} 5 Manfaat Kopi yang Jarang Orang Tahu - Cerita Bambang Irwanto

5 Manfaat Kopi yang Jarang Orang Tahu

5 Manfaat Kopi yang Jarang Orang Tahu - Tidak disangsikan lagi, kalau sekarang kopi merupakan salah satu minuman paling populer di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Sekarang ini, hampir di berbagai tempat bisa kita temukan kedai kopi atau warung-warung kopi. Tidak hanya tempat untuk menikmati secangkir kopi, tapi juga bisa tempat nongkrong bareng teman, termasuk bisa sebagai tempat menulis yang asyik.



Tren minum kopi di Indonesia sendiri dimulai sejak tahun 2014. Hal ini ditandai kehadiran film Filosofi Kopi. Sejak itu, banyak anak muda mulai mencicipi secangkir kopi hitam. Padahal bila menengok ke belakang, kopi itu dulunya hanya dinikmati oleh orang-orang yang memang pecinta kopi sejati.

Namun bila menyelusuri kopi lebih dalam, ternyata kopi bukan sekedar minuman dengan cita rasa tinggi yang benar-benar nikmat dan segar. Kopi juga mempunyai sejumlah manfaat yang bagus bagi kita.



Dan inilah 5 manfaat kopi yang Jarang Orang Tahu


1. Bisa meningkatkan energi dan membuat otak jadi lebih cerdas

Ternyata, kopi itu bisa meningkatkan energi dan membuat otak lebih cerdas. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein  atau zat psikoaktif. Setelah kafein yang berasal dari kopi diserap oleh tubuh dan mengalir di dalam aliran darah, kafein tersebut akan menuju otak.

Di otak, kafein akan menghambat dan memblokir adenosine neurotransmitter. Di satu sisi, neurotransmitter lain seperti norepinefrin dan dopamin akan meningkat drastis. Inilah yang menyebabkan fungsi otak ikut meningkat.

Efeknya, memori atau kemampuan mengingat otak kita jadi lebih baik, suasana hati juga akan berubah jadi baik, tingkat kewaspadaan akan meningkat, dan energi akan bertambah.

2. Kopi Bisa Membantu Kita Membakar Lemak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terdapat di dalam kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Jadi, jika ingin cepat kurus, dianjurkan minum kopi sebelum berolahraga agar metabolisme lebih tinggi.

3. Bisa Membantu Meningkatkan Kinerja Fisik 

Masih menurut sejumlah penelitian, kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan kinerja fisik 11%-12%. Jadi, seperti saran di atas, cobalah minum kopi sekitar setengah jam sebelum mulai berolahraga untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Kopi Mengandung Sejumlah Nutrisi Penting

Kopi mengandung sejumlah nutrisi yang pastinya sangat penting bagi tubuh. Diantara beberapa kandungan nutrisi pada secangkir kopi seduh antara lain:
Riboflavin (vitamin B2)
Asam pantotenat (vitamin B5)
Mangan dan potasium
Magnesium dan niacin (vitamin B3)

5. Kopi Bisa Mengurangi Resiko Terkena Diabetes Tipe 2

Jika ingin mendapatkan manfaat dari kopi, sebaiknya hindarilah menambahkan pemanis seperti gula. Sebaliknya, cobalah belajar minum kopi pahit yang bisa memberikan rasa nikmat. Selain akan menghasilkan cita rasa yang luar biasa, kopi juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Menurut penelitian, rutin minum kopi akan menurunkan resiko terkena penyakit hingga 23-50%. Bahkan, ada penelitian lain yang justru menunjukkan angka yang signifikan hingga mencapai 67%.
Tempat membeli kopi yang masih segar dan berkualitas tinggi.

Secangkir kopi cita rasanya akan nikmat dan segar, bila kopinya dari kopi pilihan terbaik. Makanya, perlu sekali memilih kopi dengan kualitas bagus dan terbaik. Apalagi sekarang ini berbagai jenis kopi telah hadir. Bisa dibeli di toko-toko offline ataupun online.

Salah satu merek kopi yang populer dan sangat direkomendasikan adalah Otten Coffee yang hadir di Bukalapak.com. Berbagai jenis kopi yang didatangkan dari belahan bumi Nusantara maupun dari luar negeri bisa langsung dibeli di sini.



Selain harganya terjangkau, berbagai promo menarik juga ditawarkan. Tipsnya nih,  agar harga berbagai produk yang dibeli bisa jadi lebih murah lagi, teman-teman bisa kunjungi terlebih dahulu halaman promo (bukalapak.com/promo) untuk mencari ketersediaan voucher diskon maupun cashback.

Dari berbagai merek yang ditawarkan oleh Otten Cofe, Coffee Arabica adalah salah satunya Tapi tidak perlu khawatir, soalnya masih banyak beberapa merek single origin coffee yang dijual antara lain:

1. Premium Luwak Arabica
2. Robusta Aceh
3. Arabica Flores Manggarai
4. Arabica Flores Bajawa
5. Arabica Gayo atu Lintang
6. Arabica Timor Leste
7. Arabica Papua New Guinea
8. Arabica Mandailing
9. Robusta Sidikalang
10. Arabica Kerinci Kayu Aro
11. Arabic Panama Geisha
12. Arabica Peru Flor Del Norte
13. Arabica Nikaragua Casa Quamada, hingga
14. Arabica Uganda Sipi Falls







Selain menemukan berbagai pilihan single origin coffee, teman-teman pun bisa menemukan berbagai macam tools atau peralatan untuk mengolah dan membuat kopi serta untuk menyajikannya di sana. Beberapa contohnya adalah coffee grinder, mesin espresso, coffee brewer manual, hingga peralatan barista dan berbagai macam aksesoris.



Itulah 5 manfaat kopi. Dengan tahu berbagai manfaat dari kopi, pastinya semakin menambah kenikmatan saat menyeruput secangkir kopi. Soal selera kopi dan peralatan menyeduh kopi, bisa segera meluncur ke Otten  Coffe, ya. Selamat ngopi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Manfaat Kopi yang Jarang Orang Tahu"

  1. saya sama suami pecinta kopi. Pasti stok kopi ada di rumah mau kopi sachetan kalau lagi banyak duit beli kopi hasil gilingan orang dusun yang rasanya jelas lebih enak dan gurih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dita dan suami penikmat kopi sejati, nih.
      Dan memang kopi digiling langsung lebih nikmat ya, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.