} 5 Cara Melamar Lowongan Kerja Bandung agar Cepat Diterima Perusahaan - Bambang Irwanto Ripto

5 Cara Melamar Lowongan Kerja Bandung agar Cepat Diterima Perusahaan

Ibukota Jawa Barat, yaitu Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, Bandung juga menjadi kota maupun daerah yang ekonominya sudah maju dan berkembang. 

Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan dengan teknologi tinggi yang berkembang dan berpusat di Bandung.

cara melamar lowongan kerja di bandung
Lakukan 5 Cara Berikut Saat Melamar Kerja (Desain Camva)

Berbagai macam perusahaan bisa teman-temantemukan di Bandung, dari mulai perusahaan industri, otomotif, elektronik, kuliner, media kreatif, dan masih banyak lagi. 

Karena banyaknya perusahaan yang berpusat dan berkembang di Bandung, maka lowongan kerja yang ditawarkan juga pastinya terbuka lebar.

Namun sayangnya, anggapan itu justru kalah dengan realita yang mengatakan bahwa kini lowongan kerja Bandung semakin terbatas. Terbatasnya lowongan kerja Bandung disebabkan oleh perbandingan yang tidak sesuai antara pelamar kerja dengan lowongan kerja yang tersedia. 

tips lowongan kerja bandung
Persiapkan Diri Saat Melamar Kerja di Bandung (Foto : Pixabay)

Apalagi, banyak masyarakat dari daerah lain yang juga mengadu nasib dengan pindah ke Bandung, yang akhirnya membuat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan di bandung semakin ketat.

Maka dari itu, untuk mengatasinya, teman-teman harus mempunyai strategi ketika mencari dan hendak melamar lowongan kerja Bandung. 

Salah satu strategi yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan memperbaiki cara teman-teman melamar lowongan kerja. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 cara melamar lowongan kerja Bandung agar cepat diterima perusahaan:


Lamar Pekerjaan Sesuai dengan Kemampuan

Ketika hendak melamar lowongan kerja Bandung, teman-teman harus membaca secara lengkap informasi lowongan kerja tersebut. Apalagi, pada bagian kualifikasi. 

sesuaikan pekerjaan dengan kemampuan diri
Pilihlah Job Sesuai Kemampuan (Foto : Pixabay)

Agar lamaran teman-teman cepat diterima, sebaiknya teman mendaftar lowongan kerja yang kualifikasinya sesuai dengan kemampuan yang teman-teman miliki. 

Tidak harus yang berpengalaman saja, untuk teman-teman yang belum memiliki pengalaman atau bekerja secara freelance juga bisa mendaftar, asalkan teman-teman mempunyai kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.


Bekali Diri dengan Skill Kekinian

Cara melamar lowongan kerja Bandung yang berikutnya yaitu membekali diri dengan skill kekinian. Ada berbagai macam skill kekinian yang bisa teman-teman pelajari untuk menambah nilai plus pada diri teman-teman. 

Skill tersebut antara lain, menulis, videografi, desain grafis, edit foto, digital markering, photografi dan lain sebagainya. 

tingkatkan kemampuan agar lolos kerja di bandung
Terus Tingkatkan Skill (oto : Pixabay)

Dengan adanya skill kekinian, pastinya perusahaan akan lebih mempertimbangkan lamaran kerja yang teman-teman kirim, dan kesempatan untuk direkrut menjadi lebih besar.


Mencari Lowongan Kerja di Bidang Kekinian

Setelah teman-teman mempelajari dan menguasai skill di bidang kekinian, teman-teman juga bisa untuk mencari lowongan kerja Bandung yang berkaitan dengan skill kekinian tersebut. 

Jangan khawatir, lowongan kerja Bandung di bidang kekinian juga sangat beragam, seperti content creator, admin sosial media, desainer, fotografer, dan masih banyak lagi.


CV Lengkap dan Menarik

Agar lamaran lowongan kerja Bandung teman-teman cepat diterima perusahaan, hendaknya teman-teman membuat dan memiliki Curriculum Vitae atau CV yang lengkap dan menarik. 

siapkan cv menarik dan lengkap
Jangan Lupa Siapkan CV Lengkap dan Menarik (Foto : Pixabay)

CV menjadi salah satu dokumen penting untuk bahan pertimbangan perusahaan ketika ingin merekrut karyawan, oleh karenanya peran CV sangat penting untuk membuat peluang teman-teman diterima sekakin besar.


Membangun Branding Diri Sendiri

Membangun branding diri sendiri sangat penting, teman-teman bisa memulainya dengan membuat citra baik di sosial media teman-teman. 

Sehingga Anda tidak perlu takut ketika perusahaan ingin mencari informasi tentang diri teman-teman di sosial media. Makanya, teman-teman perlu berhati-hati dalam bermain sosial media, karena citra buruk yang bisa teman buat akan menghilangkan pertimbangan dari perusahaan terhadap diri teman-teman.

Itulah tips 5 cara melamar lowongan kerja Bandung agar cepat diterima perusahaan. Semoga tipsnya bermanfaat bagi teman-teman, dan yang lagi emncari kerja, segera mendapatkan pekerjaan. Terus semangat...


Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "5 Cara Melamar Lowongan Kerja Bandung agar Cepat Diterima Perusahaan"

  1. Biasanya beberapa kota besar selalu menjadi incaran untuk mengadu nasib. Salah satunya ya Kota Bandung ini. Tingkat persaingan mencari kerja juga semakin tinggi. Mau nyari info loker juga harus ke website yang tepat ya Mas Bams. Salah satunya bisa cari info loker di topkarir.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Pada dasarnya, orang berlomba-lomba mencari pekerjaan di kota besar. Saya pun juga begitu, saat memutuskan mencari pekerjaan. Dan zaman now lebih dimudahkann. kalau dulu kan loker harus lewat koran.

      Delete
  2. Info menario nih terutama yang masih jobbless, karena mmg skrg nyari kerja susah2 gampang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. kehadiran loekr online memang semakin memudahkan kita. termasuk memilih sesuai keinginan.

      Delete
  3. Wah menarik ini artikelnya, dan kayaknya bisa juga diterapkan di kota lain supaya cepat diterima kerja di perusahaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sekali, Mas. Apalagi kota-kota di Indonesia sudah maju dan berkembang. Pastinya jadi incaran orang mencari pekerjaan di sana.

      Delete
  4. Menulis daftar riwayat hidup yang menarik dan pastinya lengkap, peluangnya besar untuk dipanggil ke langkah selanjutnya dalam rekrutmen ya Pak. Apalagi pada CV dilengkapi dengan skill yang mumpuni. Serta pastinya berdoa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Istilah, kita harus mengekspor diri kita lewat daftar riwayat hidup itu, agar annti jadi pertimbangan dan kandidiat diterima.

      Delete
  5. yesss upgrade skill yang sesuai sama kebutuhan kekinian sekarang emang bisa jadi nilai plus dan peluang banget sih ya biar cepet di hire sama user/perusahaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib sekali ini, Mbak. Apalagi zaman now, update skill bisa lewat kursus-kursus online.

      Delete
  6. wah mantap tipsnya mas. Yuk yang mau cari lowongan kerja di Bandung bisa intip tips inj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk.. yuk.. apalagi kota Bandung memang mempunyai magnet tersendiri ya, Mbak.

      Delete
  7. Branding diri, skill yang sesuai dan CV yang ciamik. Wah ini sih akan memudahkan kita kalau mau masuk kerja atau apply lowongan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Karena itulah penilaian awal, jadi harus memikat dan menarik hari perusahaan yang akan merekrut kita.

      Delete
  8. Aku sebagai pandatang dari luar kota Bandung merasakan beratnya bekerja di tempat yang bukan kota yang aku tinggali.
    Alhamdulillah dapat tips bagaimana agar diterima kerja di Bandung.
    Semoga sukses dan terus mencoba.

    Semangaat~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, terus semangat, Mbak Lendy. Ini masalah adaptasi saja. seiring waktu, Mbak Lendy akan nyaman tinggal dan bekerja di Bandung.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.