} 5 Hal yang Saya Lakukan Saat Liburan ke Bandung - Bambang Irwanto Ripto

5 Hal yang Saya Lakukan Saat Liburan ke Bandung

Libur anak sekolah sudah tiba. Bukan anak-anak saja yang senang, orang tua juga happy. Pastinya nih, sudah banyak teman-teman yang merencanakan liburan bersama keluarga. 

Kegiatan Saat Liburan dii Bandung
Desain Canva

Nah, salah satu kota tujuan liburan banyak orang, termasuk saya adalah Bandung. Ibukota propinsi Jawa Barat ini, memang menyajikan beragam destinasi wisata. Banyak hal yang bisa dinikmati di Bandung. Dari keindahan alamnya, sampai wisata kulinernya. Ibaratnya, sekali mernegkuh dayung 2-3 pulau terlampau hehehe.

Apalagi, letak kota Bandung sangat strategis dan bisa ditempuh dengan berbagai akomodasi. Mau naik mobil atau motoran juga bisa. Naik kereta api, voleh sekali. Yang dari luar Propinsi Jawa Barat, bisa  naik pesawat.

Bandung memang kota yang menyenangkan. Itulah yang saya rasakan saat beberapa kali ke Bandung. Sekali ke Bandung. Kota Kembang itu, selalu punya magnet tersendiri untuk membuat orang datang lagi, dan terus datang.

Begitupun dengan saya yang ada rencana ke Bandung. Apalagi nih, sekarang domisi saya di Depok, jadi sudah dekat dengan Bandung. Sudah susun rencana sih,  apa saja yang akan saya lakukan saat liburan ke Bandung.

1. Main di Kampung Cai Ranca Upas

Terakhir liburan bersama keluar di Bandung itu saat lburan akhir tahun 2019. Waktu itu, kami ke puncak, lalu main di Rumah Hobbit, menikmati susu tahu lembang, kemudian menginap di salah satu hotel.

Main ke Ranca Upas
Foto : Wikipedia

Seru sekali waktu itu. Sambil berenang di kolam hotel yang letaknya di lantai atas hotel, kami bbisa melihat melihat gunung Tangkuban Perahu. Berada di puncak tidak hanya bikin mata adem, tapi hati juga.

Nah, liburan kali ini para request mau ke Kampung Ranca Upas. Selain bisa main dengan rusa, para krucil juga bisa berenang yang airnya langsung dari alam. Soalnya berenang jadi harga waib bagi para krucil saat liburan hehehe. Pastinya mereka nanti bisa melakukan aktivitas lain selama di Kampung Cai Ranca Upas.

2. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Saya itu paling suka dengan tempat-tempat bersejarah. Selain belajar sejarah, saya suka mengagumi bangunan-bangunannya yang kebanyakan bergaya kolonial belanda. Saat menyusuri, rasanya seperti berjalan menyusuri lorong waktu.

Tempat Bersejarah Gedung Sate Bandung
Foto : Wikipedia

Makanya liburan kali ini rencananya mau mengajak krucil juga ke tempat-tempat bersejarah di Bandung. Pastinya akan menambah pengetahuan mereka. Selain itu, lebih bagus kalau menyaksikan dan belajar langsung di tempatnya.

Yang saya suka, tempat-tempat bersejarah itu bayak yang berada di pusat kota Bandung. Jadi lagi-lagi, sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau bisa terlewati. Nah, biar sekali jalan, bisa tempat-tempat bersejarah yang di seputar kota Bandung dulu. Misalnya muali dari Tugu Titik Nol Kilometer Bandung, museum konfrensi Asia Afrika, Gedung Sate, monumen Perjuangan Rakyat Hawa Barat, dan pastinya tidak ketinggalan wajib mampir ke monumen Bandung Lautan Api. 

3. Belanja di Factory Outlet

Sejak zaman Kolonial Belanda, kota Bandung sudha mendapat julukan Paris van Java. Itu karena dulunya di jalan Braga terdapat banyak toko-toko yang menjual barang-barang , khususnya fesyen buatan Paris.

Foto : Tempat Wisata Bandung

Makanya sampai sekarang, jalan Braga sangat terkenal. Tidak hanya lewat televisi atau lewat lagu, tapi juga sering dijadikan setting cerpen dan novel. Kiblat mode Indonesia salah satunya ke kota Bandung. Ini dengan hadirnya banyak factory outlet.

Jadi pastinya wajib mampir ke factory-factory outlet di Bandung. Apalagi selain kualitasnya bagus, harga juga miring. 

4. Kulineran Makanan Khas Bandung

Nah, satu ini yang tidak boleh ketinggalan dilakukan saat liburan di Bandung. Apalagi kalau bukan kuliner makanan khas bandung. Apalagi Bandung memang surganya kuliner. Walau sekarang makanan Bandung sudah menyebar di berbagai daerah. Misalnya batagor, siomay sampai seblak. Tapi tetap saja lebih mantap menikmati di daerah asalnya.

Seblak Makanan Khas Bandung
Foto : Bandung Raya

Apalagi sekarang di Bandung banyak tempat makan asyik dan nyaman. Sudah kebayang menikmati nasi Tutug Oncom, sambil menikmati suasana kota Bandung. Atau menikmati colenak di alun-alun kota Bandung hehehe.

5. Berburu Oleh-Oleh

Terakhir yang harus dilakukan saat liburan ke Bandung adalah berburu oleh-oleh hehehe. Dan saya sukanya mencari oleh-oleh yang tahan lama. Misalnya saya suka kripik tempe bandung yang tepungnya agak tebal tapi renyah. Selain buat camilan, kripik tempe bisa buat stok lauk darurat di rumah hehehe.

Nah, lainnya adalah roti Kartika Sari. Walau di Bandung banyak toko roti, tapi sejak dulu saya sukanya roti Kartika Sari. Apalagi sekarang produknya sudah beragam. Bisa tuh, buat di perjalanan pulang atau sarapan di rumah.

Oleh-oleh khas Bandung
Foto : Agenda Indonesia

Terakhir, saya akan membeli peuyeum. Saya justru sukanya dimakan langsung, tanpa perlu digoreng. Taruh dikulkas juga tahan. Apalagi rasanya memang manis, dibandingkan tapai biasa. Disantap siang-siang, wih.. mantap hehehe.

Itu dia hal-hal yang akan saya lakukan saat liburan di Bandung. Pasti banyak hal menarik yang bisa teman-teman sesuaikan kalau liburan di Kota Kembang. Nah, kalau teman-teman rencananya mau liburan ke mana, nih? Bagi cerita di kolom komentar, ya. Selamat liburan....

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "5 Hal yang Saya Lakukan Saat Liburan ke Bandung"

  1. Bandung emang seru banget buat dijadiin destinasi wisata kita dan keluarga. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa kita kunjungi, juga wisata kulinernya yang juara banget. Bikin betah

    ReplyDelete
  2. Bandung, kota yang menurut saya kreatif karena banyak sekali UMKM fashion kayak tas, baju, sepatu dll. Saya pengen suatu saat main ke Bandung Pak. Selain 5 hal yang Pak Bambang lakukan, pengen juga belanja-belanja produk UMKM di sana hehe

    ReplyDelete
  3. Bolen, seblak, dah ituuu yang paling dikangenin dari Bandung dan alhamdulillah di sini, di Malang ada yang jual Pak. hahaha meskipun mungkin rasanya ngga 100% mirip yaah tapi cukuplah buat ngobatin kangen sama Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ji hayuu ke Bandung, kita berburu seblak kerupuk Kang Rafael... hahhaa. Bolen juga jangan sampai lepas, kita kejar teroos

      Delete
  4. Kalau berkunjung ke suatu tempat nomor 2-5 mah kayak harus ya Pak hehe, soalnya tuh ikonik banget.
    Nah karena ini bahasannya Bandung, mau juga nih eksplore rekomennya Pak Bams yang nomor 1,. Soalnya waktu ke Bandung tempo lalu itu belum semuanya dijelajahi

    ReplyDelete
  5. Kartika Sari jd oleh2 wajib saat ke Bandung sih. Ini kudapan yg wajib ada di kantor kl lagi ada tugas ke sana. Meski skrg sdh ada bbrp mobil yg menjajakan roti di ini di Jkt. Buat ngobatin kangen aja sih. Tp lbh afdhol kl bs beli lgsg di outlet Bandung. Haha.

    ReplyDelete
  6. saya wiken kemarin baru aja dari Bandung mas, pastinya gak ngelewatin utk hunting spot2 seru buat bikin konten dan foto2 plus pastinya berburu kuliner dong, kemarin saya sih cobain mi kocok persib

    ReplyDelete
  7. Bandung emang paling seru untuk dieksplor ya pak Bams, kalau saya sudah pasti hunting jajanan hidden gems sekalian belanja barang barang murah dan unik. Biasanya ada tuh kiosnya tersembunyi hehehe

    ReplyDelete
  8. Kuliner itu so pasti lah kalau ke Bandung. Ada yg tradisional khas Bandung, ada juga menu-menu baru kekinian. Di Kartika Sari jangan lupa pesen Rujak Cuka-nya. Seger deh...

    ReplyDelete
  9. Kalo ke Bandung sih ga jauh dr FO dan kuliner sih. Soalnya enak2 smua plus hawa ademnya bikin PW bgt buat nongki2 sambil nyeruput kopi. Pokoknya hawa Bandung emg selalu ngangenin bgt. Smg bs ke sana lg deh brg ama temen2.

    ReplyDelete
  10. Kalau ke Bandung saya emang suka kulinernya sih sama wisata alamnya. Terutama seblak asli Bandung itu enak banget. Kalau wisata lebih suka ke Lembang.

    ReplyDelete
  11. aku belum kesampean nih mau ke ranca upas, padahal pengen main2 Sama rusanya. next deh yaaa, jadi destinasi Utama klo ke Bandung :)

    ReplyDelete
  12. Heiiii, bilang-bilang atuh Mas kalau ke Bandung. Biar bisa janjian ketemu di suatu tempat. Btw itu peuyeum dipanggang bentar, trus dicocolin ke saus gula merah enak banget loh Mas. Namanya colenak alias dicocol enak.

    ReplyDelete
  13. Bandung memang destinasi yang paling pas sih buat liburan, gak cuma anak-anak atau orangtua beserta keluarga, pasangan anak muda juga senang sekali liburan ke Bandung. Banyak yang bisa diexplore! Duh jadi kangen Bandung deh.

    ReplyDelete
  14. Aku jadi ikutan kebayang asiknya makan nasi tutug oncom di tempat yang tenang terus sambil bisa menikmati pemandangan malam dari bebukitan di sekitaran Lembang deh. Banyak banget memang yang bisa dilakukan kalau sedang berlibur ke Bandung sih ya.

    ReplyDelete
  15. jadi kangen bandung. ke bandung cuma ada perlu terus udah pulang, bukan buat liburan. mana kulineran sama spot2 menarik banyak yang baru sekarang tuh. semoga bisa segera liburan ke bandung.

    ReplyDelete
  16. Bandung dan kenangannya pasti bikin hati kembali rindu, ingin mengunjungi kota bersejarah nan romantis. Rasanya kalau ke Bandung memang gak cukup cuma beberapa hari, inginnya beberapa minggu sehingga cukup waktu untuk menjelajah seluruh destinasi wisata menarik dan kulinernya, sekaligus.

    ReplyDelete
  17. Kalau mau ke Bandung pastinya main ke Gedung KAA adalah hal yang ga boleh dilewatkan. Main di gedung bersejarah Indonesia untuk dunia. Abis itu keliling kuliner ya, Pak. Pastikan juga bawa oleh-oleh buat tetangga atau yang di rumah. Semoga next bisa ke Bandung sama keluarga

    ReplyDelete
  18. Wah sama dong pa, akhir Juni lalu saya juga liburan ke Bandung. Bandung emang selalu ngangenin dan ga pernah bikin bosen, selalu jadi tujuan liburan pertama dan seringkali...hehe..dulu saya punya langganan kedai surabi di setia Budi, sayangnya sekarang sudah tutup.

    ReplyDelete
  19. Duhhh udah berapa tahun ngga ke Bandung. Ke mana aja di Bandung mah seruuuu. Tapi aku belum main ke Kampung Cai Ranca Upas. Pasti anak-anak bakal ketagihan main ama rusa. Apalagi kulinernya Bandung, jangan ditanya deh. Kangen seblaknyaa nih Pak.

    ReplyDelete
  20. Selain kuliner, belanja di FO emg wajib sih kalo ke Bandung. Kayak ada yg kurang aja kalo ga bawa oleh2 fesyen/brg2 FO. Belanja di sini ga perlu yg mahal2 ya. Ckp beli aksesoris/kaus2 lucu jg oke kok.

    ReplyDelete
  21. Bandung kota yang menyenangkan, sayangnya sekarang macet banget kalau weekend, kapan-kapan ingin kesana lagi tapi ga weekend, weekday aja deh supaya bisa menikmati bandung dengan lega

    ReplyDelete
  22. Liburan ke Bandung asyik sekali ya Kak Bams. Bisa belanja di FO yang harganya miring. Puas belanjanya lalu lapar dán tinggal pilih, mau makan batagor, nasi tutug oncom, atau yg lain.

    Kalau oleh2 pengennya sih beli kripok oncom. Pernah makan sekali dan enak banget.

    ReplyDelete
  23. betul banget Mas it semua juga saya lakukan ketika saya berkunjung dan pastinya seru banget kalau momen belanja kalau buat saya, maklum cewek banget ya Mas hhehe apalagi dpaat bagus dan murah suka lupa diri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.