} Mudahnya Cari Lowongan Kerja di Era Digital - Bambang Irwanto Ripto

Mudahnya Cari Lowongan Kerja di Era Digital

Alhamdulillah bulan April 2023 besok, adik saya mendapat pekerjaan yang baru. Tempat kerjanya juga masih searah dengan tempat kerja sebelumnya. Jadi masih bisa perangkat dan pulang kerja bareng istrinya yang juga bekerja di daerah sekitar itu.

Era Digital Memudahkan Cari Lowongan Kerja
Desain  Canva

Ini terbilang suprais. Soalnya selama ini dia diam-diam saja melamar di perusahan lain. Kapan masukin lamarannya, kapan tesnya, tahu-tahu sudah diterima saja. Tidak apa, yang penting jangan lupa traktirannya saja hehehe. 


Cari Kerja Tempo Doeloe

Dibandingkan sekarang, mencari pekerjaan zaman dulu itu lebih susah dan butuh perjuangan. Sebagai generasi X yang mencari pekerjaan di tahun 1995 sampai 2000 awal, saya pun mengalami hal ini. Dan berbagai kesukaran saya alami saat mencari pekerjaan.

Cari kerja Zaman Old VS Zaman Now
Foto : Ron Lach (Paxels)


Lowongan Kerja di Koran

Dulu itu, saya mencari lowongan kerja di koran. Makanya setiap sabtu minggu, saya pasti membeli surat kabar, karena banyak lembaran lowongan kerja. Mulai dari iklan baris, sampai iklan kotak. Bila ada yang cocok, maka saya lingkarin hehehe. 

Setelah mendapatkan lowongan kerja yang cocok, maka saya pun segera menulis surat lamaran pekerjaan dulu. Sebelah itu menyiapkan berkas lain.  Berbagai fotocopy saya siapkan. Mulai dari ijazah, KTP, dan Surat Berkelakuan Baik. Tidak lupa daftar riwayat hidup termasuk pas foto. Kemudian baru dimasukkan ke map. kemudian dimasukin lagi ke dalam amplop

Setelah itu, bila ada alamatnya jelas, maka saya antar langsung. Tapi kalau berupa Po Box, maka saya kirim lewat pos. Biasanya saya mengirim beberapa berkas lamaran.

Jalan Mencari Lowongan Kerja

Cara lain saya mencari lowongan kerja adalah dengan mendatangi langsung lokasi. Nah, kebetulan kan, saya awal merantau di Jakarta itu mengontrak rumah di dekat kawasan Pulo Gadung. Secara berkala, saya keliling kawasan sambil membawa surat lamaran pekerjaan. Tentu saja berharap ada lowongan kerja yang pas untuk saya.

Tapi begitu lah. Sudah lelah berjalan kaki mencari lowongan ke sana kemari, namun yang kudapatkan jawaban belum ada lowongan kerja yang pas. Terik panas dan ditambah lapar, mengiringi langkah saya pulang ke rumah kontrakan hahaha.

Lowongan kerja Lewat Yayasan

Awal tahun 2000, ada sistem kerja yang berlaku, yaitu lowongan kerja lewat yayasan. Jadi contohnya yayasan Sejahtera bekerjasama dengan PT. Nusa Persada. Nah, PT Nusa Persada sedang membutuhkan pekerja. Nah, yayasan Sejahtera ini yang mencari pekerja yang nantinya akan bekerja di PT. Nusa Persada.

Sistem kerjanya juga sistem kontrak, antara pekerja dan yayasan Sejahtera. Biasanya rata-rata 1 tahun. Kalau bagus kerjanya, bisa diperpanjang. Nanti PT. Nusa Persada yang membayar ke Yayasan Sejahtera. Baru nanti Yayasan Sejahtera yang menggaji pekerja. Tentu saja ada sistem berapa persen dari gaji.


Mudahnya Mencari Lowongan Kerja Zaman Now

Mencari pekerjaan tempo doeloe memang harus mental kuat. Karena banyak menguras tenaga dan waktu. Selain itu pastinya harus mempersiapkan modal untuk mempersiapkan lamaran kerja. Dan memang seperti itulah gambarannya, senada dengan artikel yang saya baca di situs Pricebook.

Berbagai Lowongan Kerja di Internet
Foto : Ketut Subiyanto (Paxals)

Makanya bersyukur sekali nih, generasi Z bisa lebih mudah mencari lowongan kerja. Seperti yang di alami oleh adik saya. Tinggal buka laptop, browsing, maka sederet lowongan sudah ada. Apalagi semakin banyak platform dan aplikasi pencari kerja juga.

Lowongan kerja online ini jelas lebih efisien waktu dan tenaga. Pastinya juga lebih hemat karena tidka perlu berulang kali menulis surat lamaran kerja, fotocopy bekas berulang, termasuk membeli amplop dan ongkos kirim lamaran hehehe.

Proses rekrut karyawan juga lebih mudah, karena serangkaian tes bisa dilakukan secara online, temasuk sesi wawancara. Bahkan seiring sejalan, saat bekerja juga bisa dilakukan secara online. Apalagi semakin banyak platform dan aplikasi pencari kerja juga.

Internet Memudahkan Mencari Lowongan Kerja di Era Digital

Tapi tidak bisa dipungkiri, kemudahan mencari lowongan kerja zaman now ini berkat hadirnya internet juga. Salah satunya layanan internet IndiHome dari Telkomsel Indonesia. Tinggal duduk manis di rumah, tidak perlu panas terik dan lapar seperti yang saya alami dulu. 

IndiHome Memberi Akses Internet Cepat


Saya pribadi pun, sangat terbantu dengan kehadiran internet ini. Sebagai penulis freelance, pekerjaan saya semua bersinggungan dengan dunia digital. Dari mencari info kerja di media sosial, mengirim pekerjaan, sampai akhirnya mengecek fee yang sudah ditransfer hehehe. Koneksi internet yang cepat, pastinya akan semakin mempercepat pekerjaan saya.

Itu dia cerita saya tentang mencari lowongan kerja tempoe doeloe dan zaman now. Jelas sekali perbedaannya, ya. Pastinya harus membuat generasi zaman now, terus bersemangat mencari kerja.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

42 Responses to "Mudahnya Cari Lowongan Kerja di Era Digital"

  1. sebagai freelance kalau lowongan-lowongan side hustle gitu saya beberapa kali coba. Tetapi kalau digital kaya di media linkedin gitu lom pernah nyoba, kudu belajar lagi.

    ReplyDelete
  2. Kalau daku seringnya lewat portal lowongan kerja Pak, terus menggunakan fitur notif yang ketika ada loker baru tentang posisi yang daku incar langsung deh updatenya. Sehingga bisa lebih gercep kirim CV-nya.
    Nah tentunya itu kudu dengan internet yang stabil, biar sampai dengan selamat portfolio yang dikirimkan

    ReplyDelete
  3. Saya setuju banget deh sama tulisan ini!
    Been there soalnya, dulu saya lulusan zaman purbakala *halah, hahaha.
    Zaman di mana, mau internetan kudu ke warnet.
    Rempong banget cari lowongan kerja, terpaksa mengandalkan koran.
    Sekarang mah tinggal klik udah bisa nemu lowongan kerja

    ReplyDelete
  4. hihihi #tos ... saya dulu juga cari loker di surat kabar
    sekarang mudah banget, yang penting nambahin skill agar bisa memenangkan persaingan
    Dan semua bisa dilakukan dengan bantuan internet cepat

    ReplyDelete
  5. Merasakan juga sih di masa cari kerjaan dari lembaran loker kayak di kantor pos gitu, perlu survei langsung untuk taruh surat lamaran ke perusahaan langsung gitu juga pernah. Tapi kalau yang cari di koran, belum ada di masa itu
    Bener2 hadirnya Internet dalam sehari2 berguna banget, apalagi menunjang pekerjaan atau mencari lowongan kerjaa

    ReplyDelete
  6. Merasakan juga sih di masa cari kerjaan dari lembaran loker kayak di kantor pos gitu, perlu survei langsung untuk taruh surat lamaran ke perusahaan langsung gitu juga pernah. Tapi kalau yang cari di koran, belum ada di masa itu
    Bener2 hadirnya Internet dalam sehari2 berguna banget, apalagi menunjang pekerjaan atau mencari lowongan kerjaa

    ReplyDelete
  7. Sekarang mencari lowongan kerja makin mudah ya pak, apalagi kalau menggunakan IndiHome. Mengakses infomasinya pasti makin cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Terlebih lagi ternyata dapat balasan bahwa lanjut ikut tes online. Wah ini nih butuh internet cepat buat mengerjakannya

      Delete
  8. Ikut dan pernah merasakan bagaimana bedanya mencari kerja tempoe doeloe dan tempo kini. Sekarang mudah banget, kalau dulu harus carii infor di koran, kirim lamaran langsung ke kantor. Sekarang informasi makin mudah, dan prosesnya juga mudah

    ReplyDelete
  9. Memang jaman sekarang jadi mudah dengan internet ya,
    Tapi walaupun mencari lowongan kerja online dapat menjadi cara yang efektif untuk menemukan pekerjaan yang tepat, calon pelamar harus selalu berhati-hati terhadap penipuan atau situs web palsu yang mengklaim menyediakan lowongan kerja palsu.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah banget yaa...Pak Bams.
    Dengan adanya internet cepat Indihome dari Telkom Indonesia, Maka kebutuhan akan informasi lowongan pekerjaan mudah diperoleh.

    Dan efek lainnya adalah lowongan pekerjaan ini bisa diakses oleh siapapun, sehingga lebih luas dalam Hal persaingan di dunia kerja.

    ReplyDelete
  11. Lima tahun terakhir memang era kejayaan content creator di Indonesia. Sangat mudah mencari pekerjaan online di era yang serba digital. Benar, internet sangat memudahkan semua.

    ReplyDelete
  12. Internet memberikan kemudahan bagi kita untuk bisa mencari lowongan pekerjaan secara online ya mas Bams

    ReplyDelete
  13. Banyak cara untuk meraih informasi lowongan kerja ya Pak Bams.
    Yang penting tekad kuat dan semangat.
    Apalagi asiknya di jaman now ini cari loker bisa lewat website maupun platform loker, pastikan saja internetnya stabil dan kuat

    ReplyDelete
  14. Beruntung ya generasi sekarang. Semua informasi bisa terjangkau hanya lewat internet sembari duduk. Jaman saya loh lebih parah lagi ketimbang Mas Bambang. Karena dulu alat komunikasi dan internet belum eksis. Apa-apa tuh mengandalkan telpon analog dan pembicaraan manual. Yang pakai komputer aja masih sangat jarang hahahahaha. Saya ngetik skripsi masih pakai mesin tik yang bikin jari-jari berotot hahahaha

    ReplyDelete
  15. Hehe aku pernah merasakan nyari lowongan kerja di koran, mata sepet karena tulisannya mini-mini kolomnya, padahal aku belum lulus kuliah, niat banget beli koran baru, sebenarnya hanya untuk referensi nanti bisa kerja apa aja? Nah sekarang emang paling enak tinggal cari di internet

    ReplyDelete
  16. Aku juga sangat setuju dengan artikel ini. Mencari lowongan kerja di era digital memang lebih mudah dibandingkan dulu. Dengan berbagai macam platform online, kita bisa dengan mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita.

    Terlebih lagi, kita bisa memperluas jaringan kita dengan mudah, sehingga kita bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang lebih banyak. Ini sangat membantu dalam meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai ya, mas.

    ReplyDelete
  17. Dengan adanya internet, sangat terasa ya perbedaan mencari pekerjaan zaman sekarang dengan waktu doeloe yang konvensional. Semoga generasi sekarang lebih kuat lagi secara mental dan lebih siap lagi secara kompetensi dalam perjuangan mencari kerjaan di era digital

    ReplyDelete
  18. Jadi ingat saat-saat kuliah dulu. setiap hari sabtu selalu berburu koran Fajar (salah satu koran terbesar di Makasaar saat itu) untuk melihat lowongan kerja yang banyak ditampilkan di koran tersebut. Ahh ternyata waktu itu sudah sangat lama berlalu

    ReplyDelete
  19. Waah, saya juga pernah ngerasain cari lowongan kerja di koran, Pak Bams. Dulu begitu ada yang sesuai dengan kualifikasinya langsung deh kirim lamaran lewat pos.
    Kalau sekarang lebih praktis, ya. Cari kerjaan tinggal lihat di internet. Praktis dan ekonomis.

    ReplyDelete
  20. aaah saya saya..dulu cari lamaran di koran Pikiran Rakyat atau Kompas :D alhamdulillah sekarang mah praktis ya, cari loker di internet apply nya lewat internet wawancaranya via internet bahkan kadang kerja nya pun remote pake internet juga

    ReplyDelete
  21. Tahun 2013 saya wawancara lewat telepon dengan kantor yg based nya di Papua..sekarang udah ga jaman, jadi lewat linkedin ya terus lewat zoom atau video conference.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tahun segitu udah lewat internet ngelamarnya tapi iya dihubunginya lewat telepon terus diundang wawancara langsung. Kalau sekarang kerja bisa di manapun ya mbak, wawancara juga bisa via zoom.

      Delete
  22. Alhamdulillah ya, berkat adanya internet mempermudah segala hal. Kalau masih kayak zaman dulu, nyari lokernya lewat koran atau keliling gitu ya kemungkinan lama dapatnya.

    ReplyDelete
  23. Dulu cari info loker dari koran atau datang ke acara job fair
    Sekarang cari loker bisa dilakukan secara online ya mas

    ReplyDelete
  24. senangnya makin maju dan canggih teknologi jadi makin memudahkan kita ya kalau dimanfaatkan dengan baik :)

    ReplyDelete
  25. Jadi ingat jaman dulu nyari lowongan ikut ke job expo, repot bikin banyak surat lamaran. Sekarang lebih praktis yaa cari lowongan

    ReplyDelete
  26. sekarang cari lowongan kerja memang lebih mudah ya pak, karena bisa kita cari pakai aplikasi atau media sosial aja.. berkat bantuan internet cepat juga pastinya ya

    ReplyDelete
  27. Zaman koran masih eksis, jadi rebutan, kalau ga gitu, mampir di penjual koran, numpang nyatat lowongan kerja yang ada. Sekarang dengan internet sudah semakin mudah

    ReplyDelete
  28. Lebih simpel dan lebih mudah sih memang kalo cari kerja vis online. Dah ga perlu keluar buat apply lamaran. Wawancara pun sekarang bisa via gmeet.

    ReplyDelete
  29. Hahaha jobseeker sekarang emang dimanjakan banget sih. Internet bikin gampang mulai dari cari lowongan, ngirim bahkan bikin CV bisa milih desain sesuai style perusahaan. Internet berkualitas eman manfaatnya luar biasa

    ReplyDelete
  30. Aku sempet nih ngerasain cari lowongan di koran trus dilingkari gtu 🤣 habis ngelist lowongan langsung fotokopi berkas + pas foto. Paling sebel pas cetak foto dan hasilnya jelek jd mager ngirim hehe

    ReplyDelete
  31. Zaman sekarang cari kerja dan melamar kerjaan memang lebih mudah, adekku dulu juga gitu, diam-diam di rumah aja tahu-tahu ada panggilan. Beda banget sama zaman dulu, cari loker di koran, kirim lamaran, nunggu panggilan. Ribet yakkk...

    ReplyDelete
  32. Ya mas setuju dgn adanya internet kita bisa follow berbagai info, misalnya csri lowongan kerja lebih cepat. Gak harus nyobekin koran seperti dulu.

    ReplyDelete
  33. Aslii dehh gimana yaa besok besokk kalau ngga ada internet? Iseng ajaa pengen tahu reaksi orang-orang yang biasa hidup dengan internet tibatiba ngga ada internet gitu, dah lahh semua aktivitas emang butuh internet banget. untung ada IndiHome yang jangkauannya luasss banget ya pak

    ReplyDelete
  34. Zamanku sudah lewat internet untuk cari loker.Tapi, kalau baca koran memang suka kepoin kolom loker.

    ReplyDelete
  35. tampaknya kita satu generasi ya mas Bambang, saya juga ngalamin banget perihnya nyari lowongan kerja jaman old lewat koran terus di lingkarin spidol dan nyiapin berkas lamaran. Yang paling rudet itu foto copian cv + resume+sertifikat yang sampai puluhan dan nulis tangan surat lamaran yang puluhan juga! hahahaha. gak berhenti disitu, aku juga ngalamin keliling di kawasan pabrik demi bisa ngelamar terus titip amplop berisi CV titip di post satpam. hasilnya? NOL juga! sedih. nah kalo kerja di yayasan aku belum pernah tapi adikku pernah. ya gitu deh, gajih gak full karena dipotong admin yayasan. sekarang tuh enak banget deh, ngelawar dan masukin cv sampai interview bisa online. gak perlu foto copy ini itu, gak perlu ke POS kirim surat lamaran dan bahkan bisa interview dalam keadaan belum mandi asal udah make up-an! enak ya, hehe

    ReplyDelete
  36. Baca pengalaman Pak Bams, jadi inget juga nih aku zaman dulu cari lowongan kerja di koran. Duh, ampun dah. Sekarang sudah ada internet begini lebih praktis dan cepat ya

    ReplyDelete
  37. sekarang nggak perlu nungguin koran ya pak hahaha bisa langsung buka info loker pake internet, bahkan bisa numpang wifi juga. beruntungnya kemajuan teknologi sangat pesat

    ReplyDelete
  38. Semakin majunya zaman, semakin mudah pula dalam melakukan sebuah aktivitas. Termasuk dalam mencari kerja. Semoga dengan kemudahan yang ada, kita semua bisa mendapat pekerjaan yang diimpikan.

    ReplyDelete
  39. jaman sekarang makin gampang cari info loker, tapi saingannya juga makin kenceng ya mas, mesti pinter2 upgrade skill juga nih

    ReplyDelete
  40. Zaman sekarang, cari info loker cukup lewat HP aja ya pak. Di Medsos dan situs-situs juga banyak. Yang penting sinyal dan datanya lancar aja😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.