} Belajar Pasang GA4 di Kelas BRT Network - Bambang Irwanto Ripto

Belajar Pasang GA4 di Kelas BRT Network

Google Analytics atau disingkat juga GA sangat penting bagi sebuah blogger. Google Analytics membantu saya mengetahui demografi dan perilaku pengunjung blog saya. Lewat Google Analytics juga bisa  memberikan gambaran kepada saya, siapa saja yang tertarik dengan tulisan di blog saya. Saya pun bisa mengetahui target tulisan saya, san akhirnya bisa menulis sesuai yang diingin pembaca blog.



Lewat Google Analytics ini, terkadang saat saya mendapatkan job menulis, maka sesuai waktu yang ditentukan, saya harus melaporkan juga enggament dari tulisan saya.

Hanya beberapa bulan ini, saya setiap membuat Google Analytics, saya selalu mendapatkan peringatan, kalau GA3 akan berakhir tanggal 1 Juli 2023. Dan mau tidak mau, harus beralih ke Google Analytics 4 (GA4). Maka mumpung ada waktu, saya harus bergegas pasang Google Analytics yang baru.

Keunggulan GA4

Dengan kehadiran GA4 ini, pastinya banyak keunggulan yang menyertainya. Selain mengkombinasikan analitik dari web dan app, juga lebih mendalam memahami prilaku konsumen. GA4 ini juga membuat path analysis serta membuat predictive model untuk kebutuhan conversion rate optimization.

Keunggulan lainnya dari GA4 ini adalah melacak engaget session. Target audience pun lebih akurat. GA4 juga sudah terintegrasi dengan Google BigQuery. GA4 juga mampu membacup Google Universal Analytics.

Fitur-fitur Utama GA4

Setelah mengetahui keunggulan dari GA4, baiknua teman-teman mengenal dulu apa saja fitur-fitur dari GA4 ini. Pastinya semua fitur akan membantu meningkatkat performa blog kita.

Predictive Analytics

Dengan fitur Predictive Analytics ini, teman-teman akan dapat melihat informasi mengenai target pasar maupun audiens lebih baik lagi. Apalagi Ga4 ini menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.

Tracking Event

Teman-teman pasti ingin mendapatkan analisa yang lebih luas, kan. Mulai dari bagaimana cara interaksi pengguna, jumlah klik, scroll halaman, tontonan video, dan interaksi lainnya.  Nah, GA4 ini sudah mempunyai kemampuan untuk tracking event yang sudah terukur dan sesuai.

Custom Report

GA4 akan memudahkan teman-teman membuat laporan berdasarkan tabel sesuai kebutuhan. Bahkan GA4 sudah terintegrasi dengan baik bersama Google data studio, sehingga teman-teman dapat melakukan visualisasi data dengan mudah untuk keperluan presentasi.

Tracking Lintas Platform

Dengan GA4, teman-teman akan lebih mudah melakukan tracking lintas platform. Misalnya dalam satu dashboard, teman-teman bisa tracking via website dan apliaksi. Pasti ini membuat teman-teman bisa menganalisa dengan lengkap segala aktivitas yang terjadi.



Belajar Pasang GA4 di Kelas BRT Network

Di saat saya bingung soal pasang GA4 ini, Alhamdulillah saya mendapat kesempatan ikut kelas BRT Network. O, iya, BRT itu singkatan dari Blogger Ruang Tunggu digawangi oleh Mas Punto Wicaksono yang akrab disapa Mas Pewe dan Mbak Monica Anggen. 

Kelas BRT Network


Selain sering mengadakan kelas-kelas blogger, BRT Network juga selalu memberikan job bagi saya dan teman-teman blogger lainnya. Pastinya saya dan teman-teman happy. Apalagi kelas ini gratis. Padahal kalau berbayar, ini bisa menguras kantong dan mengurangi jatah bakso saya hehehe.

Setelah menanti-nanti dan menunggu-nunggu, akhirnya kelas GA4 ini berlangsung jumat mulai pukul setengah 8 malam sampai selesai lewat classroom. Mas Pewe dengan sabar membimbing tahap demi tahap memasang GA4 ini. Diawali dengan pemasangan GA4 untuk blogspot, lalu sesi tanya jawab, lalu dilanjutkan tahap demi tahap pemasangan GA4.

Selama di kelas, sebenarnya saya berusaha menyimak materi dengan baik. Hanya, entah kenapa, materi yang diberikan itu agak tidak terbaca. Padahal saya sudah pakai kacamata sejak setahun lalu. Saya pun sudah pakai laptop. Jadi beberapa tahap yang belum saya pahami. Mas Pewe pun  dengan  senang hati mengulang, saat saya meminta. Maturnuwun, Mas Pewe.

Langkah-Langkah memasang GA4

Alhamdulillah setelah belajar pelan-pelan, akhirnya saya berhasil juga memasang  GA4. Dan berikut tahapannya yang akan saya bagikan ke teman-teman.

Pertama, teman-teman masuk dulu ke Google Analytics. Kemudian membuat aku  terlebih dahulu. Nah, bila sudah punya akun, maka akan lebih mudah memasang GA4.



Setelah itu klik tanda gerigi paling bawah yang merupakan admin.



Setelah itu klik buat properti. Isi nama properti.



Setelah itu isi rincian bisnis



Terus lanjut tujuan bisnis



Kemudian lanjut pengumpulan data. Lalu pilih platform. Kalau saya pilih web



Menyiapkan aliran dana. Isi URL situs dan nama aliran dana.




Selanjutnya teman-teman akan diperlihatkan detail aliran dananya.



Petunjuk penginstalan. Ada 2 pilihan. Saya klik penginstalan manual. Nanti akan muncul kode. Nah, itu akan dipasang di head dan body.



Selanjutnya buka dulu blog kita. Setelah itu, klik tema. Kemudian edit HMTL. Copas kode, lalu parse di Head dan Body. Setelah berhasil menuju ke Beranda. Klik dapatkan petunjuk pemberian tag.



Nanti akan ada pemberitahuan daftar akun tag manager dan tag manager yang bisa diakses


Kemudian tambahkan akun baru. Selanjutnya setujui dulu perjanjian Persyaratan


Selanjutnya masuk ke tag manager. 


Lalu masukkan ID pengukuran yang tadi disalin.



Selanjutnya klik pratinjau. Jangan lupa nmasukkan link blog teman-teman. Maka akan terbuka jendela baru. Nanti sambil di cek di GA4 juga. Bila sudah ada interaksi, maka pemasangan sudah berhasil.



Jangan lupa cek juga di DebugView. Bila sudah ada interaksi, maka pemasangan sudah berhasil.


Itu dia pemasangan GA4, teman-teman. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Belajar Pasang GA4 di Kelas BRT Network"

  1. Seru banget ya kemarin belajar memasang GA4 ini, apalagi langsung diajari SEO Specialist/ Kak Pewe. Ada yang nggak paham, diulang lagi, sabar banget deh pokoknya. Aku pun senang bisa ikut kelas ini, gratis pula.

    ReplyDelete
  2. Wah memang keren banget komunitas blogger BRT Network ini, sampe bisa ngadain kelas yang tentunya bermanfaat banget buat para blogger. Saya sendiri pengen juga belajar tentang GA4, cuma kmaren kehabisa kuota hihihi.

    ReplyDelete
  3. Jadi gimana tu mas? Berhasil atau malah berantakan? Haha.. kayaknya seru ikutan kelasnya, mau juga jadi muridnya :))

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah aku bisa kepasang juga GA4 di blogspot dan wordpress mas. Kelas blogger BRT Network tentang GA4 ini ngebantu banget buatku. Mungkin kalo ga ikut kelas, aku ga migrasi2 itu sebelum 1 Juli, hihi.. Done migrasi ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.