} 5 Hal agar Bekerja di Rumah Semakin Semangat dan Maksimal - Bambang Irwanto Ripto

5 Hal agar Bekerja di Rumah Semakin Semangat dan Maksimal

Zaman now, Work From Home atau bekerja dari rumah semarak dilakukan. Apalagi pandemi belim berakhir. Padahal, sebenarnya, WFH itu sudah lama berlangsung.



Sejak memutuskan menjadi penulis lepas atau freelance tahun 2003, sejak saat itulah, saya bekerja di rumah. Setiap hari, sejak pagi sampai siang, saya sudah duduk menulis depan laptop. Kalau pun, tidak sempat di laptop, saya bisa menulis di tablet atau handphone.

Seiring perkembangan waktu, pekerjaan saya mulai merambah dari sekadar menulis cerita anak, sekarang jadi blogger. Alhamdulillah, kehadiran media sosial, membuka rezeki saya juga. 

Padahal awal bekerja di rumah itu ada tantangan juga. Soalnya masih banyak orang beranggapan bekerja itu kalau di kantor. Dan karena saya selalu terlihat berada di rumah, maka saya dikira menganggur. Kemudian mereka heran saat saya belanja kebutuhan rumah dan lainnya. Katanya, uangnya dari mana? hehehe Alhamdulillah semua sudah berlalu. Saya pun bisa bekerja di rumah dengan nyaman.

Nah, sesuai pengalaman saya bekerja di rumah, ada beberapa kebutuhan yang harus saya penuhi. Apalagi kebutuhan-kebutuhan ini saling berkaitan. Ini agar saya semakin bersemangat dan maksimal bekerja di rumah.


Uang

Hal pertama yang saya butuhkan saat bekerja di rumah adalah uang. Karena uanglah, maka hal-hal berikutnya akan terpenuhi. Makanya saya butuh modal kerja awal dulu. 

Modal awal kerja ini pastinya saya ambil dulu dari uang saya saat saya masih bekerja di sebuah perusahan dulu. Namun sejak awal, saya sudah tentukan, kalau modal ini harus kembali. Misalnya, kalau saya mengeluarkan modal kerja sebesar 1 juta, maka modal itu harus kembali 10 kali lipat. Dan inilah yang membuat saya terus semangat menulis.


Perangkat Kerja

Ibaratnya orang akan pergi berperang yang mempunyai senjata, saya pun harus mempunyai perangkat kerja untuk menulis, agar bisa menghasilkan uang. Jadi yang namanya laptop dan handphone pun jadi perangkat wajib yang saya punya.

Kemudian namanya suatu alat, pasti ada batasannya juga diajak bekerja. Makanya saya usahakn mempunyai 2 laptop dan 2 handphone yang nantinya bisa dipakai bergantian bekerja.


Jaringan Internet

Hal selanjutnya yang saya butuhkan adalah jaringan internet, karena hampir semua aktivitas menulis saya bersinggungan dengan internet. Mulai dari cari job, kirim job, postingan tulisan di blog dan lainnya. Makanya saya butuh jaringan internet dengan Wifi Cepat.

Dengan jaringan internet yang stabil, saya bisa cepat mencari bahan, mengolahnya, lalu mengirimkan ke klien. Kalau pekerjaan cepat selesai, saya pun bisa mengerjakan job lainnya. Dengan begitu, Alhamdulillah kerja saya walau di rumah terus berkesinambungan.


Asupan Gizi

Perangkat sudah tersedia, jaringan internet kuat dan stabil, tapi kalau saya sakit, maka semua akan sia-sia. Adanya, saya hanya bisa berbaring di tempat tidur, sambil memakai selimut tebal dan berkaos kaki. Itu artinya pekerjaan saya tertunda yang membuat belum ada fee yang masuk ke rekening saya.

Makanya agar saya terus sehat, saya selalu butuh asupan gizi. Tidak hanya makanan, sayuran dan buah juga saya usahakan terpenuhi. Alhamdulillah, saya suka sayuran dan buah apa saja. O, iya. Saya juga minum vitamin, agar kesehatan tubuh saya semakin terjaga.


Hiburan

Bekerja di rumah, pasti akan menimbulkan kejenuhan juga. Makanya saya butuh hiburan atau selingan. Caranya sederhana saja, melakukan aktivitas di luar dari menulis. Misalnya, saya naik sepeda sambil terus menjaga protokol kesehatan. Saya mencoba resep baru. Videocall dengan saudara dan keponakan. Atau yang baru selesai kemarin saya asyik menonton keseruan MotoGP Mandalika 2022. Walau hanya bisa menyaksikan lewat streaming. 


Asupan Gizi

Perangkat sudah tersedia, jaringan internet kuat dan stabil, tapi kalau saya sakit, maka semua akan sia-sia. Adanya, saya hanya bisa berbaring di tempat tidur, sambil memakai selimut tebal dan berkaos kaki. Itu artinya pekerjaan saya tertunda yang membuat belum ada fee yang masuk ke rekening saya. Mau menikmati hiburan juga tidak akan menyenangkan.

Makanya agar saya terus sehat, saya selalu butuh asupan gizi. Tidak hanya makanan, sayuran dan buah juga saya usahakan terpenuhi. Alhamdulillah, saya suka sayuran dan buah apa saja. O, iya. Saya juga minum vitamin, agar kesehatan tubuh saya semakin terjaga.

Nah, itu dia 5 hal yang saya butuhkan selama bekerja di rumah, agar semakin semangat dan maksimal. Semoga tulisan ini bermanfaat. Semangat terus, teman-teman...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal agar Bekerja di Rumah Semakin Semangat dan Maksimal"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.