} Serunya Belajar Seo di Kelas Growth Blogger - Bambang Irwanto Ripto

Serunya Belajar Seo di Kelas Growth Blogger

Saat ini, saya sedang belajar seo di kelas Growrh Blogger. Tidak tidak terasa sudah 15 hari berlangsung. Kata hampir semua teman sih, rasanya kayak permen Nano-Nano. Seru, senang, deg-degan, jadi campur

aduk. Jujur saja, saya butuh banyak makan bakso  dan camilan untuk bisa terus bertahan hahaha. 


serunya belajar seo di kelas growth
Serunya Belajar Seo  di kelas Growth Blogger

Pastinya berbagai pelajaran dan tugas sudah saya dan teman-tenan-teman dapatkan. Mulai dari materi pertama yang diawali oleh Mbak Monica Anggen tentang Mahir Menulis dan Editing Blogpost, termasuk ada juga motivasi menulis di blog. Habis itu dilanjutkan tugas sesuai materi. Dan inilah tugas saya Alasan Menulis Blog Versi bambangirwanto.com 
Pada materi di atas, Mbak Monica yang sudah lama berkecimpung di dunia menulis ini bercerita bagaimana awalnya proses menulisnya, apa saja hambatannya, sampai akhirnya jadi penulis buku best seller. Pastinya, pengalaman Mbak Monica ini, sangat berharga bagi teman-teman, termasuk saya juga.
monica anggen belajar seo di kelas growth
Mbak Monica Anggen

Nah setelah itu materi dilanjut oleh Mas Bahrul Ilmi atau yang biasa juga dipanggil Mas Baim. Bukan Baim Wong atau Baim penyanyi yang suaminya Artika Sari Devi.  Apalagi Baim cilik, ya hahaha. Dia ini salah satu blogger keceh asal Pontianak.
bahrul ilmi baim belajar seo kelas growth
Mas Baim In Action
Terus materi apa saja yang disampaikan oleh Mas Baim? Daripada penasaran, ikuti terus tulisan saya ini sampai selesai, ya. Jangan diskip, nyalakan tombol loncengnya. Apaan sih.. hahaha

Google Analytics

Pertama Mas Bahrul Ilmi memberikan materi seputar Membaca Google Analytics (GA) untuk Blogger. Cowok tampan rupawan kelahiran... ini menjelaskan, kalau GA itu ibaratnya orang dalam Google. Dari tool ini, kita bisa membaca data terkait traffic atau kunjungan ke blog kita. Jadi nantinya tahu, apa saja yang perlu dibenahi.
belajar seo seputar google analytics
Tampilan Google Analytics


Pada Google Analytics, terdapat fitur-fitur utama yang harus diperhatikan sebagai berikut :

Fitur Utama Google Analytics

Saat membuka halaman Google Analytics, kita akan melihat data-data di bawah ini.

1. Pengguna (Users): 

Ini menunjukkan Jumlah orang yang sudah berkunung ke blog kita. Semakin tinggi jumlahnya, maka semakin bagus. Ini bila meningkat, akan ditandai dengan panah biru ke atas. Tapi bila turun, ditandai dengan tanda merah ke bawah.

2. Sessions (Sesi): 

Ini menunjukkan berapa banyak orang yang membuka halaman di blog kita. Jadi Satu pengunjung dihitung satu sesi. Bila meningkat, panah biru akan menunjukkan ke atas. Tapi bila pengunjung berkurang, maka panah merah akan menunjuk ke bawah.

3. Rasio Pantulan (Bounce Rate): 

Ini adalah jumlah atau persentase orang yang meninggalkan blog kita, setelah membuka satu halaman, namun tidak mengunjungi halaman lainnya. Bisa juga, orang itu kembali ke hasil pencarian atau membuka blog lain. Ini harus diturunkan ya, karena kurang bagus untuk performa blog kita. Jadi usahakan saat orang berkunjung dan membuka satu halaman, maka diharapkan dia membuka halaman lain dari blog kita.

4. Durasi Sesi (Session Duration): 

Ini menunjukkan waktu yang dihabiskan orang saat berkunjung di halaman blog kita. Jadi semakin lama waktunya, maka semakin bagus. Jadi usahakan menambah meningkatkan kualitas tulisan, loading blog yang cepat, dan lainnya,  biar orang betah berlama-lama berada di blog kita

Menu yang Bisa Digunakan Blogger pada Google Analytics

Dalam Google Analytics, banyak menu-menu yang harus diketahui dipahami oleh blogger. Apa saja itu? berikut susunannya :

* Realtime

Sesuai namanya, menu ini dipakai untuk mengetahui data blog kita secara update. Misalnya mengetahui jumlah pengunjung aktif yang sedang membuka blog kita saat ini.
Untuk melihat data lebih lengakp, seperti lokasi visitor, sumber traffic (sosial media, pencarian google, dll), artikel yg sedang dibaca, dll, kita bisa Klik Realtime > Overview

*Audience

Menu ini membantu kita mengetahui visitor/pengunjung blog kita. Bila teman-teman ingin meliat datanya secara lengkap, Klik saja Audience > Overview.
Nanti, kita bisa melihat semua data terkait pengunjung blog. Seperti jumlah pengguna, pageviews, demografi pengguna baik bahasa yang digunakan atau dari negara mana saja mereka berasal, Termasuk perangkat yang digunakan, browser yang dipakai, dan lainnya. Konplit pokoknya.
Misalnya nih,  kita ingin mengetahui darimana saja pengunjung. datang. Maka tinggal klik saja Audience > Demographics > Overview. Maka akan jelas terlihat data lengkap. Mulai pengunjung bedasarkan umur dan jenis kelaminnya, dari negara mana, bahasa yang digunakan, dan lainnya.

*Akusisi

Menu ini membantu kita mengetahui data seputar traffic yg didapatkan. Untuk melihat rangkuman data traffic, kita tinggal klik Acquisition > Overview. Kita akan melihat Top channel speerti organic search, direct, sosial dan lainnya.
Selain itu, kita juga bisa mengetahi pengguna yang datang berdasarkan Organic search yaitu dari hasil pencarian google, dari Direct atau dari halaman blog kita (internal link), dari Referral atau dari website lain  yaitu datang dari backlink yang kita bangu, juga dari Sosial yaitu pengunjung yang datang tentu saja datang dari link yang kita share di facebook, twitter, instagram dan lainnya.

*Prilaku (Behavior)

Ini adalah menu yang paling sering digunakan blogger untuk melihat data terkait postingan di blog. Pastinya kan, kita ingin mentahui bagaimana interaksi pengunjung pada artikel atau halaman yg dibuat. Maka tunggal klik saja Behavior > Overview untuk melihat ringkasan data secara umum.
Maka akan tampil Pageviews yaitu jumlah halaman yg dibuka atau dilihat di blog kita Nah, pageviews ini terdiri dari dua. Ada Unique pageviews yaitu jumlah halaman yang dihasilkan oleh seorang pengguna dalam satu session yang sama. Kemudian ada Bounce rate yaitu jumlah atau persentase orang yg meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman, namun tidak mengunjungi halaman lainnya (kembali ke hasil pencarian/membuka blog lain).
Bila kita ingin melihat data interaksi atau alur pengunjung, tinggal klik Behavior > behavior Flow. Maka kita akan melihat beberapa interaksi pengunjung pada blog kita.Tinggal geser saja ke kanan untuk melihat data lengkapnya.

Pentingnya Belajar Seo Google Analytics untuk Blogger

Saat akan mengikuti kelas Seo Growth ini, syarat utama adalah ahrus sudah pasang Google Analytics. Karena ternyata, banyak sekali manfaat untuk blog kita.

1. Memantau Perkembangan Traffic Blog

Pastinya kita jadi tahu bagaimana perkembangan trafik blog kita, apakah meningkat atau malah menurun. Jadi kalau misalnya ada penurunan, kita bisa segera perbaiki. Bisa juga kita semakin mencari tahu cara untuk meningkatkan traffic blog.

2. Melakukan Evaluasi 

Kita bisa langsung melakukan evalusai  pada konten, bounce rate, durasi. Soalnya 3 hal ini sangat berkaitan. Konten yang bagus, sesuai SEO dan bermanaat, pasti akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Akhirnya bisa mengurangi pantulan rasio dan meningkatkan durasi.

3. Menentukan Waktu Posting yang Tepat

Dulunya saya kira, hanya di media sosial saja kita perlu memperhatikan kapan waktu terbagus untuk posting. Tepatnya kapan jam ideal followers memantau sosmed kita. Ternyata di blog juga harus begitu. Jadi tidak asal sembarang update. Tepat waktu posting, meningkatkan jumlah pengunjung yang mampir ke blog kita.

4. Mengetahui Postingan yang Banyak Dikunjungi

Ini penting sekali, untuk mengetahui postingan mana saja yang disukai pengunjung. Nah, dari data ini, saya pun bisa ancer-ancer hal-hal apa saja nih, yang membuat pengujung banyak membaca postingan itu. Ini jadi trik jitu juga. Buat postingan yang disukai, agar orang datang terus ke blog kita hehehe.

5. Mengetahui Sumber Traffic 

Pastinya ini tidak kalah pentingnya. Dengan mengetahu siapa saja pengunjung blog kita, berapa usianya, lebih banyak pria atau wanita, dari negara mana saja, sampai perangkat yang digunakan. Ini membuat kita bisa tahu tamu yang datang, dan bisa mempersiapkan postingan apa saja yang emreka sukai dan butuhkan.

Paham dan Mengerti Belajar Seo Google Search Console

Materi selanjutnya yang diajarkan Mas Baim adalah Google Search Console. Pria yang saat ini bekerja sebagi freelance content writer dan web content editor di salah satu agency di Jakarta menjelaskan GSC adalah alat dari Google yang bisa membantu memaksimalkan artikel atau blog kita di hasil pencarian Google.
belajar seo goggle search cpnsole di kelas growth
Belajar Seo Goggle Search Cpnsole


Pastinya, untuk bisa melihat data di GSC, kita harus menambahkan blog kita ke Google Search Console. Baik yang menggunakan blogspot maupun wordpress. Dan ini memang jadi syarat utama juga saat akan ikut kelas. Wajib sudah pasang Google Search Console.

Fitur Utama GSC

Saat kita membuka dashboard GSC, kita akan melihat ada 3 fitur utama, yaitu:

Overview

Fitur ini menampilkan data terkait perkembangan blog secara umum. Di sini kita bisa melihat jumlah klik dari hasil pencarian, coverage halaman, dan enhancement atau perbaikan.

Performance

Di sini kita bisa melihat berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google. Nantinya akan terluhat data mulai dari Total Clicks, Total Impressions, Average CTR Average Position.
Selain itu kita juga bisa melihat data performa berdasarkan Query/kata kunci penelusuran halaman artikel. Negara, Perangkat, Tampilan penelusuran, Tanggal

URL inspection

Fitur ini sangat berguna untuk mengecek indexing halaman atau artikel kita di hasil pencarian Google. Bisa juga untuk maksa bot google ngindeks artikel kita, Jadi setiap selelesai posting artikel baru di bog, langsung masukin url-nya, agar segera terindeks

Coverage

Fitur yang satu ini digunakan untuk mengetahui error yg terjadi di blog. Jadi kita tahu, langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Misalnya masalah crawling dan pengindeksan halaman tertentu.
Misalnya soal coverage. Tapi menurut Mas Baim, kalau exclude di blog kita bengkak, jangan kagetan dan langsung panikan. Harus dicek dulu satu-satu. Apa saja yang penyebab jadi bengkak, Jadi nantinya, kita tidak harus memperbaiki semua.

Sitemaps

Ini bukan peta dunia ya, tapi peta khusus untuk blog. Nah, peta situs membantu bot Google mengenali konten dalam blog kita. Tapi Mas Baim mengingatkan agar digunakan dengan benar, jadi nanti akan membantu halaman atau artikel yg ada di blog dapat terindeks dengan baik di mesin pencari.

Mobile usability

Ternyata, blog yang mobile friendly itu sangat disenangi oleh Google. Jadi Kita bisa mengetahui halaman mana yg mana saja di blog kita yg sudah atau belum mobile friendly. Ini berhubungan juga dengan tempalte yang kita gunakan.
Masih di menu yang sama. Penjelasannya kira-kira kayak gini nanti. Tinggal dicek aja. Tiap blog diciptakan dengan masalah yg berbeda-beda, agar kita terus belajar.

Manual actions

Bukan hanya posnel yang punya alamr, tapi di GSC juga. Nah, Manual Actions inulah yang jadi pengingat, kalau blog kita dianggap terlalu spamming oleh Google. Ini jauh lebih bahaya dari spam score punya Moz.  Jadi waspadalah.. waspadanya...

Belajar Seo dengan Mudah dan Cepat Parameter On Page SEO

Ini materi ketiga yang diajarkan oleh Mas Bahrul Imi. Yesss... Materi On Page SEO adalah optimasi SEO yg kita lakukan dari dalam blog kita sendiri. Jadi, tidak hanya dari artikel saja. Tapi bisa juga dari keseluruhan blog.
Biasanya kalaua da ON, pasti ada OFF. Berbeda, tapi selalu bersama hahaha. Jadi Selain On Page SEO, ada juga yg namanya Off Page SEO, yaitu optimasi yg kita lakukan dari luar blog. Contoh sederhana offpage SEO adalah tugas tanam backlink.
Nah, agar optimasi On Page SEO yang kita lakukan maksimal,, maka hal-hal berikut ini wajib kita lakukan. Dan Alhamdulillah, saya sudah menerapkan pada beberapa artikel saya, Walau pastinya saya harus banyak belajar.

1 Judul Artikel Mengandung Keyword

Pertama, teman-teman jangan lupa memasukkan kata kunci di judul. Misalnya keywordnya ada Belajar Seo On Page. Maka judulnya harus ada kata kuncinya itu. Dan bisa seperti berikut judulnya :,
Belajar Seo On Page dengan Mudah dan Cepat
Tapi ingat panjangnya jangan lebih 55 atau 60 karakter., akrena takutnya judulnya akan kepotong . Ini akan mengurangi power on page yang kita lakukan, Selain itu akan membuat orang ragu mengklik artikel kita, karena maksudnya kurang jelas.

2 Menyisipkan keyword di Permalink

Selanjutnya jangan lupa memasukkan kata kunci di permalink. Misalnya kata kuncinya Tips Membeli Sepeda, maka permalinknya : Contoh https:///tips-membeli-sepeda-murah-dan-bagus
Sebaiknya jgn lebih dari 75 karakter, karena lagi-lagi takut terpotong dan mengurangi kekuatannya. Ada juga yg mengukurnya dengan jumlah kata, sekitar 3 sampai 5 kata. Intinya, usahakan untuk membuat url postingan yg pendek.

3 Menyisipkan keyword di meta deskripsi

Meta deskripsi adalah penjelasan singkat yg tampil di hasil pencarian setelah di bawah judul artikel kita. Kombinasikan keyword dan kalimat ajakan agar orang mau melakukan klik pada artikel kita. Tapi usahakan meta deskripsi tidka lebh dari 150 karakter ya. Pastinya harus singkat, menarik, sekaligus mengandung keyword.

4 Menyisipkan Keyword di Awal Paragraf Pertama

Ini bertujuan memaksimalkan meta deskripsi di hasil pencarian. Sebab, meski sudah mengisi meta deskripsi dengan baik dan benar, Google biasanya malah menampilkan potongan paragraf pertama sbg meta deskripsi.
Yang perlu diingat, kata kunci tidak harus benar-benar ada di awal paragraf, tapi setidaknya ada di 150 karakter dalam paragraf pertama.

5 Optimasi Tag Heading

Agar optimasi Seo on page semakin maksimal, jangan terapkan Tag heading dari H1-H6. Tapi apda umumnya, hanya digunakan H1-H3. Karena saua menggunakan blogspot, maka H1 itu sudah otomatis judul. Maka di artikel saya menggunakan H2 sampai H selanjutnya sesuai kebutuhan artikel
O, iya. kita bisa memasukkan keyword turunan yg sudah kita dapatkan sebelumnya, Tapi ingat ya, gunakan secara natural. Kalau terlalu dipaksakan, maka hasilnya kurang bagus.

6 Optimasi gambar

Gambar di psotingan blog itu, bukan hanya sebagai pemanis atau pelengkap tulisan, lho. Kita sangat bisa emmaksimalkan gambar.  Caranya dgn memasukkan keyword ke dlm alt title dan alt image gambar yang digunakan.
Caranya sangat musah. Jadi sejak awal gambar sudah dinamai. usahakan ada kata kuncinya. jadi buka memasukkan gambar dengan nama IMG104053 atau Whatsapp. Setelah itu, jangan lupa menambahkan nama di Tittle dan Alt Tittle. Jangan namanya sama ya, bedakan, asal tetap ada kata kuncinya. karena nanti dianggap duplikat.

7 Penggunaan Outbound Link

Outbound link adalah link keluar dari blog kita menuju blog orang lain. Tapi jangan terlalu banyak, ya. Bahaya, bisa menganggu kesehatan blog kita sendiri. Nah, makanya cari OL yang bagus untuk blog kita.

8 Gunakan internal link

Ini kebalikan dari nomor 7. Internal link adalah link yang menuju ke artikel lain di blog kita. Tapi usaakan link ini postingannya relevan dengan postingan  yang kita masukkan internal link. Jadi ada terkaitan, dan pengunjung blog malah akan mampir ke postingan lain.

9 Manfaatkan LSI keyword

LSI  adalah Latent Semantic Indexing atau kata kunci turunan. Ini merupakan persamaan atau sinonim dari kata kunci utama yang kita gunakan. Tujuannya agar keyword dalam tulisan lebih natural, juga bisa merengking banyak ketword. Juga tujuannya, tidak mengulang-ulang kata kunci utama.

10. Share ke sosmed

Setelaha rtikel terposting, jangan lupa segera membagikan link-nya di media sosial kita. Tujuannya bukan hanya promosi kalau kita ada postingan atau menabah view dari kunjungan artikel itu, tapi juga mendapatkan signal sosial. Ini sangat bagus, agar artikel kita bisa masuk dengan mudah ke halaman pertama.

11. Submit ke GSC

Agar artikel kita mudah terindeks oleh Google, maka segera submit ke GSC. Jangan lupa, pastikan teman-teman sudah memasukkan sitemap blog ke GSC. Sehingga bot Google bisa mengecek artikel terbaru di blog kita secara berkala.

Kaitannya Antara GA, GSC dan SEO on Page

Nah, itu dia materi-materi yang sudah dijelaskan oleh Mas Baim. Pastinya kaitan antara ketiganya ini sangat besar.
Jadi GA itu untuk mengetahui performa blog kita, terus GSA itu untuk mengetahui performa postingan di blog kita, nah, seo on page optimasi postingan kita.
Makanya  agar semuanya berjalan maksimal, maka langkahnya seperti ini gais :

Buat Artikel SEO

Pertama usahakan menulis sesuai dan menerapkan SEO On Page. Tulisan yang banyak dicari, maka otomatis berpeluang naik atau ada di halaman muda google. Samakin banyak dicari, maka pengunjung akan semakin banyak mampir ke blog kita

Perbaiki kesalahan Artikel

Nah, dari GSC ini, kita bisa push artikel kita agar bisa berada di halaman muda. Selanjutnya bisa kita pantau perkembangan artikel-artikel di blog kita. Mana saja yang perlu dibenahi.

Tingkatkan Performa GA

Bila artikel sudah menerapkan seo on page, lalu artikel yang kurang pas sudah dibenahi, maka otomatis akan meningkatkan performa GA

Serunya Belajar Seo di Kelas Growth Blogger

Saya bersyukur sekali bisa masuk ke kelas Growth blogger. Di sana, saya banyak belajar. Dua punggawanya yaitu Mas Punto Wicaksono aka Mas Pewe walau dari wajahnya terlihat serius, tapi homorisnya tinggi. Setiap ada pertanyaan dari teman-teman semua dijawab.
pewe belajar seo di kelas growht
Mas Punto Wicaksono atau Mas Pewe

Sedangkan coch satunya lagi adalah Mas Irwin yang ternyata cocok jadi keponakan saya hahaha. Pria yang lahir tahun 1993 itu, tidak hanya jago (ya iya lah.. masa betina) di dunia seo, tapi juga pintar mengaduk perasaan.. halah hahaha.
Apalagi kelasnua sistem kick, membuat jantung terus berdebar-debar menjelang pengumuman. Memang sih, kadang cowok bernama lengkap Irwin Andriyanto itu, bilang tidak akan ditendang dari kelas, Cuma dikeluarkan saja, duh samimawon Masirwin hahaha...
irwin andryanto belajar seo di kelas growth
Mas Irwin Andriyanto

Nah, bagi teman-teman yang mau ikut kelas selanjutnya, bisa.... dan keasyikan belajar SEO akan teman-teman dapatkan, Pokokmya tidak akan nyesal ikut kelas seo  gratisnya hehehe.
belajar seo di kelas growth saja seru
Kelas Growth Belajar Seo Paling Seru


1. Tambah Ilmu

Pertama pastinya ikutan kelas Growth blogger ini, ilmu saya di dunia blog semakin bertambah. Saya yang dulunya tidak tahu soal apa itu GA, GSC sampai soal Seo On Page dan off page, sekarang mulai mengerti. Tapi pastinya harus saya terus belajar.

2. Tambah Teman

Bukan hanya pepatah banyak anak banyak rezeki, tapi bagi saya banyak teman juga banyak rezeki. Soalnya di kelas, kami saling sharing, saling memberi semangat, dan bisa juga saling menambah followers hehehe.

3. Meningkatkan Disiplin

Sistem kelasnya bagus, karena saya dituntut disiplin mengikuti kelas dan mengerjakan tugas. Tidak mengikuti sharing, jelas akan membuat saya sesat saat  mengerjakan tugas. Kalau tugas tidak selesai, lambaikan tangan pada kamera. Say.. good by hahaha.

4. Tambah DA Blog

Nah, ini yang bikin saya girang dan terus semangat ikut kelas Growht. Soalnya Domain blog saya jadi bertambah. Bayangkan saja, dari awal masuk kelas, DA saya itu di angka 14. Baru 10 hari sudah naik 17. Alhamdulillah. Ini menambah semangat saya untuk terus belajar di kelas ini. Sssttt.. biat nambah DA terus hehehe.
Nah, itu dia Serunya belajar seo di kelas Growth Blogger. Premium Jadi kalau teman-teman mau ikutan, pantengin terus ifo terbarunya ya. Biasanya ada di postingan Facebook Mas Irwin. Dan.. rasakan sendiri campur aduknya ikut kelas ini, tapi ahsilnya joss dan bikin happy hehehe. klik saja gambarnya.


Salam semangat ngeblog...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Serunya Belajar Seo di Kelas Growth Blogger"

  1. PErlu banget ya mempelajari Google Analytic supaya bisa memantau trafic blog juga ya. Dalam belajar seo bener banget harus fokus & disiplin supaya mencapai tujuan yang dimau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib semuanya, Mbak Lidya.
      Semangat saja tidak cukup. Sabar, teliti, mau berproses juga sangat penting. Pokoknya terus semangat belajar...

      Delete
  2. mantap reviewnya mas, dan cukup buat otakku keriting untuk memahaminya satu persatu..hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, Mbak Sarah. Saya saja butuh bermangkuk-mangkuk bakso dan berpiring tempe mendoan. Jadi harus sabar mempelajari semuanya hahaha.

      Delete
  3. Ini keren belajar langsung ke ahlinya dan memang pelaku, Banyak banget yang harus di pahami selain bisa menulis, harus mengenal saudara saudara nya seperti analitik salah satunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena dunia blog bukan hanya soal menulis saja, tapi seputar seo juga wajib kita pelajari, pahami, dan diterapkan.

      Delete
  4. Seru ya... Pingin banget ikutan kelasnya, cm ga memenuhi kriteria. Hiks. Kalau ada tendang -tendangan begini dijamin makin disiplin mengerjakan tugasnya, hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ikut lagi, Mbak Dewi. Dan betul, adanya ditendang itu, bikin kita lebih semangat ikut kelasnya dan mengerjakan tugas.

      Delete
  5. Waaah seru banget ya Mas Bambang belajar SEO kelas Growth nya. Saya ngeblog bertahun tahun baru beberapa buln ini belajar SEO. Lumayan sih trafficnya agak naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak Nunung. Saya juga baru sekali mempelajari seo dan mulai pelan-pelan menerapkannya.

      Delete
  6. Terbukti bahwa mereka memang sangat ahli dalam meningkatkan suatu blog pribadi naik kelas atau naik level menjadi profesional di mata google dan para pembaca blog mas irwan.. Meskipun saya gak ikut tapi saya merasakan luar biasa banget hasil dari ajaran mas pewe, mas baim, dan mas irwin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mas Rozi. kelas ini sangat membantu teman-teman. Tidak hanya meningkatkan performa blog, tapi juga ada semangat, kedisiplinan, dan saling berbagi yang dipelajari di dalamnya.

      Delete
  7. Mantap ya, kak.. tepat kelasnya dikasih nama dengan Growth karena memang membuat blog para peserta tumbuh cepat dan melesat. Dapat asupan bergizi tinggi setiap hari. Anyway, makasih udah sharing ilmunya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Wiwin. Tumbuh cepat dan melesat, tapi harus terus menjaga konsisten. pastinya semakin terus ngeblog.

      Delete
  8. Beneran asik ya mempelajarinya. Kita jadi memahami satu persatu dan bisa mengecek, dimana letak kesalahan yang kita lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam blog. Kita juga jadi belajar jeli dan teliti. Semakin dioprek, semakin seru.

      Delete
  9. Halo Pak Bamz, teman seperjuangan
    Saya juga makin terbuka matanya dan selama ini ga mendengar apa kata suami sejak dulu soal memperbaiki daleman blog hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Ammah teman seperjuangan.
      Semangat terus Mbak Ammah. Nanti ajarin saya ya hehehe.

      Delete
  10. Selama ini pake GA buat laporan doang. Banyak yang mesti dikulik-kulik ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata banyak banget yang harus dibenahi, Mbak Eno. dan untunglah lewat GA kita bisa tau semuanya soal blog kita.

      Delete
  11. Setelah berulang kali mencoba, akhirnya Google Analytics saya bisa dipasang kembali setelah hampir setahun ganti theme dan GA menjadi nol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Lina. Jadi kalau ganti tema kan harus menyesuaikan lagi dari awal. Dan dimulai dari nol, kayak slogan pom bensin hehehe.

      Delete
  12. Kelasnya pasti seru dan rame ini ya, Pak Bamz. Hahaha. Seru jadi maju dan belajar sampai berkembang bareng2. Kaya GSC itu contohnya, artikel jd bisa lebih cepat naik ke pencarian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi saya sekarang ga asal nulis, posting, share. tapi harus dioptimasi juga. termasuk menerapkan seo dalam tulisan.

      Delete
  13. Wah, saya baru tahu, ternyata posting di blog juga perlu waktu yang tepat ya. Saya kira berlaku di media sosial aja. Materi di kelasnya daging semua ya, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga, Mbak. Dulu saya asal posting saja. ternyata sama kayak medsos, ada waktu-waktu khusus buat posting hehehe.

      Delete
  14. Penutup kelasnya seru ya -DA blog naik. Kalau gini mah semua blogger pasti rame-rame ikutan growth kelasnya ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.