuat foto produk yang menarik untuk dipajang di media sosial dan market place. Terima kasih Mas Puji dan Mas Arsya dari kredit Pintar, juga Bu Nita.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Serunya Kelas Pintar Bersama Kredit Pintar"

  1. Resiko pinjaman online seringkali diabaikan oleh beberapa orang. Soal suku bunga yang tinggi dan pinjaman online ilegal. Terus kalau sudah kepentok masalah baru tuh pada berteriak-teriak.

    ReplyDelete
  2. Bener banget. Sekarang untuk promosiin produk juga harus memiliki gambar menarik sehingga bisa mendatangkan customer. Makanya penting juga untuk memahami teknik dasar fotografi.

    ReplyDelete
  3. Urusan foto produk ini memang kudu teliti ya Pak, apalagi dalam promosi produk sebisa mungkin hasilnya memang yang jernih dan memikat calon kustomer.
    Cuma memang masalah bayangan nih, adakalanya jadi kendala buat saya pas berfoto huhu

    ReplyDelete
  4. Selama ini kata pinjol udah bikin merinding duluan. Ternyata tidak semua pinjol berbahaya buat kita ya, Mas Bamz.

    ReplyDelete
  5. Bagus sih ada upaya swasta dlm edukasi kepada UMKM. Tp yg plg penting, bunga kredit jgn sampe membebani UMKM meski sbnrnya ada jg sih UMKM tuh yg ga mslh dgn bunga gede asalkan cpt cair.

    Kalo diitung2 bunga hatian itu bs mencapai 12% per bulan. Kalo dibanding dgn bank ya lbh mahal. Mslhnya kan peminjam tuh ga smua pny jaminan.

    Enaknya di pinjol, termasuk Kredit Pintar ini, prosesnya bakal lbh cpt meski dibarengi bunga yg berlipat. Asal kita mamlu jaga keuangan, utang tsb bs lekas dibayar. Biar ga kena denda bunga tggi.

    ReplyDelete
  6. Acaranya seru sekali, Pak. Saya baru denger juga tentang Kredit Pintar, ini. Dengan adanya Kredit Pintar, sekarang masyarakat sudah tak khawatir lagi, ya.

    ReplyDelete
  7. Tampilan visual (dalam hal ini foto produk) emang penting banget ya. Bagiku ini cukup sulit tapi yaaa...mau nggak mau memang mesti belajar biar hasil fotonya enak dipandang.

    ReplyDelete
  8. Kalo udah denger pinjol tuh kekgimana gitu, hehe.. Tapi di sini kita bener² diedukasi yah, PakBams. Jadi tau lebih banyak, terutama membedakan pinjol abal² atau bukan.

    ReplyDelete
  9. Senangnya ya Mas Bambang bis aikutan acara kelas pintar pastinya bakal nambah pintar dan banyak ilmu yang didapat serta relasi yang akan memperluas rezeki kita. Btw ngomongin soal branding ini memang sangat penting sekali ya Mas, yang akan membedakan produk kita dengan orang lain wajib ada uniquenessnya sehingga mudah dikenali

    ReplyDelete
  10. Acaranya padat dan berisi ya, mba. Memberikan edukasi kepeda peserta sehingga mampu memberikan pencerahan dalam bertindak, terlebih bagi para pelaku UMKM.

    Semoga dengan mudahnya mendapatkan akses ilmu ini, masyarakat semakin cerdas dalam berusaha.

    ReplyDelete
  11. Sejujurnya kalau ngecek daftar pinjol yang terdaftar di www.ojk.go.id ini pastinya listnya panjang dan banyak. Namun karena kemudahannya zaman sekarang, maka semakin mudah pula seseorang meminjam uang. Semoga dengan tetap cek dan ricek, meminjam di pinjol bisa membawa manfaat yang baik.

    ReplyDelete
  12. Wah iya pinjol ilegal saat ini merajalela. Banyak orang yang masih belum paham gimana membedakan pinjol legal dan ilegal. Semoga kelas ini juga bisa dibuka secara daring untuk umum ya

    ReplyDelete
  13. Wah, jadi memang beda banget antara pinjol legal dan tak legal ya Pak. Penting banget memang ini disosialisasikan Pak. Apalagi kepada pelaku UMKM yang butuh modal, Pak

    ReplyDelete
  14. Wah seru banget nih kelasnya, apalagi pas sesi tentang foto produk. InsyaaAllah bermanfaat banget ilmunya buat UMKM yaaa pak

    ReplyDelete
  15. Cara teknik foto yang bagus dan menjual ini pak yang saya masih harus belajar. Kayaknya mudah tapi ternyata sulit juga. Ada teknik tertentu yang harus dikuasi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.