} keuntungan tinggal di Daerah Cilandak Jakarta Selatan - Bambang Irwanto Ripto

keuntungan tinggal di Daerah Cilandak Jakarta Selatan

Jakarta Selatan merupakan salah satu dari 5 wilayah DKI Jakarta. Mempunyai  10 kecamatan yaitu Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setiabudi, dan Tebet. Letak Jakarta Selatan juga sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan 3 wilayah Jakarta lainnya. Jakarta pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. 

Kelebihan Tinggal di Daerah Cilandak Jakarta Selatan


Makanya tidak heran kalau wilayah Jakarta Selatan tidak hanya strategis tapi juga bernilai ekonomis, sehingga menjadi kawasan elit di Jakarta.  Ini didukung dengan beberapa kawasan bisnis elit. Selain itu mall-mall besar juga hadir di Jakarta Selatan. Dengan berbagai fasilitas yang ada, Jakarta selatan menjadi  incaran tempat usaha dan tempat tinggal banyak orang, termasuk di daerah Cilandak. 

Terus apa saja keuntungannya tinggal di daerah Cilandak, ya? Pastinya akan sangat membantu dan memudahkan dalam berbagai aktivitas. 

Daerah Cilandak yang Strategis

Kecamatan Cilandak merupakan pemekaran dari kecamatan Kebayoran Baru pada tahun 1974 dengan luas 18,2 km2. Ada 5 kelurahan yang tersebar di kecamatan Cilandak ini. Mulai dari Cilandak Barat, Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Lebak Bulus, dan Pondok Labu. Daerah Cilandak ini strategis, dan dekat ke mana-mana. 

Kawasan SCBD (foto Wikipedia)

Apalagi bila bekerja di daerah Cilandak. Misalnya, di pusat bisnis Sudirman Central Busines District atau SCBD. Selain itu sepanjang jalan TB Simatupang juga berjejer perkantoran bergengsi. Tidak ketinggalan kawasan Pondok Indah yang dipenuhi perkantoran, ada mall dan perumahan mewah. 

Inilah alasan utama banyak orang yang memilih tinggal di Cilandak. Baik sudah memiliki rumah sendiri maupun masih kost di Cilandak. Pastinya pertimbangannya kalau dekat dan mudah dijangkau, akan menghemat waktu, tenaga, dan uang juga.


Transportasi Komplit ke mana Saja

Salah satu keuntungan tinggal di daerah Cilandak mudah kalau mau pergi ke mana-mana karena dukungan transportasi. Ada 4 stasiun MRT jalur utara-selatan yang siap melayani. Mulai stasiun MRT Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus Grab.

Stasiun MRT Lebak Bulus Grab (Kolpri


Nah, jalur MRT ini akan mengantarkan teman-teman ke tempat kerja masing-masing. Misalnya yang bekerja di daerah Sudirman atau Blok M, tinggal naik MRT saja.

Sejumlah itu rute transjakarta juga siap mengantar ke tempat tujuan. Seperti Koridor 8 yang berakhir di lebak bulus. Sejumlah bus pengumpan juga hadir. 

Rute yang ada seperti rute 1E Pondok Labu-Blok M, Rute 6H Lebak Bulus Senen, 7A kampung rambutan-lebak bulus. Sejumlah rute mikro tran jak lingko juga hadir.

Berbagai Sarana Pendidikan

Untuk sarana pendidikan juga banyak, mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Di daerah Cilandak, ada Bina sarana informatika, Prasetiya Mulya, dan Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Sekolah-sekolah hits juga ada di sana. Seperti SMA 34, SMU 66, dan sekolah unggulan lainnya. Hadir juga smp dan SMU swasta Charitas

Dengan berbagai sekolah di daerah cilandak, membuat para orang tua tidak susah mencarikan sekolah anaknya ya.  Apalagi kalau rute perjalanan orang tua sama dengan rute perjalanan ke sekolah anak. Jadi bisa sekalian berangkat bersama.

Selain itu banyak rumah sakit yang di daerah Cilandak. Seperti RSUP Fatmawati, Rumah Sakit Siloam Hospitals di TB Simatuoang, juga Rumah Sakit Marinir Cilandak. Jadi saat sakit, lebih dekat ke rumah sakitnya.

Museum

Bagi yang suka ke museum, di daerah Cilandak ada museum -musem keren. Bisa berkunjung bersama keluarga juga dan menambah wawasan. 

Museum Layang-Layang

Pertama ada museum layang-layang di jalan H. Kemang No.388, Rt 8/RW.10 pondok labu, Cilandak. museum ini adalah museum layang-layang pertama di Indonesia yang diresmikan pada 21 Maret 2023. Ada 600 koleksi yang bisa dilihat di museum ini. Pastinya sangat cocok mengajak anak-anak juga ya, dan menambah pengetahuan.

Museum Layang-Layang Indonesia (Foto Antara)


Museum Basoeki Abdullah

Siapa yang tidak kenal Basoeki Abdullah, salah satu pelukis terkenal Indonesia. Nah, museumnya ada di daerah Cilandak juga. Tepatnya di Jalan Keuangan Raya No.19, Cilandak. Beragam lukisan bisa dilihat di sana. Selain itu berbagai koleksi pribadi Basoeki Abdullah juga dipamerkan. Seperti topeng, wayang, dan senjata.

Museum Harry Darsono

Museum selanajutnya yang ada di daerah Cilandak adalah museum Harry Darsono, seorang perancang busana terkenal Indonesia. Alamatnya di jalan Cilandak Tengah Raya No. 712, RT.2?RW 13, Cilandak. Museum Harry Darsono ini adalah museum berkategori fashion pertama di asia. Lewat museum ini, Harry Darsono menceritakan perjalanan hidupnya. Dibuka mulai tahun 2001, dipamerkan gaun-gaun, perhiasan, hingga lukisan.

Mall di Cilandak

Sehabis kerja 5 hari pastinya pas wiken inginnya jalan-jalan ke mall, ya. Belanja bulanan, makan, lalu ditutup dengan nonton film di bioskop, pastinya jadi hal menyenangkan melepas penat. Seninnya pas masuk kerja jadi semangat lagi.

Nah, di daerah Cilandak ini ada banyak mall yang bisa datangi. Mulai sari Cilandak Town Square, One Belpark Mall dan Poins Mall. Ada juga Transmart Cilandak. Tak perlu jauh-jauh, kan...

Nah, itu dia alasan orang memilih tinggal di derah Cilandak. Pastinya dengan kelebihan di atas, tidak hanya membuat aktivitas mudah dan lancar, tapi juga membuat nyaman hidup. 

Bambang Irwanto



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "keuntungan tinggal di Daerah Cilandak Jakarta Selatan"

  1. Emang deh tinggal di daerah Cilandak enag banget karena transportasinya gampang banget, mana ada 4 stasiun MRT. Belum pendidikannya yang lengkap, parents ngga galau lagi deh. Mau ngemall juga banyak. Komplit lah.

    ReplyDelete
  2. Ini mah kawasan elit Jakarta mas. Pengen juga sih punya rumah di sini. Tp harus nabung brp tahun yak. Haha. Dulu sempat berkantor di dekat Astra situ, yg dkt tol baru itu.

    Emg sih kmn2 gampang. Apalagi dulu Citos itu hype bgt. Suka ngadain event2 keren hingga jumpa artis dan nobar bola.

    Tp mall plg lengkap sih mendingan ke PIM meski akses masuk susah bgt, terutama bagi pengendara motor. Bener sih enakan Point Square dan One Bellpark yg baru.

    ReplyDelete
  3. Transportasi yang mudah buat ke mana-mana memang jadi pertimbangan penting sih, Mas. Kalau di kawasan elite seperti Cilandak mah ... pasti terjamin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.