} Ikut Job Media Sosial, Jangan Bikin Tekanan Darah PIC Naik - Bambang Irwanto Ripto

Ikut Job Media Sosial, Jangan Bikin Tekanan Darah PIC Naik

Alhamdulillah, sampai saat ini job-job di media sosial masih bertebaran. Dan juur saja, ini membuka pintu rezeki bagi saya. Saya pun berusaha melakukan sebaik mungkin sesuai kemampuan saya. Jadi saat ikut job media sosial, janga bikin tekanan darah PIC naik hehehe.

yang harus diperhatikan saat ikut job media sosail
Hindari ya, yang Membuat Darah PIC Naik

Lho kok iso? Iso lah.. soalnya dalam sebuah job, yang ikut kan, banyak orang dengan berbagai karakter. Dan inilah yang bisa menghambat pekerjaan, plus membuat PIC pusing hehehe. 

Nah, kali ini saya mau sharing pengalaman saya ya, selama ikutan job di media sosial. Saya berusaha menghindari hal-hal di bawah ini, agar tidka kena semprit PIC. Pastinya saya susun berdasarkan pengalaman pribadi saya, ya. Cek ki dot 


Sebelum Ikut Job

Sebelum ikut sebuah job, hal pertama yang harus teman-teman perhatikan adalah syaratnya. Ini tidak hanya meliputi syarat dasar, ya. Misalnya jumlah followers, usia, domisili, dan lainnya. Tapi juga perhatikan waktunya. 

Coba cek dulu, apakah di hari dan waktu dilaksanakan job, teman-teman tidak ada jadwal lain. Jadi nanti tidak benturan. Kalau baru dicek belakangan, akhirnya nanti bisa mundur dadakan. Kecuali kalau ada urusan mendesak ya, masih bisa dimaklumi.

Soalnya mundur secara dadakan, bisa bikin PIC puyeng lagi bergegas mencari mengganti. Apalagi kalau nama-nama sudah disetor ke klien. Terus kan, yang terpilih itu, terkadang memang diseleksi klien langsung. Jadi walau ada pengganti, PIC harus mencari alasan yang tepat juga.


Saat Terpilih Ikut  Job

Bukan hanya saat daftar job, teman-teman harus membaca syaratnya tapi juga saat sudah terpilih ikut job dan masuk grup. Wajib dibaca ketentuan jobnya juga. Misalnya berapa banyak harus twit, berapa lama rentang waktunya dan lainnya.

Nah, aturan job itu biasanya ada di info grup. Terus PIC juga akan beberapa kali woro-woro. Maka jangan melakukan hal di bawah ini yang bikin PIC perlu bakso 2 mangkuk plus es sop buah hahaha.


Bertanya Mulu

Usahakan sebelum bertanya, cek dulu grup. Kalau perlu scrool sampai atas. Karena jangan sampai teman-teman nanya mulu kayak tamu hahaha.  Pertanyaan itu sudah ada yang bertanya di atas dan sudah dijawab, eh.. teman-teman tanyakan lagi.

Kalau memang hape teman-teman tidak bermasalah, maka usahakan cari dulu. Karena kalau bertanya terus, maka akan dikira  membaca. Pastinya bisa bikin PIC kesal juga.


Salah Mengerjakan Job

Kalau teman-teman menyimak aturan jobnya, maka dijamin tidak akan melakukan kesalahan. Tidak perlu mengulang, dan kerjaan akan segera kelar.

Pastinya ya, nanti PIC tidak perlu capek memperingatkan plus mention sana sini. Eh.. si A masih salah ya, si  B masih kurang ya, si C salah hastek ya. Karena ini akan menghambat pekerjaan. 


Saat Mengerjakan Job

Setelah tahap pendaftaran, terus terpilih dan masuk grup, maka tahap selanjutnya adalah tahap mengerjakan job. Nah, teman-teman perhatikan hal-hal berikut, agar tidak kena semprit PIC.

Jangan Telat 

Jobnya itu hari senin dari pukul 3 sampai 5 sore. Kok baru dikerjakan pukul 7 malam? Atau jobnya itu hari senin, kok dikerjakan hari selasa. Atau deadline job 31 Februari 2021, kok baru setor 14 Maret 2021. Apa tidak bikin naik darah PIC hehehe. 

Teman-teman harus pahami, sebuah job itu adalah kerja tim. 1 orang saja telat menyelesaikan pekerjaan, otomatis semua terlambat. PIC pastinya tidak bisa setor ke klien. Kerja tim akan kurang bagus di mata klien. Ehm, sudah perjanjian semua kelar jam segini, kok molor?

Ini pengaruhnya sangat besar kan. Percuma 99 orang kerjanya maksimal, ternodai oleh 1 orang. Eh.. cailah ternodai wkwkwkw. PIC yang sudah berusaha kerja maksimal, jadi poinnya berkurang. 


Tidak melakukan Job Ganda

Ini satu hal yang harus teman-teman hindari yaitu mengerjakan job ganda dalam satu waktu. Misalmya job A diterima, job B juga diambil. Akhirnya benturan.

Selain bikin kesal PIC, ini juga melanggar etika. Lebih baik teman-teman pilih salah satunya saja. Mundur  salah satunya, lebih baik, daripada memaksakan mengerjakan dua-dua. Ini bisa saja kita diblacklist. Jadinya menutup rezeki sendiri.


Tidak Ngejob yang Berseberangan

Ini juga teman-teman harus, wajib, kudu hindari. Ini dalam ngejob, sesuatu yang “haram” dilakukan.  Walaupun beda akun, teman-teman pasti terlacak.

Mengerjakan 2 job berseberangan pastinya melanggar etika. Kita akan langsung dicap tak punya pendirian. Kemarin bilang bakso Bang Mamat enak, lezat, mantap, juara blabla, eh tidak lama bilang Bakso Bang Mamat kurang kenyal, mericanya kebanyakan dan lainnya.


Setelah Mengerjakan Job

Setelah mengerjakan job, teman-teman harus melakukan hal ini :

Segera Setor Laporan

Segera isi formulir atau laporan. Soalnya 1 telat, semua telat.  Akhirnya PIC telat setor ke klien. Imbasnya, uang bakso telat cair. Eh.. padahal salah siapa yang telat.


Tidak Memprivat Pekerjaan

Ini juga teman-teman harus lakukan. Jangan memprivat postingan, kan, tujuan kita membantu klien, agar infonya tersebar luas. Kalau diprivat, bagaimana? Klien juga akan susah mengeceknya. Akhirnya menambah pekerjaan PIC lagi. PIC juga bakal kena tegur klien.


Tidak Menghapus Pekerjaan

Ini tidak boleh juga teman-teman lakukan. Sebelum waktu pekerjaan selesai, jangan menghapus pekerjaan sesuai batas waktu. Kalau terjadi, pastinya ini akan menjadi masalah. Misalnya perjanjian di awal ada 30 postingan, tapi kok pas dicek hanya 29 postingan. Nah, namanya kerja tim. Akhirnya PIC juga yang kena.


Tidak Nanya Fee Mulu

Jangan nanya fee mulu soalnya awal job, itu sudah dijelaskan kalau fee cair tanggal sekian atau rentang waktunya 2 minggu, sebulan atau 2 bulan.

Jadi daripada mikirin dan nungguin 1 job, mending cari job-job lain. Jadi tidak terasa menunggu 1 fee job. Eh.. tau-tau cair semua. Langsung meluncur ke warung bakso hahaha.

Tapi.. kalau sudah lewat tenggang batas bayar, boleh kok, sesekali ditanyakan. Dan ini tidak apa. Siapa tau memang dari klien belum cair. Dan kalau rentangnya masih wajar, ini hal wajar kok. Misalnya janjinya fee dibayarkan 25 Desember 2020. Tapi karena ada libur natal, lalu tahun baru, maka baru dibayar awla Januari 2021.


Poin Plus untuk Kita

Saya percaya, rezeki itu sudah ada untuk kita semua. Hanya tinggal kita berusaha mencari rezeki itu, lalu mempertahankan agar tetap berkah.

Nah, sama dengan job media sosial ini. Rezeki sudah di tangan atau yang menyapa, harus teman-teman pertahankan. Kalau teman-teman melakukan job dengan tulus, semangat, maka Insya Allah rezeki akan menyapa.

Makanya ada beberapa hal yang akan teman-teman dapatkan, bila mengerjakan job dengan baik, benar, tepat waktu :

1. Disiplin

Tidak hanya disiplin pada job tapi diri sendiri juga.  Ini nantinya bagus, karena saat ada job lain, maka kita sudah terbiasa mengerjakan job dengan maksimal.


2. Disayang PIC

Selain diayang PIC, besok kalau ada job lagi bakal diajak lagi hehehe

3. Penilaian Plus

Soalnya lingkaran pertemanan itu-itu saja. Sekarang si A jadi pic, besok di B, besok si C. Kalau saat kita ikut job. Pic nya si A terus ada si B dan C juga, jelas si B dan C mikir-mikir ajak. Kita saat mereka jadi PIC,

Nah, itu dia sharing seputar ikut job media sosial, jangan bikin tekanan darah PIC naik. Sekali lagi ya, saya susun berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat, ya. Terus semangat, teman-teman...


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Ikut Job Media Sosial, Jangan Bikin Tekanan Darah PIC Naik"

  1. Kalau untuk mendapatkan jobnya secara rutin dimana ya mas? Adakah tipsnya? Sapa tahu ada rezeki juga dengan ikutan job seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mas. Kalau saya sering cari di grup-grup facebook. Lalu saya isi formulirnya. Tapi kalau kita sudah sering ikutan, maka sering diajak langsung, Mas. Jadi semangat untuk mencari.

      Delete
  2. Wah Pak Bams ini pasti seorang yang profesional ya, sampai dibuat artikel tentang tips melaksanakan job di medsos. Jangan kayak saya Pak, ngerjain job TT di luar jam ketentuan, jadinya kena semprit, wkwkwkwkwk...

    Ngebakso dulu lah Pak, biar nggak spaneng hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..baru saja, Mas ngebakso. Aoalagi lagi hujan nih hahaha.
      Saya hanya berusaha saja maksimal dalam melakukan setiap job yang menyapa, mas. Biar acara ngebakso lancar hahaha.

      Delete
    2. Yes biar lancar ke depannya ya, jadi sering diajak kerja sama lagi

      Delete
  3. Kalau udah profesional pasti bisa kok etika ikut job media sosial jadi aman dan di sayang PIC, intinya baca dulu pesan dari brief PIC. Jika bingung tanya aja, oh iya kalo bisa nanyanya seperlu aja. SOalnya job ribut atau rame bukan karena info penting tapi ada juga spam seperti "oke", "thank" bahkan yg kesal nanyannya itu dan itu aja. Sabar yaa yg jadi PIC hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. karena semua biasanya sudah jelas dibrief. Dan yang nanya mulu memang kadang malas membaca atau cari dulu di grup.

      Delete
  4. saya belum pernah menerima job untuk sosmed mas... lebih tepatnya ga nyari juga sih karena memang aktif di blog aja. Sosmed belum saya manfaatkan, tapi ini jadi ilmu kalau nanti kedepannya saya pengen terjun nyobain job di sosmed, biar di sayang PIC... whehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak job blog di media sosial juga, Mas. Jadi masuk saja ke grup-grup blogger. Dan biasanya, itu 1 paket. jadi nulis juga di blog, posting juga di media sosial.

      Delete
  5. Iya bener pak, aq kalo ikut job mesti hati2 banget baca brief berulang2 jadi gak sampe salah. Dan kalo ada yang salah pun harua cepat2 direvisi ya. Soalnya takut namaq jadi buruk dimata teman2 juga agensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Fionaz. Jadi kalau ada kurang pas, langsung gercap dibenahi, jadi tidak menghambat kerjaan teman lain. Akhirnya semuanya lancar hehehe.

      Delete
  6. Setuju pak... Job itu amanah...
    Nolak job karena sedang mengerjakan produk kompetitor pernah, nolak job karena waktunya padat pernah juga... Mending nolak di awal daripada bikin sebal di akhir, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak. Itu langkah sudah paling pas, Mbak Lia. Insya Allah, nolak job karena memang tidak mau benturan, nanti akan diganti lagi dengan job lainnya. Semangat...

      Delete
  7. Wkwkwk saya ini termasuk influencer Nubi yang yang kerjaannya ngisi formulir Mulu. Haha.
    Tapi pernah juga di satu kesempatan, jangankan PIC saya aja mas yang di grup itu stress kalo influencernya malas baca. Padahal sudah ada. Masih nanya juga. Haduuh. Ada pula yang bikin satu grup kena semprit. Gegara lewat deadline. Akhirnya kami semua dapet gaji juga mundur. 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia akibatnya, Mbak. karena kan ini kerja tim. 1 telat, uang bakso telat turun hahaha. Jadi alangkah bagusnya kalau semua amanah, disiplin, semangat....

      Delete
  8. Yang bertanya melulu itu memang gak asik, Pak. Pernah sebagai PIC acara daku udah gereget banget haha, memang tak bisakah lebih dulu untuk membaca gitu ya, atau kalau nggak ya tanya sama teman dari list di WAG itu yang kita kenal, jadi nggak perlu bikin ramai grup gitu, hihi. Lah curcol dimarih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Fenni. Intinya memang harus bisa menyesuaikan, apalagi setiap job sudah dibrief dengan jelas. kalau juga ada pertanyaan, janga sampai berulang-ulang hehehe.

      Delete
  9. Saya yang paling agak susah kalo ngikutin ritme kerja job di media sosial. Makanya banyak job medsos yang gak bisa ikutan. Sedih, sih. Jadinya minim porto folio, juga minim cuan. Tapi ya daripada bikin banyak orang kecewa bahkan sampai darah tinggi, ya buat saya mungkin itu pilihan yang baik buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan Bang Doel bisa sesuaikan dengan aktivitas lainnya, karena pas bisa. Apalagi job dikerjakan di sela-sela waktu kerja. Kan lumayan kan, dapat tambahan uang hahaha.

      Delete
  10. Nanya melulu 😂😂😂
    Ini yg bikin prihatin. Nyari duit dari nulis (ngetwit dan bikin caption IG juga kan nulis) tapi males baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanya mulu kayak tamu, Mbak Eno hahaha.
      Tapi heran juga ya, ada yang pengin jadi penulis, tapi katanya malas baca. lah.. menulis kan haru membaca juga hehehe.

      Delete
  11. PIC bener-bener sungguh cobaan menghadapi yang etikanya kurang. Postingan ini penting untuk dibaca semua orang bahkan termasuk saya sendiri yang pernah juga khilaf hiksss. Haduh udah usaha sebaik mungkin tapi karena satu kesalahan, semoga saja tidak rusak nila setitik rusak susu sebelanga. Trims sharingnya mas Bambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Kiky.
      Yang penting, kita bisa belajar dari kesalahan, Mbak. Jadi pas job berikutnya, bisa maksimal lagi. Akhirnya job-job lain menyapa...

      Delete
  12. Ini pasti berdasarkan pengalaman pribadi ya Pak Bambang hehehe... saya sudah pernah di grup yang sama dan memang penuh dinamika palagi setiap orang punyasifat yang berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Don, baik sebagai peserta job atau jadi PIC juga hehehe.
      Dan intinya kita harus menyesuaikan, karena satu grup dengan berbagai orang dengan berbagai karakternya.

      Delete
  13. Pak Bams keren, dari pengalaman bisa langsung diolah jadi artikel. Bener banget sih semua tips di atas. Yang nggak PIC aja suka ikut sebel kalau udah dijelasin berkali2 masih tanya lagi.. belum lagi malah telat posting, nggak ada kabar dan lainnya. Bener2 bikin naik darah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Marita. Karena tugas PIC banyak. Tidka hanya menjawab pertanyaan yang itu-itu saja. Padahal sebenarnya sudah dijawab hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.