} Keuntungan Menggunakan Colocation Server - Cerita Bambang Irwanto

Keuntungan Menggunakan Colocation Server

Keuntungan Menggunakan Colocation Server - Teman-teman tahu apa itu Colocation Server? Pasti banyak yang masih asing ya, dengan Colocation Server ini. Saya pun demikian. Tapi setelah membaca tulisan ini, pasti langsung paham.



Jadi, Colocation merupakan tempat atau rack untuk menempatkan atau meletakkan server dalam sebuah data center. Ini juga dapat diartikan sebagai sebuah tindakan yang mempercayakan keamanan server dan bisa juga perawatan sebuah atau beberapa hardware server pada pihak ketiga.

Nah, Sementara itu colocation server adalah sebuah layanan penyewaan rack untuk menyimpan server pada suatu data center. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih data center yang tepat antara lain adalah syarat arus listrik yang stabil, UPS, temperature control, power generator, flooring, ketersediaan dan kestabilan akses internet, CCTV, serta security yang dapat bekerja memantau kemanan pada lokasi data center tersebut.

Terdapat banyak keuntungan yang akan teman-teman dapatkan jika menggunakan produk ini. Pastinya akan lebih memudahkan teman-teman. Juga banyak menfaat dari penggunaan colocation server :

Keuntungan Menggunakan Colocation Server




Lebih Menghemat Budget

Membangun data center dan colocation server sendiri tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu penyewaan dari produk ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi pengeluaran. Dengan menyewa produk ini, pengguna dapat menikmati semua layanan yang diberikan dan dapat menghemat budget.


Efesien

Ketika memilih layanan dari produk ini, tentu semua hal terkait data center seperti pemeliharaan dan maintenance. Teman-teman tidak perlu melakukan sendiri. Jadi perusahaan dapat dengan fokus untuk melakukan perkerjaannya. Penyewaan colocation server merupakan hal yang efesien dan tentunya juga dapat untuk menghemat waktu.


Tingkat Produktifitas yang Meningkat

Dengan melakukan penyewaan produk ini pada pihak ketiga seperti nexdatacenter.com, persoalan mengenai TI bukanlah suatu masalah lagi. Hal ini dikarenakan perusahaan sudah memiliki ‘remote hands’ untuk mengurus perawatan tersebut. Cara ini tentunya dapat meningkatlkan produktivitas pada suatu perusahaan.


Memiliki Tingkat Keamanan Data Center yang Tidak Perlu Diragukan

Sebelum membangun data center, dibutuhkan beberapa kriteria dan standar untuk kelayakan data center itu sendiri. Hal ini membuat data center memiliki keamanan dan kestabilan yang terjaga. Colocation server menawarkan hal tersebut. Dengan menyewa produk ini, pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan datanya.


Memiliki  Teknologi dan sistem yang Terstruktur

Teknologi yang digunakan ketika memilih colocation tentu teknologi yang terbaru dan akan selalu diupdate, termasuk juga dengan antivirusnya. Jadi, pengguna tidak perlu cemas dan khawatir mengenai upgrade sistem.


Tidak Perlu Upgrade Sistem Server

Hal ini merupakan tugas dari pihak third party sebagai pengelola dari colocation tersebut. Dengan hal ini, penyewa produk ini akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan tugas lainnya.


Layanan Server Selama 24/7

Server akan berjalan dengan sendirinya sepnajang hari, pengguna tidak perlu menunggu jika ingin menggunakan produk ini. Layanan yang ditawarkan yaitu pelayanan selama 24/7. Selain itu, sistem juga akan menginformasikan jika terjadi kejanggalan agar segera dapat diatasi.


Tidak Bergantung pada Penyedia Hosting

Walaupun memiliki status sebagai penyewa, hal ini tidak membuat penyewa tersebut harus bergantung pada pihak penyedia hosting. Penyewa dapat menggunakan layanan yang ditawarkan dengan bebas tanpa ada halangan dari hosting. Penyewa dapat melakukan hal-hal seperti install software apapun yang dibutuhkan dengan mandiri.


Tidak Perlu Memiliki Tim TI Sendiri

Pengelolaan, pemeliharaan, dan perawatan server colocation telah menjadi tanggung jawab dari pihak penyedia layanan dan pengelolaan serta tim ahli dari provider third party tersebut.


Kekurangan dari produk ini adalah pengguna layanan colocation server harus bertanggung jawab sendiri atas terjadinya kerusakan yang terjadi pada server yang ia titipkan. Tapi masih tertutupi kekurangan ini dengan berbagai manfaat di atas, ya. 

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Keuntungan Menggunakan Colocation Server"

  1. Enak dong ya, udah tinggal pake buat perusahaan. Jadi ngga ribet kalau ada yang harus dimaintain. Tinggal kontak pihak penyedianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Kak. Jadi lebih memudahkan kita juga dalam soal data.

      Delete
  2. Colocation server ini keren.. memberikan banyak manfaat. Meski saya sendiri belum mampu membayangkannya dan terkesan sedikit sulit. Namun jika langsung menggunakannya dengan berbekal ilmu yang sudah dishare ini. Mungkin akan lebih memudahkan kita untuk memahaminya.

    ReplyDelete
  3. Keren banget ya... Bisa memudahkan bahkan meminimalisir pengeluaran sebab tidak membutuhkan tim IT untuk menggunakannya. Hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Jadi data perusahaan bisa dikelola dengan lebih baik pula.

      Delete
  4. Perusahaan-perusahaan web hosting sama master web kayaknya menyediakan jasa kayak gini juga ya mas. Enak zaman sekarang semua serba praktis dan ada yg maintain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mutia. Jadi lebih memudahkan perusahaan juga dalam mengolah data miliknya.

      Delete
  5. Untuk perusahaan dengan big data, tentu colocation sangat bermanfaat dan bisa mengirit budget cukup besar, karena namanya sewa selalu lebih irit daripada membuat sendiri.
    Nice post, Kakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bermanfaat dan membantu, Mbak Susi. Apalagi kan, data perusahaan besar sangat banyak.

      Delete
  6. Berarti server gini biasanya dipakai sama perusahaan besarlah ya. Kalau untuk keperluan pribadi rasanya terlalu mewah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa seperti itu, Mas Andi. Soalnya memang data perusahaan sangat banyak, jadi butuh server yang bisa mencakupi semuanya.

      Delete
  7. Cocok juga nih buat usaha kecil menengah yang punya website untuk pengembangan usahanya ya mas Bambang. Jadi kalo pun agak gaptek, masih ada mas-mas atau mba-mba yang bantu pecahin masalah 24 jam sehari 7 hari seminggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sekali, Mbak. Nanti kan besar muatan servernya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada masalah, pasti dibantu. jadi sangat membantu penggunanya juga.

      Delete
  8. yaoloh bener - bener cangih ya zaman sekarang. penggunaan teknologi dan sistem simpan menyimpan digital ternyata melahirkan kebutuhan baru yaitu "gudang" penyimpanan data yang digital pula. Wes pokoke tip markotop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dona. jadi semakin memudahkan memang perusahan dalam menyimpan dan mengelolah datanya.

      Delete
  9. Keren banget tuh Mas, ga perlu bergantung pada pihak penyedia hosting.
    Zaman sekarang mah semuanya canggih dan keren ya :)
    Memudahkan banget ini mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rey. Tinggal sewa saja server Colocation sesuai kebutuhan.

      Delete
  10. Mas Bambang aku baru tahu tentang colocation server setelah membaca artikel ini. Ini untuk start up terkait IT akan membantu pasti jika dimiliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Dian. Pastinya sangat membantu dalam mengolah dan menyimpan data. Dipilih juga sesuai kebutuhan.

      Delete
  11. #tetooooot ga ngertiiii 😂 gaptek saiyah tuuu..

    inget pernah talk show tentang big data. akhirnya pertanyaannya standar2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya sharing, Mbak Dhenok. Biar Mbak Dhenok tahu seputar Colocation Server ini.

      Delete
  12. Begini jadi lebih rapih dan aman yah. Aku familiar liat rak-rak ini waktu liat server di kantor. Ternyata memang ada suppliernya ya, aku pikir customize hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Desy. Rapi enak dilihat juga. Aman, jadi tentram hati dan jiwa hehehe. Apalagi data kantor kan banyak, Mbak. Ribet kalau mendata dan menyusun manual.

      Delete
  13. Saya menyoroti penyimpanan data centre yang menjamin keamanan data itu Mas Bambang. Tau sendiri kan sekarang ini eranya Big Data. Siapa yg mampu memelihara datanya sebaik²nya maka sudah pasti dia selangkah lebih maju dan mendapatkan banyak keuntungan daripada yang gak rapi datanya. Terima kasih telah berbagi, Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Mia. semakin rapi datanya, maka akan semakin mudah juga dicari saat akan digunakan. Jadi pastinya lebih mempercepat pekerjaan juga.

      Delete
  14. Suamiku kerjaannya ngurusin server2 kek gini tapi saya gak mudeng pak wkwkw,maafkan saya. Kalau saya terus terang bergantung aja sama penyedia hosting, begitu ada yang error langsung tulung tulung ke CS 24 jam haha.
    Hmmm tapi kalau si colocation ini buat perusahaan ya mestinya yg bagian IT or networknya kudu paham ya, wajib malah, eh atau saya kejauhan ya ngomeninnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak April. Dan Coolocation Server ini lebih pas untuk perusahaan yang datanya sangat banyak ya, Mbak.

      Delete
  15. Wah bisa ini untuk perusahaan-perusahaan gede yang punya data raksasa untuk menggunakan colocation server ini. Praktis, mudah, dan aman juga ya mas, nice deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Karena perusahan besar kan datanya sangat banyak. Ini untuk mengurangi kesalahan juga, kalau dikerjakan secara manual.

      Delete
  16. Satu kata baru..
    Menelan kalimat pelan2 heheh..
    Ini bermanfaat buat big data ya kak.. Wah inovasi niih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kehadiaran Colocation ini memang sangat banyak manfaatnya. Jadi memang mudahkan dalam urusan data.

      Delete
  17. Baca postingan ini jadi makin tahu sama yang namanya Colocation Server euy. Untuk urusan menyimpan dan mengelola data bakal lebih terbantu nih jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, Mbak. terutama bagi perusahaan yang memang mempunyai data sangat banyak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.