} Sate Ambal Kebumen - Bambang Irwanto Ripto

Sate Ambal Kebumen



Sate Ambal Kebumen - Indonesia tercinta ini sangat kaya dengan aneka kuliner. Setiap daerah, pasti mempunyai masakan atau makanan khas. Termasuk sate.

Beragam sate yang lezat, bertebaran di berbagai daerah-daerah di Indonesia. Ada sate Klopo, sate Buntel, Sate Maranggi, sate Klatak, sate Madura, dan lainnya. Walau sebenarnya, bahan sate itu hampir sama, yaitu menggunakan daging ayam atau daging kambing.

Di Kebumen Jawa Tengah, ada sate khas juga, Namanya sate Ambal, karena sate ini memang berasal dari salah satu daerah di Kebumen bernama Ambal.  Sate Ambal ini berbahan dasar daging ayam, juga jeroannya. Seperti ati ampla dan kulit. 

Hanya yang membedakan adalah bumbu cocolannya yang terbuat dari tempe. Tentu saja tempe ini tetap diracik bersama gula merah dan bumbu lainnya. Rasanya manis-manis manjah.. hahaha.

Saat pertama kali menyantap sate Ambal, sekilas dari tampilannya, saya kira bumbu cocolannya adalah dari kacang tanah. Ternyata dari tempe. Sate Ambal disantap bersama ketupat. Wih.. nikmatnya.

Harga sate ambal sih, bervariasi ya, pertusuk antara 1000-1500 rupiah. Tergantung penjualnya. Hanya harganya masih relatif terjangkau kok. Kalau ketupatnya1 biji seharga 1000 rupiah. Hanya biasanya di sini belinya per kodi. Jadi satu kodi itu 20, ya sama dengan 20 tusuk. Kalau beli setengah kodi, ya 10 tusuk.

Teman-teman bisa makan di tempat, atau bisa juga dibungkus. Tapi minta sate, bumbu dan ketupatnya dipisah. Biar tidak cepat basi. Jadi pas rehat di perjalanan, bisa deh menyantap sate Ambal hehehe.

Jadi kalau teman-teman melewati daerah Kebumen, jangan lupa cari sate Ambal, ya. Tidak perlu sampaimencari ke daerah Ambal, karena di daerah lain yang masih masuk wilayah kebumen mulai dari Gombong sampai Kutowinangun, banyak yang menjajakan Sate Ambal.


Rasanya.. beda dan juara. Jadi walaupun tanpa cocolan, tetap mantap, karena daging ayamnya sudah terasa.  kalau tidak terlalu suka ketupat, bisa diganti nasi. Itu kalau sedang lapar, bisa nambah, lho heheh. Kalau tidak percaya, cobain saja hehehe.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sate Ambal Kebumen"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.