} Perlu Lakukan Hal-Hal Ini Saat Asyik Menulis - Bambang Irwanto Ripto

Perlu Lakukan Hal-Hal Ini Saat Asyik Menulis


Perlu Lakukan Hal-Hal Ini Saat Asyik Menulis - Semangat menulis itu sangat perlu. Saat semangat menulis sedang bergelora membara, maka rasanya tidak ingin berhenti menulis saat duduk di depan laptop. Menulis jadi lancar jaya, dan tulisan pun jadi cepat selesai.




Tapi saking semangatnya menulis, maka mungkin banyak teman-teman yang melalaikan hal berikut. Padahal ini sangat perlu dilakukan. Nah, apa saja itu? Simak tips berikut yang saya susun sesuai pengalaman menulis saya.


Sedia Air Putih
Saat menulis, selalu sedia air putih di dekat kita. Karena walau bekerja dalam rumah, lalu hanya duduk, sebenarnya tanpa kita sadari, leher kering. Bisa juga sedia cemilan hahaha.

Yang kadang jadi masalah, banyak orang mungkin malas ke belakang atau rehat sejenak. Tanggung nih, nanti saja deh, kelar nulisnya. Kalau sudah ada di dekat kita, kan tinggal minum saja.

Makanya sebelum saya menulis duduk tampan depan laptop, saya sudah menyediakan mug besar. Apalagi kan, tubuh kita ini memang setidaknya membutuhkan 8 liter air sehari. Kekurangan air putih pun, bisa menyebabkan datangnya penyakit. Jadi jangan kerena keasyikan, jadi lupa minum. Sakit datang, aktivitas menulis jadi tertunda.


Tidak Menunda ke kamar Mandi
Saat asyik menulis dan banyak minum, logikanya tubuh kita banyak terisi air, dan semua itu tidak diserap dalam tubuh. Makanya jangan menunda kalau memang ingin ke kamar mandi. Tidak perlu beranggapan, tanggung nih sebentar lagi. Bahkan, tidak banyak minum pun, pasti akan tiba masanya harus ke belakang juga.

Misalnya sedang chat dengan teman, jangan sungkan izin dulu ke belakang. Kalau Cuma buang air kecil, pasti tidak sampai 5 menit kelar. Daripada ditahan dan bikin penyakit.


Tidak Menunda Makan
Ini juga tidak saya lakukan. Pokoknya biar asyik nulis, save dulu. Langsung makan. Menulis kan bisa lanjut. Daripada sakit perut, malah mendatangkan penyakit. Efeknya nanti malah tidak bisa menulis.

Kalau kebetulan saya ada kerjaan yang tidak bisa ditinggal makan, maka saya mensiasati makan dulu sebelum melakukan kerjaan itu. Atau kalau belum terlalu lapar, maka saya sediakan makanan di dekat saya. Tapi sebenarnya, saya selalu menyediakan cemilan juga hehehe.


Melakukan Senam Ringan
Saat saya menulis depan laptop, saya selalu menyempatkan break setiap setengah jam. Tidak perlu lama. Cukup lima menit.

Saya lalu melakukan senam ringan. Misalnya mengerak-gerakan kepala, badan, termasuk melemaskan jari-jari tangan dan juga kaki. Setelah itu, lanjut mengetik lagi.

Hal ini juga berlaku bagi orang yang bekerja di kantoran. Soalnya kan mereka memang kebanyakan duduk. Dan melakukan senam ringan di sela-sela waktu kerja itu perlu. Duduk terus juga kurang bagus bagi kesehatan.


Alihkan Pandangan
Walau semangat menulis membara dan jari-jari tidak mau berhenti menari di atas keybord laptop, jangan terus menatap layar laptop atau komputer. Alihkan pandangan ke arah lain. Tidak perlu lama. Paling lama 5 detik. Ini untuk menjaga kesehatan mata juga.

Soalnya kesehatan mata itu sangat perlu dijaga. Sebagai penulis, mata itu senjata utama menulis. Bukan hanya mata melihat, tapi mata-mata yang lainnya juga. Penasaran? Bisa mampir ke sini, ya...!

Nah, demikian tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat, ya. Salam semangat menulis.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlu Lakukan Hal-Hal Ini Saat Asyik Menulis"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.