} Pakai Smart Lighting, Semangat Menulis Semakin Membara - Bambang Irwanto Ripto

Pakai Smart Lighting, Semangat Menulis Semakin Membara

Alhamdullilah tidak terasa sudah 18 tahun saya menjadi penulis lepas. Tepatnya sejak tahun 2004 saat saya memutuskan berhenti bekerja dari sebuah PT di kawasan industri Pulo Gadung Jakarta Timur, lalu full menggantungkan hidup dari menulis. Saya akhirnya mengikuti pasion saya.



Tapi sebenarnya, kalau bicara soal kegiatan menulis, itu sudah sejak kecil saya lakoni. Berawal dari suka membaca cerita di majalah anak-anak, lalu kemudian ingin bisa menulis cerita juga. Tujuannya waktu cuma satu. Ingin nama saya terkenal hahaha.

Tapi memang harus saya akui, untuk konsistensi sampai sekarang ini tidak mudah. Salah satu kuncinya, saya harus terus rutin menulis setiap hari. Dan itu kadang begitu syulit, di tengah-tengah aktivitas lainnya.


Tips agar Terus Semangat Menulis 

Agar mood menulis saya selalu terjaga, maka saya harus bisa selalu mencari cara. Setiap penulis itu berbeda-beda menyiasatinya. Dan inilah cara yang saya lakukan :




Jenuh Menulis = Tinggalkan Sejenak

Saat jenuh menulis, saya tidak akan duduk tampan menulis. Dan itu sudah saya lakukan sejak zamannya saya masih mengetik memakai mesin tik, lalu komputer rakitan, sampai sekarang laptop. 
Selanjutnya, saya akan mencari kegiatan yang menyenangkan. Misalnya naik sepeda, ngebolang naik motor di wisata terdekat, bersihin taman, dan sebagainya, termasuk ngebakso hahaha. Setelah sehari libur, baru saya kembali menulis. Biasanya, selain pikiran fresh, saya juga menemukan banyak ide-ide untuk tulisan baru.

Atur Suasana Menulis

Nah, setiap penulis itu berbeda-beda suasana menulisnya. Misalnya, ada yang suka menulis saat malam hening. Terus, tempat menulisnya juga bisa beragam. Ada yang suka menulis di kafe, perpustakaan, dan lainnya. 

Kalau saya, soal suasana tidak masalah. Saya bisa menulis waktu siang dalam suasana yang sangat berisik. Sebaliknya, saya pun bisa menulis di waktu malam hari saat suasana tenang, asal jangan begadang hehehe. Kemudian, saya menulisnya harus di rumah tempat tinggal sendiri hehehe. Biasanya, sambil menulis, saya juga suka mendengarkan musik. Tidak lupa ada camilan minimal setoples dan satu mug teh manis hehehe.

Ciptakan Suasana Berbeda di Rumah

Sebenarnya, ini tidak berlaku untuk dunia menulis saja. Menciptakan suasana berbeda di rumah, itu sangat perlu sekali, agar hadir energi baru. Akhirnya membuat kita semakin semangat menjalani aktivitas. 

Nah, salah satu tips menciptakan suasana berbeda di rumah itu adalah dengan mengganti cat tembok. Pastinya memilih warna-warna favorit. Hanya, untuk solusi ini, saya agak berat untuk mengonta-ganti warna cat tembok dalam waktu berkala dengan jarak yang dekat. Makanya saya mencari solusi lain.

Philips Smart LED Connected by WiZ

Setelah mencari, akhirnya saya mendapatkan solusinya nih, soal ganti warna ruangan, tanpa harus mengecat tembok. Tadaa.. cara dengan memasang Philips Smart LED Connected by WiZ. Waktu itu saya juga sharing dengan teman blogger, dan dia pakai Philips Smart LED Connected by WiZ.




Makanya, saya langsung meluncur ke link Tokopedia yang teman saya berikan. Wow.. ternyata banyak pilihan dan promo menaiknya. Salah satunya ada promo paket Philips Smart Wifi Multipack Color 2CT + Remote Control. Langsung saya order, karena diskonnya mantul banget 60 %. Dari harga normal Rp. 587.000,- saya hanya membayar Rp. 232.000,- Makin happy karena ongkir ke Depok gratis hehehe.





Jadi Philips Smart LED Connected by WiZ adalah lampu pintar atau smart lighting yang terkoneksi dengan internet. Philips Smart LED Connected by WiZ ini mempunyai 3 proposisi utama. Teman-teman bisa sesuka hati mengontrol dengan berbagai cara. Bisa dengan aplikasi atau suara. Makanya Philips Smart LED Connected by WiZ mudah dipairing dan dikontrol, karena Philips Smart LED Connected by WiZ ahlinya di lampu pintar.

Spesifikasi dan keunggulan Philips Smart LED Connected by Wiz 

Selang sehari dari pemesanan Philips Smart LED Connected by WiZ, paket saya sudah sampai. Seperti biasa setiap membeli sesuatu, saya selalu mengecek spesifikasi dan keunggulannya.




Daya listrik terukur 8 W
Daya yang setara 60 W (GLS) atau 14 W (CFLI)
Suhu warna Dapat diatur
Efek cahaya/finish Color Light
Kap/fitting E27
Dapat diredupkan Ya
Voltase 220 - 240 V
Masa pakai lampu 15000 jam
masa pakai (2,7 jam/hari) 10 tahun
Lumens 806




Feature Philips Smart Wi-Fi LED
- Tidak membutuhkan Hub
- Banyak pengguna banyak lokasi
- Dapat dikontrol dari mana saja
- Keamanan Terjamin

Smart WiFi Remote Control

Technical Specifications
• Kompatibel dengan semua produk yang Terhubung dengan Philips WiFi
• Kontrol seluruh ruangan
• Panggil 4 adegan preset di sebuah ruangan
• Nyala / mati -> aktifkan ritme sirkadian
• Peredupan untuk ruangan
• Lampu malam untuk kamar
• Pemasangan instan
• Baterai LR03 (AAA) 1,5 Vd.c x 2 - tidak termasuk

Cara Mudah Menggunakan Philips Smart LED Connected by WiZ

Begitu paket  saya datang, saya tidak sabar untuk segera mencoba Philips Smart LED Connected by WiZ. Walau baru pertama kali menggunakan lampu pintar ini, tapi saya sama sekali tidak kesulitan. Caranya sangat mudah.




Unduh Aplikasi WiZ 

Karena Philips Smart LED Connected by WiZ akan dikontrol oleh aplikasi WiZ, maka teman-teman harus mengunduhnya di App Store atau Google Play. Dan karena saya pakai android, maka saya mengunduh di playstore. Teman-teman tulis saja di pencari ‘Wiz Lighting Philips’, maka otomatis akan muncul.




Pasang dan Nyalakan Philips Smart LED Connected by WiZ

Setelah mengunduh aplikasi WiZ, teman-teman lalu memasang lampunya. Boleh di ruang mana saja. Saya kemarin mencoba di ruang tamu, juga saya coba di lampu tidur. Setelah itu, nyalakan lampunya. Saat saya menyalakan lampu untuk pertama kali, itu lampu berwarna kuning.

Hubungkan Lampu dan Aplikasi

Setelah lampu terpasang dan menyala, teman-teman buka aplikasi WiZ, lalu ikuti langkah-langkah di ponsel. Caranya sangat mudah kok. Ini untuk melengkapi proses set-up. Teman-teman bisa setting lampu untuk di beberapa ruangan atau 1 lampu saja.




Nikmati Pencahayaan

Jadi pertama, nyalakan lampu untuk awal pengaktifan. Lalu matikan 3 kali dengan cepat. Lampu akan berubah warna, lalu tekan. Mulai. Tingkal. Ikuti langkah-langkahnya. O iya, jangan lupa cek koneksi internet teman-teman, karena Philips Smart LED Connected by WiZ harus memakai Wi-Fi.

Jadi Semangat Menulis dengan Suasana Baru

Akhirnya di rumah saya ada yang baru. Dengan Philips Smart LED Connected by WiZ, pastinya akan menambah semangat saya untuk menulis. Saya bebas menyesuaikan warna lampu dengan keinginan saya. Ruangan saya yang tadinya biasa-biasa saja, jadi serasa ruangan wah hehehe.





Mau serasa di hutan, saat menyelam, warna pastel, dan lainnya. Semua ada. Pokoknya bisa sebebasnya mainkan warna. Apalagi Philips Smart LED Connected by WiZ bisa menciptakan 16 juta warna, dari pengaturan hangat sampai terang. Wow...





Kemudian Philips Smart LED Connected by WiZ sangat fleksibel karena bisa digunakan di segala ruang untuk menciptakan suasana masing-masing. Misalnya di ruang keluarga, loteng, ruang tidur, dan sebagainya. Nah, kalian kapan? Yuk, beralih ke Philips Smart LED Connected by WiZ si lampu pintar.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Pakai Smart Lighting, Semangat Menulis Semakin Membara"

  1. Menarik banget tips menjaga mood menulisnya pak.
    Pencahayaan ruangan tanpa perlu mencat ulang dinding sangat praktis banget dengan hanya menggunakan bohlam philips smart ini.
    Saya belum menggunakan bohlam yg smart ini. Sepertinya yg bakal antusias banget nak remaja di rumah ini. Makasih infonya, Pak Bams.

    ReplyDelete
  2. baru tau tentang Philips Smart WiFi LED connected by WiZ ini
    Cari ah di toped agar bisa setting suasana dan semangat ngeblog lagi

    ReplyDelete
  3. Asyik.. Philips juga udah ada produk smart lightingnya nih. Udah terkenal gimana berkualitasnya produk Philips, jadi pasti produk smart lightingnya pun berkualitas. Jadi bisa atur warna cahaya sesuai mood yaa..

    ReplyDelete
  4. Dari dulu produk2 listrik pake lampu philips sih. Nyala lampunya juga terang dan awet...

    ReplyDelete
  5. Wah terhubung sama ponsel juga, pantesan simple banget mengatur warna lampu sesuai mood.
    Jadinya buat bekerja atau yang sedang belajar di kamar lampunya pakai Philips smart ini makin bersemangat lagi

    ReplyDelete
  6. Jenuh menulis trus bikin kacang disko ya, Mas? Hehe.... Btw, warna lampu Philips bisa dubah-ubah gitu...yang lebih kegirangan tuh anak-anak atau orangtuanya, ya?

    ReplyDelete
  7. Munlis jadi lebih produktif dengan penerangan menggunakan Philips smart lighting ini ya, Pak.
    Terkadang mengembalikan mood menulis cukup dengan mengganti-ganti pencahaan, sesederhana itu.

    ReplyDelete
  8. Waaaah 18 tahun yang Masyaallaah y, Mas.. sampe rela resign itu berarti udh passion bangeet.
    Bisa belajar banyak dari mas Bambang kalo mau konsisten, nih.
    Btw itu lampunya berarti bisa berganti warna ya? Seru juga ya. Kalo saya udah punya ini bisa-bisa yang niat awalnya biar semangat nulis, yang ada malah keasyikan maininin lampu nulisnya lupa, hahaa

    ReplyDelete
  9. hihi sepakat, daripada bolak-balik ganti cat tembok, butuh waktu dan biaya besar, mending pakai lampu philips smart LED connected by WIZ ini ya. Dalam hitungan detik udah bisa ganti suasana kamar.

    Wih sudah menulis dari belasan tahun yang lalu. Salut dengan konsistensinya. Makasih sudah berbagi tips agar tak jenuh menulis. Menulis setiap hari, masih beraaat buat saya

    ReplyDelete
  10. soal inovasi lighting, Philips memang selalu di muka ya mas. Lampu pakai remote. Masyaallah. Ibu-ibu rumah tangga yang gaptek pun bisa belajar sendiri ini, gampang makenya. Gak butuh hub lagi. Keren

    ReplyDelete
  11. Asik banget sih ini fleksibel bisa diletakkan dimana aja lampunya.
    Kalau taro di ruang tamu, bakal jadi suasana yang unik dan berbeda ya sepertinya.
    Hmm, kepikirannya sih selain di kamar, taro di ruang keluarga juga oke

    ReplyDelete
  12. Wah aku jadi pengen punya juga lampu smart LED ini
    Bisa mengubah suasana ya, jadi makin lancar saat menulis

    ReplyDelete
  13. Bener juga ya. Aku juga memutuskan fulltime blogger. Dan banyak kerja di rumah. Kadang kalau bosen, memang mudahnya ganti suasana ruangan. Kayaknya melalui pencahayaan bisa nih pake lampu philips.

    ReplyDelete
  14. Mantab betul.ini Philips
    Bikin kegiatan apapun makin lamcar jaya.
    Apalagi utk penulis yah

    ReplyDelete
  15. Dipakai bersantai, oke..
    Dipakai kerja juga gercep, karena controllingnya menggunakan apps dan wifi. Lampu Philips Smart Wi-Fi LED mudah digunakan banget, mudah diredupkan, diatur, dan diubah warna cahayanya.

    ReplyDelete
  16. Kalau lampunya begini emang bener sih Pak jadi makin semangat ngejogrok di depan laptop ngga sih? hahah.. udah lah praktis, ngga ngerusak mata, dan bikin nyaman lagi yah

    ReplyDelete
  17. keren nih masa pakai nya 15000 jam atau hampir 1 tahun kurang 10hari.. mana wattnya irit juga.. mantap emang teknologi LED tuh.. Saya jg pake phillips nih tapi di motor, untuk lampu depan .. terangnya wow.. tapi gak bikin orang lain kesilauan..

    ReplyDelete
  18. Saya juga pak kalo jenuh nulis ya saya tutup laptopnya. Saya ngopi, baca buku, nonton film gitu. Oh ya gara2 banyak yang rekomenin Phillips Smart LED di blog saya jadi kepincut dan beliiiiii. Emang butub banget lho di rumah.

    ReplyDelete
  19. Philip terang terus terang Philip... sesuai banget ya dengan tagline ini. Salah satu brand yang sudah lama banget, namun tetap berinovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tren. Senang nih denger Philip juga punya produk smart lighting

    ReplyDelete
  20. menyenangkan sekali bisa bekerja sesuai passion dan mengikuti kata hati. PAsti lebih bersemangat. Untung ada support dari philips dan teknologi yang ngedukung mood dalam bekerja

    ReplyDelete
  21. Wah, mas Bambang sudah 18 tahun menulis
    Salut dengan konsistensinya
    Memang kadang jenuh, tapi bisa rehat sebentar ya mas
    Lalu kalau pakai lampu smart LED dari Philips ini jadi menambah semangat menulis ya mas
    Suasananya jadi bagus

    ReplyDelete
  22. Gimana rasanya punya lampu smart kaya Philips Smart Wi-Fi LED ini yhaa..?
    selain bikin suasana nyaman juga bisa mengatur pencahayaannya dengan Perintah Suara. Jadi terasa smart home living.

    ReplyDelete
  23. setuju nih, suasana yang nyaman jg pengaruh banget ya sama semangat nulis. Jangan sampai salah milih penerangan, bukannya produktif malah jadi ngantuk hehe

    ReplyDelete
  24. Wow 18 tahun jadi penulis lepas ya kak, keren banget sih. Saya yang baru beberapa bulan ini merasa perlu banyak belajar dari kak Bambang nih. Soalnya banyakan malasnya daripada nulisnya hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.