} Program Sertifikasi Data Scientist Terbaik - Bambang Irwanto Ripto

Program Sertifikasi Data Scientist Terbaik

Salah satu profesi yang paling banyak dicari di beberapa tahun belakangan ini adalah data scientist. Hal ini diikuti dengan semakin banyak pula kursus data science yang bermunculan dimana-mana, baik secara online maupun konvensional.

Program Sertifikasi Data Scientist Terbaik untuk Pemula
Foto : Paxel - Kevin ku (Desain Canva)

Bidang pekerjaan data science ini memang terbilang cukup sulit, karena melibatkan banyak aspek dan bidang. Meskipun hal-hal semacam ini bisa saja Anda pelajari sembari mendalami bidang pekerjaan, namun alangkah lebih baiknya jika Anda sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia pekerjaan ini.

Misalnya dengan mengambil kelas-kelas sertifikasi data science yang saat ini banyak dijumpai. Ini penting terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki latar belakang pendidikan di dunia IT. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kursus data science yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. 

program data scientist terbaik
Foto : Pexels-Chistina Morillo


1. Microsoft Sertifications

Microsoft adalah salah satu yang menyediakan layanan untuk melakukan sertifikasi data science dengan sertifikat Microsoft. Secara lebih detail sertifikasi ini meliputi :

Layanan ini menekankan pembelajaran pada platform Azure

Program ini meliputi latihan untuk melakukan pemecahan masalah bisnis dan mengoperasikan workland machine learning dengan basis platform Azure.

Durasi pembelajaran flexibel

Untuk bisa mengikuti program ini Anda perlu membayarkan biaya yang besarannya berbeda-beda di tiap negara. Untuk di Indonesia sendiri biayanya adalah senilai 1,2 juta rupiah. 

2. Data Science Professional HarvardX

Salah satu kursus data science lainnya yang bisa Anda coba adalah sertifikasi dari HarvardX. Pembelajaran pada sistem sertifikasi di sini berbasis pada platform edX. Lamanya durasi waktu belajar kurang lebih adalah 1 tahun 5 bulan dan ini juga berlaku secara fleksibel. 

Sertifikasi data science di sini  dapat diikuti mulai dari level pemula. Aspek pembelajarannya antara lain machine learning, probabilitas, konsep dasar, dan lain-lain. 

3. SAS Data Science Serifications

Ini adalah salah satu sertifikasi data science yang terbagi berdasarkan level kemampuan yang hendak Anda ikuti. Di sini tersedia mulai dari level menengah hingga ke level pakar. Untuk level menengah, lama belajar bisa dilakukan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Namun untuk level pakar lama belajar bisa dimulai dari beberapa minggu atau bahkan sampai beberapa tahun. Sertifikasi data science di sini direkomendasikan untuk perusahaan bisnis dengan machine learning yang bersifat kompleks. 

4. Senior Data Scientist

Sertifikasi yang satu ini sangat cocok diambil untuk Anda yang sudah berprofesi sebagai data scientist atau data analysis dengan pengalaman yang cukup. Yaitu minimal pengalaman selama 5 tahun. Waktu pembelajaran untuk sertifikasi ini juga fleksibel dengan materi pembelajaran yang padat. 

5. Johns Hopkins Data Science

Ini adalah salah satu sertifikasi data science yang dibuat oleh universitas Johns Hopkins. Pembelajaran data science di sini cukup lengkap dan mampu mendampingi Anda belajar mulai dari cara membuat pertanyaan yang tepat hingga pengolahan data yang menghasilkan kesimpulan hingga publikasi data tersebut dilakukan. 

6. Google Data Analytics

Ini merupakan salah satu layanan sertifikasi data science dari Google yang bisa Anda manfaatkan dengan biaya yang cukup murah. Di sini Anda bisa belajar menjadi seorang data science dimulai dari pemula tanpa pengalaman sama sekali. 

7. Pincipal Data Scientist (PDS)

Ini juga merupakan salah satu jenis sertifikasi data science yang bisa diambil oleh profesional. Cocok untuk Anda yang sudah menggeluti bidang data science dengan pengalaman bertahun-tahun. Basic platform yang digunakan di sini adalah DASCA (Data Science Council Of America). 

8. IBM Data Science

Bagi Anda pemula yang mencari kursus data science dengan durasi pembelajaran singkat, bisa memilih program ini. Yang menawarkan pembelajaran selama 3 bulan saja dengan waktu yang fleksibel. Platform yang digunakan di sini adalah Coursera dengan meliputi 9 aspek pembelajaran yang lengkap.

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Program Sertifikasi Data Scientist Terbaik"

  1. Ternyata banyak juga kursusnya ya, jadi bisa dipilih yang sesuai karena sertifikatnya bisa buat nambah CV buat melamar pekerjaan yang berhubungan Data Scientist

    ReplyDelete
  2. Profesi data scientist memang banyak dibutuhkan saat ini ya mas. Apalagi era digital semakin banyak perusahaan startup baru yang muncul dan membutuhkan profesi tersebut. Kira-kira Mas Bambang mau ambil sertifikasi yang mana nih? Hehehe

    ReplyDelete
  3. banyak juga ya ternyata program sertifikasi untuk menjadi seorang data scientiest, saya pengen ikutan kelasnya ini karena kayaknya menarik dan prospek kedepannya pastinya bagus banget

    ReplyDelete
  4. ada banyak yaa ternyata kalau mau dapat sertifikasi data scientist. yang jelas bakal berguna banget buat orang2 yang kepengin berkarir di bidang ini

    ReplyDelete
  5. Mengambil kelas2 sertifikasi data scientist saat ini semakin diperlukan apalagi di era doigital kita juga harus mumpuni bersaing di pasar global. Microsoft sertifications ini penting banget karena banyak dibutuhkan juga.

    ReplyDelete
  6. Data Scientist saat ini menjadi salah satu jenis profesi yang menjanjikan, dan mempelajarinya bisa dilakukan dengan mudah. Seperti melalui kursus. Apalagi pilihan tempat kursus saat ini makin beragam

    ReplyDelete
  7. Aku juga penasaran bgt ama sertifikasi Google ini. Kayaknya menjanjikan pula dan banyak yg gratis sih. Dulu ikut program data science yg gratisan aja udh mumet sih. Skrg ada sertifikasi. Tp ini bakal challenging bgt loh. Kl beneran ada sertifikasi, bsrarti ada standar khusus utk masuk industri ini. Dan emg ga gampang.

    ReplyDelete
  8. Salah satu profesi yang bikin penasaran buat saya ini data scientist. Pernah ikut belajar sekilas tentangnya, tapi ternyata luaarrr biasa. Jadinya kalau memang ingin bekerja di bidang ini penguasaannya memang kudu cakep dan bisa nih belajarnya di rekomendasinya Pak Bams ini

    ReplyDelete
  9. Saya selama ini baru ngeh Google Analytics. Rupanya banyak nih para pengembang Data Scientist, termasuk Johns Hopkins.

    ReplyDelete
  10. Banyak juga pilihannya ya, tapi paling kepo dengan sertifikasi data science dari Google sih...

    ReplyDelete
  11. Wah iya mas
    Semakin kesini profesi data scientists semakin banyak dibutuhkan ya
    Bekerja di sektor ini sangat menjanjikan

    ReplyDelete
  12. Wah iya benr banget mas. Bahwa data scientis sekrang banyak dicari. Wah boleh nih.nited semua dah... nunggu waktu yg tepat buat nimba ilmu lagi

    ReplyDelete
  13. Wah ini gajinya gede. Dulu saya pas penelitian juga paling sulit saat mengolah data, lalu membahasnya untuk jadi kesimpulan

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran mau tahu lebih dekat dengan program di atas
    Makin baca makin butuh penjelasan sederhana biar paham dengan benar biar kuat menghadapi era global di masa mendatang

    ReplyDelete
  15. Aku pernah belajar data scientis dan ternyata perlu fokus khusus. Padahal pengin banget ahli jadi data scientist.

    ReplyDelete
  16. Keren banget bisa mengolah data dan menjadikannya output untuk sebuah bisnis, misalnya. Karena itulah mengapa Data Scientist menjadi profesi yang langka dan paling dibutuhkan di dunia kerja.

    ReplyDelete
  17. penasaran deh jadi pengen ikutan belajar data scients, booming banget kayanya dari tahun kemarin ya, menjanjikan banget gitu job nya hihi

    ReplyDelete
  18. wah data scientist tuh sekarang peluangnya besar banget ya, aku pun waktu nyari-nyari lowongan suka nemu banyak pekerjaan ini

    ReplyDelete
  19. sekarang ini, profesi data scientist diramalkan bakal dibutuhkan dimana-mana ya, gak salah deh kalo kita cb upgrade diri dgn mempelajari dan ambil sertifikasinya

    ReplyDelete
  20. aku sempet ikutan short class data scientist sama analyst. pusing bangeeettt. tapi seru sih sebenernya hehe. dan aku baru tahu kalo ada banyak sertifikasi yang tersedia. thanks infonya Pak Bams

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.