} Tips Sukses Bisnis Online di Masa Pandemi - Bambang Irwanto Ripto

Tips Sukses Bisnis Online di Masa Pandemi

Bisnis online makin diminati apalagi sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Ya, pandemi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia termasuk dalam beraktivitas. Himbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah membuat bisnis online memiliki lebih banyak pelanggan. Meskipun begitu bukan berarti kita bersantai saja karena kompetitor di luar sana juga makin banyak.

tips sukses bisnis online di masa pandemi
Ini Dia Tips Suksesnya Binsis di Masa Pandemi (Desain : Canva)

Pastinya teman-teman menyadari, kalau pandemi juga berdampak pada penurunan daya beli masyarakat akibat merosotnya perekonomian. Artinya untuk bisa meraih konsumen menjadi sesuatu yang tidak mudah dan harus dipikirkan tips serta strategi yang tepat, supaya bisa mengalahkan kompetitor. Teman-teman tetap bisa sukses dengan bisnis online melalui strategi yang tepat dan efektif meskipun pandemi masih melanda.


Tips Sukses Bisnis Online 

Walaupun mungkin teman-teman masih pemula tetap bisa sukses menjalankan bisnis online jika mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini.

1. Paham Masalah pada Pasar

Agar produk dan bisnis bisa diterima oleh masyarakat sangat perlu mengetahui apa saja yang sedang dibutuhkan pasar saat ini. Bagaimanapun bisnis dikatakan sukses jika produk bisa diserap dengan bagus oleh pasar dalam hal ini yaitu dibutuhkan oleh masyarakat.

bisnis online harus memahami masalah pasar
Paham Masalah pasar = Bisnis Online Sukses (Desain Canva)

Sebagai contoh di masa pandemi ini masalah yang dihadapi pasar adalah bagaimana meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terpapar virus. Jadi teman-teman bisa memilih bisnis online dengan produk obat-obatan herbal, vitamin, produk kebersihan seperti sabun dan sejenisnya.


2. Riset Pasar

Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar jangan lupa untuk melakukan riset pasar. Tujuannya agar teman-teman bisa mengetahui dengan jelas kelompok usia, jenis kelamin, status ekonomi dan faktor lainnya pada konsumen yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.


3. Mengenali Kompetitor

Penting untuk mengenali apa, siapa dan bagaimana kompetitor bisnis teman-teman supaya bisa mengidentifikasi masalah serta menyusun strategi pemasaran yang tepat. Kenali apa yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan dari kompetitor teman-teman. 

Salah satu cara mengenali kompetitor yaitu dengan mengecek pada media sosial maupun website mereka. Lihat dan perhatikan bagaimana desain website, cara penawaran produk, bagaimana respon terhadap pelanggan dan sebagainya.


4. Kembangkan Ide

Apalagi yang harus dilakukan setelah mengetahui kelebihan maupun kekurangan kompetitor? Tepat sekali, kembangkan ide kreatif teman-teman supaya bisa mengalahkan kompetitor dan lebih diingat oleh konsumen.

ide harus terus dikembangkan
Terus Kembangkan Ide agar Bisnis Online berkembang

Teman-teman bisa membuat website yang dengan fitur yang lebih lengkap dan mudah digunakan oleh konsumen misalnya. Atau dengan cara beli domain yang sesuai dengan branding produk teman-teman tersebut. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis online yang menggunakan website resmi terlihat lebih profesional dibandingkan hanya dengan memakai media sosial maupun menjual lewat e-commerce saja.


5. Pemasaran Digital

Ingin sukses dengan bisnis online teman-teman lakukan digital marketing yang tepat, efisien dan efektif untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Sekarang ini gaya hidup masyarakat tidak bisa dipisahkan dari gadget termasuk saat akan berbelanja. Pemasaran digital yang efektif dapat dilakukan melalui cara-cara :

  • Memilih platform yang tepat untuk menjual produk apakah e-commerce/ marketplace, media sosial atau website.
  • Memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis maupun produk teman-teman.


6. Perhitungan Modal

perlu memperhitungkan modal dalam bisnis online
Jangan Lupa Perhitungkan Modal Saat BisnisOnline

Rasanya tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal baik material maupun keahlian. Nah, sebelum melakukan bisnis online sebaiknya lakukan perhitungan modal yang diperlukan lebih dulu termasuk biaya untuk pembuatan media pemasaran seperti website misalnya. Setelah tahu berapa modal yang dibutuhkan selanjutnya pikirkan bagaimana cara untuk mendapatkannya apakah uang milik sendiri atau mencari investor.

Tidak terlalu sulit bukan tips untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online meskipun masih di masa pandemi? Memulai dengan langkah yang tepat menjadi kunci kesuksesan bisnis online teman-teman. Maka dari itu, pastikan untuk memulai bisnis dengan langkah yang tepat dan menerapkan berbagai tips di atas ya! 


Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Tips Sukses Bisnis Online di Masa Pandemi"

  1. Penting banget ya mengenali peta kekuatan kompetitor, biar kita bisa mengukur kemampuan kita. Sekaligus jadi bahan evaluasi bisnis. Namun satu yang pasti, harus punya ide kreatif dalam berbisnis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas. Jadi kita bisa meningkatkan atau menambah sesuatu yang belum ada pada kompetitor. Dan secara tidak langsung, ini membuat kita lebih kreatif juga.

      Delete
  2. Bener banget nih mas, bisnis online di masa pandemi ini jadi salah satu keran rezeki bagi banyak orang. Apalagi memang belannja secara online tuh praktis banget,jadi gak perlu ribet keluar rumah. Lebih simpel dan aman tentunya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Pandemi memang membawa dampak. Tapi Insya Allah selalu ada jalan untuk mencari rezeki. Salah satunya terbukanya bisnis online.

      Delete
  3. Kasih ide mas bam enake jualan apa ya buat bisnis online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soalm ide, Kakak yang harus memilih sendiri, karena nantinya kakak yang menjalani bisnisnya. Pastinya, pilih yang sesuai minat dan kemampuan.

      Delete
  4. Pemasaran digital Sepertinya ini yang mendominasi dalam bisnis online saat ini ya. Secara apa apa kalau online marketingnya juga ya secara online.
    Tapi senangnya itu tinggal ada kemauan karena sudah banyak kelas baik berbayar maupun gratisan yang membahas tentang ilmu digital marketing ini ya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Okti. Salah satunya media sosial yang bisa kita manfaatkan dan maksimalkan untuk berjualan online.

      Delete
  5. Pemasaran digital ini yang terbaik sihh yaa selain agar jejak digitalnya tetap ada jangkauannya juga lebih luass dibanding pemasaran offline ajaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tapi tetap kalau ingin, bisa juga buka toko offline untuk semakin meningkatkan penjualan. Misalnya usaha kuliner.

      Delete
  6. Riset pasar ini sebenarnya susah2 gampang. Riset dalam arti yg lebih spesifik ya. Apalagi kalo online pasti sampel yg diambil pun lebih luas.. kalo riset ala kadarnya memang ngga perlu ambil pusing yg penting tahu bayangan marketnya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi jelas sasaran tujuan produk kita. Kita pun bisa menyesuaikan produk kita dengan selera konsumen.

      Delete
  7. bikin SWOT produk sama pasar emang penting nih ya biar kita tau nilai lebih apa yg bisa ditonjolin, dan jaman sekarang emang harus kenceng nih promo di online biar menjangkau banyak orang dan dilirik buat dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Produk sudah oke, maka promo harus dimaksimalkan. Apalagi banyak media yang bisa dijadikan ajang promosi. termasuk media sosial.

      Delete
  8. Berbisnis online salah satu kuncinya pada halaman web tempat landing page mempromosikan bisnis harus ramah akses ya pak Bams, makanya kudu pilih hosting yang terpercaya, kemudian tinggal ikuti tips sukses berbisnis online di masa pandemi.
    Bisnis lancar dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. karena kalau hosting terpercaya, kita juga tenang dengan kelanjutan bisnis kita. Pastinya kan, kita ingin bisnis kita terus maju dan berkembang.

      Delete
  9. menurutku kunci yang utama itu ya menguasai produk, market, dan teknik pemasaran. kudu tau kanal2 yang ramai pasar yang sesuai produk kita ya.. tau gimana behaviour market juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali ini, Mbak Nabila. Menguasai produk yang dimiliki berarti bis amenyesuaikan dengan keinginan konsumen. Tinggal dimaksimalkan saja promonya.

      Delete
  10. Mantap nih tipsnya pak... Hampir 2 tahun pandemi tapi saya bingung mau bisnis online apa... Ternyata harus dimulai dari riset ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. karena dari suatu masalah, maka bisa dihasilkan produk sebagai solusinya. Misalnya pandemi ini orang butuh masker. Maka dapatlah ide bisnis ide jualan masker yang tidak hanya untuk menjaga kesehatan, tapi juga bisa disesuaikan pakaian yang dikenakan.

      Delete
  11. Sebenanrnya di zaman digital ini untuk memulai bisnis memang semakin mudah karena informasi yang udah luber-luber. Mau nyari bahan mudah, nyari suplier juga gampang banget. Yang mahal memang ide dan kreativitas agar bisnis kita nggak seragam dengan kompetitor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ya, Mbak. Contohnya dari sisi promosi. Dulu kalau promosi harus setidaknya buat brosur, disebar, atau pasang iklan. Sekarang ada media sosial yang bisa dimanfaatkan.

      Delete
  12. wah kebetulan banget mas Bambang, saya sedang mau emrintis usaha sama sodara, kadang suka bingung langkah apa saja yang harus diambil dan pertimbangan apa yang harus dimatangkan, baca ini jadi dapat masukan

    ReplyDelete
  13. Aku ini yg pengin bisnis online tapi selalu takut memulai dan takut rugi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus berani untuk mulai, Mbak. Karena namanya usaha, pasti ada turun naiknya. Namun yang sukses yang terus berusaha dan bersemangat..

      Delete
  14. Modal dari berbisnis yang pertama dan kudu dikuasai memang skills dan kemudian ide. Jarang banget ada orang yang berani mengambil langkah berani untuk menjalankan bisnis kalau belum punya mental "bisnis" yang teruji tangguh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Karena percuma sejuta ide bagus, tapi belum ada modal pendukungnya. Karena sekecil apapun bisnis, pasti butuh modal. Tapi Insya Allah, dengan niat tulus untuk usaha, maka modal akan selalu ada.

      Delete
  15. nah untuk dapet investor ini kayaknya butuh skill komunikasi juga, ya nggak sih Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Selain itu, pastinya produk kita nanti, harus bisa menarik hati investor. Jadi sebelum maju menemui investor, persiapkan dulu semuanya dengan matang.

      Delete
  16. Nah, biasanya kendalanya ada di modal kak. Padahal idah berusaha sbisa mungkin mengembangkan ide. Tapi modal selalu gak cukup ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memulai bisnis, bisa disesuaikan dengan modalnya dulu, Mbak. Nanti seiring berkembang, baru kembangkan usaha. Kalau nunggu modal besar dulu, nanti tidak mulai-mulai usahanya.

      Delete
  17. Memiliki bisnis online di masa pandemi memang, mudah-mudah susah hihi. Di sisi lain, banyak kanal yang bisa dimanfaatkan "mumpung" apa-apa serba online. Di sisi lain juga kompetitor tak kalah gercepnya memanfaatkan kesempatan. Kudu hati-hati dan jangan gegabah. Modal juga perlu dijaga betul arusnya, baik untuk operasional atau produksi kalau misalnya bentuknya produksi sendiri.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.