} 7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Naskah Terkirim - Bambang Irwanto Ripto

7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Naskah Terkirim

   
           Banyak teman yang bertanya pada saya, apa saja yang harus diperhatikan saat mengirim naskah ke media. Kesempatan kali ini, saya tuliskan 7 hal yang perlu diperhatikan seblum naskah dikirim, ya. Apalagi kemarin teman-teman sudah membaca, 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum naskah dikirim ke media



        
           Nah, setelah naskah selesai ditulis, diendapkan, diedit, dan dipercantik, saatnya untuk dikirim ke media. Jangan disimpan saja. Disimpan di peti, apalagi disimpan di hatimu saja. #Eh
       Inilah 7 hal yang harus teman-teman perhatikan sebelum naskah terkirim, ya:

Memasukkan alamat email tujuan
      Ini adalah hal paling utama, Jadi tulis dulu alamat emailnya. Perhatikan dengans seksama, apa email yang ditulis sudah benar atau belum. Karena salah satu huruf atau angka saja, maka email akan mental.
      Bila sudah pernah kirim email ke media yang dituju, maka akan lebih mudah. Kita tidak perlu mengetik alamat email lagi. Biasanya begitu kita menekan huruf awal, maka alamat yang email yang berhubungan dengan email yang dituju akan segera muncul. Kita tinggal klik saja.

Memasukkan subyek
      Ini tidak kalah penting. Biasanya kan, sebuah media itu mempunya banyak rubrik. Jadi untuk memudahkan, tulislah subjek sesuai naskah yang kita kirim. Ini sekaligus memudahkan tugas tim redaksi untuk memisahkan naskah sesuai rubriknya.
      Ini juga memudahkan kita mencari file naskah kita di email. Kita tinggal ketik di pencarian naskah yang dicari, maka akan muncul. Jadi semua dimudahkan.

Tulis kata pengantar
      Jangan lupa untuk menulis kata pegantar. Ibaratnya, kita bertamu ke rumah orang. Jadi harus permisi, dan mengucapkan salam. Tuan rumah juga akan senang. Kata pengantar juga menyampaikan maksud tujuan kita untuk menfirim naskah.
      Saya beberapa kali chat dengan teman yang pernah jadi editor. Mereka rata-rata kurang senang, kalau ada yang kirim naskah tanpa kata pengantar. Walau mereka tahu, kalau itu maksudnya kirim naskah. Tapi memang harus ada tata krama juga.
       Soal kata pengantar, bisa disesuaikan dengan cara teman-teman, termasuk isinya. Yang penting, kata pengantar itu sopan, ringkas, dan menjelaskan tujuan.

Masukkan file naskah
      Jangan lupa memasukkan file naskah. Jangan sampai email sudah terkirim, lupa memasukkan naskah. Banyak kejadian seperti itu. Biasanya media akan konfirmasi kalau filenya kosong. Tapi kan sayang, kita sudah menunggu antrean lama, pas dibuka tim redaksi, ternyata file tidak ada. Bisa mengirim ulang, tapi kadang harus antre lagi.
      Hal yang harus diperhatikan adalah file yang dimasukkan harus sesuai dengan subjek. Jadi cek lagi naskahnya. Kalau sudah sesuai baru attach. Banyak kejadian, salah memasukkan naskah. Karena itu, berilah nama file sesuai dengan isi naskahnya.


Cek lagi
       Nah, setelah semuanya selesai, jangan langsung buru-buru klik send. Periksa sekali lagi, dari poin 1-4. Apakah sudah benar semuanya? Bila masih ada kesalahan atau salah ketik, segera edit kembali. Setelah semua benar, silakan send.

Rajin cek email
       Setelah naskah terkirim, teman-teman harus rajin cek email. Apakah naskah sudah sampai dengan selamat apa belum? Karena biasanya kan, email media error juga. Jadi siapa tahu mental. Karena email mental bukan hanya salah memasukkan alamat email, tapi karena ada gangguan dari email. Bisa email penerima atau email kita. Kalau ternyata mental, bisa kirim lagi. Jadi jangan lupa cek email, ya. jangan sampai kamu udah nunggu-nunggu kabar, ternyata emailnya mental.

Berdoa
Mengirim naskah ke media itu, ibarat melepas seorang anak pergi merantau. Naskah kita itu berjuang dan bersaing (sehat) dengan naskah lainnya. Jadi setelah naskah dikirim, jangan lupa terus didoakan, agar dia kembali membawa kabar gembira. Saya percaya, dalam hidup ini, ada campur tangan Tuhan, termasuk mengirim naskah di media.

Bagaimana? Sudah tahu 7 hal yang harus diperhatikan sebelum klik tombol kirim? Kalau sudah, saatnya mengirim naskah ke media. Salam semangat menulis.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Naskah Terkirim"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.