} Waduk Sempor Kebumen yang Menyejukan Mata dan Hati - Bambang Irwanto Ripto

Waduk Sempor Kebumen yang Menyejukan Mata dan Hati


Waduk Sempor Kebumen yang Menyejukan Mata dan Hati Jalan-jalan tidak harus ke tempat yang mahal. Yang penting tempat itu menyenangkan hati. Jadi sepulang jalan-jalan, hati senang dan kembali beraktivitas dengan semangat.
Salah satu tempat jalan-jalan yang asyik di kabupaten Kebumen adalah Waduk Sempor. Waduk yang berada di kabupaten Kebumen Jawa Tengah ini, tidak hanya berfungsi sebagai waduk, tapi juga tempat wisata yang menyenangkan, tapi tidak membuat kantong jebol.

Untuk menuju ke waduk Sempor, tidak sulit. Saat berada di jalan raya di kecamatan Gombong, Anda tinggal ancer-ancer saja kantor cabang Bank BCA Gombong. Biar jelas, Anda tinggal bertanya, dan pasti orang akan tahu. Pejalanan juga tidak lama, karena jalanan mulus. Sama sekali tidak ada jalanan rusak atau berlubang. Bisa juga bila Anda dari Banjarnegara.

Mendekati kawasan waduk Sempor, ada sebuah gerbang. Anda jangan lupa membeli tiket. Harganya sangat terjangkau. Untuk orang dewasa 4500 rupiah, sedangkan anak-anak 2500 rupiah. Begitu juga dengan tarif parkirnya yang sangat terjangkau.

Setelah melewati jalanan menanjak tapi mulus, maka sampailah Anda di waduk Sempor. Anda akan langsung disajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Anda pun bisa segera berfoto-foto.




Bila perut mulai lapar, Anda bisa mampir dan memesan makanan dan minuman di warung-warung yang banyak di sekitar pinggiran waduk. Harganya pun sangat terjangkau. Misalnya tempe mendoan ukuran besar, seharga 4 ribu. Makan satu, Anda akan kenyang.


Setelah puas menatap suasana waduk dari area masuk tadi, Anda bisa melanjutkan naik ke arah dermaga. Di sana juga suasananya bagus.
Bagi yang membawa mobil, terpaksa harus parkir, lalu melanjutkan berjalan kaki, karena jalanannya hanya kecil. Tapi bila Anda bermotor, boleh naik dengan mengendarai motor.

Setelah dari Dermaga, lanjut lagi ke atas. Di sana masih ada spot menarik. Pemandangan dari sini sangat indah. Anda dijamin langsung ingin selfie atau welfie.





Di area ini, ada juga sebuah monumen. Monumen ini dibangun untuk mengenang para pekerja waduk yang mrnjadi korban jebolnya waduk Sempor tahun 1976 korban waduk Sempor.


Setelah puas menikmati pemandangan dari atas, kini saatnya Anda kembali ke bawah menuju area waduk. Di sini, Anda bisa naik perahu atau bermain perahu kayu. Di sisi kiri juga ada tempat bermain anak-anak. Hanya sayang kurang terawat.

Saat Anda naik perahu, Anda akan disajikan pemandangan yang menakjubkan. Cukup dengan membayar 20 ribu per orang. Tidak perlu takut ada ombak, karena ini memang dalam waduk. Sedangkan kalau Anda memilih mengayuh perahu, hanya merogoh kantong 10 ribu selama 15 menit.




Bila Anda ingin sekalian olahraga, bisa berkunjung hari minggu pagi. Biasanya mulai pukul 6, orang-orang sudah ramai. Bahkan banyak juga orang yang memancing. Jadi habis olahraga, lanjut sarapan, lalu lanjut mengitari waduk, lanjut makan siang, lalu ditutup dengan wisata air.
Di sekitar waduk Sempor juga ada hutan pinus. Makanya tempat ini pun dijadikan area berkemah. Anda akan merasakan hawa sejuk, saat berada di sini. 

Demikian seputar wisata waduk Sempor di Kebumen Jawa Tengah. Agendakan waktu Anda ke sana. Dan dapatkan jalan-jalan yang menyenangkan, tanpa membuat kantong jebol.

Bambang Irwanto
Foto-foto Dokumen Pribadi



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waduk Sempor Kebumen yang Menyejukan Mata dan Hati"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.