} Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus - Bambang Irwanto Ripto

Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Merencanakan keuangan untuk anak bukan hal mudah yang dilakukan oleh orang tua, tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Terutama bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang harus mendapat perhatian lebih. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan online banking. Platform perbankan berbasis internet yang dapat Anda gunakan untuk mengelola keuangan.

Desain Canva

Setiap anak adalah anugerah Tuhan, bagaimanapun kondisinya. Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak-anak yang unik yang sengaja diberikan pada orang tua luar biasa sebagai hadiah. Pada prinsipnya, mengasuh anak memiliki pola yang sama. Namun pada anak berkebutuhan khusus, orang tua diharapkan memberi perhatian ekstra, kasih sayang tanpa syarat, serta tingkat kesabaran yang tinggi. Hal ini penting dilakukan agar anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri saat mereka dewasa nanti.


Cara Mengelola Keuangan Sebagai Orang Tua

Dalam proses tumbuh kembangnya, anak berkebutuhan khusus memerlukan pendampingan dari ahli seperti dokter spesialis anak, terapis sesuai kebutuhan yang diperlukan, termasuk juga guru pendamping di sekolah. Sehingga orang tua wajib membuat pos pengeluaran tambahan guna memenuhi kebutuhan tersebut. 

Foto : Paxels

Untuk memudahkan pembayaran klinik tumbuh kembang, terapis, atau guru pendamping di sekolah inklusi, Anda bisa menggunakan online banking yang menyediakan fitur aneka transaksi pembayaran tagihan.sedangkan untuk mengelola keuangannya, Anda dapat melakukan tips seperti berikut ini:


Rencanakan Target Keuangan

Seperti yang telah diurai di atas, terdapat perbedaan pengeluaran yang menjadi tanggung jawab orang tua. Biaya dokter spesialis, terapis, obat, makanan sehat, dan pendidikannya harus terpisah dalam pos tersendiri. Orang tua yang paling mengerti memisahkan kebutuhan utama dan tambahan untuk anaknya. Oleh karena itu, besar nominal pos khusus ini disesuaikan berdasarkan porsi kebutuhan setiap anak dan penghasilan orang tua. Anda bisa mengatur target keuangan agar pos khusus ini stabil hingga anak mandiri dan memiliki penghasilan sendiri nantinya.


Siapkan Dana Perwalian

Tidak ada manusia yang hidup selamanya di muka bumi ini. Lalu bagaimana kehidupan anak berkebutuhan khusus jika orang tuanya tiada nanti? Sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuat dana perwalian dan menunjuk seorang wali yang dapat dipercaya. Wali ini yang nanti mengelola dana yang telah disiapkan untuk kebutuhan anak berkebutuhan khusus, ketika orang tuanya tiada. Undang-undang melindungi hak anak berkebutuhan khusus. Jika wali menyalahgunakan wewenangnya, maka perwaliannya dapat dicabut dan dialihkan ke orang lain. Sebagai tindakan antisipasi, Anda juga bisa menggunakan platform keuangan digital dan mengajarkannya pada anak Anda. Online banking adalah solusi tepat yang membantu memudahkan pengelolaan keuangan dan mudah pula dalam penggunaannya sehari-hari.


Membuat Surat Wasiat

Tidak dapat dipungkiri bahwa harta orang tua seringkali menjadi sumber masalah atau pertikaian anak keturunan saat orang tua telah tiada. Jika satu di antara anak keturunan penyandang kebutuhan khusus, jangan sampai saudara lainnya menggunakan kesempatan untuk mengambil alih hak waris anak berkebutuhan khusus dan menguasai secara pribadi. Itu sebabnya dalam poin terdahulu Anda wajib menunjuk wali yang bisa dipercaya dan membuat dana perwalian. Anda juga harus membuat surat wasiat agar menjadi bukti berkekuatan hukum yang mengatur jelas pembagian warisan.

Menyiapkan Tabungan Khusus

Kebutuhan keuangan untuk anak berkebutuhan khusus bukan hanya saat kecil saja, tapi sampai anak dewasa kelak. Sekolah inklusi mengajarkan anak bisa mandiri dan menghasilkan uang untuk memenuhi kehidupannya di masa depan. Namun sebagai orang tua, tidak ada salahnya jika Anda mulai menabung sejak dini yang dapat dijadikan uang tambahan saat anak dewasa. Anda bisa memanfaatkan fitur pengelolaan aset pada online banking agar tabungan tidak mengganggu cash flow keuangan sehari-hari.

Menyiapkan Asuransi

Asuransi kesehatan wajib dimiliki anak berkebutuhan khusus. Kunjungan dokter dan kebutuhan pelayanan medis bisa terbantu melalui kepemilikan asuransi kesehatan. Demikian pula untuk orang tua, wajib memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan agar biaya pengobatan ketika sakit tidak mengganggu tabungan. Diperlukan pula asuransi jiwa yang dapat dijadikan warisan untuk anak ketika orang tua tiada.


Kelola Keuangan dengan Aplikasi digibank by DBS

Di era digital yang serba memudahkan Anda dengan perangkat teknologi berbasis internet ini, maka Anda wajib memiliki online banking yang dapat diunduh di smartphone, seperti Aplikasi digibank by DBS. Penggunaannya sangat mudah, bahkan jika anak berkebutuhan khusus telah memasuki usia remaja atau dewasa pun dapat mempelajarinya.

Foto : Caleb Equendo (paxels)

Online banking adalah layanan perbankan yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet. Tidak hanya itu saja, platform perbankan digital umumnya juga dilengkapi dengan fitur untuk investasi dan pinjaman online. Beragam keunggulan Aplikasi digibank by DBS yang bisa dimanfaatkan orang tua guna memenuhi kebutuhan dana untuk anak berkebutuhan khusus, antara lain:

  • Transaksi lengkap mudah dan aman
  • Tersedia fitur asuransi dan investasi yang beragam
  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman

Pengelolaan keuangan yang tepat membantu kehidupan anak berkebutuhan khusus hingga dewasa dan mandiri. Anda bisa mulai mengelola keuangan khusus sejak dini dengan cara menabung atau berinvestasi. Aplikasi digibank by DBS merupakan online banking terpercaya yang telah berpengalaman melayani nasabah bertahun-tahun. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk kebutuhan anak Anda. Cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus"

  1. Memiliki anak istimewa memang biaya juga istimewa karena gak hanya butuh konsul ke dokter, psikolog, tapi juga terapi tertentu, dan bayarnya juga gak murah.
    Cari dananya juga perlu perjuangan lebih.
    Wah tapi ternyata bisa dicover asuransi ya? hebat betul

    ReplyDelete
  2. Merencanakan keuangan untuk anak memang bukan hal yang mudah, apalagi untuk anak berkebutuhan khusus. Benar seperti yang Pak Bams uraikan, anak berkebutuhan khusus perlu perencanaan keuangan yang lebih dibandingkan dengan anak lainnya. Karena mereka butuh biaya untuk dokter, terapis dan kebutuhan lainnya.

    ReplyDelete
  3. Biaya terapi anak berkebutuhan khusus juga lumayan sih..apalagi orang tua yg fokus untuk mengembangkan skill anak dengan ikut kegiatan yg butuh biaya banyak juga.. kelola keuangan dg aplikasi ini mungkin.bisa bantu ya..

    ReplyDelete
  4. mashaAllah alhamdulillah ya, orangtua dengan anak berkebutuhan khusus jadi tidak khawatir ya karena ada aplikasi yg bisa membantu memenuhi kebutuhan keuangan anak berkebutuhan khusus

    ReplyDelete
  5. Merencanakan keuangan untuk anak memang harus ya. Apalagi kalo ABK pasti butuh biaya lebih jangan sampai masa depan anak dipertaruhkan karena tidak ada tabungan

    ReplyDelete
  6. Adanya Digibank by DBS ini tentunya sangat membantu para orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus untuk dapat menyiapkan keuangan masa depannya. Saya salut dengan aplikasi ini, pasti didesain sedemikian rupa UI/UX nya sehingga bisa dengan mudah dipahami dan dipelajari oleh anak berkebutuhan khusus sekalipun.

    ReplyDelete
  7. Perencanaan keuangan untuk anak terutama yang berkebutuhan khusus, memang sangat penting. Zaman sekarang bisa terbantu dalam pengelolaan keuangannya dengan menggunakan aplikasi. Lebih praktis dan aman...

    ReplyDelete
  8. Kalau punya anak yang berkebutuhan khusus dana yang perlu disiapkan emang luar biasa. Tante saya mengalaminya, dia dulu sekolah di sekolah luar biasa. Dari Asrama, Pendidikan, dan lain sebagainya, termasuk terapi bicara kala itu. Butuh duit banyak.

    Semoga dg afanya Digibank ini, membantu semua orang untuk merencanakan dana untuk sesuatu yg diimpikannya.

    ReplyDelete
  9. Memang harus pintar-pintar mengatur keuangan ya setelah jadi orang tua, apalagi kalau punya anak yang spesial, karena pasti untuk kebutuhan dia lebih komplek ya

    ReplyDelete
  10. Wah, ini aplikasi yang sangat membantu orang tua anak berkebutuhan khusus ya mas
    Anak berkebutuhan khusus terap bisa belajar keuangan

    ReplyDelete
  11. Orang tua dr anak berkebutuhan khusus sangat istimewa, masya Allah luar biasa diberi kesabaran. Setuju perlu adanya tabungan khusus buat anak tsb

    ReplyDelete
  12. Sekarang semua di permudah ya. Sehingga anak berkebutuhan khusus pun bisa mendapatkan hak yang sama.

    ReplyDelete
  13. pas udah ngatur keuangan rumah tangga, kerasa banget deh pentingnya punya asuransi buat cover dana terduga, apalagi buat anak dan pendidikan anak yaaa

    ReplyDelete
  14. PR semua orang tua sih ini menurutku, untuk membuat perencanaan keuangan yang baik sehingga anak-anak memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghidupan dan masa depan yang baik pula

    ReplyDelete
  15. Membutuhkan banyak sekali ilmu mengenai anak berkebutuhan khusus ini. Karena hanya orangtuanya yang mampu membimbing dan memberikan pemahaman mengenai literasi keuangan.

    ReplyDelete
  16. Setiap orang tua pastinya harus banget nih menyiapkan kebutuhan keuangan untuk masa sekarang maupun masa depan yha, Mas. Apalagi ini yang punya kebutuhan khusus harus ekstra pastinya dialokasikan dananya dan begini jika sudah tahu caranya harusnya bisa semakin mudah dilakukan nih.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah kepikiran soal dana perwalian. Nanti akan kami pertimbangkan, deh. Terima kasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  18. Selalu salut dengan orangtua yang dikaruniai ABK. Tapi emang untuk membesarkan anak istimewa gini, kebutuhan finansial masa depan kudu direncanakan dengan tepat sih. Untung aja ada aplikasi DBS yang ngeb@ntu banget ya pak Bams

    (Arai)

    ReplyDelete
  19. Sebelum pergi menulis surat wasiat udah jadi hal yang penting dilakukan.
    Begitupula untuk yang masih memiliki anak dibawah umur termasuk ABK, dana perwalian ini jangan sampai lupa dimasukkan dalam pos berarti ya Pak

    ReplyDelete
  20. Tabungan khusus dan surat wasiat ini penting ya buat anak berkebutuhan khusus. Apalagi kalau dilegalisasi dengan pengacara sehingga keabsahannya jelas. Takutnya anak berkebutuhan khusus nanti dicurangi

    ReplyDelete
  21. online banking punya banyak manfaat ya Pak, tidak hanya untuk menabung biasa saja tapi juga punya peranan penting ya bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus untuk mengelola keuangan dengan baik dan juga sebagai warisan untuk anak kelak ya.

    ReplyDelete
  22. Kebutuhan anak memang jadi fokus utama orang tua. Apalagi untuk anak berkebutuhan khusus, ya, Mas, pasti budget yang dibutuhkan lebih besar dan persiapan mental pun harus lebih kuat.
    Syukurlah kalau ada aplikasi Digibank by DBS yang bisa membantu orang tua dalam mengatur kebutuhan finansial.

    ReplyDelete
  23. Ada gambaran mengenai keuangan bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus beserta solusinya, alhamdulillah. Karena setiap orangtua memiliki kemampuan masing-masing, alangkah lebih baik jika ada gambaran masa depan minimal jaminan keuangan untuk ananda bersama aplikasi digibank by DBS.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.