} DonDong Bikin Perut Adem No Begah Dong - Bambang Irwanto Ripto

DonDong Bikin Perut Adem No Begah Dong

Pernah mengalami begah selesai makan? Saya tuh, dulu sering. Apalagi kalau makannya menu favorit saya. Salah satunya Tempe tahu penyet plus lalapan timun dan kol, lengkap dengan sambal terasi. Itu bisa nambah sepiring lebih. Benar-benar nafsu makan saya membara hahaha.



Tapi risikonya, perut jadi begah. Dan itu rasanya tidak enak sekali. Jadi susah bergerak. Napas kayaknya tidak  lancar. Bahkan ingin muntah, dan juga lemas. Akhirnya tidak bisa lanjut beraktivitas. Duh saya jadi rugi sendiri, ya!

Apa itu Begah? 

Perut begah adalah sensasi yang umum dialamai banyak orang untuk menggambarkan kondisi perut yang penuh, padat, kencang, dan sesak. Ya itu, salah satu sebabnya karena makan kekenyangan. Padahal sesuai anjuran, perut ini dibagi atas 3. Sepertiga udara, sepertiga air dan sepertiga makanan.

Begah umumnya muncul akibat terlalu banyak gas atau sisa makanan yang terperangkap di dalam perut. Pada dasarnya, perut memang mengandung gas dan tidak menyebabkan masalah. Namun karena jumlah gas berlebihan membuat perut terasa tidak nyaman dan terlihat lebih besar. 

Cara Mengatasi Perut Begah

Karena perut begah ini sangat menganggu, maka saya tidak hanya mencari infonya, tapi saya juga ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Pastinya saya tidak mau, dong, perut saya begah terus sehabis makan. Dan berikut yang bisa saya lakukan.

Tetap Terhidrasi

Saat mengalami perut begah, saya usahakan tetap Terhidrasi. Saya pun minum untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh saya. Saat air dalam tubuh saya cukup, maka sangat bermanfaat mengurangi kembung. Kalau saya kekurangan cairan atau dehidrasi, justru organ pencernaan menjadi kurang terlumasi dan akan menganggu proses pencernaan.

Beraktivitas Ringan

Dulu itu setelah makan, saya seringnya duduk. Bisa duduk meneruskan menulis di laptop atau duduk santai menonton televisi. Bahkan kalau pas ngantuk sekali, saya justru langsung tidur.

Padahal justru itu membuat perut makin begah. Makanya saya melakukan aktivitas ringan. Misalnya ke berjalan ke warung membeli sesuatu atau mengangkat jemuran yang sudah kering. Saya justru jadi teringat kalau menghadiri pesta. Itu saat makan justru berdiri.

Berbaring Miring

Berbaring ini jarang saya lakukan, namun termasuk bisa membantu perut begah. Berbaring miring memungkinkan gravitasi untuk membantu pencernaan, sehingga menggerakkan lambung dan usus. 

Mengkonsumsi Buah kedondong

Saya termasuk yang suka buah kedondong. Saat membeli rujak atau asinan, saya pasti minta kedondong kalau ternyata disediakan. Buah berkulit halus namun kayak akar di dalamnya, ternyata mempunyai banyak Kandung yang dapat mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal yang umum. Seperti kembung, gangguan pencernaan, begah dan perut kembung.

DonDong

Terus apakah ada cara praktis dan cepat untuk mengatasi perut begah, ya? Soalnya 4 hal di atas memang bisa saya lakukan saat di rumah. Nah, saat saya ada di luar rumah, pastinya ribet juga melakukan semuanya, termasuk mencari buah kedondong.



Saat saya cerita ke adik, dia katanya juga dulu sering mengalami. Tapi sudah bebas dari begah sejak minum DonDong. Minuman apa itu? Jadi penasaran saya. 

Untung rasa penasaran saya tidak lama. Tidak harus nunggu 7 hari 7 malam. Apalagi 7 kali. Puasa 7 kali lebaran dan 7 purnama hahaha. Adik saya pun langsung masuk ke dalam rumahnya, lalu tidak sampai 3 menit sudah kembali sambil membawa minuman DonDong. Asal tahu saja tempat tinggal kami kan berseberangan hehehe. 

Sehabis makan siang, saya pun langsung membuat Dondong. Sangat praktis tinggal seduh. Langsung diminum. Perut saya jadi enakan dan bisa terus beraktivitas. Perut adem no begah dong.



Ternyata, DonDong bukan sekadar minuman rasa buah biasa. Tapi minuman dari sari buah kedondong asli dengan ekstrak pepaya dan yogurt. Pastinya sangat baik untuk pencernaan.

DonDong satu-satunya minuman kedondong dalam bentuk serbuk. DonDong juga sumber vitamin C. Rasanya manis segar, sehingga baik diminum setiap hari. Perut jadi adem, tidak begah dan nyaman setelah makan. 

Seperti yang kita tahu, buah kedondong memiliki rasa asamani dan langsung bisa dimakan. Tinggi vitamin A, tumbuh di daerah tropis dan tinggi serat. Kemudian kaya nutrisi. Dengan kandungan itu, buah kedondong memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mendukung pencernaan yang sehat, menyegarkan dan menghidrasi tubuh.

Apalagi buah kedondong itu kaya akan antioksidan, kandungannya bermanfaat untuk pencernaan mengatasi maslah perut seperti kembung

Nikmatnya DonDong

DonDong bisa disajikan baik dingin ataupun panas. Untuk penyajian dingin, masukan air 150ml. Lalu masukkan Dondong. Aduk sampai. Lalu tambahkan es batu. Yang butuh minuman hangat, tinggal tuang donDong, lalu seduh dengan air panas. Jadi minum dong, Dondong yang bisa dinikmati kapan saja.



Dondong ini praktis jadi bisa dibawa ke mana-mana. Jadi bisa diminum kapan saja dan di mana saja sehabis olahraga, sebelum tidur malam, nuansa santai.

Nah, pas sekali ini sudah menjelang bulan Ramadan. DonDong cocok untuk buka puasa dan juga sahur. Bahkan Dondong bisa dikreasikan jadi berbagai minuman lho. Misalnya dicampur jelly. Puasa pun jadi lancar. Pokoknya perut adem no begah dong.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "DonDong Bikin Perut Adem No Begah Dong"

  1. Ternyata buah kedondong bisa mengatasi begah, ya, Mas Bamz. Dan kini jadi praktis karena ada DonDong, tinggal tambah air saja beres.

    ReplyDelete
  2. Jujur, ini rasa Nutrisari yang unik sih. Kepikiran loh buat rasa kedondong. Saya jadi pengen tahu rasanya kayak apa nih Pak Bams. Di tempatku kayaknya belum menemukan yang rasa Dondong ini

    ReplyDelete
  3. Ohh ternyata kalau begah justru harus tetap terhidrasi yah pak? Jujurly kalau begah aku engep kalau harus banyak minum malahan. Dan tentu lebih emmbatasi aktivitas jadinya. Dan ternyata Dondong bisa ngatasin begah ya. Tapi susah juga kan kalo nyari buahnya, misalnya malem2 gitu.
    Untung udah ada kemasan sasetnya yang tinggal seduh nih. Bikin perut adem no begah.

    ReplyDelete
  4. Ohh ternyata kalau begah justru harus tetap terhidrasi yah pak? Jujurly kalau begah aku engep kalau harus banyak minum malahan. Dan tentu lebih membatasi aktivitas jadinya. Dan ternyata Dondong bisa ngatasin begah ya. Tapi susah juga kan kalo nyari buahnya, misalnya malem2 gitu.
    Untung udah ada kemasan sasetnya yang tinggal seduh nih. Bikin perut adem no begah.

    ReplyDelete
  5. Kedondong bukan buah favoritku banget. Tapi kalau misalkan sedang rujakan, daripada buah mangga yang kecutnya banget. Mending buah dondong sih aku. Hehheeee

    ReplyDelete
  6. Jadi keingetan pernah dapet free samplenya pas CFD kemaren, hehe.. Asli sih rasanya seger, jadi kalo pengen makan kedondong cukup minum Nutrisari DonDong aja ya, PakBams, lebih praktis, plus bisa cegah begah.

    ReplyDelete
  7. Wah minuman serbuk baru nih, Nutrisari Dondong, baru tahu pak, saya biasanya minum yang jeruk manis atau leci, belum nemu sepertinya yang dondong ini

    ReplyDelete
  8. Wah, saya suka kedondong. Pas kecil sering banget makan buah ini karena kebetulan pohonnya ada di rumah. Dan saya baru tahu kalau buah kedondong bisa mengatasi perut begah. Nah, sekarang kalau kangen makan kedondong bisa nih saya minum DonSong, soale pohon kedondong di rumah saya wes ditebanag.

    ReplyDelete
  9. Wah, nutrisari bukan sekedar minuman biasa nih, Pak. Kini makin bermanfaat bagi kesehatan juga ya. Pas banget juga nih buat ramadhan,biasanya suka begah kalau kekenyangan berbuka

    ReplyDelete
  10. Awalnya saya kira dondong beneran di jus nih, tapi emang bisa kan dondong seratnya lumayan. Stelah baca, ternyata udah ada kemasan praktis tinggal seduh langsung minum ya

    ReplyDelete
  11. Keknya daku perlu nyoba nih si dondong apalagi buat bulan Ramadhan, soalnya kerap begah dan kembung gitu kalau pasca buka puasa. apalagi ini kelihatannya enak rasanya, seger gitu ya Pak

    ReplyDelete
  12. Wah, aku baru tahu klo buah kedondong bisa mengatasi perut begah ya
    Sekarang kalau mau mengonsumsi buah kedondong nggak ribet lagi, ada dondong

    ReplyDelete
  13. Serius pa kalau begah bisa dg makan buah kedondong. Sy baru tau loh, makasih sharingnya..

    ReplyDelete
  14. kalau rumah ternyata sebelahan sama adik enak ya, kalau ada apa-apa tinggal tok-tok-tok dan bisa berbagi makanan, minuman dan apapun termasuk curhat urusan perut, hehehe. nama produknya lucu deh, dondong dan terinspire banget dari kedondong ya. saya belum pernah nyobain loh, makan kedondong aja jarang banget. rasanya agak kecut sih, hahahaha. ternyata bisa banget buat ngobatin begah ya. auto nyobain deh. di pasar atau supermarket udah ada belum sih pak?

    ReplyDelete
  15. kalau rumah ternyata sebelahan sama adik enak ya, kalau ada apa-apa tinggal tok-tok-tok dan bisa berbagi makanan, minuman dan apapun termasuk curhat urusan perut, hehehe. nama produknya lucu deh, dondong dan terinspire banget dari kedondong ya. saya belum pernah nyobain loh, makan kedondong aja jarang banget. rasanya agak kecut sih, hahahaha. ternyata bisa banget buat ngobatin begah ya. auto nyobain deh. di pasar atau supermarket udah ada belum sih pak?

    ReplyDelete
  16. Wah ini pas banget nih pak, kebetulan perut saya lagi begah nih dari tadi siang kayak penuh banget karena emang belum BAB 2 hari, mau nggak makan takut sakit, tapi pas habis makan berasa tambah penuh banget dan gak enak nih. Oke saya akan coba tidur miring dan besok mau nyari Nutrisari dong dondong biar pencernaan saya lancar dan perut begahnya ilang

    ReplyDelete
  17. wah saya nih sering banget perutnya begah. Tapibaru tahu kalau ada nutrisari dongdong apalagi bisa membantu perut adem, beneran baru tahu. Cuss cari soalnya juga nyari kedondong nggak gampang di Batam

    ReplyDelete
  18. Saya juga pernah mengalami itu, jadi paham banget gimana rasanya. Tapi DonDong ini terdengar menarik banget ya, praktis dan sepertinya enak. Kayaknya harus dicoba nih, siapa tahu bisa jadi solusi buat perut yang adem dan bebas begah setelah makan. Makasih atas tipsnya! 🥤👍

    ReplyDelete
  19. Jadi mauuu, mas Bams.
    Seger banget minum Dondong.
    Kalau ga begah juga boleh yaa.. konsumsi?
    Tapi iya sii.. perut sedang begah tuh mau diapa-apain juga ga nyaman. Rasanya setiap posisi jadi salaah aja.

    ReplyDelete
  20. wah baru tahu kalau kedondong bisa buat obati perut begah, namun sayangnya tidak semudah itu menemukan buah kedondong saat ini karena suka jarang gitu, tapi sekarang untungnya ada yang simpel tinggal seduh ya Mas, jadi semakin praktis deh

    ReplyDelete
  21. aku tuh beberapa waktu lalu sering ngerasa begah pak dan kadang gatau cara ngatasinnya. dan baru tahu banget ada Nutrisari Dondong ini yang bisa bikin perut adem. semoga di tukang minum jalanan ada Nutrisari Dondong ini pengen banget cobain

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.