} Keuntungan Kredit Motor Bekas - Cerita Bambang Irwanto

Keuntungan Kredit Motor Bekas

Salah satu cara ingin mempunyai motor adalah dengan cara mencicil atau kredit. Tiadak hanya motor baru, orang pun banyak melirik kredit motor bekas. Hal ini tentukan karena adanya berbagai pertimbangan.

Sekarang ini, motor bukan lagi merupakan barang mewah, tapi sudah jadi kebutuhan hidup. Motor bukan saja menunjang aktivitas sehari-hari, agar lebih mudah dan cepat, tapi motor juga bisa membantu menambah perekonomian keluarga. Misalnya motor dipakai ngojek atau berjualan makanan keliling, dan lain sebagainya.

Desain Canva

Namun yang menjadi masalah utama, memang harga motor baru yang tidak bisa dibilang murah. Apalagi setiap tahun, hadir motor model kekinian dengan spesifik yang menarik hati. Kalau tidak kuat hati, bisa tiap tahun ganti motor.

Maka banyak orang mencari solusinya dengan kredit motor bekas. Dengan cara mengangsur memang dinilai lebih ringan. Apalagi angsurannya memang disesuaikan dengan kemampuan. Bahkan ada yang menganggap sama dengan arisan.

Selain itu, kredit motor bekas juga mempunyai banyak keuntungan. Di antaranya : 


Harga 

Pertimbangan utama Kredit Motor Bekas adalah harganya yang jauh dibandingkan kredit motor baru. Hal ini memang sesuai logika. Barang bagus dan barang bekas pasti beda harga. Misalnya saja harga motor baru seharga 24 juta, sedangkan harga motor bekas bisa didapat setengah harga yaitu 12 juta, bahkan bisa 10 juta.

Uang selisih 12-14 juta itu sangat besar. Dengan perhitungan lain, maka uang 12-14 juta itu, bisa digunakan untuk keperluan lain. Termasuk keperluan mendesak. Bahkan bisa antara uang selisih tadi dan motor bekas saling mendukung. Misalnya uang tadi digunakan untuk berdagang makanan keliling menggunakan motor bekas tadi.

Nah, perhitungan uang usaha tadi, bisa dipakai untuk membayar kredit motor bekas. Selain itu, motornya pun masih bisa dipakai untuk keperluan yang lain. Akhirnya soal biaya angsuran setiap bulan, bukan masalah lagi.


Dapat Motor Oke

Orang selalu beranggapan, motor bekas itu pasti kondisinya tidak bagus. Apalagi tidak diketahui siapa pemilik sebelumnya. Termasuk bagaimana pemakaian motornya. Bisa saja jatuh, pernah menabrak, bahkan onderdil aslinya dicopot lalu diganti dengan yang seken.

Padahal motor bekas itu banyak yang kondisinya sangat bagus. Karena banyak juga orang yang menjual motornya dengan berbagai alasan. Misalnya motor jarang dipakai, ingin ganti model lain, ingin beralih membeli mobil, atau juga karena sedang butuh dana mendadak. Dalam kondisi seperti ini, biasanya motornya itu masih oke.

Tapi tetap, saat membeli motor bekas, harus jeli dan cermat. Periksa dan cek semua kelengkapan dan fungsinya pada motor. Seperti speedo motor, rem, termasuk nomor rangka dan mesin yang harus sama. Tidak ada istilah membeli kucing dalam karung.

Membeli motor bekas juga kadang dapat bonus tak terduga. Misalnya motor bekas yang akan dibeli, ternyata sudah dimodifikasi oleh pemilik sebelumnya, sehingga setara dengan performa motor model terbaru. Pastinya ini sangat menguntungkan.


Bisa Langsung Digunakan

Membeli motor bekas bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan. Maksudnya, kalau membeli motor baru harus menunggu keluar plat dulu, keluar STNK, sampai keluar BPKB. Kalau motor bekas kan, surat komplit, langung bisa dipakai pergi jauh. Apalagi kelengkapan surat-surat motor jadi nomor satu, agar aman dan tidak melanggar peraturan berlalu lintas.

Dihitung dari nilai ekonomis, jelas ini lebih menguntungkan. Misalnya, bisa segera memulai usaha berdagang keliiling, tanpa harus menunggu surat-surat selesai. Motornya bisa dipakai, bisa urus balik nama.


Tidak Rugi Harga Jatuh

Membeli motor bekas itu tidak khawatir harga akan jatuh saat akan dijual kembali. Soalnya membeli motor baru, saat ganti tahun dan ada model baru lagi, maka harga bisa turun jauh, dan akhirnya masuk motor bekas. Selisihnya bisa setengah harga.


Suka Pada Motornya

Tidak selamanya orang membeli motor bekas karena memang sangat butuh. Terkadang orang membeli motor bekas karena suka pada model tertentu. Misalnya saat keluar baru model motor itu, dia belum bisa membeli, namun saat ada dana, motor itu sudah tidak ada keluaran terbaru. Makanya salah satu cara adalah membeli motor bekas.


Cara Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas itu bisa langsung dari pemilik pertamanya. Keuntungannya, harga bisa disesuaikan dengan dana yang ada. Selain itu, harga sudah langsung dari pemilik, dan kemungkinan masih bisa ditawar sedikit. Ditambah lagi, bila kita mengenal baik pemiliknya, maka bisa diketahui bagaimana dia memperlakukan motornya.

Tapi biasanya, ini jarang yang mau dikredit. Misalnya harga motornya 10 juta, dan setelah tawar menawar, harganya jadi 9,5 juta. Namun pemilik maunya langsug dibayar chash 9,5 juta. Jarang ada yang mau dibayar 4,5 juta dulu, nanti sisanya dicicil 5X selama 1 juta per bulan. Apalagi kalau memang motor itu dijual, karena pemiliknya butuh dana cash cepat.



Selain itu, bisa juga kredit motor bekas di dealer motor. Keuntunganya bisa memilih motor yang tersedia sesuai selera. Setelah menentukan motor yang sesuai, tinggal ditentukan sistem pembayarannya.

Cara lain adalah dengan mengajukan pembiayaan kredit kepada pihak bank atau leasing. Namun banyak yang lebih memilih pihak leasing, karena dianggap lebih praktis.  Syaratnya juga tidak ribet. Misalnya nama tidak masuk daftar blacklist pihak leasing, surat-surat diri lengkap, juga tempat tinggal tetap.

Bahkan sekarang ini, pengajuan pembiayaan kredit kendaraan, termasuk kredit motor bekas, bisa via online. Salah satunya cekaja.com yang syarat kreditnya mudah, uang muka ringan, dan jangka waktu kredit yang disesuaikan dengan kemampuan. Hal ini pastinya membuat kredit Kendaraan Bermotor (KKB) mampu memenuhi kebutuhan.

Bagaimana? Sudah lebih jelas keuntungan kredit motor bekas, kan? Bila teman-teman berminat kredit motor dan butuh pembiayaan, silakan saja cek di https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Keuntungan Kredit Motor Bekas"

  1. Jadi inget pengalaman saya beli motor bekas. Kebetulan itu motor pertama saya beli dengan uang hasil kerja. dan sekarang sudah 2 tahun saya menggunakan motor ini

    Walau motor bekas jika kamu membelinya dari orang yang kamu percaya pasti sama bagusnya dengan beli motor baru. Selain itu harganya jauh lebih murah

    ReplyDelete
  2. Benar sekali. Makanya harus jeli dan cermat saat membeli motor bekas, ya.
    Dan satu lagi, beli sesuatu dari hasil menabung, termasuk motor, dipakai adem ya hehehe. Soalnya saya pun beli motor dari hasil menulis.

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Jauuh tuh harganya sama yang baru

    ReplyDelete
  4. Iya, Mas Deny.
    Jadi selisih harganya bisa digunakan untuk yang lainnya ya, Mas.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.