} Peluncuran Satelit Republik Indonesia - Bambang Irwanto Ripto

Peluncuran Satelit Republik Indonesia

Alhamdulillah kehidupan sekarang ini semakin dimudahkan. Dengan hadirnya jaringan internet, hampir segala aktivitas tidak hanya mudah, tapi juga cepat. Dari mulai mencari informasi, akses fasilitas umum, sampai kebutuhan transfer ini itu sudah bisa. Tapi kebayang tidak, ya, saudara-saudara kita yang daerah tempat tinggalnya belum terjangkau jaringan internet.

Satelit SATRIA 1
Peluncuruan SATRIA 1 (Dokpri)

Saat pandemi terjadi, semua aktivitas dilakukan di rumah, termasuk proses belajar mengajar di sekolah. Bagi anak-anak sekolah yang tinggal di daerah perkotaan, pastinya tidak terlalu terkendala, ya. Mereka bisa belajar daring dari rumah dengan koneksi internet yang .

Namun bagi anak-anak yang tinggal di pelosok, pastinya ini menjadi kendala. Kalaupun ada, mereka harus pergi jauh ke tempat yang lebih tinggi. Bahkan ada seorang guru di Kupang, harus menempuh perjalanan jauh selama 6 jam, demi mendapatkan akses internet. Kalau pun ada, Itu sinyalnya kurang kuat.

Cerita lain adalah masih banyak masyarat Indonesia yang belum bisa menikmati fasilitas kesehatan. Ini karena data mereka tidak bisa terakses cepat. Padahal sekarang segalanya sudah digital. Akhirnya, terlambat juga mendapatkan pelayanan publik.

Kendala Konektivitas di Indonesia

Indonesia ini adalah negara yang terbentuk dari pulau-pulau. Terbentang dari Sabang sampai Merauke.  Dari info yang saya cari, sampai tahun 2021, pemeronta mencatat sudah ada 17.000 pulau. Ini terjadi penambahan pulau, dibandingkan tahun 2020 ada 16.771 pulau.

Jumlah Pulau Indonesia
Foto : Indonesiabaik

Dengan 17.000 ribu pulau ini, pastinya menjadi sebuah tantangan besarbagi Indonesia untuk membangun konektivitas. Dan perjuangan membangun sambungan komunikasi ini terus dilakukan oleh pemerintah. Termasuk membangun menara-menara pemancar di daratan, sampai disambungkan kabel-kabel cahaya di dasar lautan. 

Namun tetap saja sulit menjangkau di dalam rangkaian ribuan pulau. 500 menara BTS yang dibangun pun, belum bisa mengatasi masalah koneksi internet ini. Sampai akhirnya, muncul keinginan menghadirkan koneksi lewat angkasa

Satelit SATRIA 1

Satria adalah singkatan dari Satelit Republik Indonesia yang merupakan proyek kerja sama Pemerintah dan Badan usaha (KPBU). Tujuannya untuk menyediakan kapasitas internet melalui Satelit. Lewat Satelit SATRIA ini yang merupakan tol langit, diharapkan nanti  seluruh indonesia bisa terjangkau internet.

Spesifikasi SATRIA 1
Foto : BaktiKominfo

Satelit dengan teknologi VHTS (Very High Throughtput Satellite) itu menjadi Ka-band pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Apalalagi SATRIA merupakan satelit terbesar di Asia dengan total kapasitas layanan 150 Gbps, Kapasitas besar ini diklaim enam kali lebih besar dari yang pernah dimiliki Indonesia sebelumnya.

Proyek SATRIA sudah dimulai sejak tanggal 3 September 2020 dengan ditandatangani preliminary Working Agreement (PWA) antara PT SNT Sebagai Badan Usaha Pelaksanaan (BUP) proyek SATRIA dan Thales Alenia Space.

Satelit SATRIA memiliki 11 stasiun Bumi yang merupakan terminal komunikasi yang mengawasi dan mengendalikan satelit SATRIA 1 agar jaringan Internet terhubung yang tersebar di 11 wilayah Batam, Cikarang, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika, dan Jayapura. 

Lokasi di sekitar lokasi 11 setasiun  bumi akan masuk dalam cakupan layanan SATRIA 1. Penentuan 11 stasiun Bumi ini apstinya tidak sembarangan ya, teman-teman. Ada beberapa faktor yang menentukan. Mulai dari sebaran geografis kapitas lebar lewat setelit, ketersediaann pita spektrum frekuensi, juga ketersediaan asilitas insfastruktur yang mendukung pengoperasian stasiun bumi untuk mendukung gateway. Antara lain kualitas jaringan listrik daerah dan jarangan terestrial fiber optik

Peluncuran Satelit SATRIA 1

Alhamdulillah, satelit SATRIA 1 sudah selesai diluncurkan. Saya pun tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan salah satu sejarah bangsa ini. Makanya hari senin 19 Juni 2023, sejak pukul 04.45 wib, saya sudah pantengin channel youtube Kominfo untuk nonton bareng peluncursn Satelit Republik Indonesia (SATRIA 1).

Nonton Peluncuran SATRIA 1 Bersama 11 Stasiun Bumi


Sekitar pukul 05.23 wib hari senin 19 Juni 2023 atau hari minggu 18 Juni 2023 pukul 18.23 waktu Florida, SATRIA 1 Resmi diluncurkan SpaceX, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Nantinya selama 145 hari, SATRIA 1 akan menuju orbitnya. Kemudian di minggu ke 4 bulan Desember 2023 akan mulai berfungsi. Kemudian Januari 2024, akan resmi beroperasi.

Peluncuran Satelit SATRIA 1
Tahapan Pelepasan SATRIA 1 (Dokpri)


Manfaat Satelit SATRIA 1

Pastinya akan banyak sekali manfaat yang diberikan saat SATRIA 1 sudah beroperasi. Nantinya beberapa fasilitas umum seperti kantor desa, kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah, rumah sakit, puskesmas, serta layanan keamanan. Pastinya masyarakat yang selama ini tidak tersentuh internet akan terlayani berkat SATRIA

Internet yang dihadirkan akan menyentuh 150.000 titik di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) serta daerah perbatasan dengan harapan bisa memberikan kesetaraan infrastruktur digital dan pemerataan akses internet layanan publik

Satelit SATRIA akan Perkuat Layanan Koneksi Internet Layanan Publik dari berbagai aspek :

Manfaat SATRIA 1
Foto : BaktiKominfo (Desain Canva)


Kementerian Pendidikan

SATRIA 1 akan menndukung proses belajar mengajar sejak awal.  Mulai SD, SMP, SMA, Madrasah dan pesantren serta untuk melaksanakan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK). 

Kementerian kesehatan

SATRIA 1 mendukung pelayanan puskesmas, rumah sakit, dan layanan kesehatan sehingga database kesehetan masyaarat akan cepat terintegrasi dengan pesat

TNI/Polri

Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan admistrasi keamanan yang dapat diandalkan

Pemerintah Daerah

Untuk mendukung kantor desa/kelurahan dan kecamatan indonesia yang terhubung secara online sehingga layanan pemerintah menjadi berbasis elektronik

Selain itu, kehadiran SATRIA 1, akan mengembangkan dan memajukan UMKM di daerah-daerah. Bagaimana mereka bisa mempromosikan juga menjual produknya lewat online. Produk lokal pun semakin terkenal sampai ke laur negeri.

Kita doakan ya, teman-teman. Semoga proses SATRIA ini lancar. Sehingga nanti di bulan Januari 2024, SATRIA 1 sudah resmi beroperasi. Indonesia pun terkoneksi  semakin digital, semakin maju. Aamin..

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Peluncuran Satelit Republik Indonesia"

  1. Wuih kerennya Indonesia. Semoga dengan diluncurkannya satelit Satria ini bisa meningkatkan kualitas internet di seluruh wilayah Indonesia ya Mase. Enak tuh nonton live sambil sediain kopi dan camilan hehehehe

    ReplyDelete
  2. Wah, ikutan bahagia pas baca berita kalau satelit bernama Satria ini diluncurkan. Kalau aku pribadi sih berharap, internet kita jadi semakin sat set dan menyoal keamanan tetap diperhatikan. Terlebih, internet zaman now tuh penting banget

    ReplyDelete
  3. Barakallahu untuk peluncuran Satria.
    Tentunya bakal banyak manfaat yang diterima ya Pak buat negeri ini, salah satunya adalah jaringan internet yang bisa dinikmati hingga ke semua wilayah Indonesia.
    Semangat Indonesia untuk kemajuan negeri

    ReplyDelete
  4. Satria mantaap! Semoga makin kenceng dan makin aman yaa jaringan internet Indonesia biar bisa menjangkau semua pelosok Indonesia

    ReplyDelete
  5. Wow! Berarti per hari ini udah mengudara ya Pak? Semoga membawa perubahan bagi internet Indonesia jadi makin sat set wat wet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut mengaminkan..
      Semoga bisa makin merata ya internet kita ini ke seluruh Indonesia. biar internetan bisa dimana-mana jadinya

      Delete
  6. Jadi makin bangga dengan Indonesia dengan kehadiran SATRIA ini. Jadi pengen lihat suasana peluncuran SATRIA ini,mas. Adakah link video peluncuran yang bisa ditonton mas?

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ya titik yg belum terakses internet di wilayah 3T ini. Smg dgn adanya Satria ini, konektivitas internet kita mkn menjangkau daerah tsb dan smg nihil titik yg blm terakses internet ini.

    Btw aku suka banget akronim Satria. Nama yg gagah. Segagah satelit yg baru saja diluncurkan. Smg memberi manfaat bg smua masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Ammiiiinnn, pokoknya doa terbaik untuk perkembangan yang lebih baik di Indonesia ini, apalagi kalau berhubungan dengan internet dan komunikasi. SUKSES YES!

    ReplyDelete
  9. Kalau gak salah kemarin sempat trending di twitter mengenai peluncuran satelit SATRIA 1 ini. Rasanya keren banget karena saat ini dunia digital di Indonesia b isa diandalkan dan semoga membawa kebaikan bagi masyarakatnya.

    ReplyDelete
  10. Baru berfungsi Januari 2024 ya, Mas Bam? Lama juga ya proses sampai ke orbitnya? Hihiiiihii...
    Btw, selamat untuk Indonesia, selangkah lebih maju lagi dalam konektivitas internet. Semoga dapat digunakan untuk hal-hal. positif ke depannya.

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin sempat nonton live peluncurannya to cm bentar. Semoga nanti setelah beroperasi, internet di Indonesia bs makin bagus, terutama di daerah terpencil.

    ReplyDelete
  12. saya ikut nontonin detik2 peluncuran satelitnya, ada rasa haru dan bangga ya mas, semoga dgn peluncuran ini layanan publik dari pemerintah bs lebih cepat dijalankan hingga ke pelosok daerah

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, ikut senang dengan suksesnya peluncuran satelit Satria ini. Next pastinya jaringan internet di Indonesia tambah lancar dan juga stabil dengan adanya satelit satria sampai ke pelosok-pelosok di Nusantara

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillaah, semoga peluncuran satelit bisa menyebarkan jaringan seluas2nya. Semua masyarakat di segala penjuru wilayah Indonesia bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat.

    Sebab semua rakyat punya hak yang sama...

    Thank infonya, Pak...

    ReplyDelete
  15. Bangga banget bacanya
    Salah satu yang menjadi penyebab ketidak merataan ekonomi, pendidikan dan kesehatan di Indonesia adalah adanya konektivitas
    Dengan hadirnya SATRIA 1 insyaallah semua kendala akan teratasi

    ReplyDelete
  16. Semoga dengan peluncuran satelit satria ini membawa perubahan lebih baik sehingga pemerataan akses internet bisa terwujud terutama untuk keperluan pendidikan, kesehatan maupun layanan publik

    ReplyDelete
  17. Wuih, mantep! Semoga akses internet semakin menyebar ke berbagai penjuru negeri. Semoga manusianya juga siap menyosialisasikan berinternet aman dan bijak untuk meminimalkan efek negatifnya.

    ReplyDelete
  18. Kemaren sempat juga menyaksikan peluncuran Satelit Satria ini.
    Rasanya bangga banget deh.

    Apalagi namanya Satria kan ye, disiarkan tuh bikin merinding saking bangganya :)

    ReplyDelete
  19. Akkk makin mantaabbb nih
    Indonesia goes digital smogaaaaa merata sampai ke daerah pelosok yah

    ReplyDelete
  20. Wah keren ya alhamdulillah teman-teman yang belum mendapatkan akses internet bisa menikmati internet dengan adanya satelit SATRIA ini, Kedepannya semoga internet di Indonesia tetap lancar dan akses informasi dipermudah

    ReplyDelete
  21. Yess satelit Indonesia yang memudahkan sinyal internet sampai ke pelosok akhirnya terwujud juga, soalnya ini memang perlu diperhatikan sih mengingat anak muda di pelosok jadi tertinggal karena kurangnya internet.

    ReplyDelete
  22. Ih keren, semoga Indonesia makin maju karena semua daerahnya bisa terkoneksi dengan internet nantinya. Jadi nyesel kemarin nggak ikutan nonton siaran langsungnya di Kominfo, padahal sudah tahu kabar soal akan adanya peluncuran satelit Indoensia Ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.