} Inilah 7 Cara Merawat Ban Mobil Tubeless yang Tepat - Bambang Irwanto Ripto

Inilah 7 Cara Merawat Ban Mobil Tubeless yang Tepat

Cara merawat ban mobil tubeless banyak dipertanyakan oleh para pengendara. Pasalnya, saat ini tren ban tubeless sudah banyak diaplikasikan pada mobil terbaru. Maka dari itu, perlu tips perawatan agar memiliki masa umur panjang dan lebih awet. 

tips merawat ban tubeless
Simak Yuk, 7 Cara Merawat Ban Tubeless (Desain : Canva)

Ban tubeless diklaim mempunyai performa yang lebih baik daripada jenis ban tube type. Seperti yang sudah kita ketahui, ban ini didesain tanpa menggunakan karet dan ban dalam. Model ban tubeless memiliki desain khusus, yakni supaya dapat terisi angin akan tetapi tanpa harus menggunakan ban dalam.

Meskipun demikian, bukan berarti jenis ban ini tidak membutuhkan perawatan dalam pemakaiannya. Ban tubeless memerlukan perawatan maksimal agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Berikut ini ada beberapa cara merawat ban mobil tubeless agar awet dan aman ketika dipakai.

Berikut 7 cara merawat ban tubeless yang tepat, agar pemakaian jadi awet dan hemat.


Pastikan Tekanan Angin Ban Tepat

Hal utama yang wajib teman-teman perhatikan adalah terkait dengan tekanan anginnya. Pastikan tekanan angin dalam kondisi tepat. 

Pada umumnya, tekanan angin pada ban mobil bagian depan dan belakang mempunyai standar berbeda. Untuk ban depan biasanya berisi tekanan kurang lebih 30-32 Psi, sedangkan ban belakang mencapai 36-40 Psi. Selain itu, hindari pula memberikan tekanan angin berlebihan hingga ban keluar dari velg. 

Jika ban mobil dalam kondisi panas, sebaiknya jangan mengurangi tekanan angin. Jika ingin menyesuaikan tekanan pada ban, lakukan setelah kondisi ban dingin. 


Hindari Jalan Berlubang

Cara merawat ban mobil tubeless berikutnya adalah menghindari jalanan berlubang. Jika hal tersebut secara terus-menerus teman-teman lakukan, kemungkinan besar pelek teman-teman akan bengkok dan berefek pada kondisi ban. 

perhatikan jalanan berlubang
Waspada Jalan Berlubang (Foto Pixabay)

Dalam beberapa kasus, hal seperti ini akan membuat ban mudah kempes tanpa adanya sebab. Maka, sebaiknya melalui jalan yang bagus dan jika terpaksa harus melewati medan buruk maka kurangi kecepatan. Hal tersebut guna mengantisipasi agar ban tidak mendapatkan hantaman yang berpotensi merusak. 


Memeriksa Ban Secara Teliti

Sebaiknya meneliti ban secara rutin pada bagian bahu dan permukaannya. Ciri-ciri ban harus diganti adalah sudah melebihi batas tanda D di bahu. Selain itu, cara merawat ban mobil tubeless dengan memeriksa tapak ban mobil dan seluruh dindingnya, untuk mengecek adanya kerusakan atau keretakan. 


Hindari Memuat Beban Berlebihan 

Apabila teman-teman akan berlibur atau mudik dengan keluarga tercinta, terkadang mengabaikan terkait batas standar beban kemampuan kendaraan. Bahkan penumpang di dalam mobil penuh dan barang bawaan yang dibawa terlalu banyak. 

beban muat jangan berlebihan
Muatan Beban Berlebuhan Membuat beban Tidak Awet

Secara tidak langsung, beban pada kendaraan dapat mempengaruhi keadaan ban yang teman-teman gunakan. Jika ternyata mobil teman-teman selalu membawa beban berlebihan dalam jangka waktu lama, bisa membuat ban cepat aus. Bahkan bukan hanya ban saja, termasuk komponen lain yang harus ikut bekerja ekstra dan rawan akan kerusakan. 

Oleh sebab itu, sebaiknya mencari tahu secara detail tentang kapasitas maksimal yang dapat dimuat pada mobil. Selain itu, pastikan selalu mematuhi berapa batas maksimalnya. 


Spooring dan Balancing

Lakukan spooring dan balancing sebagai cara merawat ban mobil tubeless selanjutnya. Jika melakukannya secara berkala, ban mobil akan lebih awet dan tetap stabil.

Spooring dan balancing merupakan hal yang wajib dilakukan agar kondisi semua ban selalu prima dan mempunyai sudut geometri yang sesuai. Pentingnya servis balancing untuk menyeimbangkan keempat ban mobil agar tidak mempunyai vibrasi yang dapat mengurangi performa, jika masih bingung bisa menggunakan aplikasi bengkel mobil.


Jangan Langsung Mencabut Penyebab Kebocoran

Nah, perlu teman-teman perhatikan jika terdapat paku atau pecahan kaca yang menancap di ban mobil. Jangan langsung mencabut penyebab dari kebocoran tersebut. Pasalnya, seluruh angin pada ban mobil akan keluar jika teman mencabutnya, alhasil ban akan kempes. 

perlu dilakukan saat ban bocor
Lakukan Hal Ini saat Ban Boco (Foto Pixabay)

Sebaiknya mencabut benda tersebut ketika teman telah sampai di bengkel terdekat. Namun bila teman-teman terburu-buru, maka bisa menggunakan ban cadangan dahulu. 


Gunakan Angin Nitrogen

Cara merawat ban mobil tubeless berikutnya yang sangat dianjurkan adalah mengisi angin menggunakan gas nitrogen. Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi kerusakan yang mungkin akan terjadi akibat dari panas yang dihasilkan ketika ban dipakai dalam waktu lama dan kecepatan tinggi. Selain itu, gas nitrogen dalam menjaga tekanan lebih bertahan lama daripada memakai angin biasa. 

Ban tubeless ini mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah mempunyai sistem yang baik untuk menjaga tekanannya. Sehingga, pengendara mobil tidak perlu takut tekanan ban akan berkurang ketika berkendara. Biasanya, antara velg dan ban terdapat seal atau pelindung. Fungsinya adalah untuk mencegah angin di dalam ban supaya tidak keluar. 

Semakin lama seal digunakan, maka akan berpotensi terjadinya kerusakan pada komponen yang satu ini. Maka dari itu, memeriksa seal pelindung juga sangat penting. 

Cara merawat ban mobil tubeless di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk teman-teman. Pastikan untuk memperhatikan kondisi ban mobil saat berkendara di jalan demi keselamatan teman-teman.


Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Inilah 7 Cara Merawat Ban Mobil Tubeless yang Tepat"

  1. Jujur baru tahu kalau ada jenis ban yang bagus ada yang kurang bagus.
    Karena gak terlalu paham sama otomatif. Tapi baca artikel ini sekilas jadi paham kalau perawatan kendaraan juga sangat penting yaa

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya pak.. mau aku teruskan ke paksu nih. Soalnya mobil yang biasa dia pake pake ban tubeless. Begitu pun dengan motor.

    ReplyDelete
  3. Ban motorku tubeless sih, Pak. Kira-kira samalah kayaknya perawatannya. Tapi nggak spooring sama balancing kali ya. Hehehe...

    Nah, kalau kita kudu menghindari jalanan berlubang mungkin ban tubeless nggak cucok dipakai di daerah-daerah yang jalannya masih rusak parah kali ya, Pak.

    ReplyDelete
  4. Yang sering aku lakukan meski pake sepeda motor yaitu isi angin pake nitrogen. Meski harga lebih mahal, ban kayak enak gitu dipakenya. Motor jadi alus jalannya.

    Namun sampe skrg aku belum pk nih ban tubeless. Kadang emg lebih mahal sih. Di sini jarang banget yg bs tubeless. Soalnya emg menguntungkan konsumen, tapi merugikan tukang tambal ban. Haha. Soalnya yg pny ban tubeless biasanya bisa ngakalin ban kalo lagi kena paku. Beda ama ban tube biasa yg hrs dibawa ke tukang tambal ban. wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  5. Bener banget. Saya pas roadtrip dari Jakarta ke Madiun pakai ban tubeless. Terus semua anginnya diganti dengan nitrogen. Alhamdulillah aman, pp Jakarta-Madiun via Toll.

    ReplyDelete
  6. Pengecekan berkala untuk kendaraan yg kita gunakan memang berguna ya, Pak. Biar kondisi ban dan keseluruhan mobil juga baik. Supaya berkendara juga lebih aman dan nyaman. Dan iya sih ban tubless ini udah sering banget dipake sekarang2 tuh buat ada di kendaraan juga.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan mobil ibu saya juga menggunakan ban tubles, pernah ikut ke bengkel ganti ban dan isi nitrogen. Jadi sedikit banyak tahu soal ban tubles. Tapi kalau untuk motor dengan ban tubles, apakah perawatannya sama juga kah kak?

    ReplyDelete
  8. Ban jadi nyawa sebuah kendaraan sih ya.
    Memang harus teliti banget memeriksanya.
    Jadi inget waktu Rossi mau balapan MotoGP, dia suka ikutan ngecek juga apalagi yang pas warming up.

    Nah apalagi itu kan ban mobil, kudu rutin ngeceknya sebelum dibawa bepergian

    ReplyDelete
  9. Wah info yang luar biasa bermanfaat yah kk jadi lebih banyak yah nih

    ReplyDelete
  10. "Menghindari jalan berlubang" sepertinya jadi bagian paling nyebelin ya, Mas. Udah bener2 ngerawat ban mobil supaya awet dan aman, eh jalan yang rutin dilalui ternyata berlubang. Nyebelin dan berbahaya.

    ReplyDelete
  11. mau curhat nih, ban belakang motor pecah dan sobek diakibatkan saya kurang paham banget merawat ban, maklum ya kak..cewe-cewe manjalita hahaha

    ReplyDelete
  12. ya ampun aku tuh kadang masih khilaf jalanan berlubang suka dilibas aja, ternyata memang ga bagus buat ban tubeless yaaa, huhuhu, thanks reminder dan tipsnya mas Bambang

    ReplyDelete
  13. Menghindari jalan berlubang ini yang agak sedikit susah nih.
    Sebab biasanya lebih menghindari jalan yg macet, kalau ada jalan alternatih yg memungkinkan, milih menerabas itu walah jalannya parah. Pantas ban tubelessnya kadang kempes tanpa penyebab. Makasih tipsnya pak Bams.

    ReplyDelete
  14. karena aku ga paham soal kendaraan, mending aku share aja langsung buat si ayang yekan, biar doi makin paham sama urusan per ban an kendaraan ini

    ReplyDelete
  15. Haaahaaa yaampun pak ini infonya bermanfaat banget, aku selama ini enggak ngerti tentang perban ban kendaraan yang penting bisa jalan aja, kalo bocor tambal. Parahnya aku enggak bisa bedain mana ban tubles mana ban biasa wkwkw

    ReplyDelete
  16. oh itu sebabnya sekrang ini suka ada pengisian angin nitrogen ya mas bambang. baru tahu aku, ternyata lebih bagus kalau buat ban tubeless. motorku baru tak ganti ban tubeless juga kemarin, tapi kadang isi angin biasa aja, hoho

    ReplyDelete
  17. Yg penting udh tau infonya dulu deh, punya mobilnya menyusul.😁

    ReplyDelete
  18. Baru tahu jenis ban mobil tubeless ini ternyata gak pake karet dan ban dalam ya. Pantes saja membutuhkan perawatan khusus dan maksimal biar tahan. Nah buat yang punya kendaraan 4 dan ingin pake ban mobil jenis ini perlu tahu nih informasinya

    ReplyDelete
  19. Wah mantap ini
    7 cara merawat ban mobil tubeless yang tepat ini penting banget
    Aku share ke suamiku ya

    ReplyDelete
  20. Wah iya bener nih, ban tubles tuh kalo ada yang nancep ga boleh langsung cabut ya pak.. mending dibawa ke tukang tambal ban aja yaaa

    ReplyDelete
  21. Kebetulan aku kerja di bengkel dan penggunaan ban tubeless ini memang mantab dan untuk tipsnya betul sekali

    ReplyDelete
  22. Pengalamanku, kak.. Aku pernah gak cek kondisi mobil saat kupakai.
    Pantes...sepanjang perjalanan kok nyetirnya gak enak banget, asa berat dan kudu ke kiriii...terus ((kebetulan yang bocor ban kiri))
    Alhamdulillah gak sobek gimana-gimana sampe ke velgnya.

    Jadi dari sini, aku biasa cek cek dulu sebelum berangkat.
    Huhu, kalo diinget-inget rada serem juga nih..

    Merawatnya ban tubeless dengan sepenuh hati, karena kalau ban gak fit, bisa bahaya banget saat melakukan perjalanan. Apalagi sering menggunakan kecepatan tinggi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.