} Mau Membeli Cincin Tunangan? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini - Bambang Irwanto Ripto

Mau Membeli Cincin Tunangan? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Adakah teman-teman yang dalam waktu dekat ini bertunangan? Mau membeli cincin tunagan? Ketahui dulu hal-hal berikut ini.. Soalnya cincin tunangan banyak jenis. Biar teman-teman bisa memilih sesuka hati.

saat akan membeli cincin pertunangan
Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat akan Membeli Cincin Pertunangan

Sebelum serius melangkah ke jenjang pernikahan, biasanya sepasang kekasih akan melangsungkan pertunangan terlebih dahulu sebagai bukti komitmen untuk hidup bersama. Di masa ini, pasangan pria akan memberikan cincin tunangan kepada pasangan wanita. Ketika mereka sudah memakai cincin ini, artinya pintu hati untuk orang lain sudah tertutup.

Sekilas Tentang Cincin Pertunangan

Cincin pertunangan merupakan cincin yang dipakaikan di jari pasangan. Fungsi dari cincin ini adalah sebagai simbol ikatan sebelum menuju ke jenjang pernikahan. Tradisi tukar cincin pertunangan ini memang sudah ada sejak zaman Yunani kuno dengan tujuan yang sama. Sampai saat ini, tradisi ini masih sering dilakukan oleh sebagian besar pasangan.



Jenis-Jenis Cincin Pertunangan Berdasarkan Bahan yang Digunakan


Sebelum membeli cincin pertunangan, teman-teman bisa simak dulu ulasan berikut seputar jenis-jenis cincin pertunangan berdasarkan bahan yang digunakan. Dengan beragam jenisnya, membuat teman-teman mempunya banyak pilihan. Pastinya jangan lupa didiskusikan juga dengan calon pasangan.




1. Cincin pertunangan emas kuning

Emas kuning adalah salah satu jenis logam mulia yang kuat dan tidak dapat terpengaruh oleh reaksi kimia. Bahan ini sangat sering digunakan untuk membuat cincin sejak dulu. Karena sifatnya yang tahan lama dan juga kemurniannya, emas kuning sangat ideal untuk dijadikan perhiasan seperti cincin pertunangan. Walaupun kuat, namun tidak direkomendasikan menggunakan emas kadar 24 karat karena akan menjadi terlalu lentur untuk dibentuk.


2. Cincin pertunangan emas putih

Emas putih bisa dijadikan alternatif selain emas kuning untuk dijadikan bahan pembuatan cincin pertunangan. Adanya campuran logam lain seperti rodium lah yang membuat warnanya berubah menjadi putih. Untuk kaum muda, emas putih dianggap jauh lebih menarik daripada emas kuning karena dirasa lebih minimalis, modern, dan pancaran sinar yang tidak terlalu mencolok.

Tak hanya itu, cincin yang dibuat dari emas putih juga lebih aman digunakan. Sekilas, warna emas putih mirip dengan platinum atau perak di mata orang awam. Jadi, cincin ini tidak akan terlalu menarik perhatian dan menghindarkan dari kejahatan.


3. Cincin pertunangan platinum

Beberapa kebudayaan masyarakat tidak membolehkan laki-laki untuk memakai perhiasan yang terbuat dari emas. Oleh sebab itu, platinum bisa menjadi salah satu alternatif bahan pembuatan cincin pertunangan. Logam ini mempunyai sifat anti korosi dan kuat. Namun, platinum termasuk bahan yang lumayan langka sehingga harganya terkadang lebih mahal dibandingkan bahan emas. 


4. Cincin pertunangan palladium

Palladium adalah logam yang cukup diminati untuk dijadikan bahan pembuatan cincin pertunangan. Sekilas tampilannya mirip platinum dengan harga yang lebih murah. Walaupun tidak seawet cincin platinum, namun cincin palladium masih terbilang cukup awet untuk dijadikan cincin pertunangan yang memiliki masa pakai lebih singkat daripada cincin pernikahan.


5. Cincin pertunangan perak

Bahan ini tentu sudah tidak asing lagi di sebagian besar masyarakat. Cincin perak memiliki harga di bawah cincin emas. Dari segi ketahanan, perak memang tergolong lebih rapuh daripada logam lainnya dan warna perhiasan dari perak akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, cincin dari bahan perak harus mendapatkan perawatan yang ekstra hati-hati.


6. Cincin pertunangan rose gold

Cincin pertunangan rose gold semat menjadi tren, terutama untuk pasangan muda. Rose gold merupakan emas yang memiliki warna agak merah muda. Bahan ini merupakan campuran dari emas dengan perunggu atau perak. Salah satu alasan kenapa rose gold menjadi tren adalah karena masyarakat mulai mencari varian lain. Selain itu, warna feminin yang kuat membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

Setelah menemukan jenis cincin tunangan yang paling cocok untuk teman-teman, langkah selanjutnya adalah membelinya di toko yang terpercaya, salah satunya adalah Diamond & Co. Untuk informasi lengkap atau katalog produk, teman-teman bisa mengunjungi website Diamondnco.id.



Nah, itu tadi ulasan jika teman-teman mau membeli cincin tunangan, maka perlu sekali diketahui hal-hal di atas. Semoga bermanfaat. Selamat menuju hari bahagia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Membeli Cincin Tunangan? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.