} 5 Hal yang Harus Dilakukan pada Email agar Bekerja Maksimal - Bambang Irwanto Ripto

5 Hal yang Harus Dilakukan pada Email agar Bekerja Maksimal

Yang namanya email atau surat elektronik, sudah jadi kebutuhan. Bukan saja sebagai alat komunikasi, tapi juga membantu aktivitas kerja. Termasuk saya yang bekerja sebagai penulis freelance.

perlu lakukan apda email agar bekerja maksimal


Makanya, saya sangat memperhatikan soal email ini.Lalai sedikit, bisa mengganggu aktivitas kerja saya. Apalagi sekarang semua serba online, dan sebagian besar syaratnya harus mempunyai email.

Nah, berikut yang selalu saya lakukan pada email, agar terus membantu aktivitas saya. Pastinyya inisaya tulis sesuai pengalaman saya, ya.


Cek Email Setiap Hari

Saya selalu mengecek email setiap hari. Ini agar saya segera tahu apa saja yang masuk ke email saya. Bisa saja penawaran menulia cerita, penawaran kerjasama blog , termasuk apakah banyak spam yang masuk. Soalnya kalau jarang cek email, selain email menumpuk, kadang kala ada email penting terselip

Dan cek email setiap hari itu mudah sekali dilakukan. Tidak harus membuka laptop. Cukup cek email di handpone saja. Bisa kapan saja dan di mana saja. Sambil rebahan juga bisa hehehe. Pokoknya praktis.


Cek Email beberapa Kali Sehari

Cek email beberapa kali sehari ini saya lakukan agar saya terus update apa saja yang terkirim di email saya. Karena saya ini kan termasuk penyedia jasa. Orang atau klien itu tidak mungkin mengirim email di waktu yang sama persis, walau di hari yang sama. Saya harus stand by. Jadi bisa saya juga cepat memberi respon. 

Dengan cepat memberi respon, maka kepastian penawaran kerja juga akan lebih cepat. Begitu juga kalau ada pesan lain. Sstt.. sekarang promo juga dikirim via email. Jadi kalau pas ada barang yang saya butuhkan, lumayan tuh, bisa dapat potongan harga hehehe.


Rajin Cek Spam

Saat membuka email, saya tidak hanya mengecsk email masuk, tapi semua. Termasuk spam. Karena terkadang, ada panawaran masuk ke spam. Kalau kelewat, kan sayang sekali. Dijamin akan nangis karena uang bakso melayang hahaha.

Saya juga sekalian menghapus-hapus spam lain. Kan banyak tuh email spam dari luar yang mengenalkan diri, punya deposito blablabla dan ingin menyimpan di rekening saya. Sori dori mori Ceu Mumun. Hempaskan.. hahaha.


Hapus Pesan Email Setiap Hari

Karena saya mengecek email setiap hari dan beberapa kali  maka saya pun menghapus email setiap hari. Yang email tidak penting segera saya hapus, termasuk spam. Email penawaran kerja yang masanya sudah lewat, saya hapus juga.

Ini biar email saya ada space kosong, dan saya terus bisa menerima email baru. Kalau penuh, nanti email penawaran tidak bisa masuk sayang sekali kan... Lagi-lagi nangis karena uang bakso melayang hahaha.

Siapkan Email Cadangan

Namanya juga perangkat ya, pasti suatu hari akan error juga. Makanya perlu sekali menyiapkan email cadangan. Saya pun punya 2 email, yaitu gmail dan yahoo. Jadi saat email satu error, maka ada email lainnya. Soalnya, sekali lagi saya, kalo pas ada penawaran kerja yang rentang waktunya singkat, email error. Maka pekerjaan bisa tertunda. Begitu juga saat ingin kirim email laporan, kalau kerjaan sudah selesai.

Nah, itu tadi 5 hal yang harus teman-teman perhatikan seputar email. Insya Allah bila dijalankan, maka email akan maksimal membantu aktivitas kerja kita. Semoga tulisan ini bermanfaat. Aaamin. Salam semangat menulis.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Hal yang Harus Dilakukan pada Email agar Bekerja Maksimal"

  1. Iya email utama sy juga udah mulai penuh.. tapi ga hapus2 sih..jadi mulai berlaih ke email lain hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.