} Bukan Sekadar Blogger Biasa Saja - Bambang Irwanto Ripto

Bukan Sekadar Blogger Biasa Saja

Alhamdulillah, tidak terasa sudah 10 tahun saya ngeblog. Tepatnya dimulai tahun 2014. Bagi saya ini merupakan pencapaian besar yang harus saya syukuri. Pasti semangat menulis saya harus terus membara.




Awalnya, saya membuat blog itu karena ada tugas menulis novel. Tugas bab-bab awalnya itu, harus diposting di blog. Nah saya bingung tuh, bagaimana caranya bikin blog. Soalnya selama ini, saya kan lebih fokus menulis cerita anak. 

Akhirnya blog jadi karena dibantu dibuatkan adik saya hahaha. 
Dari mulanya Postingan-postingan awal di blog hanya diisi oleh tugas menulis novel, lalu saya mulai mengisi dengan tulisan lain. Misalnya tips menulis cerita anak, juga cerpen dan dongeng saya yang dimuat di media Anak. Seiring waktu tentang pengalaman sehari-hari juga.

Ternyata seru juga ya, Menulis di blog. Seperti menulis di buku harian. Bisa jadi tempat saya refresing juga, plus untuk berbagi cerita. Menulis pun bisa sesuka hati tanpa banyak aturan aiueo, karena serasa rumah sendiri hehehe.

Membeli Domain Pribadi

Karena seru dan asyik ngeblog, akhirnya lama-lama banyak juga tulisan saya di blog. Terus saya mulai dengar dari bisik-bisik tetangga, kalau blog itu bisa menghasilkan uang. Kebetulan banyak blogger hits yang juga teman penulis cerita anak yang saya kenal. Seperti kang Ali Muakhir, Mbak Haya Zalika, Mbak Dedew Dewi Rieka, Mbak Nuniek Utami, Mbak Triani Retno, termasuk Mbak Tanti Amelia. Mereka-mereka membuat saya semakin termotivasi

Wih,  jadi semangat, nih. Saya pun akhirnya membeli domain sendiri, biar katanya dianggap lebih serius ngelog. Lagipula kalau sudah bayar domain tiap tahun, kan, sayang kalau tidak semangat menulis. Harus ada juga yang dihasilkan. 

Makanya sejak 2016, saya ucapkan bye.. Bye pada embel-embel blogspot di blog saya. Namaya pun menjadi bambangirwantoripto.com. Cuma kayaknya saya pilih nama blog kepanjangan. Habisnya, nama bapak saya ikut mejeng juga hahaha.

Nyemplung Jadi Blogger

Seperti syair lagu dangdut, terlanjur basah.. ya sudah mandi sekalian (ngaku... bacanya sambil nyanyikan hahaha). Ibaratnya kalau sudah main air dekat kolam, ya mending nyemplung sekalian, ya. Memangnya enak Cuma lihat orang berenang doang hehehe. 

Jadi saya pun memutuskan total dan serius ngeblog, sambil terus menulis cerita anak. Dan ini langkah berani yang saya ambil, mengingat waktu itu saya masih cukup bersinar (cieee bersinar kayak lampu) di dunia menulis ceirta anak. Tapi saya pikirnya, saya harus berani keluar dari zona nyaman. Saya harus berani mencoba hal baru, sehingga membuka lingkaran baru.

Dan feeling saya tepat. Ternyata media anak memang berkurang, sehingga membuat peluang rezeki saya juga tertutup. Saya pun sangat bersyukur berani masuk ke lingkaran blogger yang terus membuka pintu-pintu rezeki untuk saya. Bukan saja dari materi, tapi juga pertemanan dan lainnya.

Bukan Sekadar Blogger Biasa

Sebagai Blogger, saya tidak mau jadi sekadar blogger yang biasa-biasa saja (ngaya benar ya, saya hahaha). Makanya saya harus terus belajar. Dan proses ini sama saat saja menjalami proses. Menjadi penulis cerita anak. Dalam penulisan saya harus Mempelari SEO juga karena saya menulis untuk manusia bukan mesin. 

Saya pun terus mengembangkan diri dengan melakukan rajin kepoin blog-blog keren untuk belajar ilmu-ilmunya. Sesekali, saya juga ikut kelas-kelas blog online. Tidak ketinggalan saya ikut grup-grup blogger di facebook. Pastinya untuk memperluar lingkaran perteman saya juga.

Nah, salah satunya saya ikut adalah Komunitas Bloggercrony Indonesia. Awalnya saya sering berbagi link postingan blog saya di sana. Alhamdulillah, beberapa kali saya diajak event online dan offline, termasuk saat acara sampoerna di Parkir timur senayan Jakarta. Senang sekali.

BloggerDay 2024 di Carro

Salah satu kegembiraan saya menjadi blogger adalah saat mengikuti acara offline. Saya bisa bertemu langsung dengan blogger yang selama ini mungkin hanya berjumpa di dunia maya. Apalagi saya baru masuk 3 tahun tinggal di Depok. Jadi kesempatan itu semakin terbuka. Sebelumnya kan, saya tinggal. Di Kebumen. Dan  ini pertama kalinya saya menghadiri acara ulang tahun Bloggercrony

Spasialnya lagi, teman-teman dari wilaya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur juga Hadi di Jakarta. Mereka diantar oleh armada Big Bird dari Bluebird Group. Wih, perjalanan teman-teman semakin nyaman dan menyenangkan. Apalagi Armada Bluebird (termasuk Bigbird) sudah terstandardisasi SNI (Standar Nyaman Indonesia) karena pengemudinya profesional dan dapat diandalkan,armadanya aman dan nyaman, dan mudah diakses.

Makanya, saya sangat antusias saat mendapat undangan dari Bloggercrony untuk menghadiri BloggerDay 2024 dalam rangka ultah ke 9, hari minggu 25 Fabruari 2024 Wih, rezeki tak boleh dilewatkan. Makanya saya datang paling awal. Senang sekali dapat gelar peserta ter on time hahaha.

Acaranya diadakan di Carro Square Pondok Indah. Sebelum acara dimulai, saya sempatkan dulu muter-muter dulu melihat mobil.  Uwih.. Saya langsung keingat bentar lagi mudik nih enak ya kalau punya mobil besar bareng keluarga. 

Carro Berikan Berikan Lebih Lebih dari Sekadar Mobil Bekas



Membeli Mobil di Carro

Terman-teman bisa menemukan pilihan mobil beragam di Carro yang siap langsung dipakai! Karena semua. Karena semua mobil di Carro, sudah dicek dan diperbaiki buat pastikan kualitasnya seperti baru. 

Carro berikan lebih dari sekadar mobil bekas. Karena dicek 160 titiknya inspeksi, termasuk kalau ada karat bekas banjir, kecelakaan dan kebakaran.Terus garansi 12 bulan mesin dan transmisinya juga. Bahkan garansi uang kembai 5 hari. kalau misalnya beli mobil tapi kurang pas, bisa tukar lagi deh. Pastinya bebas manipulasi jarak tempuh.Apalagi banyak pilihan seperti Toyota, Nissan, Honda, Volkswagen,, Audi, Mercedes Benz dan BMW. 

Beragam Mobil Ada di Carro


Menjual Mobil di Carro

Selain bisa membeli mobil, di Carro, teman-teman teman juga bisa menjual mobil lho. Asalkan mobil teman-teman keluaran tahun 2015 ke atas. Carro siap beli di harga terbaik! Dan teman-teman tidak perlu
perlu ribet. Karena Carro yang akan urus semuanya. Tunggu apa lagi? Pesan inspeksi
mobil teman-temansekarang GRATIS!

Prosesnya cepat, transparan, dan mudah. Teman-teman cukup kirim detail mobilnya, kemudian booking inspeksi gratis. Jaminan harga terbaik, Pembayaran instans dalam waktu 4 jam saja, proses dokumen 100% diurus dan aman.

Jual Mobil Saja si Carro


Teman-teman bisa mampir di Carro terdekat dengan lokasi teman-teman yang tersebar di berbagai daerah. Mulai dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, termasuk Jabodetabek.

Mau sambil rebahan juga boleh. Teman-teman tinggal meluncur ke website caARRo. Pokoknya lengkap. Makanya Carro Marketpace nomor 1 di Asia Tenggara untuk membeli, menjual dan kredit mobil bekas.

Serunya BloggerDay 2024

Saya senang sekali, acara yang BloggerDay 2024 didukung Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras.

Kebahagian Hadiah di BloggerDay 2024 (Foto : BloggerCrony)



Juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft. Teman-teman happy karena pulang membawa hadiah.




sesuai dengan temanya menerima dan memberi. Bloggercrony ingin tumbuh dan berkembang bersama. Saling berbagi sesuatu yang bermanfaat. Jadi jangan hanya sekadar blogger yang hanya menulis, posting, lalu share, tapi juga harus memberi nilai lebih.

Serunya Kumpul Blogger di BloggerDay 2024 (Foto : Bloggercrony)



Ibaratnya sebuah teko. Saat teko itu diisi air, akan terisi. Nah, biar jangan tumpah, maka harus dituang ke cangkir-cangkir lainnya. Seperti itulah kemampuan dan potensi diri yang dimiliki, harus terus dibagikan, agar terus memberi manfaat bagi orang lain.

Terima kasih untuk Bloggercrony yang sudah membuka pintu bagi saya. Semiga Bloggercrony terus maju dan berkembnag. Semoga saya bisa ikut BloggerDay 2025. Aamin

Bambang Irwanto
.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Bukan Sekadar Blogger Biasa Saja"

  1. Ngeliat kumpul ramean gitu aku siriiik haha. Di Palembang komunitas bloggernya udah jarang banget ketemuan. Padahal ya kangen juga bisa ngumpul dan cerita seru (walau kadang ada juga terselip drama si A lagi gak akur sama si B, termasuk ya aku sendiri mungkin buahahaha). Selamat ulang tahun Blogger Crony, juga buat blog mas yang tahun ini menginjak 10 tahun ya. Hebat banget masih konsisten :)

    ReplyDelete
  2. Seru banget acara ultahnya Bloggercorny ini ya mas. Pengen ikutan komunitasnya, soalnya kayaknya komunitas ini aktif banget ngadain berbagai acara untuk blogger.

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya Pak Bambang acara Blogger Day 2024. Jadi pengen ikutan acara sejenis sih kalau ada lagi. Semangat trus ngeblognya!!!!

    ReplyDelete
  4. Ternyata sudah cukup lama juga ya mas ngeblognya, makin seru bisa join komunitas dan kenal banyak teman blogger ya.

    Seru banget ya acara BloggerDay tahun 2024 ini, sayang banget kemarin ga bisa ikut, jadi bisa kopdar dengan teman-teman blogger di luar Jabodetabek juga ya.

    ReplyDelete
  5. Keseriusan bloggercrony dalam membahagiakan membernya nampak dari acara bloggerday..Tahun ini, saya jadi diingatkan kembali, jadi blogger itu nggak hanya sebatas posting posting tulisan Juga butuh upgrade ilmu dan makin menajamkan personal branding agar ada sisi unik yang bisa dibagikan. Noted

    ReplyDelete
  6. wuiiiih mantap!!! selamat mas untuk pencapaiannya. Senior nih bisa di bilang. Semoga minat menulisnya terus membara ya mas.

    ReplyDelete
  7. seru memang kegiatan bloggerday ini, karena bisa ketemu sama teman-teman yang ternyata nggak hanya wilayah Jabodetabek aja melainkan juga di berbagai kota.
    cuss Pak Bams, tahun depan ikutan lagi bloggerday, semoga sehat-sehat selalu ya kita semua

    ReplyDelete
  8. Wah senangnya ikut acara Blogger Crony
    Kerena banget ya, setiap tahun Blogger Crony berhasil mengumpulkan seratusan blogger
    Saya ikut acara yang sama di Bandung, seneng banget
    Gak kaleng-kaleng pula, acaranya berlangsung 2 hari dan berdaging semua

    ReplyDelete
  9. Waaah ramee, serunya...
    Emang ngga ada ruginya gabung komunitas positif, ya, kak.
    Selain nambah relasi juga ajang berbagi ilmu.

    Paling seru emang kalo acara itu ada yang support, contohnya seperti Carro
    Smoga semakin banyak brand besar yang bekerjasama dengan blogger, aamiin

    ReplyDelete
  10. Wah ada Carro buat jual beli mobil bekas ya, mas. Pasti memudahkan buat yang mau cari barang bagus tapi murah. Btw, jadi blogger emang enak sih, hehe. Kita bisa lebih produktif dari rumah juga. Trus tahu2 ada uang bakso masuk rekening. haha

    ReplyDelete
  11. Wahh mantap sepuluh taun di dunia perblogingan. Suhu ini mah pasti hehe...
    Tapi sepakat kalo blogger itu peofesi yang butuh terua upgrade kemampuan diri sesuai tantangan yang terus datang. Yanv penting ilmunya dibagi biar makin banyak nampungnya hehe

    ReplyDelete
  12. Blogger Crony Indonesia kayaknya paling konsisten dalam menyambut hari jadinya karena selalu ada blogger dari tiap tahunnya kalau dilihat-lihat dan tiap tahun selalu konsep acaranya beda-beda dan seru terus beda kota juga ya, pak? Wah ternyata Pak Bambang udah ngeblog dari tahun 2014. Nah samaan Pak saya juga ngubah embel-embel.blogspot.com di tahun 2016 tapi di akhir tahun

    ReplyDelete
  13. Selamat atas konsistensinya selama 10 tahun ini, mas! Wah, saya juga kenal tuh beberapa blogger yang disebutkan. Sama kang Ali malah sempet beberapa kali ketemu dalam event di kota Bandung karena berdomisili di kota yang sama.

    Selamat ulang tahun, Bloggercrony! Maapin ya kemarin nggak jadi datang offline.

    ReplyDelete
  14. Wahh mas sepuluh tahun ya udah ngeblog, sepuh nih hahaa, kebayang sih pasang surutnya semangat nulis. Saya yang masih 4 tahun ngeblog aja rasanya udah ogah2an mau nulis dan merasa jenuh, mungkin lagi masuk ke fase surutnya ya. Menunggu pasang lagilah ini semangatnya hihi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.