} Storytel Pengetahuan dan Wawasan Luas dengan Cara Menyenangkan - Bambang Irwanto Ripto

Storytel Pengetahuan dan Wawasan Luas dengan Cara Menyenangkan

Dari dulu, saya suka iri pada orang yang bisa membaca selama dalam perjalanan naik transportasi. Baik dalam bus ataupun kereta api. Soalnya kelihatannya asyik benar, menghabiskan perjalanan panjang sambil membaca. Saat Tiba di tujuan, sudah selesai juga menamatkan sebuah buku.


Storytel menikmati buku dengan storytelling
Storytel Cara Berbeda Menikmati Buku

Dan saya pun beberapa kali mencoba melakukan membaca selama perjalanan. Hasilnya, kepala saya pusing dan mata saya berkunang-kunang. Akhirnya, semua hanya tinggal angan-angan. 

Hingga sabtu, 12 Maret 2022, di timeline media sosial saya, banyak berseliweran postingan Storytel. Ada yang posting foto sampai pegang handphone dan pakai headset. Ada yang lagi rebahan sambil pakai headset. Rata-rata captionnya tentang keasyikan bersama storytel. 

Wih, storytel apa, nih?

Makanya saya pun langsung meluncur untuk cari selengkapnya. Saya ini orangnya penasaran. Kalau untuk hal baik, sasti langsung saya kejar. Jangan sampai saya ketinggalan soal kekinian hahaha.


Storytel 

Akhirnya saya paham apa Storytel itu. Jadi Storytel adalah aplikasi audiobook. Sesuai namanya, storytel itu bercerita. Ibaratnya Baca Buku Online. Dan asyiknya lagi, kita bisa mendengarkan cerita dari buku yang kita sukai. Seperti mendengar dongeng. Saya langsung teringat seperti pembacaan cerpen di sebuah radio. Atau sandiwara radio yang dulu ramai di tahun 90-an. 

baca buku online di storytel audiobook indonesia
Rebahan sambil Mendengarkan Storytel Audiobook Indonesia

Wih, asyik nih, Pastinya Rekomendasi Buku di Storytel keren-keren. Berarti bisa mengatasi masalah saya saat di perjalanan nanti. Saya langsung membayangkan, betapa asyik selama di perjalanan, mendengarkan cerita, sambil menyandarkan kepala dan memejamkan mata. Wih.. Mantap. Tidak terasa sampai di tujuan.


Cara Mendaftar Storytel

Saya pun segera mengunduh aplikasi Storytel  asal Swedia ini. Karena saya menggunakan android, maka saya meluncur ke Aplikasi Storytel untuk Android. Teman-teman yang mengunakan ipod, bisa meluncur ke Aplikasi Storytel untuk iOS. Setelah menginstal aplikasi Storytel, maka saat pertama kali terbuka, tampilan aplikasi Storytel akan seperti ini :

 

Selanjutnya akan ada pilihan bahasa. Teman-teman pilih saja. Bisa salah satu bahasa atau keduanya.

Kemudian, teman-teman harus memilih minimal 3 kategori. Saya Heppi karena tersedia banyak kategori yang saya sukai.

Setelah itu, beranda akan terbuka. Taraaa.. tampilan buku-buku sesuai kategori yang teman-teman pilih tadi, sudah terpampang. 



Wih, makin Heppi saya melihat deretan buku yang terdapat di Audiobook Indonesia ini. Mulai dari Novel Fiksi. Rekomendasi bukunya menarik hati. Makin semangat  karena banyak Buku Best Seller. Seperti Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Divortiare, selamat Tinggal, sampai Negeri Lima Menara.
Yang fans Harpot, pastinya ada Harry Potter Audiobook.

Biar segera menggunakan Storytel dan merasakan keseruannya, maka saya bergegas untuk membuat akun. Saya masukkan alamat email dan buat kata sandi. Lalu klik daftar.
Setelah selesai, maka akun saya sudah jadi. Penampilan beranda juga berbeda. Kini sapaannya pakai nama saya, dan sesuai waktu. Keren, ya!

                                                           

Biar makin keceh, saya pasang foto profil juga.

 
Asyik.. akun saya sudah selesai, nih.


Nah, biar saya bebas mendengarkan semua buku, maka saya langsung langganan. Asyiknya lagi, ada langganan gratis selama 7 hari.



Begitu berlangganan, saya langsung asyik mendengar buku-buku yang saya incar. Wah, seperti terwujud impian saya sejak dulu. Saya bisa rebahan, memejamkan .mata sambil mendengarkan cerita. Bila saya dalam perjalanan, pastinya hal ini sangat membantu.

Fitur-Fitur Storytel 

Dari penampilan, Storytel ini simpel dan mudah dipahami. Makanya sangat fleksibel untuk segala usia. Cari yang cerita realis seperti Dilan, sampai Game of Thrones dan Sapiens juga ada. Dan ada 4 fitur utama yang ada pada Storytel. 

Beranda

                                                             
Sesuai dengan nama, fitur ini adalah beranda dari Storytel. Di sini, berbagai buku terpajang dan bisa dipilih sesuai keinginan teman-teman. Dari Non Fiksi dan Novel Fiksi. Pokoknya Rekomendasi Buku di Storytel ini sengat lengkap. 

Cari

                                                     
Fitur cari akan membantu teman-teman untuk mencari buku yang ingin didengar. Bisa lewat Top Categories atau bisa Lihat Semua.

Rak Buku

                                                              
Layaknya sebuah rak buku, fitur ini akan menyimpan buku-buku yang telah selesai teman-teman dengarkan. Jadi kapan saja dan di mana saja, teman-teman bisa mendengarkan kembali.

Profil

                                                               
Fitur selanjutnya adalah profil, Teman-teman bisa edit sesuai datanya.saat teman-teman klik ikon gerigi, maka akan muncul beberapa fitur lagi.

                                                            

Cara Berlangganan Storytrel

Biar semakin mendapatkan pengalaman seru bersama Storytel Audiobook Indonesia, maka jangan tunda untuk berlangganan. Apalagi hanya 39 ribu per bulan. teman-teman juga akan mendapatkan uji coba gratis selama 7 hari. Pokoknya puas Baca Buku Online. Soalnya kalau belum berlangganan, teman-teman hanya bisa menedengarkan cuplikan ceritanya saja. Mana seru kan...

Berikut cara mudah berlangganan Storytel :

Pertama, teman-teman masuk dulu ke menu langganan. Ini bisa teman-teman lakukan dengan cara mengklik salah satu cerita. Lalu klik ikon headset. Kalau belum berlangganan, maka otomatis akan diarahkan untuk berlangganan. Cara lain, teman-teman masuk ke profil, klik ikok gerigi, lalu klik coba sekarang.




Setelah klik langganan, maka ada konfirmasi paket. centang tanda setuju, lalu klik lanjutkan.




Nah nanti ada keterangan lengkap seputar berlangganan Storytel Audiobook Indonesia ini. O, iya, teman-teman harus mempunyai akun Gopay juga ya. Setelah itu, klik lagganan.


Nanti ada konfimasi email. Karena ini berkaitan dengan google, maka wajib pakai gmail. Nah, masukan sandi akun google. Tidak usah dicentang. Langsung klik saja verifikasi.


selanjutnya ada konfirmasi kelola setelan pembayaran. Silakan klik terserah teman-teman. kalau saya, pas klik tidak.



Terakhir, ada konfirmasi ketentuan paket yang dipilih. klik setuju. Maka teman-teman sudah berlangganan Storytel dengan masa uji coba 7 hari gratis.



Ada juga info seputar pengaturan langganan.






Pengalaman Seru Bersama Storytel

Sesuai pengalaman saya bersama Storytel banyak sekali hal-hal baru yang saya rasakan bersama Storytel, Berikut keunggulan Storytel 

  • Pertama, dengan Storytel ini, sekarang saya bisa menikmati perjalanan dengan menyenangkan. Seperti yang saya ceritakan di atas, inilah keinginan saya sejak lama
  • Storytel ini sangat fleksibel  untuk siapa saja. Dari anak-anak sampai orang dewasa, bisa menggunakan Storytel. Termasuk fleksibel bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu repot repot banyak membawa buku. 
  • Lewat Storytel, kita bisa belajar hal baru dari buku-buku self developmen. saya pun juga bisa mendengarkan cerita dari buku-buku koleksi lama yang mungkin saja buku fisiknya tidak dijual lagi.
  • Nah, ini juga sangat saya suka. Dengan menggunakan Storytel, membantu mengurangi mata saya yang sudah tak ABG lagi bertatapan langsung dengan layar monitor. Malah sambil mendengarkan cerita, saya bisa maskeran mata pakai timun hehehe.
  • Harga langganan sangat pas di hati dan jiwa. Hanya dengan 39 ribu per bulan, bisa menikmati beragam buku.
  • Ini juga seru soal narator atau pengantar ceritanya. Semua keren-keren. Bahkan Dian Sastro juga ada.

Serunya Storytel Audiobook Indonesia


Begitu menginstal Storybook, maka saya langsung menikmati buku-buku yang tersaji. Dan berikut beberapa buku yang saya pilih

Tangkaplah Daku Kau Kujitak


storytel audiobook indonesia



Saya langsung heppi saat menemukan koleksi buku Lupus di Storytel Audiobook Indonesia ini. Seakan melempar kenangan saya di masa lalu. Dulu, saya hampir semua melahap buku-buku fisiknya. Walau harganya 1500 rupiah, tapi zaman dulu harus menabung dulu hehehe. 

Pilihan pertama saya adalah buku pertama Lupus, Tangkap lah Daku Kau Kujitak. Judul ini juga pernah difilmkan, dan saya hanya sempat nonton videonya di rumah teman hahaha.

Naratornya sangat pas membacakan buku Lupus ini yang bergaya khas remaja. Next saya akan lahap lagi semua audiobooknya di Storytel. Termasuk novel Dilan yang juga bernuansa anak sekolahan tahun 90-an.

Dunia Sophie





Buku selanjutnya yang saya dengan adalah Dunia Sophie. Awalnya saya penasaran karena naratornya adalah Dian Sastro si Gadis Sampul 1996 (dan mantan saya dalam mimpi hahaha). Ternyata Distro tidak hanya jago akting di film dan luwes depan kamera, tapi suaranya juga enak didengar. Makin seru, karena cerita Sophie ini juga bagus. 

Sejak awal saja, saya sudah dibuat penasaran oleh surat yang diterima Sophie sepulang sekolah. Isi suratnya sangat singkat "Siapa Kamu?"

Sejak itulah, Sophie mulai mencari-cari jawaban dari setiap isi surat yang dia Terima. Seru.. Kan.

Segunung Rumput





Tidak ketinggalan juga saya menikmati buku anak. Kali saya memilih buku Segunung Rumput karya Arleen Amidjaja. Dia ini salah satu penulis cerita anak yang banyak sekali karyanya.

Ceritanya tentang 3 anak kambing yang selesai mencari rumput yang akan dibawa ke panti asuhan. Saat itu salah satu kambing bernama Gren, disuruh menjaga gunung rumput. Lalu datang Gotag kerbau yang meminta rumput itu. Inbalannya, nanti Gren bisa meminjan Yoyonya. Ehm yang akan Gren lakukan? 

Audiobook berdurasi 5 menit ini sangat menarik. Pesan moralnya mengajarkan anak-anak untuk menjaga amanat dari orang lain.


Yuk, rasakan pengalaman baru dan seru bersama Storytel. Pilih Rekomensi Buku sesuai pilihan teman-teman. Dari Novel Fiksi sampai Buku Best Seller. Dijamin, pengerahuan dan wawasan semakin luas, dengan cara yang menyenangkan. Buku-buku keren seperti Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara, sudah siap menanti teman-teman semua. Termasuk Harry Potter Audiobook.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "Storytel Pengetahuan dan Wawasan Luas dengan Cara Menyenangkan"

  1. Aku juga suka dengerin Storytel mas, enak jadi berasa didongengin.
    Di kendaraan umum bisa dengerin sambil mata merem, lumayan bisa istirahat sambil nambah wawasan dari buku yang didengerin.

    Dengan adanya Storytel bisa jadi solusi untuk yang suka malas membaca juga sih, jadi tinggal dengerin aja ga perlu baca

    ReplyDelete
  2. Sama kayak suami saya Pak. Jangankan baca buku di kendaraan, lihat hp saja puyeng. Solutif ya ini bagi yg pengen update bacaan tapi kurang bisa fleksibel membaca buku.

    ReplyDelete
  3. Storytel ini solusi juga buat saya yang gak bisa baca buku di perjalanan. Suka pusing kalau baca di mobil. Dengan menggunakan storytel jadi bisa mendengarkan novel yang kita mau ya...

    ReplyDelete
  4. Keren banget sih aplikasi Storytel ini, berasa kayak punya perpustakaan sendiri ya Kak. Mau membaca buku genre apapun tinggal browsing, terus bisa langsung didengarkan. Asyik banget nih...

    ReplyDelete
  5. keren ya. bisa mendengar cerita sambil rebahan. Langsung meluncur.

    ReplyDelete
  6. Waah pak, sama banget saya juga suka pusing kalau baca buku di jalan. Lihat notif di hp aja kadang males banget. Jadi ada Storytel ini enak banget buat menemani traveling, seperti didongengin. Trus ga bikin bete pas macet yah.

    ReplyDelete
  7. Menarik jadinya ya untuk urusan baca buku. Enggak lagi khawatir bakal pusing baca buku ketika perjalanan tinggal dengerin ini doang kita sudah bisa menghabiskan buku bacaan.

    ReplyDelete
  8. Daku senengnya ada target bacanya, Pak.
    Jadinya kan bisa bikin semangat baca.
    Apalagi buku yang dihadirkan bagus alias best seller.
    Ceki-ceki lagi dah buat masuk ke Rak buku, hehe

    ReplyDelete
  9. Jadi storytel itu semacam dongeng gitu ya kak. Bisa dengerin cerita tanpa baca. Soalnya udah ada yang bacain

    ReplyDelete
  10. Seru banget Storytel ini
    Aku langsung jatuh cinta sejak kenal pertamakali
    Rasanya seperti memasuki perpustakaan luas dengan koleksi buku yang banyaaaak trus kita bebas baca sesuai selera. Love it!

    ReplyDelete
  11. Saya pun sama kayak Pak Baim gak bisa baca kalo lagi di perjalanan suka pusing dan gak fokus juga kalo berisik, tapi sekarang bisa mendengarkan isi buku meskipun lagi di jalan. Memang Storytel ini enak banget didengarkan di mana aja dan kapan aja juga.

    ReplyDelete
  12. Paling seneng dengerin orang cerita. kayaknya bakalan seru banget nih kalau download storytel juga..

    ReplyDelete
  13. Iya, aku juga sudah mencoba mendengarkan audiobook di Storytel ini mas
    Bisa menambah wawasan dan pengetahuan dengan cara menyenangkan
    Aku baru mendengar novel Selamat Tinggal nya Tere Liye

    ReplyDelete
  14. Seruuuuu. Pas nih Storytel buat nemenin sepanjang perjalanan atau pas lagi masak dan beberes rumah, tetap bisa menikmati bacaan yang dibacakan. Jadi mau coba juga.

    ReplyDelete
  15. Enak banget ya, membaca buku dibacain sama naratornya. Jadi bisa dengerin cerita tanpa harus baca buku.Seperti di dongengin aja ya hehe

    ReplyDelete
  16. Keren banget nih Mas Bambang udah mejeng cakep saja di storytel. Saya kalah hahaha...
    Makin mantap saya pengen instal juga setelah baca review-nya. Pengen segera mendengar banyak buku favorit hehehe

    ReplyDelete
  17. Wah, asik niihh. Pas males baca buku cocok banget pake apk storytel. Tinggal duduk masih dengerin isi buku.🤲

    ReplyDelete
  18. Aplikasi yang sangat menarik karena dengan storytel ini kita bisa menikmati buku kapan saja dan di mana saja ya Mas. Jadi tidak ada alasan lagi nih untuk tidak berinteraksi dengan buku

    ReplyDelete
  19. Mantap banget emang Audiobook satu ini, emak2 kayak saya jadi ngga capek2 bacain anak buku cerita sampe tenggorokan kering hahaha

    ReplyDelete
  20. Storytell ini semacam perpustakaan yaa, tapi bedanya tidak dengan cara membaca tapi mendengarkan isi dari sebuah buku.
    Kalau baca novel jadi berasa nonton film yaa

    ReplyDelete
  21. Storytell ini semacam perpustakaan yaa, tapi bedanya tidak dengan cara membaca tapi mendengarkan isi dari sebuah buku.
    Kalau baca novel jadi berasa nonton film yaa

    ReplyDelete
  22. Akhirnya ikutan download Storytel karena memang tak bisa jauh dari kegiatan baca buku. Tapi dengan punya Storytel, baca buku jadi lebih praktis bahkan bisa sambil beraktivitas lain. Storytel ini audiobook yang membuat kita bisa mendengarkan buku dengan cara asyik ya

    ReplyDelete
  23. wah aku tim yang membawa buku saat perjalanan hehe, dan hadirnya storytel ini menfailitasiku untuk bisa membaca tanpa membaca ya hehe

    ReplyDelete
  24. Samaa, aku juga suka pusing kalau baca buku di kendaraan. Kalau gini enak deh, gak pusing lagi. Adiknya nemu teman perjalanan yang menyenangkan...

    ReplyDelete
  25. Kumpulin buku di Storytel dan siap download saat ada wifi lalu didengarkan saat sedang dalam perjalanan. Nyaman banget yaah.. Mendengar buku dengan aplikasi storytel.

    ReplyDelete
  26. banyak buku2 ternama yang udah ada di sana yaa.. jadi kepengin cobain juga, pak. saya belum pernah dengerin semacam audiobook gini. biasanya yaa baca buku aja langsung atau kalau mau dengerin ya di podcast gitu

    ReplyDelete
  27. menarik banget ya mas audiobook Storytel ini, praktis, bisa jadi teman tidur dan perjalanan juga bisa ngasah kemampuan bahasa Inggris juga nih

    ReplyDelete
  28. menambah pengalaman baca banget ya pak storytel ini. gak kebayang nanti 10 tahun lagi kayak gimana.

    ReplyDelete
  29. Audiobook bagus juga nih buat didengar saat perjalanan, waah seru banget pastinya. Apalagi buku-buku yang terdapat juga bagus-bagus

    ReplyDelete
  30. Suka nih yang kayak gini, kayak di dongeng-in deh rasanya. Apalagi ada yang bahasa Inggris juga

    ReplyDelete
  31. Lupuusss itu saya pernah bacaa..Alfatihah buat Kak Hilman.Saya juga baca cerita anak di Storytel judulnya Counting Sheep lucu banget loh ceritanya Pak Bamz

    ReplyDelete
  32. Asyik ya pak. Berasa didongengin kan pak. Sambil rebahan gitu. Mata kita nggak lelah lagi karena kebanyakan nengok hape buat baca. Hehehe

    ReplyDelete
  33. Kini rebahan jg bisa bermanfaat ya kang. Lumayan bisa dengerin buku bacaan favorit plus cari ilmu. Apalagi dengan harga 39ribu, paket langganannya sangat terjangkau. Genrenya jg banyak. Bahkan ada nonfiksi jg. Keren sekali nih Storytel ini.

    ReplyDelete
  34. Eh, samaan Pak Bam, Saya juga lagi dengerin Dian Sastro lewat Dunia Sophie-nya Justin Gaarder. Adem banget dengerin sebelum tidur, eh malah bener ketiduran

    ReplyDelete
  35. saya instal aplikasi STorytel juga, banyak banget audiobook best sellernya, banyak yang saya cari juga, komplet banget

    ReplyDelete
  36. Semudah itu loh ternyata penggunaan aplikasi storytel audiobook ini. Btwe, harga langganan per bulan itu cenderung murah loh, masa iyaa masih banyak alasan untuk tidak membaca buku yekan?

    ReplyDelete
  37. Menarik banget, Mas. Aku juga nggak bisa membaca (buku, majalah, tulisan di layar gadget) di dalam kendaraan. Langsung pusing, mual, bahkan bisa muntah.

    ReplyDelete
  38. Daku sambil menyantap makan siang sambil dengerin Storytel tuh asik loh, Pak Bams. Apalagi yang naratornya kece kayak babang Chicco hehe.
    Tapi yang pas Harry Potter juga seru naratornya, intonasinya itu bagus

    ReplyDelete
  39. Storytel emang selalu menyenangkan untuk didengarkan yah pak bisa dibawa ke mana aja karena nempel di gadget kita

    ReplyDelete
  40. Storytel emang selalu menyenangkan untuk didengarkan yah pak bisa dibawa ke mana aja karena nempel di gadget kita

    ReplyDelete
  41. Ada banyak aplikasi buku yang ada di dalam smartphone saya, tapi yang storytell ini belum pernah mencobanya kayaknya menarik apalagi dengan suara yang berbeda dari suara orang

    ReplyDelete
  42. meskipun belum pernah pakai, tapi kepingin download juga. Dari baca reviewnya memang menyenangkan, sekarang saatnya mendengarkan cerita. Seperti zaman dulu mendengarkan sandiwara radio, tapi dalam keadaan lebih modern

    ReplyDelete
  43. Aku Seny ada aplikasi Storytel ini
    Sampai sekarang sudah dengerin 6 buku di sini

    ReplyDelete
  44. Pengen banget denger audiobook dari buku self improvement
    Di storytel pasti banyak nih. Udah download tinggal relax dan nikmati audionya.

    ReplyDelete
  45. AKu kemarin pas lagi kurang enak badan juga gak bisa tidur gitu...
    Lalu gak perlu minum obat ((alhamdulillah)) dengerin storytel bareng anak-anak dan lelap sejenak.
    Aplikasi audiobook begini nyaman banget. Langganannya pun terjangkau banget.

    ReplyDelete
  46. Wah kayaknya Storytel lagi happening banget nih di kalangan blogger, aku pun juga pakai sihh untuk baca buku. Praktis dan anti mainstream

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.