} Beautiful World Dunia akan Indah Tanpa Kekerasan - Bambang Irwanto Ripto

Beautiful World Dunia akan Indah Tanpa Kekerasan

Saya sesekali suka nonton Drama Korea atau Drakor. Selain untuk refrshing, juga untuk saya pelajari konlik dan alurnya untuk bekal menulis cerita. Tapi sampai saat ini, jumlah drakor yang saya tonton masih hitungan jari. Terakhir saya nonton Full House hehehe.

drama korea Beutiful World
Foto : Disney+Hotstar

Nah, kebetulan saat ini di rumah langganan Disney+ Hotstar dari IndiHome. Selain animasi, saya mulai melirik-lirik drakor juga hehehe. Dan yang baru saya kelar nonton adalah Beautiful World, berkisah tentang perjuangan orang tua mengungkap kebenaran demi seorang anak yang sedang berjuang hidup.

Beautiful World

Sebelum memutuskan menerus nonton Beautiful World ini, saya awalnya menonton episode awal beberapa drakor. Tapi kok lainnya kurang ciamik openingnya. Akhirnya, baru saat nonton opening episode Beautiful World ini, saya langsung tidak beranjak hehehe.

Beutiful World berkisah tentang kecelakaan yang dialami oleh seorang siswa sekolah sech bernama Park Sun-ho ( Nam Da-reum). Remaja ini terjatuh dari lantai atap gedung sekolah saat terjadinya bulan purnama. Park Sun-ho mengalami pendarahan hebat di kepala, sampai akhirnya mengalami koma yang panjang.

Pihak sekolah bersikares mengatakan, kalau kejadian yang dialami Park Sun-ho adalah kecelakaan. Kemungkinan Park Sun-ho ingin bunuh diri, karena stress dengan nilai pelajaran sekolahnya. Namun kedua orang tuanya, Kang In-ha (Coo Ja-hyun) dan Park Mo-jin (Park He Soon) sangat yakin, kalau kejadian yang dialami putra mereka, adalah kriminal.

Nah, di sinilah perjuangan kedua orang tua Park Sun-ho untuk membuktikan kalau anaknya tidak bersalah. Mereka ingin mencari pelakunya dan mengungkapkan kebenaran. Apalagi bersamaan dengan kejadian ini, Park Sun-ho juga dituduhkan telah melakukan pelecehan terhadap teman perempuan sekolahnya. Park Su-ho (Kim Kwan-hee), sang adik pun, tidak mau ketinggalan untuk membantu kedua orangnya mengungkapkan kebenaran.

Konflik Beutiful World

Sebenarnya konflik utama dari drakor Beautiful World ini adalah soal perundugan yang memang sering terjadi di sekolah. Bagai kisah klasik, si kuat selalu menindas yang lemah, si kaya sok berkuasa pada si miskin. Apalagi kalau ada orang tua yang punya peran penting di sekolah. Selalu menggunakan embel-embel nama orang tua untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Mungin konflik ini menjadi besar dan luas, karena terjadinya kecelakaan fatal yang menyebabkan seorang anak harus meregang nyawa. Opsinya, bisa siuman atau meninggal. Dan pastinya ini sangat berat bagi orang tua yang mengalaminya.

Konflik semakin melebar, karena kajadiannya di sekolah yang pastinya pihak sekolah akan terlibat juga. Semakin orang tua korban berusaha mengungkap kebenaran, maka reputasi sekolah akan tercoreng. Pastinya ada pihak sekolah ingin jalan damai, dengan embel-embel uang. Bahasa halusnya, membantu  biaya rumah sakit.

Alur Beautiful World yang  Ciamik

Pertama, saya suka dengan ceritanya yang bertema detektif dan misteri, bagaimana tokoh-tokohnya mencari siapa pelaku dan mengungkapkan berbagai misteri yang tersembuyi di balik kasus tersebut. 

Alurya sangat ciamik. Walau sejak awal penonton sudah digiring kalau yang mendorong Park Sun-ho  dari lantai atap sekolah adalah Oh Joon-seok, tapi tetap terus penasaran untuk mengikuti semuanya episodenya. Bagaimana keluarga Park Sun-ho bersusah payah mengumpulkan mata-mata rantai yang hilang, agar nantinya terjalin cerita lengkap yang akan mengungkap kebenaran.

Banyak adegan-adegan yang bikin suprais. Itu wow sekali, dan tak terpikirkan selama ini. Termasuk di mana sebenarnya ponsel Park Sun-ho disembunyikan, yang merupakan mata rantai penting yang hilang. 

Adegan yang paling saya suka saat Park Sun-ho pertama kali membuka kedua matanya, saat sudah siuman. Saya sampai berteriak dan bertepuk tangan saking senangnya. Lalu ikut terharu hehehe. Terus seperti biasa, banyak ucapan-ucapan bagus penuh makna. Misalnya, setiap orang pernah berbuat salah, tapi yang terpenting bagaimana dia memperbaiki kesalahannya untuk kehidupan selanjutnya. Mantap...

Intinya, dunia ini indah tanpa ada kekerasan. Dunia indah bila kita saling menghargai dan menghormati. Dunia indah itu untuk dinikmati dengan bahagia. Plus pesan bagi generasi muda, jangan berlaku neka-neko, karena akan menyusahakan orang tua hehehe.

Semoga hari-hari kita terus bahagia, teman-teman... Aamin.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Beautiful World Dunia akan Indah Tanpa Kekerasan"

  1. Acap kali kisah perundungan jadi tema dalam drakor ya Pak.
    Hal tersebut, jadi terpikirkan oleh daku kayak gambaran sih ya, bahwa urusan bullying kayak gak pernah habis ya. Dan ini harus dituntaskan sih ya

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka drama ini
    Endingnya sangat membagongkan ya?
    Gak nyangka kalo ayahnya Oh Joon-Seok pelakunya, biadab banget
    Gara gara drama ini, saya jadi suka Cho Yeo-Jeong yang jadi ibunya Oh Joon-Seok

    ReplyDelete
  3. Wow pak bambang sampai histeris nontonnya..wkwkwk.. kebayang hebohnya film itu..

    ReplyDelete
  4. Adegan demi adegan yang terlihat di drama Beautiful World mengajarkan kita untuk menjadi orangtua yang sabar dan terus berjuang mengungkapkan kebenaran. Endingnya yang cukup memuaskan membuat drama Beautiful World layak diikuti di Disney hotstar.

    ReplyDelete
  5. memang drakor tuh banyaakkk genre dan niche nya yak.
    kalo kita sukaaa ama cerita tertentu, bakal nge hook bgt sih.
    aku bbrp kli juga ngedrakor

    ReplyDelete
  6. Tema perundungan ini beneran bikin miris sekaligus bikin kita sebagai orangtua juga belajar karena pengasuhan itu prosesnya memang sungguh panjang dengan banyak tantangan sesuai jaman..

    ReplyDelete
  7. Drakor yang sarat dengan pesan moral yang baik ya mas, jadi penasaran pengen nonton juga

    ReplyDelete
  8. Konflik perundungan ini banyak diangkat jadi cerita drakor memang mungkin banyak kejadiannya. Jadi inget drakor The Glory. Kayanya ceritanya kurang lebih Sama mengangkat tema pembulyan di zaman sekolah

    ReplyDelete
  9. Wah sama, Mas, saya juga nonton Full House dulu
    Btw, setuju, jika dunia tanpa kekerasan, saling menghargai dan menghormati, betapa indahnya ya sesuai judulnya Beautiful World

    ReplyDelete
  10. Setuju dunia harus damai, tanpa kekerasan semuanya akan sama2 nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  11. wah bagus nih kayanya ya mas drakor yang satu ini, menarik untuk disimak deh kayanya pas wiken or menjelang tidur biar mimpinya happy, dunia tanpa kekerasan tuh impian kita bersama deh kayanya ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.