} Lauching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa - Bambang Irwanto Ripto

Lauching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa

Tidak terasa Ramadan sudah di depan mata. Bulan yang penuh berkah dan selalu dinanti oleh umat Islam. Saat Ramadan waktunya berlomba-lomba mengejar pahala. 



Seperti biasanya, Dompet Dhuafa menyambut Ramadan dengan suka cita. Dompet Dhuafa siap menebar semangat Ramadan dan menebar kebaikan. Insya Allah semua akan bahagia dan berkah. Aamin. 


30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa

Alhamdulilah  saya sangat beruntung mendapat kesempatan hadir di acara launching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa yang berlangsung kemarin, selasa, 15 Maret 2022 di Gedung Philantropi Dompet Dhuafa di jalan Warung Jati Barat No. 14, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah acara berlangsung lancar. Termasuk cuaca yang sangat bersahabat. Menjelang pukul 9 pagi, para tamu mulai berdatangan. Panitia dengan sigap dan ramah menyambut para tamu. 

Pertama saya menuju dulu meja registrasi. Setelah mengisi data diri, saya pun langsung diberikan hand sanitizer. Alhamdulilah nih, ukuran juga pas untuk dibawa ke mana-mana. 

Di dekat meja registrasi, tepatnya di bawah masjid panggung, ada area cek kesehatan, gratis. Jadi bisa tuh, diantisipasi kalau sekarang sedang kelebihan apa dalam tubuh. Apalagi kesehatan itu mahal.

Masih di area situ  ada poster besar 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa. Saya pun tidak melewatkan untuk selfie di sini dengan bantuan Mbak Dewi. Terima kasih Mbak Dewi. 


O, iya. Ada juga area yang memperlihatkan perlengkapan saat membantu korban bencana alam. Wawasan saya pun semakin bertambah. Betapa besar ya, jasa relawan yang membantu korban becana alam.

Acara dimulai tepat pukul 10 pagi oleh 2 MC  muda ceria.... Zaini Tafrikhan dan Dini Andromeda.  Setelah menyapa-nyapa siapa-siapa saja tamu penting yang hadir, acara langsung dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Anisa Nur L.


Lanjut kemudian pembacaan doa. Pastinya ya, agar kita terus diberi. Kesehatan dan dipermudah dalam segala urusan. Aamin. 


Kata Sambutan

Ali Bastoni

Kemudian tampil Mas Ali Bastoni sebagai ketua Ranadan 1443 H. Di awal kata sambutannya, Mas Ali mengumpamakan sebuah kereta api yang akan melintas. Pasti banyak rambu-rambunya juga. Begitupun dengan acara yang sedang berlangsung ini, sebagai tanda Dompet Dhuafa menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Makanya sebagai muslim, bulan Ramadan 1443 H ini, harus disambut sebagai suatu momentum yang indah.

sambutan ketua ramadan dimpet dhuafa 1443 h
Ali Bastoni Selaku Ketua Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa

Mas Ali juga menceritakan keresahan yang terjadi di bulan Ramadan. Misalnya banyak orang yang menjalankan Ramadan tidak maksimal, tidak ada amalan ekstra yang didapatkan. Padahal seharusnya, biasanya saat 10 hari Ramadan sudah terlewatkan, maka harus intropeksi diri. Sejauh mana amalan ibadah kita pada tahap fase pertama Ramadan.

Namun sayangnya, hal itu terlewatkan sampai Ramadan usai. Lalu saat Idul Fitri, kembali berdoa agar bertemu kembali di bulan Ramadan tahun depan. Dan ternyata, tahun depan kembali hal serupa terulang kembali.

Keresahan lainnya adalah, saat bulan Ramadan, ini menjadi salah satu budaya belanja masyarat yang meningkat. Dan ini menjadi keresahan bagi masyarakat yang kurang mampu. Padahal, ekonomi zakat yang terhimpun dari Ramadan juga tidak mampu menutupi. Dari keresahan-keresahan inilah, maka hadir tagline 30 hari Ramadan

Tidak lupa Mas Ali menekankan, bicara #JadiManfaat, berarti kita mendorong publik untuk terus melakukan hal baik dan bermanfaat. Kalau misalnya puasa full, tadaruss full, dan lainnya, maka Insya Allah akan membawa manfaat dan berkah. Aamin. Makanya nanti Dompet Dhuafa akan terus menebarkan kebaikan. Sa;ah satunya dengana danya Darling atau Dapur keliling yang akan melakukan buka puasa bersama.

Yayat Supriyatna

Ramadan sudah di depan mata. Dalam hitugan hari, kita sudah memasuki Ramadan,” seperti itulah sambutan pembukan dari Pak yayat Supriatna. Beliau juga menjelaskan, pada bulan Ramadan, harus benyak menebar sedekah, , dan sedekah itu bukan hanya soal materi saja. Sedekah bisa kita berikan lewat senyuman.

Pak Yayat yang merupakan Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika ini melanjutkan, ada 2 kelompok yang menyambut Ramadan. Pertama, kelompok biasa-biasa saja dan kedua, kelompok antusias. Dan Alahmdulilla Dompet Dhufa adalah kelompok kedua yang selalu antusias menyambut Ramadan.

Karena itulah, untuk tahun ini, Dompet Dhuafa merencanakan 250 milyar target penghimpunan dana. Dan hal itu bisa tercapai dengan 3 syarat yaitu, kerja keras, rukun kompak, dan niat semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Insya Allah akan tercapai, apalagi sekarang didukung oleh keadaan Indonesia yang semakin kondusif.

Pak Yayat juga menegaskan, selain urusan dunia, Ramadan harus bermanfaat untuk pribadi. Sukses puasa, tarawih, mendapatkan lailatul Qadar, sampai sukses membayar zakat.

Serelah dua kata sambutan tadi, selanjutnya acara diisi oleh penampilan grup Qasidah Elmaputri. Ibu-Ibu berseragam pink ini dengan hiasan mahkota, membawakan dua lagu, yaitu Mataharinya Dunia dan kota santri. Eh, awalnya saya kira judul lagunya itu Di Langit Ada Matahari hehehe.

Sarasehan

Acara selanjutnya adalah sarasehan seputar 30 hari Ramadan #JadiManfaat dengan 5 narasumber yaitu Bambang Suherman, Agung Lesmana, Haryo Mojopahit, Iman Taufik Rachman, dan Ustad Erick Yusuf dengan moderatornya Mbak Mega Novelia. Sharingnya tentang #JadiManfaat sesuai dengan profesi masing-masing.

sarasehan seru 30 haru ramadan jadi manfaat dompet dhuafa
Sharing #JadiManfaat dati 5 Narasumber


Bambang Suherman

Kenapa tagline Ramadan kali ini #JadiManfaat?

Itulah pertanyaan pertama yang diajukan Mbak Mega kepada Pak Bambang Seherman, selaku Direktur Komunikasi dan AliansiStrategis Dompet Dhuafa. Pastinya teman-teman pensaran ya, kenapa tagline kali ini #JadiManfaat? 

Jadi menurut Pak Bambang, Dompet Dhuafa berpikir untuk recalling atau memanggil kembali memori kita. Dompet Dhuafa ingin mengajak kembali kita semua untuk mengingat kembali kebahagiaan Ramadan. Apalagi selama 2 tahun Ramadan karena pandemi, momen-momen khas Ramadan banyak yang hilang.

Karena itu, berbagai program Dompet Dhuafa akan digulirkan selama 30 hari Ramadan ini. Mulai dari bantuan masyarat untuk masyarat. Terus ada program yang menjawab kebutuhan masyarat secara mendasar, sampai kolaboasi Dompet Dhuafa dengan berbagai lembaga atau pihak. Intinya bisa #JadiManfaat di mana saja.

Agung Lesmana

Mas Agung ini adalah Head of Sharia Business Development & Business SolutionJago Syariah. Mas Agung menjelaskan seputar kolaborasi Dompet Dhuafa dengan aplikasi Jago Syariah. Nah, nantinya, teman-teman bisa melakukan donasi ke Dompet Dhuafa lewat apliaksi Jago Syariah.

Caranya juga sangat mudah. Teman-teman hanya perlu donlot aplikasiya di playstore atau appstore. Tidak sampai 5 menit, maka rekening teman-teman sudah jadi.

Di aplkijasi Jago Syariah, juga ada kantong-kantong yang bisa disesuaikan dnegan kebutuhan. Sepeprti saat kita baru gajian, lalu membaginya ke pos-pos amplop. Bisa samai 20 kantong. Jadi intinya, aplikasi jago syariah tidak sekadar bank digital, tapi harus #JadiManfaat juga.

Haryo Mojopahit

Pembicara selanjutnya adalah Mas Haryo. Lelaki berpostur tinggi ini adalah Chief Disaster Management Center Dompet Dhuafa. Mas Haryo ono memang bagian lapangan yang langsung menangani dan membantu korban bencana alam. Makanya pemnampilan Mas Haryo ini seperti petualang.

Mas Haryo bercerita, ada beberapa elemen penting saat membantu korban bencana alam. Pertama, tanggap darurat bencana. Targetnya menyelamatkan jiwa. Sementara #JadiManfaat menyelamatkan jiwa sebanyak-banyaknya.

Yang selanjutnya adalah pemulihan. Bagaimana masyarat bisa hidup seperti sebelum bencana. Bisa sekolah lagi, bisa bekerja lagi, dan sebagainya. Jadi bukan kalau tidak ada bencana, Mas Haryo dan tim nganggur, ya. Mas Haryo dan tim tetap stay di daerah yang berpotensi bencana alam. Misalnya di kaki-kako gunung Smeru Luajang Jawa Timur.

Iman J Rock

Sharing berikutnya datang dari musisi Imam Taufik Rachman vokalis band J rock. Pastiya ya, lewat musik, bisa menyampai pesan dan menebar kebaikan. Saat ditanya, kok pengin berkolaborasi dengan Dompet Dhufa? Jawabannya singkat saja, karena takdir Allah. Ehm.. benar juga ya hehehe.


 Ustaz Erick Yusuf

Pembicara terakhir adalah ustaz Erick. Pak Ustaz ini mengawali sharingnya, kalau saat ini, kita sering diperbudak oleh masalah-masalah, termasuk media sosial. Soalnya kita sudah langsung menarik kesimpulan, tanpa mencari akar masalahnya dulu.

Ustaz Erick juga menyinggung ada satu hal yang sangat susah dilakukan, yaitu memberi makanan di ahri kelaparan.. Artinya sama-sama tidak mempunyai makanan. Dan Alhadulillah, itu;ah yang dilakukan oelh Dompet Dhuafa.

Ustaz Erick juga bercerita, sangat banyak orang-orang yang tidak bersemangat menyambur Ramadan. Padahal, orang-orang di dalam kubur, ingin sekali dibangkitkan walau sedetik saja. Maka seharusnya, tidak ada kaum rebahan dan kaum mageran saat bulan Ramadan. Semua harus semangat dalamRamadan. Inilah Insya Allah yang menjadi kunci surga kita.

Makanya, harus selalu di hati kita, bahwa hari ini menghasilkan manfaat apa.  Bagusnya keluar jadi kontribusi. Kerja bareng, tapi kontribusi sesuai keahlian masing-masing.

Lauching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa

Dan inilah saatnya yang ditunggu-tunggu, lauching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa. Seluruh tamu yang tadi tampil, berdiri bersama di belakang sebuah tirai.. dan Tara... kegiatan Ramadan resmi dimulai.

peluncuran 30 hari ramadan jadi manfaat dompet dhuafa
Alhamdulillah, Launching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa


Setelah itu diadalan teleconference dengan perwakilan Dompet Dhuafa. Soalnya, semua cabang Dompet Dhuafa, ikut juga mengikuti acara ini, baik yang di Indoensia maupun di luar negari. Terpilih Bapak Sulaiman dari SumateraUtara, Bang Jay dari Maluku, dan Mas Haqi dari Hongkong.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian rompi pada pada influencer, jas dan tab bagi apra ustas yang hadir, termasuk plakat kepada para blogger juga. Kemudian acara ditutup dengan penampilan J rock.

Penampilan J Rock


Alahmdulillah, saya sangat senang menghadiri acara ini. Pastinya mendorong saya untuk #JadiManfaat selama 30 hari Ramadan ini bersama Dompet Dhuafa. Insya Allah, saya akan  berusaha berkontribusi sesuai kemampuan saya, agar menjadi berkah dan #JadiManffaat.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Lauching 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa"

  1. Wah tak terasa sudah menjelang Ramadan ya kak, moga jadi manfaat dan pandemi juga segera berlalu, biar bisa aktifitas lagi seperti dulu termasuk silaturahmi keluarga hingga teman.

    ReplyDelete
  2. Aamiin...
    Semoga bukan ramadan tahun ini kita ada waktu dan kesempatan untuk berbuat terbaik dan jadi manfaat.
    Terimakasih reportasenya Mas. Saya serasa ikut hadir di sana
    Semua pesannya tersampaikan

    ReplyDelete
  3. Ramadhan. Semoga kita selalu menjadi pihak kedua yang selalu antusian dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini.

    ReplyDelete
  4. Gak terasa sebentar lagi mau Ramadan, banyak bekal yang harus disiapkan termasuk menjadi pribadi yang bermanfaat, dompet dhuafa memang konsisten ya dalam menebar kebaikan ini

    ReplyDelete
  5. Benar-benar tinggal menghitung hari ya bulan Ramadhan datang.
    Sambut kehadirannya, terlebih lagi bareng Dompet Dhuafa yang akan bersama-sama memberikan manfaat kepada yang membutuhkan. Semoga istiqomah

    ReplyDelete
  6. Ramadhan menjadi momen yang ditunggu oleh seluruh umat muslim untuk berlomba2 mencari ridho Allah SWT, namun kadang kita suka lupa, masih suka menghabiskan waktu untuk belanja disaat bulan puasa. Alasannya supaya tidak lemas kalau di rumah. Padahal ada hak orang lain dalam harta yang kita miliki. Sudah seharusnya pada bulan Ramadhan kita banyak bersedekah dan berbagi kepada yang lebih membutuhkan, supaya Ramadhan kita #JadiManfaat. Salut dengan perjalanan Dompet Dhuafa yang selalu menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  7. Pasti seneng banget ya Pak bisa datanh ke acara ini. Pas aku baca dan andai bisa di sana, rasanya acara ini bisa bikin saya bermuhasabah sebelum datangnya Ramadan. Biar pas Ramadan nanti bisa benar-benar dimaksimalkan ibadah kita.

    ReplyDelete
  8. Wah, komunitas dompet dhuafa ada yang di luar negeri?

    Itu artinya lingkar kebaikan juga semakin luas ya pak. Semoga juga makin banyak orang baik yang bergabung

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, alhamdulillah insya Allah kita dipertemukan pada Ramadan besok ya pak. Alhamdulillah juga kalau bisa bermanfaat selama 30 hari dengan meningkatkan ibadah dan taqwa kita. Semoga dimudahkan menjadi kontributor Dompet Dhuafa ya pak. Semangats!

    ReplyDelete
  10. Semoga Ramadhan kali ini dan Ramadhan yang akan datang kita selalu jadi manfaat buat banyak orang. Moga kita jg bs menyisihkan rezeki utk dibagikan ke kaum membutuhkan. Selain itu kita jg berharap bs melalui Ramadhan ini dgn baik, bs beribadah dgn khusyuk hingga ketemu hari nan fitri.

    ReplyDelete
  11. gak kerasa ramadhan sudah didepan mata yaa mas Bambang, semoga kita senantiasa menjadi manfaat yaa persis kaya dompet dhuafa bagi umat dan masyarakat umum

    ReplyDelete
  12. Wah nggak nyangka ada vokalis J Rock juga. Jadi nostalgia ke masa2 SMP hehehe.

    ReplyDelete
  13. Sebentar lagi bulan ramadhan tiba ya Mas Bambang ga terasa banget terharu dan bahagia. Dan semoga di bulan yang suci kita terus mengisinya dengan amal kebaikan. Pasti senang banget niy dengan ikut launching Dompet Dhuafa ini. Sekaligus mengingatkan dan mendorong kita untuk terus beramal ibadah. Aammiin

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, senangnya bisa ikutan meramakian acara-acara seperti ini :) semoga semakin bermanfaat terus untuk orang-orang sekitar ya

    ReplyDelete
  15. Bangga sekali menjadi bagian dari Dompet Dhuafa yang programnya selalu penuh kebaikan, apalagi jelang memasuki bulan penuh hikmah, bulan Ramadan.
    Mari tingkatkan amal dan sedekah bersama Dompet Dhuafa agar #JadiManfaat

    ReplyDelete
  16. wah keren banget acara ini, pasti mengingatkan akan keberkahan bulan Ramadhan untuk selalu ebrbuat baik terutama kepada kaum dhuafa. terus #jadimanfaat kapan pun dan di mana pun berada

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.