} Teman-Teman Jempol dan keren Bila Saat Berwisata Tidak Melakukan Hal-Hal Ini - Cerita Bambang Irwanto

Teman-Teman Jempol dan keren Bila Saat Berwisata Tidak Melakukan Hal-Hal Ini


Zaman now, berwisata sudah jadi kebutuhan hidup. Perlu keseimbangan antara bekerja dan refreshing. Apalagi tempat-tempat wisata di Indonesia sangat banyak yang indah dan menarik. Asyiknya lagi, ramah di kantong.
Kolpri
Namun ternyata, masih banyak orang yang saat berwisata melakukan hal-hal yang kurang pantas dan melanggar aturan. Padahal sebagian besar larangan sudah jelas-jelas dipasang di papan atau spanduk pengumuman. Akhirnya kelakuan yang dilakukan satu orang, bisa merugikan banyak orang.
 Nah, kira-kira apa saja yang tidak boleh kota lakukan saat berwisata? Berikut ulasan singkatnya yang saya susun sesuai pengalaman pribadi. Dan teman-teman keren dan jempol, kalau tidak melakukan hal-hal ini saat berwisata.

Membuang Sampah
Detik Travel
Semua tempat wisata, selalu ada larangan membuang sampah sembarangan. Tapi masih saja banyak yang melanggar. Sampah jadi berserakan. Selain mengganggu kenyamanan berwisata, tentu saja mengganggu kesehatan.
Padahal tempat sampah sudah disediakan. Tapi ada saja alasan. Misalnya jauh tempat sampahnya. Padahal bisa disiasati dengan memasukan dulu ke kantong kresek. Nanti dekat tempat sampah, baru dibuang.


Mencorat-coret

Pendaki Muslim Id
Sering di tempat wisata ditemukan tulisan-tulisan dari tangan-tangan jahil. Tujuannya sebenarnya ingin berwisata atau merusak fasilitas wisata? Padahal melakukan hal ini ada tindakan tegas, karena termasuk tindakan merusak. Tulisan dengan menggunakan Pilox kan, sangat susah dihilangkan. Kalau pun bisa, jelas sudah tidak akan sebagus seperti dulu lagi.
Hal ini sering terjadi pada wisata alam. Misalnya di puncak gunung atau gua-gua yang memang kadang minim pengawasan. Menandai suatu keberhasilan, misalnya berhasil mendaki gunung, kan tidak harus dengan merusak. Bisa dengan foto atau video.


Memanjat

Panduwisata Id
Zaman now, wisata tanpa selfie-selfie memang kurang lengkap. Bagai sayur tanpa garam, bagai makan tanpa lalapan hahaha. Tapi tentunya harus mematuhi aturan juga, termasuk aturan dilarang memanjat. Selain membahayakan diri sendiri, juga bisa merusak fasilitas wisata.
Walau para petugas sudah mengingatkan dari pengeras suara, kalau pengunjung dilarang memanjat, tapi nyatanya, masih saja banyak orang yang melanggar, hanya demi mendapatkan angle foto idamannya. Bila terjadi apa-apa, siapa juga yang rugi.
Saat wisata ke taman Hobbit Lembang, ada kolam yang sangat bagus. Banyak orang-orang berfoto di sana. Namun jelas tertulis larangan : Dilarang masuk kolam dan memanjat. Tapi kok masih ada saja yang nekat hehehe.

Menginjak Tanaman
Traveling Yuk
Taman-taman di sekitar tempat wisata, dibuat agar tempat wisata semakin menarik. Kehadiran tanaman bisa membuat udara jadi sejuk. Tapi jangan kalap saat melihat taman yang cantik dengan bunga-bunga warna-warni bermekaran cantik. Selfie boleh, tapi jangan menginjak-injak tanaman.
Padahal merawat tanaman sampai berbunga cantik itu tidak mudah. Butuh proses dan waktu yang lama. Tentu saja butuh kesabaran orang yang merawatnya. Percaya atau tidak, tanaman memang perlu dirawat dengan kasih sayang. Makanya dijamin, orang yang merawat akan sedih, saat melihat tanamannya rusak.

Memberi Sesuatu Kepada Hewan
SuratKabar id
Kalau yang in bukan saja larangan saat berwisata ke kebun binatang, tapi berlaku saat berwisata ke tempat yang ada hewan peliharaannya. Misalnya kolam ikan, kandang kelinci, burung, dan sebagainya.

Sudah banyak kasus para pengunjung yang usil memberi makanan ke hewan. Misalnya ada hewan mati karena diberi makanan kantong kresek. Bahkan kasus yang termasuk heboh memberi hewan minuman keras. Selain bisa membuat hewan sakit bahkan mati, juga melanggar hukum.
Makanya, sekarang pihak tempat wisata, menyediakan makanan khusus yang bisa dibeli pengunjung, bila ingin ikut memberi makan hewan. Namun tetap harus ada kesadaran sendiri, agar hal-hal yang membahayakan hewan, tidak terjadi.

Itulah hal-hal yang harus teman-teman perhatikan saat berwisata. Pastinya perlu kesadaran masing-masing. Dan teman-teman keren dan jempol, bila tidak melakukan hal-hal itu. Selamat berwisata.
Bambang Irwanto



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teman-Teman Jempol dan keren Bila Saat Berwisata Tidak Melakukan Hal-Hal Ini"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.