} Pameran Karya Kreatif Indonesia 2023 - Bambang Irwanto Ripto

Pameran Karya Kreatif Indonesia 2023

Menurut saya pameran Karya Kreatif Indonesia 2023 ini sangat keren sekali. Lewat pameran yang digelar selama 4 hari ini, mulai kamis 27 Juli 2023 sampai Minggu 30 Juli 2023, secara tidak langsung menunjukkan betapa banyak dan beragam karya anak bangsa. Dari sabang sampai Merauke. 

Pameran KKI 2023


Pastinya sangat berpotensi sekali untuk terus dikembangkan. Pastinya harus terus dengan dukungan berbagai pihak. Termasuk dari Pihak Bank Indonesia yang banyak sekali mendukung UMKM di Indonesia.

Rencana Berkunjung ke KKI 2023

Sebenarnya, hari jumat saya sudah sempat ke Karya Kreatif Indonesia 2023 ini. Tapi hanya sebentar dan hanya ikut seminar yang berlansung pukul 10 sampai pukul setengah 11 siang. Berhubung saya ada urusan sore hari, maka selepas jum'atan, saya langsung bergegas pulang. Makanya saya niatkan akan datang lagi di hari minggu. Kebetulan saya juga ingin ke acara Lintas Melawai di Blok M. 

Makanya setelah dari Blok M, saya langsung naik busway menunu senayan. Tidak lama perjalanan, hanya sekitar 15 menit  saya sudah sampai di lokasi. Dari pintu masuk, saya pun berjalan kaki santai menuju Balai Sidang Jakarta Convention Center. 

Senayan sangat ramai di hari minggu. Apalagi ada car friday juga. Kemudian beberapa acara juga berlangsung di senayan. Ada Festival Hari Anak yang diadakan Kumparan MOM yang diadakan di taman Anggrek. Kemudian ad ajuga IMPACTNATION Japan Fetival 2023 yang diadakan di Istora. Bahkan malamnya ada pertandingan sepak bola antara persija dan persebaya. 


Semangat mengitari KKI 2023

Begitu sampai lokasi di JCC Hall B, saya langsung masuk ke arena pameran. Tidak ada tiket masuk alias gratis hehehe. Hanya ada pemeriksaan tas saja di pintu masuk.

Dari area depan saja, saya sudah suka sekali dengan visualnya layat digital. Lalu di sisi kanan ada area kuliner juga. tanpa membuang waktu, saya langsung berkeliling. Lengkap UMKM dari Sabang sampai Merauke.

Stand UMKM KKI 2023
Berbagai Stand dari Penjuru Nusantara

Pemeran KKI ini menghadirkan 300 Stand UMKM. Pastinya ditampilkan aneka produk unggulan dari tiap daerah. Misalnya Papua ada nokennya. Terus pas mampir ke Sulawesi Selatan, ada sarung sutra. Jawa Tengah dengan batiknya, dan lainnya.

Selain itu pameran KKI yang sudah digelar 8 kali ini, menampilkan Pesona Kopi Nusantara dengan 45 Kopi Specialty. Di sini, kita tidak bisa icip-icip kopi nusantara, tapi juga bisa melihat proses rostingnya.

Diadakan juga talk show seputar kopi. Saya duduk sejenak untuk menyimak perbincangan menarik yang mengangkat tema Meningkatkan Daya Saing UMKM melalui Cup of Excellence” yang dipandu oleh Sherly Cherrybel. Tujuan Cup of Excellence ini untuk memilih kopi terbaik dari Indonesia. 

KKI hari minggu in pun diisi dengan Selebrasi Penutupan “Talk Over Coffee” dengan Tema mengangkat , Kreasi UMKM Indonesia Mendunia. Sayangnya saya tidak bisa ikut masuk, karena yang hadir memang tamu undangan. Padahal ada Tohpati Band hehehe.


Bawa Pulang Hadiah dari KKI 2023

Sejak dulu, kalau ke pameran saya selalu mengincar hadiah gratis hahaha. Kalau dulu itu, setiap ingin dapat hadiah, harus ikutan ganes dulu. Misalnya lomba joget, lomba nyanyi atau lainnya. Sekarang sudah berbeda. Lebih banyak disuruh isi ini itu atau instal ini itu hahaha. Lumayan juga saya bawa pulang hadiah.



Launch Box dai LMS

Pertama, saya mampir dulu ke booth LSM Edukasi Keuangan OJK. Sebenarnya saya sudah incar nih, sejak hari jumat hahaha. Hanya pas giliran mau isi, eh petugasnya mau jumatan juga. Saya hanya diminta untuk membuat akun. 

Notes dari Bank Indonesia

Selanjutnya saya mampir di sebelah booth Bank Indonesia. Nah, di sini saya mengisi formulir lalu main game. Wah ternyata untuk menemukan 5 kata, saya agak lama. Makanya hadiahnya saya dapat notes. Tapi keren sih, bisa saya pakai untuk keperluan dunia menulis.

Mug dari Gopay

Lalu saat mampir ke stand Gopay, saya diminta instal Gopay. Awalnya saya heran, kab saya sudah punya gojek. Ternyata sekarang Gopay sudah terpisah. Eh kemana saja saya hahaha. Saat disuruh memilih hadiah, saya pilih mug saja. 

Tas Poket dari OVO

Pindah ke stand sebelahnya asa OVO. Saya sih pede saja dapat hadiah. Kan sudah pakai Ovo hahaha. Ternyata, untuk dapat hadiah, saya harus top up dulu. Top up 300 ribu dapat topi, top up 500 ribu dapat tas. Saya sih mupeng tasnya. Tapi pas cek rekening, kok saldo saya tidak cukup 5000 ribu buat top up. Maklum lah, tanggal tua hahaha. 

Makanya saya langsung whatsapp teman saya. Maksudnya pinjam dulu buat top up doang. Habis top up dibalikin hahaha. Ternyata WA-nya centang satu. Duh kemana dia si jali-jali ya. Mungkin lagi latihan bulutangkis. Kayak mau tanding lawan Ginting saja hahaha. 

Akhirnya saya telpon adik saya. Teman-teman pasti bertanha-tanua, kenapa saya ga langsung telpon saudara saja? Kamu bertanyea-tanyea hahhaa. Soal dia lagi staycation di serpong. Takutnya lagi berenang sama anak-anaknya hahaha. 

Setelah telpon 2Xakgirnya diangkat dia oke. Dan ga lama dana masuk. Jadi deh, bawa pulang tas hahaha. Nah, lucunya, ternyata stand OVO dan Gopay ini tidak sampai malam. Apa siangnya, teman saya cari standnya kok sudah tidak ada, dan ganti dengan stabd lain hahaha. 

Uang elektronik dari Bank Indonesia

Nah ini seru nih jadi kan selama paneran di minta untuk memilih stand terbaik. Iseng saya ikutan. Dan sampai pulang jam 5 lewat saya tidak kepikiran lagi. Saya buru-buru pulang, karena Senayan sudah ramai sekali. Apalagi ada pertandingan bola antara Persija dan Persebaya.

Kolpri

Saya pun pulang naik busway. Lalu saat sampai di halte Gelanggan remaja, saya kok kepikiran cek hape saya. Eh, ada pesan masuk hahaha. Akhirnya di halte cawang otista saya turun. Lalu balik lagi ke senayan. 

Sampai sana sekitar pukul setengah 8. Saya bergegas dan akhirnya kurang 15 menit jam 8, saya sudah baik busway lagi. Tapi saya agak degdegan. Baru ngeh kalau busway depok terakhir pukul 9 malam. Tapi bismillah saja. Akhirnya sampai depok pukul setengah 10 malam.

Itu dia keseruan saya selama datang ke pameran KKI 2023 di hari minggu. Tidak sabar rasanya untuk menanti KKI tahun depan. Semoga UMKM terus maju dan berkembang.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pameran Karya Kreatif Indonesia 2023"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.