} Tetap Nyaman Berinvestasi Reksadana Saham Meski Pasar Turun Dengan Tips Ini - Bambang Irwanto Ripto

Tetap Nyaman Berinvestasi Reksadana Saham Meski Pasar Turun Dengan Tips Ini

Reksadana Saham adalah jenis investasi yang banyak dilakukan oleh para investor yang ingin mendapatkan return tinggi. Dengan menggunakan instrumen saham, jenis Reksadana yang satu ini ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan investasi lainnya.

nyaman berinvestasi reksadana saham
Walau Pasar Naik Turun, Reksadana Sahan Tetap Stabil (Foto : Paxels)

Investasi saham berisi efek-efek saham dengan fluktuasi yang relatif cepat sehingga Reksadana ini masuk ke dalam jenis investasi yang paling berisiko. Pergerakan pasar sahamnya yang cepat, jadi Anda akan menemukan perubahan setiap menitnya. 

Meskipun ada risiko tersebut pastikan untuk tidak mengurungkan niat Anda dalam melakukan investasi saham karena tetap menghasilkan potensi imbalan yang cukup fantastis. Untuk menghindari risikonya, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini. 

5 Tips Investasi Reksadana Saham Meski Pasar Turun

Meskipun memiliki pasar yang naik turun, Reksadana Saham adalah jenis investasi yang sangat cocok untuk para investor agresif atau mereka yang berani mengambil risiko tinggi. Biasanya investor yang memilih Reksadana ini memiliki tujuan jangka panjang.

cara aman investasi saham
Tips Investasi Reksadana Saham (Foto : Paxels)


Pasalnya, meskipun fluktuatif tetapi potensi imbalan yang akan didapatkan relatif lebih tinggi dibandingkan Reksadana pada instrumen lainnya. Sehingga nantinya Anda jangan panik jika nilai pasar naik turun, karena masalah tersebut sangat wajar terjadi.

Agar memudahkan dan membuat Anda nyaman dalam berinvestasi menggunakan Reksadana Saham, ada sejumlah tips yang harus Anda lakukan seperti yang akan kami bahas berikut ini.

1. Memilih Manajer Investasi yang Tepat

Manajer Investasi berperan sangat penting dalam melakukan investasi. Sehingga dalam penggunaannya Anda harus memilih Manajer Investasi yang tepat untuk membawa Anda pada keberhasilan dalam berinvestasi.

Anda bisa mulai dengan mempertimbangkan kinerja, rekam jejak, hingga pengalaman yang mereka miliki. Jangan lupa juga untuk rutin cek portofolio saham untuk memantau kinerja Reksadana Saham yang sedang diinvestasikan.

2. Sesuaikan Profil Risiko

Selain memilih Manajer Investasi yang tepat, ada langkah lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih serius dalam berinvestasi yaitu menyesuaikan dengan profil risiko. 

Anda wajib menentukan profil risiko yang cocok untuk Anda, baik itu konservatif, moderat, dan agresif. Reksadana Saham adalah jenis investasi dengan risiko tinggi, jadi lebih cocok untuk investor dengan tipe agresif. Nah apakah Anda masuk ke dalamnya?

3. Miliki Tujuan Investasi

Tujuan keuangan ternyata sangat penting untuk dimiliki saat berinvestasi. Sehingga sebelum Anda terjun langsung ke dunia investasi saham, sebaiknya tentukan terlebih dulu target yang akan dicapai nantinya.

Misalnya Anda ingin menggunakan return yang dihasilkan untuk membeli rumah dengan harga Rp500 juta atau sebagainya. Dengan menentukan tujuan, hal ini akan membantu Anda untuk menentukan arah investasi dan kapan waktunya bisa mencairkan dana investasi yang dimiliki.

4. Gunakan Strategi yang Tepat

Dalam Reksadana Saham, ada banyak strategi yang dapat Anda lakukan. Namun ada satu metode yang sangat cocok dilakukan dalam instrumen saham yaitu dengan strategi DCA atau Dollar Cost Averaging. 

Dollar Cost Averaging adalah strategi bertahap yang dapat Anda lakukan jika modal yang dimiliki sedikit tetapi tetap ingin berinvestasi. DCA atau Dollar Cost Averaging akan membawa Anda untuk membeli saham berulang, jadi lebih memungkinkan Anda untuk berinvestasi secara konsisten.

5. Niatkan untuk Investasi Jangka Panjang

Reksadana Saham adalah jenis investasi jangka panjang. Anda harus meniatkan dalam diri untuk jangan terburu-buru ingin mendapatkan imbalan tinggi dalam waktu dekat jika melakukan investasi Reksadana yang satu ini.

Investasi saham sangat recommended untuk investor sukses yang masih muda agar mendapatkan keuntungan tinggi di hari tua. Anda dapat mencoba Reksadana dengan instrumen saham jika ingin hidup nyaman di masa depan.

Hingga kini Anda bisa menemukan banyak produk Reksadana Saham. Namun sayangnya, tidak semua produk aman digunakan karena rawan terjadi penipuan. Nah untuk menghindarinya Anda bisa menggunakan produk investasi dari DBS Treasures sebagai langkah awal jika ingin terjun ke dunia investasi. 

Investasi Reksadana Lancar Bersama DBS Treasures

DBS Treasures sebagai perbankan prioritas akan mendukung Anda mendapatkan imbalan investasi yang menguntungkan bersama Manajer Investasi yang sudah ahli di bidangnya. Tidak hanya itu, DBS Treasures juga memiliki strategi yang sangat menguntungkan untuk Anda.

Biar lancar berinvestasi reksadana saham
Pilih Reksadana Saham yang Aman (Foto Paxels)

Adapun berikut ini merupakan 4 keunggulan investasi Reksadana di DBS Treasures yang dapat Anda manfaatkan saat ingin melakukan investasi.

Dikelola oleh Profesional

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa Reksadana Saham yang Anda lakukan bersama DBS Treasures akan dikelola oleh Manajer Investasi yang telah profesional dan ahli. Manajer Investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures akan turun tangan membantu mengoptimalkan kinerja produk sehingga nantinya bisa mendatangkan keuntungan yang memuaskan.

Didukung Tim Ahli Finansial

Bukan hanya menggandeng Manajer Investasi profesional saja, tetapi DBS Treasures juga menghadirkan tim ahli finansial yang handal dan tentunya secara proaktif akan menyampaikan analisis pasar tentang peluang yang sudah disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan Anda.

Menggunakan Strategi Diversifikasi

Yang menarik dari DBS Treasures adalah adanya penggunaan strategi diversifikasi. Metode ini digunakan dengan menyebarkan dana ke berbagai jenis aset investasi yang bertujuan untuk mengurangi risiko.

Transaksi Lebih Mudah

Selain ketiga keunggulan DBS Treasures di atas, Anda juga bisa merasakan transaksi dengan lebih mudah. Kini hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda sudah bisa mengetahui analisis Reksadana yang didukung data dari Infovesta guna menunjang keberhasilan dalam transaksi seperti jual, beli, dan switching produk Reksadana.

Bahkan dengan Aplikasi digibank by DBS juga bisa digunakan untuk membuat SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan langsung oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia. Nantinya Anda bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification) tanpa harus berpindah aplikasi ke platform lain.

DBS Treasures merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin terjun ke investasi Reksadana Saham. Oleh karena itu, silakan unduh Aplikasi digibank by DBS atau kunjungi situs resminya sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan yakin dapatkan produk yang diinginkan. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tetap Nyaman Berinvestasi Reksadana Saham Meski Pasar Turun Dengan Tips Ini"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.