} Encanto Saat kekuatan Keluarga Melebihi Kekuatan Sihir - Bambang Irwanto Ripto

Encanto Saat kekuatan Keluarga Melebihi Kekuatan Sihir

 Awalnya, saya tidak bberencana nonton fil Encanto ini. Kemarin 25 November 2021, saya memang sengaja ke Purwokerto untuk nonton film Losmen. Tapi ternyata... saya salah jadwal. Tapi sebenarnya tidak kok salah jadwal kok. Lho, kok bisa?



Jadi malam 24 November itu, saya sudah survei jadwal film Losmen yang tayang di Purwokerto. Saya pilih Purwokerto, karena dekat dari Kebumen. Soalnya akan lebih jauh kalau saya ke Yogya.Dan ternyata ada jam pertunjukan pukul setengah 12.

Maka saya pun pukul setengah 8 pagi sudah berangkat ke Purwokerto. Karena saya jalannya santuy, maka saya tiba di sana pukul setengah 10. Karena waktu masih lama, saya muter-muter dulu dan sempat makan gado-gado hahaha.

Pukul setengah 11, saya bergegas ke Rajawali Cinema. Pas sampai sana, saya lihat kok mainnya pukul setengah dua. Karena masih lama, saya pun ke Mall Rita saja.

Nah, pukul setengah satu, saya bergegas kembali ke Rajawali Cinema. Dengan pedenya saya pun masuk. Tapi alamak... ternyata Losmen mainnya benar pukul setengah 12. Yang pukul setengah 2 itu Encanto, film animasi Disney.


Eyalah.. ternyata, saya tidak memperhatikan posternya. Jadi di luar itu, ada 2 poster, Losmen dan Elcanto. Soalnya baru kali ini, saya dapati ada bioskop yang memutar 2 film berbeda dalam sehari hehehe. Karena terlanjur, saya pilih nonton Encanto saja. Lagipula, bisa saya pelajari, bahkan dapat ide untuk menulis cerita anak hehehe. Dan masih fressh, karena baru tayang mulai 24 November 2021. Cihuyyy.


Cerita si Mirabel

Memang rasanya sedih sekali. Saat semua anggota keluarganya memiliki kemampuan sihir, hanya Mirabel seorang yang tidak mempunyai kemampuan apa-apa. Padahal ia un ingin membantu orang lain dengan kemampuannya. Itulah yang dialami oleh Mirabel, gadis berambut ikat  berkulit hitam dan berkacamata. 


Terlahir dari keluarga yang dikarunia kemampuan sihir, pastinya Mirabel tidak sabar ingin mendapatkan kekuatan sihirnya saat hari karunianya. Apalagi kedua kakaknya, Luisa dan Isabel, sudah menerima kekuatan masing-masing. Luisa sangat kuat dengan bagai supermen, sedangkan Isabel bisa menebarkan kebahagian lewat bunga-bunga cantik. 

Namun apa yang terjadi. Saat hari karunia sihirnya, kemampuan sihir itu tidak menyapa Mirabel. Saat Mirabel hendak memasuki kamar barunya yang ebrcahaya, Tiba-tiba sinar pintu kamar redup, lalu menghilang. Mirabel pun jadi berbeda dengan keluarganya. 


Kegalauan Mirabel yang Memuncak

Mirabel semakin resah, saat sepupu kecilnya, Antonio, siap menerima karunia sihir. Mirabel takut, Antonio tidak bisa mendapatkan karunia sihir seperti dirinya. Namun ternyata, Antonio berhasil menerima kekuatan sihirnya yaitu bisa bersahabat dengan para binatang. 

Mirabel semakin tersudutkan saat seluruh keluarga merayakan kegembiraan dengan berfoto bersama, dan tak mengacuhkan Mirabel. Perasaan gadis  itu semakin hancur. Mirabel pun pergi menyendiri. 


Bahaya Mengintai Encanto

Saat menyendiri, Tiba-tiba sesuatu terjadi. Mirabel melihat Encanto, yaitu rumah besar keluarganya, mulai bergejolak, lalu mengalami retak-retak. Dimulai dari lantai, terus ke dinding-dinding rumah. Bahkan menginca Lilin yang merupakan sumber kekuatan sihir keluarga. Mirabel panik dan segera memberitahu neneknya. 

Neneknya pun bergegas melihat apa yang terjadi pada Encanto. Namun ternyata, semua baik-baik saja. Neneknya menganggap Mirabel hanya berhalusinasi dan ingin mengacaukan pesta perayaan karunia sihir Antonio. Mirabel sedih sekali.


Mencari Rahasia Tersembunyi

Walau sedih, Mirabel tetap bersikeras, kalau akan ada sesuatu yang terjadi pada Encanto. Makanya diam-diam ia pun bertekad untuk menguak rahasia ini. Mirabel yakin, ada yang disembunyikan neneknya dari keluarga besar. 

Saat malam tiba, diam-diam Mirabel mengendap-endap naik ke atap rumahi jendela lilin sumber kekuatan sihir. Tanpa sengaja, saat sudah berada di dekat jendela, neneknya berkeluh kesah pada mendingan kakek Mirabel. Ternyata Encanto memang ada masalah. Neneknya hanya berusaha menutupi dari semua orang. 

Mirabel pun kemudian terus berusaha menguak rahasia Encanto. Sampai akhirnya dia menemukan pamannya yang  dulu tiba-tiba menghilang saat hari karunianya. Sedikit demi sedikit rahasia terkuak. Mirabel pun berusaha untuk menyelamatkan Encanto. 

Setelah bisa menguak rahasia Encanto, Mirabel pun berusaha sekuat tenaga. Namun semua di luar dugaan. Bahkan semakin menimbulkan kekacauan. Tentu saja neneknya sangat marah, dan menyalahkan Mirabel. Gadis itu pun pergi dari rumah.

Lalu bagaimana kisah Mirabel selanjutnya? Apanya ia mampu menyelesaikan masalah yang terjadi? Apakah gadis itu akan mendapatkan kekuatan sihirnya? Termasuk teman-teman pasti penasaran kan, bagaimana awal keluarga Mirabel bisa mendapatkan karunia sihir itu. Lanjut ditonton langsung, ya hehehe.


Kekuatan Film Encanto

Elcanto ini sangat bagus. Wajar saja, karena produksi Disney. Gambarnya sangat bagus dengan perpaduan warnanya. 

Selain alur ceritanya yang menarik, pesan moralnya juga sangat dalam. Film animasi ini mengajarkan kita bahwa kekuatan terbesar itu sebenarnya ada pada diri kita sendiri. Selain itu, keluarga adalah harta dan kekuatan paling berharga.


Film. Ini cocok untuk anak-anak. Beberapa adegan seru dan memancing tawa. Lagunya juga keren-keren dengan koreografi ciamik. Anak-anak dijamin senang nonton film ini.

Mungkin kalau bisa, adegan ciumannya disensor karena film ini ini ditonton anak-anak juga. Walau adegan ciuman di film ini bukan nafsu, tapi kebahagiaan dan pemberi semangat kekuatan. Misalnya saat pernikahan kakek neneknya Mirabel, juga saat akan berpisah untuk terakhir kalinya. Tapi ya, begitu, kalau dipotong, akan menghilangkan bagian cerita hehehe.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Encanto Saat kekuatan Keluarga Melebihi Kekuatan Sihir"

  1. Tumben nih Pak Bambang milih makan gado-gado dulu, biasanya bakso, hehehehe.... Asyik juga nonton film di kota sebelah, sekalian bisa sambil jalan-jalan cuci mata.

    Kualitas film produksi Walt Disney sudah nggak perlu diragukan lagi deh. Mulai dari gambar karakter, suara, musik dan alur ceritanya. Bagus juga ya alur ceritanya mengajarkan kita jangan terlalu menggantungkan kekuatan dari luar, karena kekuatan terbesar itu ternyata ada pada diri kita. Nice story Pak Bams.....

    ReplyDelete
  2. film Disney memang selalu memukai baik animasi mauoun lagunya. ANak2 saya juga suka. Memang harus nonton bareng karena suka ada adegan kissnya

    ReplyDelete
  3. Wuah Pak Bambang udah nonton duluan si Encanto.
    Daku baru mau merencanakan hehe. Soalnya pas lihat trailer nya itu bikin penasaran. Alhamdulillah nya baca ulasannya Pak Bambang jadi bisa dapat kisi-kisinya lagi haha

    pengennya mau bawa ponakan, semoga sih bisa terwujud

    ReplyDelete
  4. Hyaaa, Bapak nih bikin penasaran aja.
    Kan jadi pengen me time buat nonton ini juga. Kasihan banget ya nasibnya Mirabel ini, udahlah mau membantu keluarga tapi dianggap ingin mengganggu, huhuhuhh sediih deh :(

    ReplyDelete
  5. Menarik banget ceritanya mau nonton film di bioskop. Haha salah jadwal jadinya tetap nonton yang lain ya Pak. Tapi bukannya di Rita mall ada bioskopnya juga? Sudah buka atau belum ya?

    ReplyDelete
  6. Wah, menarik juga ya baca alur ceritanya. Apalagi, pesan moral yang disampaikan. Percaya dengan kekuatan diri, ini wajib banget.

    ReplyDelete
  7. Memang film disney gitu rata2 meski kartun buat anak kecil pasti ada bumbu2 cinta nya..

    ReplyDelete
  8. Huaaaa udah dua tahun gak masuk bioskop
    Kangennya nonton film langsung do layar lebar
    Apalagi filmya dari Disney. Mau bangeeeet
    Baca review mas Bambang jadi makin mupeng
    Penasaran sama kisah Mirabel

    ReplyDelete
  9. Kalau film besutan Disney memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Sebelum ini juga ada kalau tidak salah judulnya nya, 'Raya and The Last Dragon'. Film animasinya juga keren mas Bambang

    ReplyDelete
  10. Setting-nya mirip Coco besutan Disney juga ya kang. Disney mgkn lagi ngincar banget pasar Amerika Latin dan tentu saja Asia yang baru keluar dengan Raya.

    Aku belum berani untuk nonton bioskop selama pandemi ini euy. Soalnya udh pernah positif covid. Jadi harus hati2 dgn keluarga di rumah. Kan keluarga adalah harta dan kekuatan paling berharga katanya. Hehe..

    ReplyDelete
  11. sasaya salah satu pengagum film-film disney Mas, selalu suka dengan semuanya, karakternya, latarnya, alur ceritanya. Penggarapannya selalu totalitas. Dan film ini kayaknya wajib saya tonton dan bawa keponakan-keponakan niy buat nonton bareng

    ReplyDelete
  12. wah ini film Disney yang terbaru ya mas?
    Menarik nih, bisa jadi pilihan nonton sama anak anak di akhir pekan nanti

    ReplyDelete
  13. Film yang menarik untuk ditonton, biasanya disney punya desain gambar yang menarik dan halus untuk dilihat. Belum lagi kekhasan alur cerita, biasanya kalau kerjasama ama pixar pesan moralnya makin dalam

    ReplyDelete
  14. Saya juga penasaran sama encanto. Alur ceritanyanya bagus. Kebayang sih betapa merananya si Mirabel. Dari keluarga yang punya kekuatan eh dia sendiri yang nggak punya.

    ReplyDelete
  15. Wah pengen baca spoiler lanjutannya. Spill dong, Pak wkwkwk. Kalau Disney mah ngga usah diragukan lagi yah. Jadi pengen nonton kisah Mirabel ama anak-anak nih. Tapi ada adegan ciuman yah wew.

    ReplyDelete
  16. Tema keluarga dan kekuatan diri. Mirip kayak film Coco nih, animasinya juga. Saya udah jadwalkan mau nonton sama anak-anak. Tapi masih minggu depan karena minggu ini mereka sibuk ujian. Dari sinopsisnya, saya yakin DuoNaj bakalan suka.

    ReplyDelete
  17. Penasaran, ini anakku kalau diajak nonton pasti seneng. Eh, tapi ada adegan ciuman yak...
    Btw, kalau di kota kita enggak ada bioskop emang ribet yaa. Aku kalau nonton juga harus ke Solo.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi ingat film anak di bioskop yang judulnya Coco Loco, itu dari daerah Meksiko. tone nya sama seperti Encanto ini.
    Hmm... btw bulan lalu kan udh nonton Nusa rara di bioskop. Minggu depan ngajak anak nonton Encanto ke bioskop juga ahhh.... wkwwk

    ReplyDelete
  19. Memang menjadi "beda" dalam sebuah keluarga itu berat yaa..
    Sisi-sisi parenting sangat menonjol di drama anak-anak ini. Semoga dengan kebaikan hati Mirabel, bisa menular kepada anak-anak yang menonton dan melalui ulasan kak Bambang.

    Selalu ada hikmah di balik "kesalahan" yaa..
    Gagal nonton Losmen, malah dapat inspirasi dari Film Encanto.

    ReplyDelete
  20. Cerita anak apalagi dengan dunia sihir, seru banget, jaman kecil aku pun suka baca bukunya lho . Tapi kalau lihat film nya jarang hehehe..maklum dikebumen dah gak ada bioskop yah. Terakhir nonton di gembira loka perwira ksatria jaman Dede Yusuf wkwkkwwk jadul bgt deh. Film encanto nih buat aku penasaran pengen nonton deh. Terima kasih 😊🙏

    ReplyDelete
  21. duh pengen nonton juga sama anak anak
    Disney gituloh pastinya semua serba apik, aku yang emak emak pun pengen nonton...heheheh

    ReplyDelete
  22. Salfa mau sekali ikutan nonton ini
    Hanya saja saya masih was was bawa dia ke bioskop karena pasti akan bawa adeknya juga
    Cerita Mirabel membuat saya penasaran banget...

    ReplyDelete
  23. Seruuuu! Sepertinya Mirabel juga punya kekuatan ya, cema berbeda dengan keluarganya.
    Kemarin lihat poster film ini di bioskop deket rumah, tapi aku nonton yang lain.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.