} Tips Perawatan untuk Motor Sport Suzuki yang Wajib Dipahami - Bambang Irwanto Ripto

Tips Perawatan untuk Motor Sport Suzuki yang Wajib Dipahami

Memiliki kendaraan sudah menjadi kebutuhan primer di masa sekarang untuk menunjang efisiensi bepergian. Untuk menjalankan fungsi tersebut sudah sepatutnya sepeda motor Suzuki dirawat dengan baik agar fungsinya tetap bisa maksimal. Nah, ini dia tips perawatan untuk motor sport Suzuki yang wajib dipahami oleh teman-teman.

perawatan motor sport suzuki yang wajib dipahami
Yuk, Pahami Seputar Perawatan Motor Sport Suzuki

Nah, untuk merawat motor juga harus disesuaikan dengan tipe dan jenisnya, karena setiap motor mempunyai kebutuhan berbeda. Berkaitan dengan itu, untuk kali ini akan dibahas beberapa tips perawatan untuk motor sport dari Suzuki yang wajib teman-teman pahami.


Memanasi Motor Setiap Hari

Tips perawatan motor sport pertama dan yang paling penting adalah memanasi motor setiap hari. Hal ini untuk menjaga motor tetap berfungsi sebagaimana mestinya, dan agar mesin tidak aus dengan sendirinya. Kegiatan memanasi motor ini bisa teman lakukan setiap hari minimal 15 menit.

wajib memanasi motor sport suzuki setiap hari
Jangan Lupa Motor Sport Suzuki Dipanasi Setiap Hari (Foto : Suzuki)

Memanasi motor ini lebih penting lagi dilakukan pada motor sport yang jarang digunakan agar mesinnya tetap awet. Kebanyakan motor sport memiliki kebutuhan pembakaran yang lama untuk memaksimalkan kinerja mesinnya, jadi hal ini tidak bisa diabaikan. 


Melakukan pengecekan pada Selang dan Bahan Bakar Secara Berkala

Tips perawatan untuk motor sport berikutnya adalah dengan mengecek selang dan bahan bakarnya secara rutin. Hal ini bertujuan mencegah motor kehabisan bahan bakar sekaligus memastikan proses pembakaran bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan pengecekan ini bisa teman-teman lakukan rutin setiap kali motor selesai digunakan berkendara sejauh 2000 KM. Ketika sudah digunakan untuk berkendara jauh, biasanya selang motor sedikit kotor dan tidak jarang menghambat injeksi bahan bakar untuk menuju mesin.

Nah, hal tersebut tentu harus dihindari. Selain itu, bagian pompa bahan bakar tidak boleh lupa dicek. Cara pengecekan rutin bagian ini cukup mudah yakni dengan menghidupkan mesin dan mendengarkan suara tangkinya secara berkala. Motor sport teman-teman mungkin bermasalah jika suara tangkinya mulai berdesing. 


Mengecek Oli Mesin Secara Teratur

Selain membutuhkan bahan bakar, sepeda motor juga memerlukan oli sebagai pelumas mesin agar mudah dan ringan saat digunakan. Oli adalah salah satu komponen vital yang harus ada sebagai pelengkap kendaraan bermotor. Oli ini tersedia dalam berbagai jenis dan tipe.

cek selalu oli motor sport suzuki
Cek Secara Rutin Oli Motor Sport Suzuki

Pengecekan oli mesin bisa Anda lakukan berkala, misalnya dua kali dalam satu bulan. Hal ini penting untuk mencegah oli kering dan motor mati sewaktu-waktu. Bagi motor sport, oli sebaiknya dicek seminggu sekali jika motor sering digunakan agar geriginya tidak aus dan keropos. 

Akan tetapi, tips yang paling penting sebelum mengecek oli adalah, teman-teman harus memastikan oli yang  digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan motor. Pemilihan oli bisa Anda konsultasikan langsung ke pihak dealer tempat membeli motor atau bengkel tempat service.


Memakai Bahan Bakar Terbaik

Selain melakukan pengecekan komponen dan menggunakan oli berkualitas, teman-teman juga harus memastikan motor tersebut menggunakan bahan bakar dengan kualitas terbaik. Hal ini penting karena bahan bakar motor sport tidak sama dengan jenis motor lainnya.


Apabila motor sport diberikan bahan bakar yang asal-asalan, mesin akan mudah aus dan tidak bisa bekerja maksimal. Selain itu, suara mesin juga tidak akan halus dan justru cenderung menggaung. Jadi, Anda bisa mengkonsultasikan bahan bakar apa yang tepat digunakan ketika membeli motor sport.

Secara umum, motor sport menggunakan komponen dengan kualitas tinggi, dan hal ini mengharuskan perawatan yang sepadan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa memiliki barang berkualitas tinggi, teman-teman harus memastikan perawatannya juga baik. 


Melakukan Service Secara Rutin

Tips terakhir dan paling utama di sini adalah melakukan service motor secara rutin. Jika tips-tips sebelumnya berguna untuk merawat hal-hal kecil dan sederhana, tips yang ini penting untuk merawat bagian motor yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

wajib secara berkala service motor sport suzuki
Biar Terjamin Service Motor Sport Suzuki di Bengkel Resmi (foto : Tribun)

Kegiatan service ini bisa dilakukan rutin dua bulan sekali untuk mencegah kerusakan-kerusakan pada bagian tertentu. Hal ini juga penting agar ketika berkendara teman-teman bisa tetap tenang dan nyaman. Motor sport yang rajin diservice akan mudah digunakan seperti baru setiap waktu. 

Itulah beberapa tips tips perawatan untuk motor sport Suzuki yang wajib dipahami. Dengan menerapkannya sebaik mungkin, kondisi motor sport kesayangan teman-teman akan tetap prima. Jika ingin melakukan service, jangan lupa gunakan jasa service resmi di bengkel Suzuki, ya.


Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Tips Perawatan untuk Motor Sport Suzuki yang Wajib Dipahami"

  1. Kalo punya motor kudu sering2 dirawat biar awet ya.. Kayak motor saya yg dibeli sekitar awal tahun 2000 yang lalu masih ngejreng kalo dibawa kemana2.. Saya jadi hemat gak beli motor baru karena motor yang lama masih terawat apik. Malah bisa jadi barang antik mengingat usianya yang sudah tua, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar itu, Mbak Rita. Pokoknya kalau motor dirawat sesuai anjuran, maka akan awet dan terus akan membantu kita. Karena performanya terjaga.

      Delete
  2. Bener banget. Motor memang butuh dipanasin, diperhatikan olinya biar nggk ngambek. Kalau udah ngambek, biayanya lebih mahal dari perawatan rutin soalnya. Apalagi motor sport. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi kayak motor Bapak saya. Lama tidak dipanasi, karena anak-anaknya di Jakarta semua. Eh, pas mau dipakai malah ngadat hehehe.

      Delete
  3. Sepakat Pak! Kalo mau motornya awet ya harus dirawat. Kalo nggak ya hmm bisa cepat deh bye byenya. Aku pernah pengalaman karena udah lama gak ganti oli, motornya ngambek sampe gabisa dipake :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kita mau terus awet motornya ya, Mbak. Apalagi kalau belinya dengan uang hasil menulis juga hehehe. Makanya saya usahakan rawat terus.

      Delete
  4. Motor sport suzuki buat balapan enak ya pak hehehe. Aku biasa bawa motor tapi belum pernah nyobain motor sport nih. Apapun jenis motornya harus dilakukan perawatan menggunakan oli yang sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, Mbak Lidya. Ini enak buat touring juga. Dan saya pengin nih, wisata keliling Indonesia naik motor hehehe.

      Delete
  5. Kalo perawatannya di bengkel resmi mah terjamin ya. Nggak bakal asal-asalan. Jadi motor juga lebih awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, Mbak Eno. Karena perawatannya bagus, selain juga suku cadangnya juga original. jadi kalau ada ppergantian, tetap terjamin.

      Delete
  6. sebagai pengguna kendaraan besi, diriku juga selalu melakukan perawatan sebulan sekali, biasanya ke bengkel emang pengecekan keseluruhan dan ganti oli. Rasanya aman banget sih menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mas. Dan itu memang wajib kita lakukan. Apalagi motor sebagai sarana yang membantu aktivitas kita juga.

      Delete
  7. Perawatan motor baik mesin maupun olinya perlu diperhatikan ya, apalagi Suzuki ini brand keren yang udah dikenal masyarakat. khususnya waktu GP Qatar kemarin seru banget Joan Mir bawa Suzuki, meski di lap terakhir jadinya gak naik podium hixx 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan motor-motor tipe sport itu seru juga diajak touring, Mbak Fanni. karena mesinnya bertenaga, bisa melewati berbagai medan.

      Delete
  8. Baca artikel ini aku baru tau loh mas kalau motor sport itu harus dipanasin tiap hari. Oalah makanya aku pernah ngerti adik iparku yang motornya gak dipakai 3 minggu dan gak dipanasin nyuruh pak satpam dorongin. Ternyata emang harus dipanasin tiap hari ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya semua motor memang harus selalu dipanasi tiap hari, Mbak. jadi mesinnya tidak dingin. karena memang saat mesin dingin, itu susah distater juga.

      Delete
  9. Perawatan secara rutin (termasuk pada kendaraan) itu penting banget yaa. Tidak lain tujuannya supaya kendaraannya tetap awet dan berfungsi baik. Jadi gak cuma tahu belinya aja, ngerawatnya pun juga harus tun~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting sekali, Mbak. Dan memang, agar mesin motor awet, performanya terus terjaga.

      Delete
  10. Berhubung gak bisa nyetir motor sport, ya aku pakai yang bebek aja. Dan berhubung gak ngerti sol mesin, ya udah. Urusan oli dan kan kesehatan kendaraan aku serahin ke bengkel aja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang motor sport itu ditujukan bagi cowok, Mbak. Namun tetap. Apapun tipe motornya, harus dirawat dengan baik.

      Delete
  11. 3 hal di atas juga kulakukan lo, meskipun motor ku bukan motor sport, hehe. Pastinya kalau motor sport lebih banyak printilannya ya Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara umum, perawatan motor memang sama ya, Mbak. pastinya tujuannya agar performanya terus terjaga dan kita semakin nyaman mengendarainya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.