} Mau Santai atau Memacu Adrenaline, di Brujul Advanture Park Peniron Kebumen Saja - Bambang Irwanto Ripto

Lagi-lagi tanpa rencana. Jadi minggu, 2 Februari 2020 itu tujuan utama saya sebenarnya bukan ke Brujul Adventure Park Peniron ini, tapi ke Curug Sindaro. Tapi saya kebablasan jalannya, dan nyasar di daerah Karangsambung sampai Sadang hahaha.

Jadi dari patokan alun-alun Kebumen, saya seharusnya ke arah pemandian air panas Krakal, Alian. Tapi saya malah ke arah Karangsambung, sesuai arahan orang saat saya bertanya. Lalu pas saat saya tanya orang lain di daerah Karangsambung, mereka kasih arah yang salah hahaha. Akhirnya saya nyasar, setelah pas balik arah, saya iseng lewat jalan lain.

Wih.. ternyata jalanan itu panjang dan saya tak tahu akan menuju ke mana nanti. Tapi perasaan saya sih, pasti akan tembus ke Kebumen. Dan dengan sok-soknya, saya tak bertanya. Sok mengandalkan hati nurani yang paling dalam. Halah... hahaha.

Nah, saya terkejut saat pas melewati jalan dan melihat gerbang tertuliskan Brujul Advanture Park. Wah.. saya mulai ngeh. Kayaknya saya berada di daerah Peniron kecamatan Pejagoan. Dan feeling saya pas, jadi ini nantinya akan tembus ke kota Kebumen juga.

Soalnya saya pernah ke daerah Peniron. Hanya bukan ke Brujul Adventure Park, tapi ke Taman Banyu Langit. Itu juga saya ke Taman Banyui Langit tak ssengaja. Waktu itu saya mencari Bukit Pranji. Tapi ternyata sudah tutup. Eh, malah ada yang menunjukkan ke Taman Banyu Langit saja.

Wah, kebetulan nih, mampir saja lah.. hehehe. Saya pun membelokkan motor saya masuk ke gerbang Brujul Adventure Park. Di situ juga ada loketnya. Seorang Mbak langsung menghampiri saya. Tiketnya seharga 10 ribu, sudah termasuk parkir.

Saya pun memastikan arah ke Brujul Adventure Park pada Mbak yang jaga loket. Katanya  saya ikuti jalan cor-coran saja naik ke atas.  Nanti akan ketemu tempat wisatanya.

Saya pun melajukan pelan motor saya. Suasananya masih sangat pedesaan. Saya pun bertemu beberapa Bapak-Bapak yany sedang kerja bakti. Tapi saya tak bertanya, dan mencobamengikuti jalan saja.

Eh... ternyata saya bingung. Lokasi wisatanya di mana? Padahal jalanan sudah menurun dan melewati sungai kecil. Saya tanya dua anak kecil yang main di sungai, mereka tidak tahu. Untung saya bertemu seorang nenek. Katanya saya kelewat. Harusnya naik ke atas.

Saya pun balik lagi, lalu naik ke atas. Nah pas di atas, ada jalan bercabang. Satunya lurus, dan satunya belok kanan menurun, Nah, jalanan mana yang akan saya pilih? Halah... hahaha.
Saya pun memutuskan belok kanan jalan menurun. Harus hati-hati karena lumayancuram. Dan apa yang terjadi pemirsah? Saya malah kembali ke jalan cor-coran yang pertama kali saya lewati hahaha.

Untunglah ada Mas-Mas sekeluarga naik motor. Saya tanya lagi. Jadi ternyata pas di atas dan jalan bercabang tadi, saya lurus ikuti jalan satu terus ke atas. Nanti mentok dan ketemu Brujul Advanture Park. Hehehe kelewatan maning.

Akhirnya saya kembali dan mengikuti petunjuk. Jalanan cor-coran tapi mulus. Tidak lama  saya pun sampai di Brujul Advanture Park. Horeeee... sampai. Sesuai petunjuk, motor parkirnya di bawah.

Saya happy  karena melihat ada 2 warung buka. Itu tandanya lumayan ramai. Saya pun mampir sejenak ke salah satu warung minum teh botol pucuk dan makan kacang sukro. Dan ternyata. Saya pengunjung pertama, padahal sudah pukul 10.

Setelah istirahat sejenak, saatnya bertualang. Biar lebuh afdol, foto dulu di depan pintu masuknya. Tapi alamak.. kacamata andalan saya mana? Wih.. kayaknya ketinggalan. Tapi kalau tidak ada foto selfie, nanti dikira hoax. Yo wislah.. kali spesial buat pemirsah, bisa lihat full ketamanan wajah saya tanpa kacamata hitam. Wkwkwkw.... Halah gaya benar saya ini.

Dari pintu masuk saja, mata saya sudah dimanjakan oleh pemandangan keren. Hutan pinus dan batu-batu besar berpadu. Sangat alami, bikin mata sejuk dan hati adem. Dan memang seperti inilah nuansa bukit-bukit di Kebumen yang lebih banyak didominasi oleh hutan pinus, karena memang kawasan wisata masih dalam wilayah perhutani.

Saya pun melihat papan-papan petunjuk. Sejenak saya bingung mau ke mana dulu, nih. Tapi kok saya mendengar suara gemicik air. Wah.. kayaknya ada curug ini. Makanya saya memutuskan mencari curug dulu, sebelum ramai pengunjung.

Ternyata.. letak curugnya tidak jauh. Hanya sebuah curug kecil. Tapi curug ini ada ceritanya. Jadi curug Loh ini dulu katanya dipakai sebagai tempat wudhu oleh Pangeran Diponegoro, lalu salatnya di atas. Nah, batu-batu di atas curug Loh itu adalah batu Tumpang. Dan memang pas dilihat, batu-batu ini saling bertindihan.

Saya pun langsung pose-pose di curug Loh. Pemandangan yang sangat asri sangat menunjang foto. Tidak lupa saya membasuh wajah, tangan, dan kaki juga. Segaaaaaaar.....

Tidak jauh dari curug Loh, ada juga view yang menurut saya sangat menarik Terusan aliran dari curug Loh, lalu di atasnya ada jembatan dari batang pohon pinus, itu keren. Makanya tidak saya lewatkan foto di tempat itu.

Setelah puas di curug Loh, saya pun memutuskan ke atas. Batu-batu besar yang ada di sini, bukan sengaja diletakkan lho, tapi memang sudah dari sananya. Jadi sangat alami.Saya pun semangat menyusurui Brujul Adventure Park ini.

Batu-batunya sangat eksotis, besar, beragam bentuk. Selain batu tumpang tadi, ada batu buaya, batu Ambeng, dan lainnya.

Nah, sesuai namanya yang pakai advanture, di sini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tapi juga memacu adrenali. Makanya pengelola menyediakan banyak permainan. Ada paint ball, sepeda gantung, ayunan, dan lainnya. Jadi memang bagusnya ke sini rame-rame dan seru-seruan.

Saya pun memutuskan terus ke atas. Pemandangan di atas juga indah. Saya sebenarnya pengin mencoba wahana, kayak naik sepeda gantung dan flying fox. Tapi sayang yang jaga belum ada hehehe. Akhirnya sok-sok foto saja di tempat hahaha.

Dan seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Brujul Advanture Park perpaduan hutan pinus dan batu-batuan besar yang sangat memikat. Itulah sebabnya, hampir semua sudut bisa jadi spot foto menarik. Saya pun tidak lupa pose-pose di batu-batu yang laindai dengan latar belakang hutan pinus.

O, iya. Di bawah tadi ada arena khusus anak-anak. Jadi Brujul Advanture park ini sangat cocok bagi rombongan anak-anak sekolah dasar juga. Pastinya mereka akan happy.

Hanya di sini lumayan banyak nyamuk. Makanya sebelum naik tadi, penjaga warung mengingatkan pakai lotion anti nyamuk dulu. Tapi saya sok imut menolak. Makanya sesekali saya harus berperang juga melawan nyamuk yang berani-berani menempel di kulit sawo matang mulus saya hahaha.

Tapi secara keseluruhan Brujul Adventure Park ini sangat menarik. Dan memang wisata rombongan bagus. Bisa rombongan anak sekolah, perusahaan, atau komunitas. Seru.. Jadi kalau ke kebumen, jangan lupa mampir ke Brujul Advanture park, ya.

Selamat jalan-jalan, teman-teman. Yuk, dolan ke Kebumen.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

34 Responses to "Mau Santai atau Memacu Adrenaline, di Brujul Advanture Park Peniron Kebumen Saja"

1. Jalan2 terus ya Pak Bambang.. Konon katanya punya hobi jalan2 itu bikin happy karena selalu menemukan sesuatu yang baru dan indah2..

Replies
    1. Iya, Mbak Rita. Jalan-jalan itu sangat menyenangkan, menyejukkan hati dan jiwa hahaha. Terus banyak ide dan inspirasi yang akan didapat. Yuk, jalan-jalan ke Kebumen, Mbak.

Delete
  2. Hmm, aku tidak pernah menduga di Kebumen ada wisata alam yang ada pohon pinus dan dilengkapi taman bunga. Bisa dijadikan alternatif ni buat liburan kesana bersama keluarga.

Replies
    1. Wisata Kebumen sangat lengkap, Kak. Dari pantai, bukit, gua, bendungan, embung, dan lainnya. Jadi jangan lupa dolan ke Kebumen, Kak

Delete
  3. Next time bawa peta atau google map trus bawa juga pemandu perjalanan si bunda Kompas kak, itu Curug walaupun kecil tetap istimewa memukau asli keren.

Replies
    1. Iya, Mas Efri. Selama ini saya mengandalkan alamat dan bertanya pada warga. Tapi walau nyasar, tetap dapat tempat wisata lainnya, Mas hehehe.

4. suasaannya yang adem pasti bikin betah

Replies
    1. Bikin betah, Mbak Tira. Apalagi banyak gazebo juga buat ngadem, Mbak.

Delete
  5. Asri banget ya. Kayaknya aku betah lama-lama di sini. Maklum, tinggal di kota ngeliat gedung-gedung sejauh mata memandang. Apalagi tempatnya bagus buat bikin konten. Kereeeeen.

Replies
    1. Mau kemping juga bisa, Mas Bimo. Jadi lebih lama menyatu dengan alam. Yuk, dolan ke Kebumen, Mas.

Delete
  6. Kayaknya bunga celosia lagi hits ya ditanam di tempat-tempat wisata kayak yang ada di Taman Banyu Langit, tapi emang cantik sih, dan ada banyak warna

Replies
    1. Iya, Mbak. Karena warna-warninya dan mungkin cepat berbunga.

Delete
  7. Ah, suka banget hutan pohon pinus. Serasa adem. Kayak di Glamping Bandung. Kalau aku ke sana pasti aku gak mau pulang. Curug nya seger ya. Jadi pengen mandi2 cantik gak sih?

Replies
    1. Iya, di sini adem dan sejuk, Mbak Jasmi. Dan air curugnya memang segar sekali Kayaknya mandi memang pas ya. capek jadi hilang hehehe.

Delete
  8. Wah aku baru tahu di Kebumen ada brujul adventure Park. Biasanya ke alun2 Kebumen doang. Kan mertua ku asli sana. Mau ke pantai menganti aja belum jadi2

Replies
    1. Ayo, nanti jelalah Kebumen, Mbak Dian. Soalnya wisatanya sangat beragam, memikat, pas di hati dan kantong hehehe.
      Kalau sekitar alurn-alun, paling yang terdekat Kampoeng Etnik, Mbak.

Delete
  9. Karena namanya adventure park jadi memang harus ada petualangannya dulu ya baru nyampe mas XD Saya juga kadang nyasar pas mengunjungi wisata alam. Apalagi yang tempatnya luas. Mungkin kurang banyak tanda penunjuk arahnya

Replies
    1. Benar sekali, Mbak Fira. Jadi sudah disuguhkan keseruan sebelum sampai lokasi wisata hahaha. Dan memang, wisata alam itu kebanyakan di pelosok, jadi tanda petunjuk, plang wajib sekali, Mbak, selain mengandalkan bertanya pada warga.

Delete
  10. Keliatnya asik banget tempatnya ms. Tiket masuk dan parkirnya juga cukup terjangkau. Kok jadi tertarik buat naik sepeda gantungnya itu. Brrti di setiap permainanya juga bayar lagi ms?

Replies
    1. Iya, Mas. Jadi naik sepeda gantung dan permainan lainnya, bayar lagi. Tiket 10 ribu itu hanya untuk tiket masuk ke lokasi dan parkir.

Delete
  11. kok enggak kelihatan pengunjung lain sama sekali apakah memang sepi om? Atau memang om nyari saat-saat sepi waktu trveling kayak ke curug apa kmrin itu ya yang dikuasai sendiri juga. Hehehe. Btw, pemandangan hutan pinusnya keren

Replies
    1. Iya, Mbak Eni. Kebetulan saya memang pengunjung pertama hehehe. Padahal ini hari minggu. Biasanya, saya malah jalan hari biasa, sengaja biar pengunjung sepi hehehe.

Delete
  12. Aktifitas di alam terbuka begini memang menyenangkan sekali yah. Dengan udara yang segar dan pemandangan yang indah. Aku kalo diajakin kesana mau donk coba memacu adrenalinnya. Seru banget nampaknya tuh,apalagi biaya juga masih terjangkau ya bang.

Replies
    1. Iya, Mbak Ririn. Di sini asyiknya bareng teman-teman. Jadi bisa coba semua aktivitas, termain paint ball.
      Yuk, dolan ke kebumen, Mbak.

Delete
  13. Masih Asri banget ya. Dengan tiket seterjangkau itu bisa menikmati keindahan Alam yang luar biasa cantiknya. Permainan-permainannya Juga menarik.

Replies
    1. Iya, Mbak Marita. Rata-rata tiket wisata Kebumen itu pas di hati dan kantong. Jadi wajib dolan ke Kebumen.

Delete
  14. Cocok buat menghirup udara segar ya di sini? Hampir2 mirip sama yang di Baturraden sepertinya :3 pengin deh ke sana, deketan inih :3 mau nanjak biar capek XD

Replies
    1. Mungkin, Mbak Marfa, soalnya saya malah belum pernah ke Baturaden hehehe. Next mau jalan-jalan ke sana, Mbak.

Delete
  15. Tempat-tempat seperti inilah yang bisa memacu adrenaline saya untuk mengeksplore ke Brujul Adventure Park... saya suka hal yang menantang haha

Replies
    1. Makanya kalau ke Kebumen, jangan lupa mampir ke Brujul Advanture Park, Kak. Dijamin seru dan dapat pengalaman bertualang baru.

Delete
  16. Sudah berapa wisata Kebumen yang saya baca di blognya Bang Bang ya? Beberapa di antaranya Curug. Kolabirasi sama Bang Pringadi Abdi soal dunia per-curug-an nampaknya bakalan keren nih. Antara Curug di Bogor dan Kebumen. Btw, Bang bang seallu bisa banget ya, jalan jalan nyasar tapi menemukan tempat wisata seru.

Replies
    1. Kalau curug di Kebumen yang saya datangi baru 3, Mbak. Curug Silangit, curug Sudimoro, dan curug Sindaro. Tapi pengin menjelajah curug lainnya, Mbak.
      Nah, curug-curug di Bogor itu memang keren-keren, Mbak.

Delete
  17. Benar-benar adventure ya Mas, dari awal aja udah banyak lika-likunya, tapi sebanding ya dengan pemandangan yg didapatkan, kereeeen iih. Segar juga pasti ya berada disitu.

Replies
    1. Iya, Mbak Diah. jadi full bertualang dari awal jalan sampai tempat wisata. Jadi semakin seru...

Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.