} 5 platform Prakerja yang Baru dan Inovatif - Bambang Irwanto Ripto

5 platform Prakerja yang Baru dan Inovatif

Pendaftaran Prakerja gelombang 24, sudah resmi ditutup hari senin, 21 Maret 2022. Pastinya teman-teman yang kemarin daftar, degdegan ya menunggu hasil pelatihan Prakerja ini. Dan tidak terasa ya, kartu Prakerja sudah berjalan 2 tahun, sejak diresmikan tanggal 20 Maret 2020 dengan anggaran 20 triliun.

beragam kelas pelatihan prakerja


Jadi, tetap semangat dan berdoa saja. Kalau rezeki pasti lolos. Kalau belum, masih banyak kesempatan untuk mengikuti pelatihan Prakerja ini. Apalagi, cara mengikuti pelatihan Prakerja ini sangat mudah. Dan untuk mengetahui lolos atau tidak, teman-teman bisa menegcek di dashboard Prakerja atau nanti akan mendapatkan SMS ke nomor telepon yang teman-teman masukkan di akun Kartu Prakerja. 

Seputar Kartu Prakerja

Seperti yang kita alami ya, pandemi memang memporak-porandakan berbagai aspek. Banyaknya perusahan tutup, dan akhirnya karyawan terkena PHK. Tentunya ini menjadi masalah besar.

Kemudian, pemerintah menghadirkan program Kartu Prakerja ini. Tujuannya agar menambah skil, agar nantinya bisa lebih bisa bersaing di dunia kerja. Bahkan bisa membuka peluang kerja sendiri, juga orang lain. begitu banyak manfaat Kartu Prakerja yang akan dirasakan penerimanya.

Program kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. teman-teman bisa simak cara mendaftar Prakerja dan cara mengikuti pelatihan Prakerja berikut ini.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Bagi teman-teman yang berminat ikut Prakerja gelombang berikutnya, silakan disimak syarat Kartu Prakerja berikut ini. Bila sesuai syarat, jangan lepaskan peluang bagus menambah kompetensi diri.

  • Pertama cara daftar Prakerja adalah, teman-teman harus berusia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Misalnya lagi kuliah.
  • Saat ini, teman-teman memang sedang msncari kerja. Bisa juga pekerja atau buruh yang terkena PHK. Bagi teman-teman pekerja atau buruh yang masih bekerja dan ingin meningkatkan kompetensi, juga bisa ikut.  Misalnya pekerja atau buruh yang dirumahkan, dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Cara daftar Prakerja selanjutnya adalah, teman-teman bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Pejabat Negara, Pimpinan, dan Anggota DPRD, ASN, Peajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, juga Direksi/komisaris/Dewan Pengawasan pada BUMN dan BUMD, tidak diperbolehkan mendaftar Prakerja ini.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang bisa menerima kartu Prakerja ini. Misalnya dalam 1 KK ada 5 anggota keluarga, maka hanya bisa 2 anggota keluarga yang mendaftar. 


7 Langkah Kartu Prakerja

Setelah teman-teman memenuhi syarat Kartu Prakerja, saatnya mengikuti 7 langkah cara mengikuti pelatihan Prakerja berikut. 

Pendaftaran

Cara mendaftar Prakerja sangat mudah. Pertama, teman-teman memasukkan data diri. Jangan lupa, siapkan e-mail, NIK, Nomor KK, dan Nomor hape yang masih aktif.

Seleksi

Selanjutnya, teman-teman mengikuti seleksi motivasi dan kemampuan dasar, untuk bisa mengikuti seleksi gelombang yang merupakan syarat Kartu Prakerja. Kemudian tinggal tunggu pengumumannya.

Pilih Pelatihan

Setelah dinyatakan lulus, maka teman-teman bisa memilih pelatihan sesuai yang diminati di Mitra Platform Digital. Terus bayar denga Kartu Prakerja.

Ikuti Pelatihan

Setelah memilih pelatihan, teman-teman harus mengikuti pelatihan. Semangat biar mendapatkan manfaat Kartu Prakerja secara maksimal. Nantinya teman-teman akan mendapatkan sertifikat.

Beri Rating dan Ulasan

Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat, teman-teman memberikan rating dan ulasan pelatihan yang sudah diikuti.

Insentif Biaya Mencari Kerja

Teman-teman juga akan mendapatkan insentif Prakerja. Jadi jangan lupa, sambungkan rekening atau e-wallet teman-teman pada salah satu mitra pembayaran. Ini agar nantinya teman-teman mendapatkan insentif sebesar Rp.600.000,- per bulan, selama 4 bulan.

Insentif Pengisian Survei Evaluasi

Selain insentif Prakerja, tenan-teman juga akan mendapatkan insentif pengisian survei evaluasi. Caranya, teman-teman mengisi 3 survei yang diberikan. nantinya, teman-teman akan mendapatkan insentif lagi sebesar Rp.50.000,- setiap surveinya. Mantul kan, dapat total Rp.150,000,- 

Pilih Pelatihan Sesuai Minatmu

Nah sambil menunggu pengumuman, tidak ada salah ya teman-teman mulai mengecek-ngecek kelas Pelatihan Prakerja di pelatform-platform yang bekerjaama dengan Prakerja terbaru dan inovatif. Cek juga dan mulai rencanakan  kursus-kursus apa saja yang akan teman-teman ikuti. 

Jadi nanti saat dinyatakan lolos prakerja gelombang 24, teman-teman bisa langsung gercap. Langsung instal Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android. Apalagi kan, waktu belajar hanya 30 hari, dan saldo dengan nomInal Rp 1.000.000,- harus dihabiskan dalam waktu sebulan belajar. Kalau tidak habis, ya hangus. 

Nah, berikut 5 Platform e-learning di Indonesia yang bekerjasama dengan Prakerja terbaru dan inovatif yang bisa teman-teman pilih, bila lolos Prakerja Gelombang 24. Apalagi belajar online, jadi bisa kapan saja dan di mana saja.

QuBisa

Pertama online learning, ada platform QuBisa. Di platform QuBisa banyak sekali kelas Pelatihan Prakerja yang bisa teman-teman beli. Pastinya ya, sesuaikan dengan minat teman-teman agar hasilnya maksimal. Untuk mengakses QuBisa, teman-teman bisa langsung instal Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android . Prosesnya cepat.

QuBisa salah satu Platform e-learning di Indonesia:


Nha, khusus Prakerja ini, ada 2 kelas yang ditawarkan. Pertama, Ada kelas membuat website dengan Wordpress untuk menjadi desainer website. Kelas ini sangat menarik lho, karena zaman now, website sangat dibutuhkan. Tidak hanya perusahaan, tapi juga personal. Seorang desainer website sangat dibutuhkan. Cuan yang dihasilkan juga bikin heppi hati dan jiwa hehehe.

Kelas selanjutnya ada kelas meningkatkan kemampuan kepemimpinan untuk supervisor kantor. Ini cocok untuk teman-teman yang berkarir si kantor. Pastinya jenjangnya, akan sampai mejadi supervisor juga.



Bila teman-teman mengikuti total kelas ini, maka totalnya hanya Rp.600.000,- Nah, masih ada sisa 400 ribu lagi, kan. Maka teman-teman bisa mengikuti kursus lainnya.

Terus apa saja, keuntungan teman-teman saat mengakses Prakerja di QuBisa?

  • Teman-teman bisa akses 3000 lebih konten microlearning
  • Teman-teman juga bisa mengikuti webinar setiap bulannya. Tenang saja, semua gratis.
  • Di job portal Qubisa, membuat teman-teman mempunyai peluang yang lebih tinggi.

Saya pun pernah kursus di QuBisa walaupun tidak lewat jalur Prakerja. Waktu itu, saya ambil kursus singkat seputar bisnis kopi. Wow.. materinya mudah dipahami, karena disampaikan dari beberapa bagian video. Setelah itu, ada kuis mengenai pemahaman saya seputar kelas yang saya ikuti.

Tokopedia

Awalnya saya kira Tokopedia hanya untuk belanja online saja. Ternyata saya salah saydara-saudara hehehe. Sekarang Tokopedia ada program pelatihan Prakerja di sana. Dan kateforijya sangat beragam. Mulai dari pengembangan diri, bisnis, IT & data, marketing, tata boga, bahasa, kecantikan, fibansial, fotografi dan kesenian. 



Saat saya scroll ke bawah, saya tertarikn dengan kelas Membuat Aneka Bakso Bagi Juru Masak nih. Tapinya, kelas ini tidak ditujukan untuk para juru masak juga. orang awam sepeprti saya yang awalnya pecinta bakso, tapi ingin mmebuka usaha bakso, juga cocok untuk kelas ini.

Harga kelasnya memang lumayan sebesar Rp. 500.000,- Tapi nantinya pasti sebanding dengan benefit didapatkan. Terus teman-teman kan masih punya sisa saldo lagi. Bisa untuk membeli kelas lainnya. Misalnya kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Media Sosial Instagram untuk Menjadi Spesialis Pemasaran. Harga kelasnya Rp.300.000,-

Masih ada sisa saldo Rp.200.000,- manfaatkan cari kelas lainnya. Pokoknya manfaatkan kesempatan yang ada, dan pilih kelas yang bisa menunjang.

Pintaria

Pintaria salah satu platform yang bekerja sana dengan  Prakerja. Hampir sama dengan platform lainnya, setelah teman-teman dinyatakan lulus, maka langsung saja tukarkan voucher sebesar Rp. 1.000.000 dengan kursus pilihan di Pintaria. 



Saat saya meluncur ke halaman Pintaria khusus Prakerja, ternyata banyak kursus singkat menarik yang ditawarkan. Ada juga kursus yang unik. Salah satunya, Membuat Kreasi Aneka Sambal bagi Juru Masak. Tapi walaua da embel-embel juru masak, tentu saja kelas ini tidak dikhususkan untuk para juru masak ya.

Seperti yang teman-teman ketahui, di Indonesia beragam sambal hadir. Kurang lengkap rasakan makan kalau tidak ada sambalnya. Ada sambal bajak, sambal terasi, sambal korek, sambal matah, sambal Dabu-Dabu, sambal Roa, sambal Bawang dan lainnya.

Bahkan pengamatan saya, saat orang ke sebuah warung atau rumah makan, karena sudah kecanduan dengan sambalnya hehehe. Bahkan sekarang jadi peluang bisnis denga hadirnya berbagai sambal kemasan. 


Cakap

Platform Cakap juga tidak kalah keren ya, dengan e-learning lainnya. Berbagai kelas belajar online juga dirawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pekerjaan teman-teman. Pastinya nanti akan meningkatkan kemampuan dalam bekerja nanti. 

Beragam Manfaat Pelatihan Prakerja


Bagi teman-teman yang ingin menjadi petni sayuran, bisa ikuti kelas Belajar Menanam Sayur dengan Sistem. Hidroponik. Apalagi kebutuhan sayur kan, setiap hari. Pastinya ini akan jadi peluang usaha dan bisnis bagi teman-teman semua.

Bagi para telesales atau yang ingin menjadi telesales, bisa mengambil kelas Belajar Menawarkan Barang dan Jasa Melalui Telepon. Karena pasti ada tekniknya, termasuk etikanya saat menawarkan jasa dan barang.



Nah yang mau jadi pengusaha kuliner, pas nih, ambil kelas menjadi pengusaha UMKM di bidang kuliner. Walau pandemi masih ada, namun peluang bisnis di bidang kuliner masih terus terbuka. Order makanan via online juga sangat menunjang.

Terus apa saja yang akan teman-teman dapatkan dari program prakerja Cakap? 

  • Pastinya sangat memuaskan, karena materi pembelajaran berupa video dengan beragam. Topik
  • Terus ada juga kuis untuk mengetahui pemahaman teman-teman terhadap materi yang sudah diberikan.
  • Beragam kelas webinar sebagai sesi konsultasi dengan turor yang bisa teman-teman ikuti.
  • Ada tes akhir untuk menguji pemahaman terhadap materi
  • Sertifikat sebagai bukti telah mengikuti dan pelatihan
  • Bonus akses gratis 3 bulan cakap English Club


bukalapak

Hampir sama dengan pemahaman saya tentang Tokopedia, saya kira bukalapak hanya untuk belanja online. Ternyata bukalapak juga bekerjasama dengan Prakerja dan merupakan online learning juga.. Makanya bisa jadi pilihan teman-teman saat lolos gelombang 24 Prakerja nanti.



Setelah dinyatakan lulus, teman-teman langsung bisa mencari kursus di bukalapak. Soalnya sda lebih 100 kelas baru. Pilih yang nantinya bisa langsung diaplikasikan saat bekerja.

Misalnyasalah satu kelas pilihan, yaitu Belajar Membuat Rencana Bisnis untuk Pemilik Toko. Jadi tidak hanya sekadar memiliki toko, tapi juga toko itu berkembang. pastinya, dengan perencanaan yang matang.



Yang suka kopi dan ingin membuka kafe kopi, kelas Membuat Kopi dan Melayani Pelanggan ala Barista Kafe, cocok jadi pilihan teman-teman. Seperti yang kita ketahui ya, kafe-kafe kopi terus menjamur. Ini karena tidak lepas dari Bangsa Indonesia yang merupakan produsen kopi. Bahkan kelezatan kopi Indonesia, sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Nah, itu dia 5 platform Prakerja yang bisa teman-teman pilih saat lolos Prakerja Gelombong ke 24. Intinya manfaatkan kesempatan yang ada untuk meningkatkan potensi. Jadi tidak hanya bisa bersaing di dunia kerja, tapi juga bisa menciptakan peluang usaha sendiri. Semangat semuanya...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "5 platform Prakerja yang Baru dan Inovatif"

  1. Wah sekarang harus dihabisin dalam sebulan? Bukannya 4 bulan ya? Aku dulu dapat di gelombang 13 setelah sejak pertama digulirkan udh daftar.

    Nah akhirnya ada pelatihan pertanian. Aku dulu sempat ajuin nih program. Kok ga ada pelatihan pertanian. Pdhl ini penting di masa pandemi kayak gini.

    Ayo yg blm ikutan prakerja, lekas daftar ya biar jatahnya ga diambil ama org yg ga berhak.

    ReplyDelete
  2. Dari semua platform prakerja yang dibahas, yang baru tahu cuma Qubisa. Sudah beberapa kali ikut kelasnya juga, lumayan untuk nambah ilmu baru lagi. Sama banget ya mas, aku kira juga Tokopedia sama Bukalapak cuma buat belanja aja eh ternyata banyak bisanya, kubaru tahu juga

    ReplyDelete
  3. Eh iya sudah hampir 2 tahun ya gelombang kelas prakerja ini, alhamdulillah saya sudah pernah merasakannya tentu saja banyak ilmu yang saya dapat, senangnya semakin banyak ya platform untuk mengakses prakerja ini termasuk QuBisa

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, luar biasa ya perkembangan teknologi sekarang ini. Banyak platform belajar gratis yang bisa dimanfaatkan banyak orang, mau belajar A sampai Z pun bisa. Menarik!

    ReplyDelete
  5. yeha ada lagi nih program prakerja, semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa aktifitas seperti sedia kala, banyak platform ya, tinggal sesuaikan dengan keahlian juga nih

    ReplyDelete
  6. Wah keren juga ya platform prakerja ini. Semoga bisa menjadi solusi saat pandemi. Yang penting pinter2 memanfaatkan peluang aja

    ReplyDelete
  7. Aku juga alumni prakerja, Pak tahun 2020 lalu. Sekarang makin banyak juga ya platform untuk pelatihan prakerja ini. Jadi makin banyak pilihan nih kita buat belajar dan mengembangkan diri.

    Memang program2 belajar dan peningkatan skill ini berguna banget. Makanya seneng banget ada wadah prakerja.

    ReplyDelete
  8. wah saya baru tahu Mas Bambang kalau misalkan Tokopedia dan Bukalapak ada menu yang buat prakerjanya, saya baru nyobain yang Qubisa dan Cakap, lainnya belum, wajib cobain yang lainnya biar banyak pengetahuan juga

    ReplyDelete
  9. Saya bingung dengan pendaftaran pra kerja. Di akun saya maaka tidaknada gelombang sama sekali padahal waktu itu lagi rame2nya .

    ReplyDelete
  10. Nggak berasa udah dua tahun aja kelas pelatihan prakerja.
    Kelima platform di atas benar-benar belajar teori dan bisa dipraktekkan langsung.
    Tujuannya bukan lagi bekal untuk nyari kerja tapi membuka usaha sendiri. Mantul.

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak ya aplikasi yang ada program prakerjanya... Saya baru tau nih... Lumayan juga ya dapat 1 juta...

    ReplyDelete
  12. Sudah pernah lolos prakerja. Taunya cuma bisa beli pelatihan tokped sama bukalapak. Ternyata bisa pelatihan di banyak tempat lain yaa

    ReplyDelete
  13. Seneng banget belajar buat meningkatkan skill gak pake ribet. Udah tersedia platform kece, tinggal pilih bidang yang dibutuhkan.
    Apalagi belajarnya juga gak perlu datang ke lokasi kan, bisa by online.

    ReplyDelete
  14. wah ternyata sekarang banyak ya, platform yang menawarkan training online. pengin ikut salah satunya. Ngumpulin cuan dulu

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata kalau ikut prakerja bisa ikutan kursus online gratis ya. Kebetulan saya blm pernah daftar prakerja, jadi artikel ini membantu banget. Makasih mas Bambang infonya.

    ReplyDelete
  16. Aku daftar 4 atau 5 kalitapi belum beruntung, huhuhu.

    Btw, selama ini aku tahunya QuBisa aja, ternyata di Tokopedia dan Bukalapak juga bisa kursus yak...

    ReplyDelete
  17. Waaa ini kalau tanpa prakerja pun saya juga ingin ikut kelasnya, banyak banget pilihannya. Lumayan nambah2 skill mumpung belum umur 30 tahun.

    ReplyDelete
  18. Wah, banyak juga ya Pak pilihan platform untuk prakerja. QuBisa sama Cakap doang yang kutahu selama ini:D
    Ternyata Tokopedia sama Bukalapak juga bisa buat nambah ilmu nih, #wellnoted

    ReplyDelete
  19. kelas prakerja masih berlanjut teranya ya mas, makin makin dibutuhin ya kelas prakerja ini buat upgrade skill, apalagi sekarang banyak juga kerja kerja remot yang butuh skill khusus

    ReplyDelete
  20. Wah banyak juga ya Pak Bam, pilihan tempat pelatihan prakerja.. eh aku familiar sama QuBisa juga nih, suka ikutan kursus online gratis di QuBisa soalnyaaa.. hehe

    ReplyDelete
  21. baru tau kalau di tokopedia juga ada, Pak. saya ngga ngikutin sih beberapa platform prakerja, tapi kukira disalurkan lewat semacam aplikasi belajar kayak Qubisa aja gituu

    ReplyDelete
  22. Anak zaman sekarang memang kudu banget meningkatkan skills agar bisa menjangkau dunia lebih luas lagi. Dan belajarnya masih dengan cara online sehingga memungkinkan untuk menonton dan belajar lagi dari video materi yang diberikan.

    ReplyDelete
  23. Wah masih ada ya pak ternyata pelatihan prakerja, ini kira2 sampai kapan yah? Jadi pengen daftar setelah 3x daftar gagal terooosss kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas, jarang terdengar programnya, ternyata masih berlanjut, dan ini bermanfaat banget kan buat scale up skill sama knowledge para SDM yang mau bersaing di dunia kerja nih

      Delete
  24. Paling betah mengakses paltfor QuBisa, bisa belajar banyak hal tentang skill dunia kerja dan banyak fitur menarik lainnya

    ReplyDelete
  25. Beberapa aplikasi pernah aku cobain dan cukup ngebantu buat pengembangan diri. Ini jadi kesempatan untuk banyak belajar hal baru terutama QuBisa nih hehehe

    ReplyDelete
  26. Wah, mantap yaa. Sekarang kartu prakerja bekerja sama dgn banyak platform. QuBisa sudah kucoba, yg lainnya belum nih, Mas. Penasaran pengen liat platform Cakap dan Pintaria. Gak nyangka di Tokopedia dan bukalapak juga ada pelatihan kartu prakerja.

    ReplyDelete
  27. beberapa kali daftar prakerja tapi belum pernah dapat. kayaknya saya memang harus ikut kelas berbayar dari kantong sendiri ya pak.hehe

    ReplyDelete
  28. Program Prakerja ini bermanfaat banget buat kita2 yg terdampak PHK. Namun program ini cenderung dimanfaatkan oleh orang2 yg tdk berkepentingan. Banyak juga yang masih kerja bisa lolos program ini. Mudah2an verifikasinya berlapis ya. Biar kita yg terdampak bener2 mendapatkan insentif pelatihan ini.

    ReplyDelete
  29. aku udah mendaftar pra kerja pada tahun lalu, namun aku ingin daftar kembali di salah satu platform belajar yang mas sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  30. Keren banget ya. aplikasi QuBisa ini. Materi pelatihannya sampai 3000 kursus. Jadi bisa dipilih dan disesuaikan dengan passion saat ini. Agar pemanfaatan prakerja bisa maksimal.

    ReplyDelete
  31. Di QuBisa lagi ada kursus bikin web pakai wordpress loh. Pengen ikutann soalnya selama ini belajar ngeblog pake blogpost doang.

    ReplyDelete
  32. Aku ikut Pelatihan Prakerja gelombang 7 tapi waktu itu QuBisa belum ada pelatihan yang bekerjasama dengan Prakerja, tp it's oke, QuBisa juga ada kursus gratis yang gak kalah menarik. Up skill jadi lebih murah dan mudah bersama QuBisa

    ReplyDelete
  33. Aku auto check aplikasi Tokopedia dan bukalapak.
    Rasanya nyaman banget zaman sekarang belajar bisa dimana saja dan kapan saja menggunakan aplikasi. Menjadi skills baru yang bisa mempertajam skills sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. alhamdulillah pernah ikut prakerja, kemarin beli pelatihannya di tokopedia trus kursusnya di skill academy :D

    ReplyDelete
  35. pengen nyobain upgrade skill di Tokopedia nih, ada untuk yang berkesenian ya. menarik nih, ada apa aja yang bisa diambil kelasnya. belanja sekalian upgrade skill ini mah, hehehe

    ReplyDelete
  36. Mau coba daftar juga ah tahun ini kalau masih ada xixixi pengen banget ambil public speaking lengkap gitu

    ReplyDelete
  37. Banyak banget platform yang bisa dipilih untuk pelatihan Prakerja ya.
    Semua platform menawarkan kelas dengan bermacam-macam bidang. Semoga teman teman yang mendapat prakerja dapat memanfaatkannya dengan baik agar ilmunya bermanfaat..

    ReplyDelete
  38. wah aku baru tau kalau tokopedia sama bukalapak punya platform kerja. dari 5 list itu aku sering akses QuBisa. mantep sih buat ngasah skill :Da

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.